Seputar Teknik Informatika

Berikut ini beberapa postingan saya yang berkaitan dengan teknik informatika:

Selamat membaca! 🙂

278 thoughts on “Seputar Teknik Informatika

  1. Ade maulana

    Kak mau tanyaa nihh, apakah diperbolehkan smk jurusan grafika ingin melanjutkan ke universitas jurusan teknik informatika?. Soalnya waktu saya ikut tes disalah satu universitas tidak diperbolehkan jurusan grafika ke sana

    1. Setahuku SMK sih bisa aja masuk teknik informatika. Masalahnya apa benar kamu pengen masuk teknik informatika? soalnya teknik informatika itu nggak belajar tentang desain dan animasi. Kalau mau belajar desain dan animasi, masuk ke jurusan DKV atau multimedia.

  2. Pingback: Kamu Cocok Masuk Teknik Informatika Jika… – Kamu Itu Beda

  3. rafli zamzam

    Asalamualaikum kak .
    Mau tanya teknik komputer dan teknik informatika itu sama gak sih ?
    Saya lebih tertarik teknik komputer tetapi saya kurang memahami matematika menurut kakak gimana ?
    Terimakasih kak

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Setahuku, teknik komputer itu lebih kepada hardware komputer. Jadi lebih banyak mempelajari tentang bagaimana merakit komputer. Sementara teknik informatika lebih fokus pada software, bagaimana membuat aplikasi komputer untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.

  4. Kalau boleh tanyA saa ini baru lulusan sma ipa tahun 2017 ini.sebelumnya saya belum mengenal ilmu komputer tapi akhir 2 baru mengenal ilmu komputer kursus aja nga pernah seandainya jika aku lulus tes tertulis sbmptn denga jurusan yg kupilih TI apa aku bisa masuk ti dalam arti mengikuti pembelajaran karna bagiku disetiap studi pembelajaran pasti ada manfaatnya mohon dijawab yaa!!?

    1. Sebenarnya ada banyak sekali faktor untuk bisa mengetahui apakah kita bisa mengikuti perkuliahan atau tidak. Tapi kalau menurut saya, kalau kamu suka matematika dan logika, besar kemungkinan kamu akan bisa mengikuti perkuliahan di teknik informatika.

  5. Afiffah

    Assalamu’alaikum kak,
    ingin bertanya, saya SMK jurusan TKJ, ingin melanjutkan kuliah jurusan Teknik Informatika.
    saya sudah pernah test potensi akademik untuk masuk ke teknik Informatika di suatu instansi, dan hasil Test Analisa nilainya 44, (minimalnya 60). dan test Kuantitatif nilainya 80 (minimalnya 60), nah kan di test analisa saya kurang, apa itu akan mempengaruhi saya untuk mempelajari materi yang ada di Teknik Informatika? yang kaka sebutkan diatas bahwa anak Teknik informatika kebanyakan memikir pakai logika.. tapi saya minat sekali dan niat untuk mempelajari ilmu informatika lebih lanjut. Minta sarannya kak..
    Thanks

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Aku sendiri malah nggak paham tentang TPA. Karena memang sudah lama sekali. Yang jelas, kalau memang sudah ada niat dan bersemangat, ya maju terus.

      Karena niat dan semangat itulah yang akan menjadi bahan bakar ketika menjalani perkuliahan.

    2. anggi hardika

      Ka mau nanya,saya sangat berminat sekali untuk masuk jurusan informatika.masalahnya saya gaterlalu bisa matematika.apakah itu bakal memengaruhi pas saya sudah masuk jurusan informatika?

  6. gua niat banget jadi game developer, hacker, pemrograman, bahkan sekarang saya belajar menjadi hacker haha, membuat website phising, sering mencari trik trik hack android agar keren, bahkan saya sangat kagum sama yang meretas videotron di jakarta itu,, dia hebat banget…. saya rasa saaya cocok masu di teknik it tapi MASALAHNYA pas UN saya terlalu santai sampai nilai gua ANJLOK!! apakah nilai UN mempengaruhi ketika ingin masuk kuliah jurusan it? kalau masalah Matematika dan Bahasa inggris insyaALLAH bisa dan bisa di bilang lumayan,, tapi NILAI gua di kertas IJAZAH yg anjlok yg berarti memperlihatkan gua ga bisa MTK dan Basing… mohon fast respon

    1. Kalau cuma gitu sih sebenarnya kamu cuma hobi aja, bukan benar-benar tertarik. Jadi hacker itu bukan berarti harus melakukan tindakan yang tidak terpuji semacam pishing. Hacker yang keren itu kayak Jim Geovedi. Mungkin cuma doi, satu-satunya hacker Indonesia yang bisa mengubah arah rotasi satelit.

      Kalau kamu berminat kuliah lewat jalur SNMPTN, nilai UN itu penting. Kalau kuliah kamu lewat jalur SBMPTN (pakai ujian tulis), nilai UN tidak akan jadi masalah.

  7. Hana Muditha

    Wahh postingann anda benar2 memberi saya gambaran dgn apaa yg sayaa pikirkan ttg teknik informatikaa inii.. Trims yaa ^^ sukses selaluuu

  8. Ahmad ahdan

    Sy niat banget masuk teknik informatika, tpi sy krng suka dengan matematika, apakah sy boleh mengambil jurusan teknik informatika ?

  9. siska

    Kak sy mau tanya. Saya tipe orang yang agak pendiam. Saya tidak terlalu suka dengan teori. Saya pun agak sedikit lemah di bidang matematika. Saya ga tau apa beda nya TI sama SI itu. Saya pun tidak tahu apa dan bagaimana cara kerjanya kedua jurusan tersebut. Sy masih bingung harus pilih yg mana? Bagusnya pilih TI or SI? Terimakasih..

