Berhenti Ngeblog?

Sejak mengalami penurunan jumlah pengunjung yang sangat drastis, saya memang agak merasa malas menulis di blog ini lagi. Miris ya? ternyata saya sama saja, menulis karena ingin tulisannya dibaca.

Dan setelah saya pikir-pikir lagi, apa mungkin hanya karena tidak ada yang membaca lagi saya harus berhenti menulis? Apakah saya wafatkan sekalian saja blog saya yang satu ini dan memulai semuanya dari awal lagi? blog hanya sebuah jalan, bukan tujuan. Jadi, sah-sah saja kita pindah tempat ngeblog kan?

Tapi meski begitu, jujur, rasanya berat meninggalkan blog yang sudah saya urus mulai 2010 ini. Meskipun saya punya banyak sekali akun di berbagai macam situs blog (WordPress, Blogspot, Tumblr, Dagdigdug (mati), Blogdetik (sudah lama tidak saya urus), Kompasiana (sama, sudah tidak pernah saya urus sejak lama), Posterous (mati), Svbtle, Medium, Pen.io, Ghost, dlsb) , hanya blog ini yang benar-benar membuat saya betah. Blogspot memang menyenangkan. Saya pernah punya pengalaman menyenangkan ketika pertama kali ngeblog di Blogspot dulu. Posterous juga sama sebelum akhirnya ditutup pertengahan tahun lalu. Tumblr katanya asik. Tapi saya pribadi merasa kurang nyaman dengan Tumblr yang menurut saya terlalu ramai. Ironis ya? di satu sisi, saya ingin postingan saya dibaca. Tapi di lain sisi, saya tidak suka dengan Tumblr yang terlalu ramai dan lebih mirip social media daripada blog. Tapi begitulah yang saya rasakan. Saya merasa kurang nyaman jika berada di tengah-tengah keramaian. Sebenarnya masih ada alasan lain mengapa saya tidak terlalu suka dengan Tumblr. Salah satunya adalah karena di Tumblr tidak ada fitur rss import, yang menurut saya sangat penting keberadaannya bagi sebuah blog.

Dan ketika saya mengingat bahwa blog ini sudah menghadirkan banyak kenangan bagi saya, saya pun memutuskan untuk tetap ngeblog di sini. Blog memang bukan tujuan, saya tahu. Tapi ada semacam ikatan emosional yang sudah terjalin antara saya dengan blog ini. Dan untuk saat ini, saya masih belum bisa melepaskan ikatan itu.

Kalau selama ini kalian merasa bosan membaca tulisan saya yang seperti itu-itu saja, maaf ya. Saya memang tidak terlalu bakat menulis, saya tahu. Bakat saya bukanlah menulis, melainkan menunda. Hehehe. Atau boleh jadi kalian mungkin punya saran sebaiknya saya menulis seperti apa? Siapa tahu saya bisa coba menuliskannya sehingga tidak mandek seperti sekarang.

Dan sampai saatnya tiba bagi saya untuk berhenti menulis di blog ini, saya akan kembali menuliskan apa yang menurut saya pantas untuk dituliskan. Syukur-syukur kalau itu bisa bermanfaat bagi kalian. Karena sejujurnya saya hanya berharap bahwa apa yang saya tuliskan bisa menjadi semacam pengingat bagi saya. Rasanya lucu saja kalau membaca postingan-postingan lama saya dan kemudian bergumam dalam hati, “ternyata saya pernah seperti ini ya?” πŸ™‚

Pindah dari blog ini? mungkin suatu saat ini, tapi yang jelas bukan saat ini.

19 thoughts on “Berhenti Ngeblog?

  1. Saya lihat blog kamu sangat berpotensi untuk main google adsense mas. Saya lihat sudah ada script yg terpasang tetapi blank ya? mungkin pendaftaran mas ditolak karena mas memasang fitur lagu tu. soalnya melanggar hak cipta πŸ™‚ jadi google gk terima πŸ™‚ #MaafKalau Salah

  2. Alin

    Paling betah di wordpress ya? Karena ada saya disiniii :》

    Kunjungi blog akik yg sangat geje ya …
    Nonaliin.wordpress.com
    Makasih buat namanya…hehee

    Γ· Rasanya lucu saja kalau membaca postingan-postingan lama saya dan kemudian bergumam dalam hati, β€œternyata saya pernah seperti ini ya?” πŸ™‚

  3. aku udah ngeblog dari 2007 mas, dan makin kesini makin jarang upload πŸ˜₯
    tapi emang bener, ada ikatan emosional yang ngga bisa dilepas begitu saja πŸ˜€

  4. Angga

    Mungkin akan lebih baik jika men-share pelajaran2 yang ada di bidang teknik informatika misalnya seperti coding lesson untuk pemula dan advance… πŸ˜€

    Jangan menyerah…
    Ganbatte…

  5. hmmm.. sedikit menambahkan,, saya punya saran bagaiman kalo diadakan sedikit perubahan pada tampilannya, karena saya rasa mungkin orang-orang merasa jenuh dengan tampilan yang sama, dlam kurun waktu yang lama,,,
    kalo soal tulisan, jangan berkecil hati,,, semua orang pandai menulis, namun mereka punya ciri khas masing-masing, dan mereka yang menjadi penulis yang besar itu karena kekhasan mereka banyak yang menikamtinya,,
    inilah kekhasan tulisanmu, tak salah sama sekali,, aku menyukainya karena indah, namun lebih indah jika diberikan hiasan.

  6. inna

    jangan menyerah mas,,,
    nikmati aja seperti hoby,, jadi gak tertarjet, namun menjadi sebuah keasyikan seperti waktu pean aja, anggap saja menulis di blog ini juga sama kayak pean waktu baca,,
    tulisan pean asyik kok,, πŸ™‚

Ada komentar?

