Bisa Nggak Ya Saya Jadi Presiden?

Dari semua alasan yang sudah dijelaskan oleh orang-orang yang ada di 60detikaja.com, alasan yang dijelaskan oleh Ringgo adalah alasan yang paling membuat saya terharu:

Kenapa saya mendukung Pak Jokowi? Karena saya ingin bisa menjawab pertanyaan dari anak-anak kalau anak-anak itu bertanya, “bisa nggak ya saya jadi presiden?” saya akan menjawab, “bisa, kayak Pak Jokowi”

Alasan yang Ringgo jelaskan dalam video tersebut hampir sama dengan apa yang Mas Achmad Room Fitrianto pernah jelaskan dalam tulisannya:

“Saya yakin majunya Joko Widodo akan memberikan harapan kedepan kepada anak cucu kita untuk memiliki kesempatan dan harapan untuk menjadi pemimpin tertinggi negeri ini. Pemimpin yang lahir dari rahim komunitas, rakyat, pemimpin yang bukan jendral, bukan pengusaha super kaya, bukan pemilik media, bukan anak tokoh terkenal, bukan professor, bukan pelaku poligami, bukan doktor apalagi PhD lulusan luar negeri, yang menjadikan orang biasa bisa bermipi untuk bisa menentukan arah negeri ini.”

Sebuah alasan yang sederhana. Sangat sederhana bahkan jika dibandingkan alasan-alasan lain yang disebutkan oleh orang-orang yang menjadi narasumber di 60detikaja.com. Tapi sejujurnya, alasan-alasan sederhana seperti inilah yang membuat saya merasa bahwa masih banyak orang yang menganggap Jokowi adalah simbol harapan.

Jokowi memang bukan Nabi yang tanpa dosa, bukan superhero yang bisa menyelesaikan semua persoalan yang ada. Tapi setidaknya, Jokowi mampu mengembalikan mimpi-mimpi anak Indonesia. Mengembalikan mimpi-mimpi anak Aceh sampai Papua, apapun latar belakang ekonominya, untuk berani bermimpi besar menjadi penentu arah kemajuan Indonesia.

Ketika Jokowi terpilih, saya yakin, masalah akan tetap ada. Tapi di saat yang sama, semakin banyak anak-anak yang punya harapan dan mimpi besar untuk menjadi apapun yang mereka inginkan. Termasuk di dalamnya menjadi presiden Indonesia. Dan percayalah, harapan adalah salah satu sumber kekuatan terbesar yang kita punya sebagai manusia. Selain cinta.

Ngomong-ngomong, bisa nggak ya saya jadi presiden?

2 thoughts on “Bisa Nggak Ya Saya Jadi Presiden?

Ada komentar?