  10. siska

    Kak sy mau tanya. Sy tipe org yg agak pendiam. Sy ga terlalu suka teori.Sy ga tau kerjanya TI maupun SI itu apa dan bagaimana. Sy masih bingung pilih yang mana? So bagusnya sy milih jurusan TI or SI?

  11. laila

    Udah q lahap semua. Postingan nya.. dan saya sudah menemukan 99% jawaban ats smua prtnyaan” saya. Sbkm memilih TI. Trimakasih atas postingannya.. Aku mau ambil jurusan ini.. karena sngat berhubungan dgn bisnis q.. cz aq punya bisnis online kak.. dan pngen bnget bisa bikin applikasi online shop yg katanya sih ada yg bilang harga nya 10jt ( untyk applikasi yg sngat bagus dan mudah di gunakan.. nah pertanyaan saya.. kalau di TI pasti nanti mempelajari cara membuat aplikasi kan??. Pngen bgt bikin aplikasi online shop sndri

    1. Yoi, secara umum, teknik informatika adalah tentang bagaimana proses menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan melalui teknologi informasi atau dengan kata lain belajar membuat software sebagai bentuk problem solving.

      Tapi kalau alasannya cuma mau bikin online shop, tidak harus kuliah di jurusan IT juga gpp. Yang penting kamu punya kemampuan manajerial dan skill bisnis yang mumpuni. Karena setahuku, kebanyakan start up tidak hanya didirikan oleh orang IT, tapi juga oleh orang yang punya pemahaman yang bagus tentang bisnis.

  12. Pingback: Kamu Cocok Masuk Teknik Informatika Jika….. – fajarerik

  13. F. Awaludin

    Assalamu’alaikum.. Kaka saya lulusan Multimedia, tangan saya kalau menggambar gak bagus-bagus amat, tapi pelajaran yang saya sukai membuat CD Interaktive etah itu di Flash atau di Director,belajar otodidak tentang jaringan dan web html(DW). Kata teman-teman malah saya bagus di Broadcast, Mtk gak bagus bagus amat. Tapi punya keinginan untuk mencapai citacita pekerjaan yang berhubungan dengan TI, apakah saya tidak terlalu memaksakan untuk masuk TI dilihat dari mtk yang tidak memusakan kakak…? 🙂

    1. Wa’alaikumsalam. Kalau memang suka bikin video interaktif mending masuk multimedia. Kerja di dunia IT ada banyak sekali macamnya. Kalau kamu memang sukanya desain dan membuat video ya nggak usah memaksakan untuk masuk teknik informatika. Daripada nyesel. Soalnya di teknik informatika nggak ada materi tentang desain dan multimedia.

  14. IMAN F

    apakah dari jurusan teknik informatika bisa diteruskan ke jurusan animasi di jepang misalkan..?
    saya mau jadi animator dan belajar di jepang, makanya saya masuk TI dulu cari krja terus kuliah ke jepang. kira2 bisa gak?

    1. Kalau mau jadi animator, basicnya desain, sob. Soalnya skill dasar buat jadi animator itu menggambar. Secara konsep, animasi adalah gambar yg digerakkan. Jadi kalau kamu memang mau jadi animator, kuliahnya bukan di IT, tapi di DKV (Desain Komunikasi Visual).

  15. mustika

    Kak pingin nanya? Kan saya termasuk orang yang dirumah suka ngebenerin alat semacemnya kaya handphone atau laptop, saya juga seneng kalo ngerjainnya, terus saya harus ngambil teknik apa dong?

  16. ayumelita sukma

    Assalamualaikum kak, aku anak kelas 12 ipa rencana mau milih DKV sama TI, kalau dari segi biaya mahalan mana kak?? Makasih

    1. Teknik informatika modalnya cuma laptop aja. Kalau DKV biasanya tugasnya aneh-aneh. Belum lagi kalau memilih bidang minat yg ada hubungannya dg fotografi, pasti lebih banyak lagi biayanya. Jadi kalau secara umum, DKV lebih menguras biaya.

  17. ranov30

    maaf baru mau tanya tanya. saya lulusan thn 2013 sangat menyukai pelajaran mtk wkt sekolah dulu, insyaAllah tahun besok mau kuliah minat jurusan ini. setelah baca2 kebanyakan mtk dan logika dijurusan ini. menurut saya sy pribadi krg imajinasi, apa cocok msk jurusan ini? logika yg dipake di TI itu apa?

  18. opi

    kalau menurut saya orang TI itu ngak bisa males mikir. harus bisa tahan mikir. dan ngak bosan mikir.
    kalo ngak cocok, saran saya lebih baik anda ngak ngambil. deh.

    tapi jikaemang cocok yaaa. lanjut in saja. kalau bisa itu ngak berat kok.
    ini baru namanya tantangan. dan lagi kalo kita udah bisa kaya seneng banget.

    hehe

  19. Pingback: Resolusi 2014? - Kamu Itu Beda

  20. Pingback: Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Informatika - Kamu Itu Beda

  21. Evan Agustian

    Kak Saya mau nanya saya sudah kenal bahasa pemograman dan sudah membuat website tapi saya kurang menguasai matematika cocok gk saya masuk jurusan Teknik Informatika (IT)?

  22. faiz

    gan sya msih smp nih, niat saya, saya kepinngin masuk sekolah informatika SMAnya nti ada tes apa aja and harus bisa menguasai apa saja??

