Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa

Selama kuliah, saya pernah mengalami beberapa masalah yang terkait dengan komputer. Mulai dari kehilangan file tugas, kehilangan flashdisk, kehilangan hardisk eksternal, dan lain sebagianya. Berangkat dari situ, saya jadi rajin mencari informasi aplikasi-aplikasi yang membantu saya meningkatkan produktivitas dan mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang sama.

Buat kalian yang mau kuliah, berikut ini beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan buat kalian:

Dropbox App
Dropbox

Dropbox
Ini adalah salah satu aplikasi yang wajib diinstall di komputer ketika kuliah. Kenapa? karena Dropbox pada dasarnya adalah flashdisk. Hanya saja, flashdisknya tidak berbentuk fisik, tapi berbentuk website. Percaya atau tidak, Dropbox ini telah menyelamatkan nasib banyak mahasiswa dari kehilangan file-file penting seperti tugas kuliah, skripsi, dan semacamnya.

Jika selama ini kalian menyimpan file kuliah hanya menggunakan hardisk internal komputer (laptop), hardisk eksternal, atau flashdisk, ada baiknya kalian mulai mempertimbangkan menggunakan aplikasi semacam Dropbox ini. Apalagi untuk file-file yang penting semacam tugas kuliah dan skripsi. Karena bagaimanapun, laptop, hardisk eksternal, maupun flashdisk sangat mungkin untuk hilang. Entah karena dicuri atau karena kelalaian kita sendiri. Maka dari itu, untuk menghindari kehilangan file-file penting, wajib hukumnya mempunyai akun cloud storage semacam Dropbox ketika kuliah.

Saya sendiri sudah menggunakan Dropbox semenjak 2011 sampai sekarang. Selain Dropbox, ada banyak layanan cloud storage gratis yang bisa kalian coba. Saya sendiri pernah mencoba pakai Dropbox, Google Drive, One Drive, dan Box. Untuk Box, saya bahkan mempunyai 50GB storage hasil bonus ketika masih menggunakan Sony Xperia U. Tapi meskipun begitu, saya merasa lebih nyaman menggunakan Dropbox dan One Drive untuk membantu aktivitas saya sehari-hari. Sedangkan Google Drive dan Box hanya saya pakai sesekali. Kalau kalian ingin tahu perbandingan antara masing-masing layanan cloud storage, bisa baca artikel di sini.

Evernote App
Evernote

Evernote
Ini adalah salah satu aplikasi yang sering ditemukan di smartphone Android tapi jarang digunakan. Setahu saya, teman-teman saya dulu banyak yang menginstallnya tapi tidak banyak yang benar-benar menggunakannya. Padahal Evernote ini sangat bermanfaat sekali untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Karena dengan Evernote, kita bisa menyimpan artikel yang kita temukan di internet, tanpa harus bookmark di browser dan tanpa harus subscribe di website yang bersangkutan.

Evernote ini akan sangat membantu kalian ketika mengerjakan tugas dan membutuhkan banyak referensi dari internet. Dengan evernote, kalian tidak akan lagi menyimpan halaman sebuah situs ke dalam flashdisk, sebagaimana yang dulu sering dilakukan oleh para mahasiswa ketika mencari bahan untuk mengerjakan tugas di warnet.

Feedly
Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika kuliah adalah memperbanyak sumber bacaan. Dan untuk itulah Feedly diperlukan. Karena dengan Feedly, kita bisa membaca artikel dari website-website yang menurut kita bermanfaat buat perkuliahan kita. Dengan Feedly, kita tidak perlu mengingat-ingat ratusan nama website yang kita sukai kontennya. Sederhananya, Feedly adalah semacam perpustakaan online kita.

Prezi
Kalau yang satu ini fungsinya adalah untuk membuat presentasi lebih menarik secara mudah. Karena salah satu aktivitas yang pasti dilakukan selama perkuliahan adalah presentasi. Dan membuat presentasi yang menarik dengan Powerpoint itu butuh effort yang nggak sedikit. Oleh karena itu, kalau kalian ingin membuat presentasi yang menarik tapi nggak mau susah-susah, ada baiknya kalian coba menggunakan Prezi. Karena buat mahasiswa, dengan menggunakan email kampus, kalian bisa menggunakan prezi premium secara gratis. Berikut ini contoh presentasi yang pernah saya buat dengan menggunakan Prezi.

Contoh Presentasi Prezi
Contoh Presentasi dengan Prezi

Selain Prezi, untuk membuat presentasi yang lebih menarik, kalian juga bisa coba menggunakan Focusky, Slides, atau Niftio.

Aplikasi Canva
Canva

Canva
Canva adalah jawaban untuk kalian yang ingin membuat desain poster, undangan, atau alat publikasi lain dengan lebih mudah. Karena dengan Canva, kalian hanya cukup drag and drop untuk membuat desain.

F.lux
F.lux ini mungkin tidak wajib diinstall buat semua mahasiswa. Tapi buat mahasiswa teknik, buat kalian yang tugas kuliahnya dan aktivitasnya banyak menggunakan komputer, ada baiknya kalian install f.lux ini untuk membuat mata tidak mudah lelah ketika menatap layar komputer.

Team Viewer
Kalau aplikasi yang satu ini bermanfaat untuk troubleshooting. Ini terinspirasi dari adik saya yang beberapa kali meminta bantuan saya terkait laptopnya yang bermasalah. Karena saya dan adik saya kuliah di 2 kota yang berbeda, akhirnya saya sarankan adik saya untuk install team viewer agar kalau sewaktu-waktu laptopnya ada masalah saya bisa bantu ngecek.

Karena biasanya selama kuliah komputer mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Entah itu terkena virus, ada fitur-fitur yang tidak jalan, ada aplikasi yang tidak jalan, dan lain sebagainya. Dengan install team viewer, kita akan lebih mudah meminta bantuan teman ketika mengalami masalah dengan komputer kita. Jadi, cukup dengan koneksi internet saja, dengan memaanfaatkan team viewer, kita akan bisa meminta teman kita yang mahir komputer untuk mengecek dan membantu memperbaiki komputer kita jika sedang ada masalah tanpa harus bertatap muka. Satu yang perlu diingat, kalian juga harus waspada jika mau minta bantuan via team viewer. Pastikan kamu benar-benar mengawasinya. Agar teman yang kamu mintai bantuan tidak mengambil data-data yang ada di komputer kamu tanpa sepengetahuan kamu.

Filehippo
Kalau yang satu ini sih bukan aplikasi. Filehippo adalah website penyedia aplikasi-aplikasi freeware yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari. Saya lupa kapan pastinya tahu website yang satu ini. Yang jelas, tiap kali saya mencari aplikasi freeware, website ini yang selalu menjadi rujukan pertama saya. Karena tampilannya yang simpel dan user friendly.

Mungkin sampai sini dulu. Nanti lain kali akan saya update lagi list-nya. Entah dengan mengedit tulisan ini atau dengan membuat tulisan berseri.

Satu yang perlu digarisbawahi, aplikasi yang saya rekomendasikan di atas sebenarnya bukan hanya bermanfaat buat mahasiswa, tapi juga buat kalian yang banyak menggunakan komputer dalam aktivitas sehari-hari.

Punya rekomendasi aplikasi lain? silakan tambahkan di komentar, ya. 🙂

Advertisements

One thought on “Aplikasi Wajib untuk Mahasiswa

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s