Lists Twitter? Buat Apa Sih?

Meskipun sudah punya akun Twitter sejak negara api menyerang pertengahan 2009, saya baru paham penggunaan fitur list tahun kemarin. (oke, sebagai pengguna Twitter saya merasa gagal)

Dulu saya menganggap fitur list itu hanya buat mengklasifikasikan orang-orang yang sudah kita follow. Persis seperti halnya circle yang ada di google+ gitu lah kira-kira. Sebelum akhirnya tahu kalau ternyata kita tidak harus follow untuk bisa memasukkan akun tersebut ke dalam list yang kita buat. Dan sejak saat itu, saya mulai punya ide untuk memanfaatkan list.

Seperti yang kalian tahu, saya ini seorang Gooner (pendukung Arsenal). Sudah menjadi kebiasaan kalau setiap fans suatu tim sepakbola selalu ingin mendapat kabar terbaru tentang tim yang mereka dukung. Mulai dari kondisi pemain, kemungkinan transfer pemain, skor pertandingan, apapun itu. Rasanya kurang lengkap kalau sehari saja tidak mengikuti perkembangan terbaru dari tim yang mereka dukung. Maka dari itu, jangan kaget kalau media menyediakan porsi yang cukup banyak untuk olahraga yang satu ini. Karena sebagian besar supporter sepakbola adalah supporter fanatik. Eric Cantona (legenda Manchester United) saja bahkan pernah berucap seperti ini:

Kamu bisa ganti pasangan, kamu bisa ganti partai politik, kamu bisa pindah agama, tapi kamu tidak, tidak, tidak akan pernah bisa ganti tim kesayangan.

Sepertinya tidak berlebihan kalau saya bilang supporter fanatik sepakbola itu hanya bisa disaingi oleh fans Slank dan JKT48 ya? πŸ˜€

Dan karena saya termasuk cukup fanatik dalam masalah sepakbola, saya jadi terpikir untuk membuat list akun-akun twitter yang sering membahas Arsenal. Karena saya merasa hal itu lebih menyenangkan daripada harus follow mereka satu per satu. Selain itu, dengan membuat list, informasi yang saya dapatkan lebih terfokus pada info seputar Arsenal. Tidak melebar ke mana-mana sebagaimana jika kita hanya follow. Karena tentu tidak mungkin dong kalau saya hanya follow akun-akun yang membahas Arsenal saja?

Salah satu list yang sudah saya buat
Salah satu list yang sudah saya buat

Kalau kita biasa follow akun-akun yang menurut kita menarik dan informatif, dengan menggunakan list, kita bisa mendapatkan informasi secara spesifik. Apapun itu. Kalau saya menggunakan list untuk mendapatkan info tentang Arsenal, itu semata-mata karena saya memang suka dengan Yuki Kato Arsenal.

Kalau kalian fans JKT48 seperti saya (misalnya), kalian bisa buat list yang berisi akun resmi anggota JKT48 dan akun-akun yang sering memberikan info seputar JKT48. Kalau kalian suka dengan teknologi, kalian bisa membuat list yang berisi akun twitter dari situs-situs teknologi seperti mashable, engadget, theverge, gsmarena, dan lain sebagainya. Kalau kalian suka cari info lomba atau lowongan kerja, kalian bisa membuat list yang berisi akun-akun yang suka berbagi info lomba atau lowongan kerja. Atau jika kalian misalnya sedang rajin-rajinnya stalking calon istri nih, kalian bisa membuat list yang berisi akun twitter dari orang-orang yang menurut kalian cocok untuk dijadikan istri (baca: gebetan) biar tidak ketinggalan info dari mereka. Kan tidak semua orang yang kita sukai itu bisa kirim pesan kayak artis-artis yang suka iklan macem gini: “Semua pesan yang kalian terima langsung aku kirim dari telepon aku lho.” Hehe.

Satu lagi. Kalau kalian menggunakan smartphone, list ini bisa dijadikan shortcut ke homescreen. Jadi, kita tidak harus repot-repot membuka twitter dulu kemudian mencari list yang ingin kita buka. Cukup dengan sekali klik, kita sudah bisa mendapatkan informasi dari akun-akun yang sudah kita masukkan ke dalam list tersebut. Sangat simpel bukan? πŸ™‚

Shortcut List di Windows Phone
Shortcut List Gooner di Windows Phone

Dan kalau kalian menggunakan Tweetdeck, list juga bisa dibuat menjadi kolom sendiri lho. Seperti ini contohnya:

tweetdeck

Jadi gimana? tertarik untuk mencobanya? πŸ™‚

4 thoughts on “Lists Twitter? Buat Apa Sih?

Ada komentar?