    #sry gan saya cma bertanya 🙂

  23. ade

    bang, saya maba jurusan TI dan ada minat kesitu, tapi saya baru sedikit kenal sama yang namanya pemograman, hanya sebatas nyoba-nyoba semacam vb c++ dan borland, apakah saya bakal kalah saing sama rangorang yang sudah melek pemograman ? ato pas kuliah diajarkan dari awal sama rata ?

    1. Cocoknya ke jurusan yang bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Kalau insting bisnis kamu kuat, mending masuk manajemen. Tapi kalau kemampuan teknis kamu yang lebih memadai, mending masuk teknik informatika.

      Atau bisa juga dengan memilih yang sesuai dengan cita-cita kamu. Kalau kamu ingin lebih mahir kemampuan teknis (pemrograman, dan semacamnya), mending masuk teknik informatika. Tapi kalau kamu ingin membuat perusahaan sendiri, manajemen lebih cocok.

  24. Andi Syahputra Siahaan

    Saya hobby blogging dan ngewap, apakah saya cocok masuk informatika???

    The Best Of Wapmaster Indonesia ini adalah salah satu karya saya dalam ngewap

    1. kalau ngeblog sih semua jurusan bisa. tergantung apa isi blognya. kalau isi blognya tentang tutorial pemrograman, bikin game, dan semacamnya, besar kemungkinan kamu akan cocok.

      tapi kalau isi blognya seputar perkembangan teknologi secara umum, semua orang juga sama seperti itu. jadi nggak bisa dipastikan.

      kalau WAP sih ada unsur IT-nya, tapi salah satu bagian kecil aja.

  25. Rezky Napoleon

    Kak mau tanya nih? Waktu Smk jurusan ane Teknik Mesin, dan gak sampai tamat karena ada masalah di keuangan. Dan sekarang ane ikut paket C. Apakah ane bisa di IT?

  26. Muhammad Taufik

    min, saya mau tanya, saya agak lemah dimatematika waktu sekolah, tapi ane minat di teknik informatika, dan mudah mudahan bisa jadi game developer 😀 apakah di perkuliahan matematika dijelaskan dari awal lagi atau bagaimana..

    diulang yang saya maksud disini adalah contoh diskrit dari awal, dan yang lain lain dari awal, saya tidak membenci matematika tetapi kadang saya sulit mengerti..

  27. monika

    ka mau nanya nih, aku udah lulus thn kemarin, smk jurusan tata boga, bisa nggak sih aku masuk teknik informatika? biasanya pd waktu tes itu apa aja sih yg bisa dipelajari dulu? butuh pencerahan bgt nih

    1. Bisa aja. Yang penting mau usaha. Tapi kalau memaksakan buat masuk negeri kayaknya susah, soalnya harus saingan dengan anak SMA yang lebih menguasai materi.

      Soalnya SMK sejak awal memang dirancang agar lulusannya bisa langsung kerja. Sedangkan SMA memang dirancang agar lulusannya bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Meskipun pada akhirnya semuanya kembali ke pribadi masing-masing. Toh, banyak juga lulusan SMA yang langsung kerja, begitupun sebaliknya.

  28. Henda sastraman gulo

    Aku maunanya nih…aku ingin lanjut keperguruan tinggi dengan jurusan TI tapi kenapa ada tambahan multimedianya (Teknik Informatika/Multimedia)…apa ada perbedaan…dan apa jurusan ini tidak terbatas…????

  29. Rara

    Bang aku lulusan smk jurusan RPL tahun ini, aku minat banget pake kuadrat masuk jurusan TI tapi matematika aku kurang tapi logika bisalah walaupun masih kecampur sama imajinasi maklum nonton anime terus hahaha.
    Ok abaikan bang, aku mau tanya apa pas tes masuk prodi informatika semua materinya sama kayak jurusan lain? Terus materi apa aja di soal tes yang memungkinkan aku lulus ke TI? Dan pas wawancara itu di tanya apa aja biasanya? Soalnya aki bisa jadi sangat gugup, beda banget kalo maennya di belakang layar kayak kepribadian ganda gitu hahaha. Bales dan terimakasih

  30. kenny

    kak kalau saya masuk SMA jurusan IPS apakah bisa masuk PTN jurusan Teknik Komputer/Jurusan ilmu komputer,saya sih mahir dalam matematika

  31. aryo

    Ka aku mau nanya dong..
    DKV ?? itu apa sih ??
    Perbedaannya dkv sama TI dari segala aspek itu apa ka..?
    Trrus kalo jurusan teknik
    informatika sama DKV yang lebih easy itu jurusan mana ka..?
    Kalo bru awal kuliah udah hrus milih bahasa pemograman atau..?

    Tolong dijawab dong ka plissss

    1. DKV itu Desain Komunikasi VIsual.

      DKV itu buat belajar desain, informatika itu buat belajar logika dan pemrograman.

      Lebih easy itu gimana ya? kayak game aja pakai easy segala :))

      Yang jelas, kamu sukanya apa? kalau suka desain, masuk DKV. Kalau suka ngoding, masuk informatika. Sesederhana itu.

      Nggak, biasanya kalau masih awal sudah ditentuin sama dosen pakai bahasa apa.

  32. Kiki Arrafi

    di antara jurusan Elektronik Industri, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Multimedia
    jurusan mana yg lebih mengarah ke Teknik Informatika?

    1. Menurutku, dari ketiga jurusan tersebut, Teknik Komputer dan Jaringan yang paling dekat ke teknik informatika.

      Teknik multimedia itu lebih ke desain dan animasi. Sementara elektronik industri itu gabungan antara teknik elektro dan teknik industri.

