Kuliah di Mana Ya?

Masih jelas terbayang dalam benak saya bagaimana galaunya saya ketika memasuki masa-masa akhir pendidikan di jenjang SMA. Kegalauan saya waktu SMA bukanlah takut menghabiskan masa SMA dengan status jomblo. Bukan. Bukan itu. Saya yang sudah terbiasa jomblo sejak lahir memang tidak terlalu berminat untuk mengakhiri masa jomblo saya selama 17 tahun itu di bangku SMA.

Sama seperti halnya siswa SMA lainnya, kegalauan saya waktu menjelang kelulusan SMA itu disebabkan oleh 2 hal: UN dan perasaan bingung mau melanjutkan ke mana setelah SMA.
Meskipun sejak kelas X SMA saya memang sudah punya minat yang lumayan terhadap komputer, menjelang lulus, saya sempat bingung mau melanjutkan ke mana selepas SMA. Karena meskipun punya minat, minat saya waktu itu mungkin seperti halnya minat remaja saat ini pada gadget-gadget terbaru saat ini. Karena efek perkembangan zaman saja. Bukan benar-benar karena suka bikin program, ikut olimpiade komputer atau semacamnya.

Sebelum akhirnya memutuskan memilih Teknik Informatika, saya sempat disarankan oleh orang tua untuk mengambil jurusan pendidikan, pendidikan dokter, atau farmasi Unair. Waktu itu, saya sempat mau daftar ke Unair melalui jalur PMDK (kalau sekarang mirip SNMPTN), tapi akhirnya saya urungkan niat saya. Mengingat waktu SMA saya memang punya kenangan buruk dengan pelajaran-pelajaran yang identik dengan hafalan semacam Biologi dan Sejarah.

Setelah mengurungkan niat untuk daftar ke FK atau Farmasi Unair, saya sebenarnya masih berminat untuk masuk ke Unair, tepatnya ke jurusan Psikologi. Meskipun saat itu masih belum yakin sepenuhnya, saya merasa saya punya minat cukup lumayan terhadap dunia Psikologi. Dan beberapa tahun setelah itu, ketika saya mencoba tes kepribadian di sini, barulah saya paham kalau saya memang ada minat di sana.

Selain jurusan Psikologi, saya juga sempat berniat masuk ke Teknik Kimia. Mengingat waktu SMA, Kimia merupakan salah satu dari 2 mata pelajaran yang lumayan saya mengerti. Selain matematika. Tapi karena menurut cerita salah satu teman saya, di Teknik Kimia masih ada Fisika, akhirnya saya mengurungkan niat saya.

Dan singkat cerita, setelah melalui banyak pertimbangan, akhirnya saya memutuskan memilih Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Dan alhamdulillah, diterima di Teknik Informatika.
Ini dari tadi kok cerita pengalaman terus sih, sebenarnya mau ngomongin apa?
Hehe. Maaf. Sebenarnya saya ingin cerita singkat sebagai pengantar saja soal pengalaman. Tapi jadinya malah kepanjangan.

Setelah saya renungkan kembali, sebenarnya kuliah di mana itu bukan masalah. Akar masalah sebenarnya adalah kita tidak tahu apa yang menjadi minat, bakat, dan passion kita.

Karena kita tidak tahu apa minat kita, tidak tahu apa bakat kita, tidak tahu apa aktivitas yang paling kita sukai, akhirnya kita kebingungan mau kuliah di mana. Begitulah kronologi munculnya pertanyaan, “duh, kuliah di mana ya?”

Karena saya yakin, 9 dari 10 orang yang bingung memilih jurusan adalah orang yang tidak paham apa minat, bakat, dan passion mereka. Sisanya adalah yang merasa punya terlalu banyak bakat dan akhirnya merasa bingung mau meningkatkan bakat yang mana. Seperti saya dulu misalnya.

Maka dari itu, pesan saya buat kalian yang bingung mau kuliah di mana, coba ingat-ingat kembali, aktivitas apa yang kalian sukai. Apa yang paling menarik buat kalian? Apa cita-cita kalian? Apa minat kalian?

Kalau kalian masih bingung, kalian bisa coba tes kepribadian di sini untuk membantu mengetahui karakter kalian. Karena mengenal diri adalah salah satu paling mendasar dalam proses menentukan jurusan. Lupakan dulu soal prospek kerja dan lainnya. Karena seperti kata Steve Jobs dan orang-orang sukses lainnya, sukses itu sebenarnya rumusnya sederhana: lakukan apa yang kita cintai, atau jika tidak, cintai apa yang kita lakukan. Tanpa salah satu atau keduanya, tidak akan ada yang namanya kesuksesan.

Jadi, buat kalian yang sekarang masih SMA, lupakan dulu pertanyaan “saya cocoknya kuliah di mana ya?”. Mulai sekarang coba ganti pertanyaannya dengan “minat dan bakat saya apa ya?”. Coba tanyakan pada diri sendiri, coba tanyakan pada teman, coba tanyakan pada orang tua kalian sampai kalian benar-benar yakin itulah jawabannya. Karena ketika kalian telah mendapat jawaban dari pertanyaan ini, percayalah, akan lebih mudah buat kalian untuk menentukan mau kuliah di mana nantinya selepas SMA.

Jadi, sudah tahu minat dan bakat kamu apa, Tuan dan Nona?

Advertisements

15 thoughts on “Kuliah di Mana Ya?

    1. Kalau memang berniat untuk menjadi polwan, ada baiknya baca dulu persyaratan sarjana untuk jadi polisi di sini: http://penerimaan.polri.go.id/syarat_sipss

      Di situ dijelaskan jurusan-jurusan yang bisa daftar menjadi polisi. Jadi, saran saya, kamu baca-baca dulu informasinya, baru setelah itu, pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu dan mendukung cita-cita kamu untuk jadi polwan. Kurang lebih begitu. Semoga bisa membantu.

  1. muhammad hasbi ghibran

    gan sya bingung mau pilih jurusan apa untuk kuliah, tapi sy skrng skolah di smk jurusan tkj, tapi klo masalah pelajaran tkj sy cukup lumayan tau. tapi mengapasy ini masih ragu kalo sy harus melanjutkan teknik informatika kuliahnya? soalny sy sendiri masih merasa bosan atau jenuh klo melakukan aktivitas yg berbau komputer apalagi programan/ kira2 ada solusinya gak gan?

    1. Kalau memang nggak suka pemrograman ya mending pikir-pikir lagi buat masuk teknik informatika. Masalah kamu kuliah di mana itu tergantung kamu sukanya apa? Ingin bikin apa? Ingin dikenal sebagai apa?

      Kalau mencari tahu minat, bakat, dan potensi diri terasa sulit bagi kamu, mungkin kamu bisa coba untuk memulai pencarian kamu dari impian dan cita-cita. Pilih jurusan yang bisa membawa kamu lebih dekat kepada impian dan cita-cita kamu. Gitu. Semoga bisa membantu.

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s