Mulai dari Awal

Jujur, tidak pernah terbayangkan sebelumnya melihat MU menjadi bahan hujatan di musim ini. Meski pelatihnya ganti, komposisi pemain MU musim ini hampir sama dengan komposisi pemain MU yang memenangkan gelar pada musim lalu. Tidak mengherankan kalau kemudian banyak yang meragukan kapasitas Moyes sebagai seorang pelatih. Karena kasus Sir Alex dan Moyes sungguh berbeda. Tentu kita tidak bisa membandingkan MU ketika pertama kali dilatih oleh Sir Alex dengan MU ketika pertama kali dilatih oleh Moyes. Ketika pertama kali melatih MU, Sir Alex mendapat warisan tim medioker. Tidak seperti Moyes yang mendapat warisan tim juara.

Kalau boleh jujur, saya sendiri sebenarnya lebih suka melihat MU seperti sekarang. Karena beberapa tahun terakhir ini fans MU merasa bahwa tim mereka sudah pasti mendapat jaminan masuk 4 besar setiap tahunnya. Era keemasan Sir Alex sepertinya telah membuat sebagian fans MU lupa bahwa setiap kejayaan ada masa berakhirnya. Apa mereka lupa bahwa ada tim seperti Leeds United dan Blackburn Rovers yang dulu sempat jaya tapi sekarang sudah tidak berada di kasta tertinggi liga Inggris lagi?

Kalau boleh diibaratkan, MU sekarang itu layaknya pemain bintang yang sedang cedera. Secara kualitas, mereka memang tim yang luar biasa. Tapi layaknya pemain yang sedang cedera, tentu butuh waktu untuk kembali menemukan performa terbaiknya.

Sama halnya dengan MU, beberapa hari terakhir ini blog saya mengalami “cedera”. Pengunjungnya menurun drastis. Dari yang semula bisa mencapai 300-400 kunjungan per hari, beberapa hari terakhir ini bisa mendapatkan 50 kunjungan saja per hari sudah Alhamdulillah. Saya sendiri kurang tahu apa penyebabnya. Saya pikir itu cuma gangguan biasa dan tidak akan berlangsung lama. Tapi setelah saya perhatikan dalam 5 hari terakhir tidak ada kemajuan sama sekali, saya pun penasaran dan coba mencari tahu kira-kira apa penyebabnya.

Setelah saya coba mencari tahu di forum pengguna WordPress, saya pikir masalahnya bukan pada wordpressnya. Karena kalau yang bermasalah adalah wordpressnya, tentu akan ada banyak user yang mengeluhkan hal yang sama. Karena WordPress sudah terbukti tidak ada masalah, berarti kemungkinannya ada 2, Google telah memblokir beberapa postingan saya dari daftar hasil pencarian atau blog saya yang memang bermasalah.

Berdasarkan hasil analisa saya pribadi, saya pikir ini semua karena ada beberapa postingan saya yang mempunyai banyak trackback dari beberapa postingan saya yang lain. Apalagi postingan tersebut memang tidak saya temukan dari daftar pencarian menggunakan kata kunci yang selama ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk menemukan postingan saya.

Kalau selama ini saya selalu merasa nyaman dengan menggunakan postingan-postingan lama saya untuk mengundang calon pengunjung untuk mampir ke blog ini, sepertinya saya harus mulai melupakan hal itu. Mulai sekarang saya (terpaksa) harus rajin menulis hal-hal baru lagi. Karena sepertinya akhir-akhir ini saya memang terlalu mengandalkan postingan-postingan saya tentang teknik informatika yang menempati halaman pertama daftar hasil pencarian Google.

Atau jangan-jangan semua ini hanyalah ‘kode’ dari Google biar saya semakin rajin untuk menulis postingan blog ini? 😀

———————————

*) Semoga MU tidak terlalu cepat sembuhnya. Karena saya ingin melihat Arsenal juara lagi. 🙂

2 thoughts on “Mulai dari Awal

Ada komentar?