  33. Pingback: Teknik Informatika | Muhammad Ulfi

      1. Bisa aja, tapi kalau memaksakan masuk kampus negeri sepertinya berat. Kalau memang benar-benar niat dan ngerasa passion kamu di IT, coba daftar di kampus swasta.

  34. Assalamu’alaikum
    Mas Sa’ad mau nanya, saya baru lulus tahun ini, smk jurusan multimedia.
    Saya minat dengan hal – hal yang berkaitan dengan komputer,Sementara ini bekerja di sebuah perusahaan di semarang, saya ditugasi bagian web desain, sama SEO nya, Rencana mau kuliah tapi masih binggung pilih DKV atau teknik informatika ? tertarik saat lihat orang ngoprek ,,, keren …basic php sudah ada., tapi nilai Matematika biasa aja. Minta sarannya mas….? Thanks before. 🙂

    1. Kembali ke diri kamu sendiri sih. Kamu lebih suka mikir logis atau imajinatif?

      Kalau lebih suka mikir logis daripada imajinatif, mending masuk IT. Tapi kalau sebaliknya mending masuk DKV.

      Yang jelas, DKV itu buat belajar desain. IT itu buat belajar proses berpikir dan pemrograman.

  35. saya ingin bertanya nih sedikit lebih mendalam. saya ambil kuliah s1 sistem informasi dari smt 1 sampai smt 5 dan setelah saya jalani kok pembahasan dalam ke ilmu komputer nya sedikit sekali, malah lebih banyak ke management IT, analisa flow data,dsb,, dan apa sih persamaan dan perbedaan dasarnya sampai terbesarnya sistem informasi dan teknik informatika,? dan kalau boleh tau apa saja poin2 yang menjadi acuan menjadi ahli IT handal,? karena saya pernah terjun ke dunia kerja dan saya rasa kok ilmu yang didapat di kampus tidak terpakai sepenuhnya , justru di dunia kerja banyak hal2 baru yang belum saya praktekan, seperti fortigate,telnet,jaringan komputer secaluas, bagaimana mengatur kontrak dengan vendor, dsb,,

    1. Di Sistem informasi secara umum memang lebih fokus mempelajari manajemen IT dan sejenisnya. Sedangkan di Teknik Informatika lebih fokus mempelajari logika (proses berpikir) untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan teknologi informasi. Atau dengan kata lain, lulusan teknik informatika diharapkan bisa membangun sistem yang bisa menyelesaikan masalah.

      Kalau ahli IT handal itu sebenarnya juga banyak jenisnya. Tapi kalau di dunia akademis, ukuran handal atau tidak jika kita benar-benar menguasai secara penuh suatu bidang keilmuan.

      Makanya di dunia akademis, profesor hanya jago di bidang tertentu. Meskipun tahu banyak hal. Tapi yang benar-benar mereka kuasai secara penuh hanya 1 bidang.

      Jadi, istilah “ahli IT yang handal” sebenarnya sangat multitafsir. Karena IT sendiri ada banyak spesialisasi. Mulai dari networking, AI, RPL, database, OS, dlbs.

  36. ivana

    minta sarannya dong kan ane dari jurusan ips nah alhamdulillah lulus tuh jurusan teknik informatika di salah satu PTS di jakarta.tapi ane takut karna katanya banyak pelajaran matematika nya padahal saya lemah banget di mtk

    1. Kalau memang sudah masuk ya gimana lagi, mau nggak mau harus mulai menyukai matematika. Karena memang mata kuliahnya banyak menyangkut logika dan matematika.

      Kamu sudah punya modal awal sebenarnya. Karena menyadari kekurangan adalah salah satu langkah awal untuk memperbaiki diri.

  37. Kak, kan saya lolos snmptn 2015 di teknik informatika tetapi jurusannya itu jurusan baru tahun ini dibuka dan belum ada akreditasinya. Apakah jurusan baru itu menjamin kak? menjamin dalam arti ketika perkuliahan dan setelah kuliah (pekerjaan).. Terimakasih sebelumnya 🙂

    1. Jawabannya tidak bisa dipastikan. Karena akreditasi sendiri itu ada banyak parameternya. Mulai dari kelengkapan sarana pra sarana, kualitas tenaga pengajar, kualitas alumni, dlsb.

      Jadi, kalau memang belum ada akreditasinya ya belum bisa dipastikan apakah kampus itu dikelola secara baik atau tidak.

      Kalau masalah kerja, tergantung tempat kerjanya juga. Karena ada beberapa perusahaan yang dikenal mudah meloloskan lulusan dari kampus-kampus tertentu (seringkali kampus yang berakreditasi A). Tapi nggak semua perusahaan kayak gitu.

  38. komang aditya pratama

    Mas, saya ingin masuk teknik informatika tapi saya hanya punya laptop spec lemah dan baterainya cepat drop jadinya tdk bisa dibawa kemana-mana. Apakah saya masih bisa mengikuti pembelajarannya….
    Mau tanya lagi mas, kalau mau jadi pns akreditasi yg dipakai saat msk universitas atau saat lulus? Akreditasi prodi saya c. Maaf mas banyak nanya, lagi bingung….

    1. Hai, Adit.

      Kalau masalah laptop itu sebenarnya nggak ada standar sih. Temenku malah ada yang sampai lulus kuliah nggak punya laptop. Jadi, selama ada niat, pasti akan ada jalan.

      Wah, kalau sudah menyangkut PNS kurang tahu, Sob. Bukan wilayah saya untuk menjawabnya.

