Berproses

Setelah sekian lama belajar tentang affiliate marketing, akhirnya saya memberanikan diri untuk mempraktekkan apa yang selama ini telah saya pelajari. Karena saya merasa menulis adalah salah satu aktivitas yang saya sukai, dan internet adalah tempat yang tempat untuk mulai berbisnis tanpa mengeluarkan banyak modal sebagaimana bisnis konvensional lainnya. Akhirnya saya memutuskan untuk mulai membuat website dan mulai mempraktekkan ilmu affiliate marketing yang sudah saya pelajari.

Dengan bermodalkan uang 125 ribu untuk membeli domain dengan akhiran .com, ditambah dengan promo hosting dari IDCloudhost yang sedang merayakan ultahnya yang kedua, ditambah CEO-nya saya kenal dan pernah jadi bahan tulisan saya di blog meski tidak pernah bertatap muka secara langsung, akhirnya website saya pun jadi.

Satu hal yang saya pelajari ketika membuat website baru adalah: ternyata mendapatkan pembaca itu tidak mudah. Berbeda dengan blog ini yang meskipun jarang sekali saya perbarui kontennya tetap mendapatkan 200-400 kunjungan tiap harinya, sampai saat ini, usia website saya sudah hampir 2 minggu tapi masih belum ada satu pun orang yang membacanya.

Membuat website baru kembali mengingatkan saya bahwa tidak ada jalan pintas untuk sukses. Semuanya butuh proses. Sama seperti menghafalkan Al Quran yang harus dihafalkan ayat per ayat, diulang berkali-kali, kemudian bisa hafal 1 halaman. Dari 1 halaman, kembali menghafal ayat demi ayat, diulang terus, sampai akhirnya bisa hafal 1 juz. Dihafal per ayat, diulang, begitu terus sampai akhirnya bisa hafal 30 juz. Semuanya butuh proses yang tidak singkat.

Sama seperti tidak ada pohon yang langsung berbuah sehari setelah ditanam benihnya, butuh waktu yang tidak singkat agar usaha bisa menemukan hasilnya. 🙂

Ada komentar?