  39. Leonardo

    bang mau nanya nihhh..Pelajaran Matematika yg di pelajari di Teknik Informatika itu apa aja..?
    saya lumayan bisa lah tentang matematika..tapi takut nya matematika yg di pelajari di TI nanti pelajaran matematika yg saya gk ngerti..mohon pencerahan nya ya min 😀

    1. Secara umum materinya nggak jauh-jauh dari pelajaran SMA kok. Pengembangannya nggak terlalu jauh. Kalau waktu SMA nilai kamu bagus, kemungkinan besar waktu di teknik informatika juga sama. Soalnya memang matematikanya nggak beda jauh. Beda lagi kalau ngomongin pemrograman.

  40. Firdaus Namikaze

    assalamu’alaikum wr.wb.

    kak, cita-cita ane kan jadi game developer, tapi ane gak tau tuh ama yang namanya coding. apalagi bahasa pemrograman, masih asing ditelinga ane. bisa ya ane masuk jurusan TI? trus klo mau jadi game developer itu apa yang harus dipelajarin sih?

    plese jawab ya, kak

    1. Hai, Firdaus.

      Kalau memang mau jadi game developer, bisa diperinci lagi. Kamu inginnya yang bikin desain (UI, karakter) atau fokus pada gameplay?

      Kalau mau fokus ke desain, belajarnya di DKV. Tapi kalau mau fokus bikin gameplay, harus belajar pemrograman. Dengan kata lain, harus masuk teknik informatika (atau yang sejenis dengan itu).

      Atau kalau mau belajar secara otodidak juga bisa. Soalnya sekarang ini banyak sekali game engine yang bisa dipakai untuk membuat game secara gratis. Seperti Unity (https://unity3d.com/) atau Unreal (https://www.unrealengine.com/) misalnya.

  41. Pingback: Mitos Seputar mata kulian jurusan Tehnik Informatika | gudangilmugratiss

  42. Pingback: Kuliah yang paling cocok untuk anak smk jurusan RPL | gudangilmugratiss

  43. Rifqi Harlianto

    Mas saya ambil jurusan di SMA IPS APA Bisa masuk TI??KLO SOAL Matematika saya kurang menguasai tapi kalo soal pemrograman saya lumayan tau….#tolong dijawab ya

  44. amel

    ka aku anak sma ipa tapi gak tau banyak soal teknik informatika cuma niat sangat sangat ada dan matematika ya menguasai kira kira cocok gak ya ?

  45. ZORO

    kak saya usah SMK kelas 3 tkj, nah apa jurusan itu cocok masuk IT..?
    , tpi saya kurang di matematika dan programmer naru tw sedikit. klw soal niat sih sangat ada.
    dan klw sudah lulus nanti ank IT cocoknya kerja dimana.?

    1. Bicara cocok atau nggak itu susah sih. Harus dicoba dulu baru tahu gimana hasilnya.

      Kalau teknik informatika itu sih gampangnya begini: kalau kamu suka pemrograman (logika kamu kuat) dan lumayan jago matematika, besar kemungkinan kamu akan betah kuliah di teknik informatika. Selain dari itu, mungkin cocok, mungkin tidak.

  46. gan maaf saya mau tanya, saya lulusan smk teknik otomotif.. kira kira bisa tidak kalo saya kuliah ambil jurusan teknik informatika?? sedangkan saya belum terlalu mengerti tentang komputer apalagi tentang pemrograman.. kalo matematika alhamdulillah saya mengerti.. tapi saya niat ingin belajar tentang pemrograman.. terima kasih..

  47. kak saya kan dari jurusan 12 ipa nih. nah saya ada minat di jurusan Teknik informatika. tapi saya sangat lemah di bidang pelajaran matematika-,-

    apa kah ada kemungkinan bisa untuk masuk jurusan tersebut?
    saya sih sudah daftar di salah satu univ swasta di jakarta. dan alhamdulillah saya keterima disana dengan jurusan informatika. tapi saya juga berminat di PTN itu gimana yaa??

    bimbang pikiran saya -,-

    1. Kalau sudah ada minat sebenarnya sudah cukup. Tinggal ditambah tujuan (target), niat, dan semangat aja.

      Kalau memang berminat masuk kampus negeri ya coba dulu aja. Kalau memang nanti nggak keterima ya sudah, ambil swasta. Gitu aja kok repot. :p

  48. Mas, aku tahun ini lulus sma rencananya aku pengen kuliah di jurusan TI tapi di sisi lain aku tidak tau ilmu TI, hanya yang aku punya niat dan kemuan karna cita2 dari dulu pengen menjadi programmer apa aku cocok ?

  49. bg apakah anak smk jurusan RPL(rekayasa perangkat lunak) seperti saya ini cocok ambil jurusan T.informatika?
    saya sangat senang mempelajari database, apa lagi koding di html dan mysql.
    tapi yang bikin saya patah semangat melihat PTN jurusan T.informatika di setiap universitas negri, selalu mengambil anak sma dari pada smk, padahal anak smk sudah banyak mendalami database dari pada anak sma “” kasih masukan ya bg..
    jadi bingung sama universitas di indonesia.. padahal ini jurusan kami anak smk
    tapi malah anak jurusan IPA yang banyak direkrut, aneh kan bg?

    1. Wah kalau RPL sih cocok banget. Soalnya kan sudah ada modal. Jadi nggak perlu belajar dari yang paling dasar.

      Soalnya sejak awal lulusan SMK memang diproyeksikan untuk bisa langsung bekerja setelah lulus. Selain itu, jumlah lulusan SMA yang mendaftar ke PTN juga lebih banyak daripada lulusan SMK. Sehingga seakan-akan lulusan SMA lebih banyak diterima daripada lulusan SMK, padahal kalau dipersentase mungkin sama jumlahnya dengan lulusan SMK yang diterima.

      Kalau boleh melihat dari sudut pandang lain, bukannya lulusan SMK juga lebih banyak diterima kerja daripada lulusan SMA ya? 🙂

    1. R. A

      mungkin semua unv overall hampir sama. ya tergantung kurikulum tiap unv nya gimana. yang jelas matkul yg di berikan setiap unv rata2 sama paling ada perbedaan sedikt

  50. gan, aku teknik Smk mesin, mau tanya kalo di Ti itu saingannya bnyk gax y? Masuk lwt snptn, Aku takut gx ketrima, karena nilaiku rata2 bawah. M0h0n infonya kira2 Ptn yg langka Pemintnya itu Jurusan apa dan dimana? Mksh

    1. Maaf banget baru balas. Kalau di kampus negeri sih rata-rata peluangnya ketat. Jurusan yang jarang peminat itu kebanyakan jurusan yang akhir-akhir ini dipandang sebelah mata oleh masyarakat, seperti jurusan pertanian dan semacamnya.

      Kalau mau ngejar yang penting masuk sih mending cari jurusan yang peminatnya sangat jarang seperti itu. Tapi ya resiko ditanggung sendiri kalau misalkan perkuliahannya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan dan cita-citakan 🙂

  51. Kak saya mau tanya, katanya kalau Teknik Informatika itu harus bisa menguasai Matematikanya, sedangkan saya kurang dalam Matematikanya, tapi saya tuh dari dulu ingin sekali masuk ke Teknik Informatika, karena saya pengen gitu jdi seorang programmer. Mohon minta sarannya kak, supaya saya lebih tau banyak tentang Teknik Informatika?

    1. Mau belajar apapun, yang penting ada niat, semangat, dan tujuan yang jelas.

      Soal jago atau tidak itu urusan belakangan. Selama kamu sudah punya tujuan, niat, dan semangat, yang lain sudah nggak relevan lagi.

    1. Perasaan pertanyaan semacam ini sudah sering saya jawab deh.

      Teknik komputer itu ada materi tentang hardware sedangkan teknik informatika lebih fokus ke pemrograman. Sederhananya seperti itu.

    1. Kalau kerja itu tergantung tempat kerja kita juga sih. Kalau memang kerjanya di software house ya pasti nggak jauh-jauh dari pemrograman. Tapi kalau kerja di perusahaan besar atau jadi PNS sih macem-macem ya. Temanku ada yang jadi HRD, ada yang jadi analis, dan lain sebagainya.

      Jadi, kalau sudah masuk dunia kerja (sudah lulus kuliah), kondisinya hampir sama kayak waktu lulus SMA. Kita bebas menentukan pilihan lagi apakah mau berkarir di bidang yang sesuai dengan apa yang kita pelajari di perkuliahan ataukah tidak.

  52. rahma

    ka nanya perbedaan teknik multimedia dan jaringan sama ti apa ka ? aku nyari sendiri masih bingung. kalo aku suka program sm aplikasi gitu cocoknya dimana

    1. Multimedia itu belajarnya bikin video, bikin animasi, dan semacamnya. Basic utamanya desain.

      Kalau teknik informatika (termasuk di dalamnya jaringan), kita diajarkan cara bikin aplikasi (aplikasi komputer maupun smartphone), cara bikin game, cara bikin web, dan semacamnya. Kemampuan dasar yang diperlukan adalah matematika dan logika. Sederhananya seperti itu.

      Suka program ini maksudnya gimana? suka menggunakan program apa suka membuat program?

      Kalau suka membuat program, masuk saja ke teknik informatika. Tapi kalau cuma suka bermain photoshop, corel, ilustrator, flash, 3dmax, mending masuk multimedia atau DKV (desain komunikasi visual) sih kalau menurutku.

      1. ary

        Gan saya mahasiswa Teknik Informatika semester awal tp saya pengenya jadi Teknisi Komputer & Jaringan, apa saya salah memilih jurusan???

      2. Nggak salah-salah amat sih. Tapi sepertinya teknik komputer lebih pas.

        Meski begitu, biasanya di beberapa kampus, kalau sudah masuk semester 6 ada peminatan jaringan. Kalau di teknik informatika ITS sih seperti itu.

    1. aidul fitra

      Kk kan saya ingin masuk jurusan teknik informatika tapi saya luemah di matematika . Apakah harus padai matematika.
      Pleas di coment…

  53. Shintya

    K Aku skrg kls XII IPA, Aku pintar dlm mtk, dan pengen masuk TI, Tpi aku gak ngerti pemograman . . Kira2 bisa gak K aku masu TI ???

    1. Kalau bisa masuk atau nggak itu bukan masalah bisa atau nggak sih. Tapi lebih ke niat. Kalau kita memang benar-benar niat, masuk jurusan apapun pasti bisa kok.

      Agak klise sih ya. Tapi memang benar, ketika ada kemauan, kita akan berusaha mencari jalan.

  54. Dwi lestari

    Kak.. saya siswi kelas XII IPA.. saya ingin masuk TI (karena ga ada harapan buat jadi ilmuwan 😥 )
    Saya hanya ingin bertanya.. “apakah ketika kita masuk TI, ada tes kemampuan”? Krn saya ga ada dasar dasar untuk komputer.. tapi saya mampu mengerti bahasa inggris..

      1. Dwi lestari

        Oke lah ^^..berarti jikalau saya lolos SNMPTN/SBMPTN..Masih ada harapan buat masuk Teknik informatika dan inshaAllah bisa mengembangkan kemampuan lebih mendalam 🙂

        Thanks ka infonya

      2. Dwi lestari

        Sip 😀 . Kebetulan yang sering muncul di Google saat saya mencari tau tentang Teknik informatika adalah Blog ini :D. Jadi saya udah baca stiap yg kk postkan.. Kebetulan saya dari SMA di Samarinda juga berencana untuk kuliah di its Surabaya..
        Hehee

      3. Dwi lestari

        Ka nanya lagi :D. HEHE.. Matematika yanh dimaksud ini secara menyeluruh atau hanya pada logika dan algoritma?
        Saya ga terlalu suka mtk sbenarnya, apalagi yg namanya Grafik. . Tapi sayq suka maen game atau ngotak ngatik laptop (krn ga punya komputer) 😀 😀

      4. Matematikanya macem-macem sih, ada kalkulus, ada aljabar, ada matematika diskrit, dlsb. Tapi jangan takut, yang dipelajari rata-rata nggak jauh-jauh dari materi SMA kok.

        Kalau cuma suka nge-game dan utak atik laptop sih semua orang juga suka. Masalahnya, seberapa kuat keinginan kamu untuk berkarya di bidang IT?

      5. Dwi lestari

        Ah betul juga… walaupun saya masih lemah di matematika, inshaallah nanti bisa diperkuat lagi saat di PTN.. karena mata pelajarannya pastinya ga sebanyak dengan yang di SMA..
        Saya ingin menjadi Game developer dan juga progammer..

    1. Wah, kalau sudah pertanyaan seperti ini, bukan kapasitas saya untuk menjawab. Karena saya bukan panitia SNMPTN. Yang jelas sih mestinya pelajaran sains sih ya. Masalah prioritasnya berapa-berapa untuk masing-masing pelajaran saya sendiri kurang tahu.

      Karena selama ini seleksi SNMPTN bersifat tertutup. Hanya hasilnya saja yang diumumkan, tanpa pernah ada keterangan soal kualifikasi dan penilaiannya.

  55. elsa maria

    Hai Kak aku.skrg klas XII IPA
    Sbnrnya aku minatnya di kedokteran atau medis tpi biayanya leti jual jd aku cri beasiswa. Dan ad beaswa jd aku pilih TI. Mmg sih klo ngga di kedokteran aku mau yg berbau teknologi gitu snang sm yg kya buat game, software
    Di sekolah jg kita udah diajari dasar bhs pemrograman sm latihan buat program sederhana
    Hnya aku kurang bs di network atau jaringan kira” aku bisa ngga ya belajar mengikuti mt kuliahnya nanti?
    Makasih kak.

    1. Hai, Elsa. Salam kenal ya. 🙂

      Santai aja, nanti bakal diajari dari dasar kok. Lagian, kalau sudah semester 5 ke atas, kita bakal lebih fokus. Menjadi mahasiswa informatika itu nggak berarti harus menguasai semuanya kok.

      Professor aja rata-rata hanya fokus di satu bidang tertentu, jadi, santai aja. Semuanya bisa dipelajari kok.

    1. Tentu ada bedanya. Karena masing-masing kampus punya kurikulum dan silabus perkuliahan sendiri. Tapi secara umum, materi yang diajarkan sebenarnya tidak jauh berbeda. Yang jelas sih tidak jauh-jauh dari yang namanya pemrograman.

  56. Ina

    Saya murid kelas 12 sma yang kebetulan saya tertarik sama dunia informatika dan pengen banget bisa bikin software. Tapi masalahnya saya gak pernah otak atik suatu program ya paling bisanya ngehack game dan sebagainya. Kira-kira saya bisa gak ya kak masuk IT 😦

    1. Rialdi

      saya anak it kuliah di binadarma palembang baru smester . harus rajin aja belajar sama kuatin di mtk ipa . soalnya matematika harus kuat disini

    1. Eh emang ada ya jurusan multimedia di ITS? aku baru tahu. Setahuku yang ada multimedia itu PENS. Tapi kalau memang ada, multimedia itu secara umum sih lebih ke desain sih. Bikin video, animasi, dan semacamnya.

      Cocok buat kerja di TV dan perusahaan jasa periklanan.

      1. Rialdi

        iya enggak semua contohnya saya gk pinter mtk .. cukup dengerin aja BTW miminya semster brp kuliah mana ya
        bagi2 ilmu dong buat saya

  57. Andi

    admin, saya dari sma jurusan ipa, suka dgn yg berhubungan dgn komputer, apalagi main game ( bisa gk makan ane saking ketagihannya 😀 ), belajar bahasa pemrograman baru sedikit sih pas mau ikut OSN, tapi gk jadi ikut ( sakitnya tuh di sini *nunjuk otak ), bagi tips dong admin buat bisa bertahan di TI 🙂

    1. Kalau cuma mau bertahan sih gampang aja. Jangan sering bolos dan cari teman yang banyak. Pasti bisa survive. Tapi kalau mau jago ya nggak bisa cuma modal gitu doang. Harus sering-sering praktek sendiri.

      1. Rialdi

        saya saranin ikut komunitas pas kuliahnya biar tambah jago.. dipalembang tepatnya di universitas saya malah di dukung dunia hackingnya sama universitas

    1. Nah itu dia makanya kebanyakan anak informatika biasanya kerja sama dengan anak desain (DKV) kalau mau bikin game atau aplikasi.

      Jangan anggap aplikasi atau game itu hanya dikerjakan seorang diri oleh anak informatika. Karena game yang grafisnya bagus itu rata-rata hasil kerja bareng anak informatika dan anak desain.

  58. jahra

    kak mau tanya. selama kuliah di TI yang paling susah dipelajari apa aja sih?
    terus kalo gada dasar komputer2 gitu bakal ketingalan sama yg lain ga?

    1. Yang paling susah dipelajari? cara untuk menumbuhkan semangat belajar ketika sudah ketinggalan jauh. :))

      Nggak juga kok. Makanya yang paling menentukan kesuksesan di perkuliahan kadang malah bukan kemampuan teknis, melainkan kemampuan non teknis, seperti halnya kemampuan untuk terus menjaga niat dan semangat misalnya.

      Yang paling sukses di perkuliahan seringkali bukan mahasiswa yang paling pintar, tapi yang paling bisa menjaga semangat dan konsistensi belajar.

  59. rafi pohan

    Mas Mau tanya
    Saya masih smp dan suka komputer,saya suka main game dan pengen bgt buat game,kalo pelajaran tentang programming itu gimana sih?dan kalo kerja itu kira-kira dimana?

    1. Programming itu soal cara berpikir dan cara memecahkan masalah. Bahasa pemrograman cuma media aja.

      Kalau kerja bisa di mana aja. Bisa di BUMN dan perusahaan multinasional, bisa di software house atau game game studio, bahkan kerja di bidang yang tidak ada hubungannya dengan teknik informatika pun bisa. Soalnya kerja tidak selalu harus sesuai dengan bidang yang kita pelajari di perkuliahan. Meskipun idealnya seperti itu.

    1. Nggak usah berpikir jauh-jauh. Yang penting sekarang kamu tahu kalau di Teknik Informatika itu belajar programming. Selebihnya, pikirkan gimana cara masuknya. Kalau sudah masuk, ntar baru deh, pikirin gimana cara lulusnya. :))

    1. Bagusnya mungkin lebih dulu kenal aja. Selebihnya sama aja. Apalagi kalau anak SMA-nya rajin, beberapa bulan aja sudah bakal bisa mengejar ketertinggalan, bahkan melampaui anak SMK.

  60. ami

    kak kalo ingin jadi animator harus masuk IT ya kak ? tapi aku ajah gak jago matematika kak padahal cita-cita aku mau jadi Aminator kak :”( apa ada jurusan lain kak ?

    1. Kalau ingin jadi animator, ada banyak jalannya. Kalau mau fokus ke desainnya, jurusannya DKV (desain komunikasi visual). Tapi kalau mau fokus ke animasinya (gerakan dan semacamnya) yang menggunakan script-script bahasa pemrograman, belajarnya di jurusan teknik informatika.

      Kalau kamu suka dan jago menggambar, mending milih jurusan desain. Tapi kalau nggak sih, mending pikir-pikir lagi kalau mau masuk jurusan desain. Soalnya waktu tes masuk ada tes menggambar.

    1. Bisa, tapi agak susah kalau memaksakan harus di kampus negeri. Soalnya soal tesnya matematika + IPA. Jadi harus belajar lebih keras dan harus saingan dengan anak IPA.

      Tapi kalau kampus swasta, nggak ada dikotomi IPA atau IPS sepertinya. Semua bisa masuk, yang penting ada biaya. 🙂

  61. Vian

    kak ,,, saya kan ni lagi klz XII AV (audio vidio) ,, cocok gk masuk TI ,, soal ny saya emang seneng ja kalau da didpan komputer apa lagi maen game nya 😀 kalau Matematika alhamdullilah bisa ngikutin koq ,, jawab ya kak 😀

    1. Walah, kalau cuma main game semua orang juga suka. Masalahnya, kamu suka nggak dengan pemrograman? Sudah pernah cari tahu tentang pemrograman?

      Kalau belum tahu, mending kamu cari tahu apa itu pemrograman. Baru setelah itu kamu pikir lagi, kira-kira kamu bisa menikmatinya atau nggak.

  62. Indah kurniati

    Mohon komentarnya mbak. 🙂
    Mbak, saya sudah kelas XII jurusan TKJ.
    April 2015 mendatang sudah UN. Tp sya binggung mau pilih kuliah jurusan apa. Dan menurut mbak saya ambil jurusan apa ? Dan saya ambil D3,D4 atau langsung S1 ?
    Mohon jawabannya mbak
    Thanks:)

    1. Mbak?

      Maaf, saya laki-laki, kak. 🙂

      Kalau bingung mau pilih jurusan apa, mending tanya diri sendiri aja. Apa yang paling kamu sukai. Pilih jurusan yang kamu sukai. Biar waktu kuliah enak ngejalaninya. Nggak terlalu terbebani.

    1. Pakai software? di IT itu bukan pakai software, tapi bikin software :p

      Kalau masalah software, terlalu banyak untuk disebutkan. Yang jelas, kalau di IT sih paling sering buka IDE, Compiler, Text-editor, dan semacamnya. Kayak Netbeans, Visual Studio, dan lain sebagainya.

      Kalau mau tahu apa itu compiler, coba buka ini: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_compilers

      Itu beberapa contoh aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat program komputer.

    1. Kerjanya teknik informatika itu yang jelas sebagian besar dilakukan di depan komputer. Soal ngapainnya ya macem-macem. Ada yang bikin program, ada yang analisa, ada yang ngurusin jaringan, macem-macem lah pokoknya. Terlalu banyak kalau disebutkan satu per satu. Mungkin nanti akan saya jelaskan melalui postingan.

  63. Alva Resi Pusparani

    Kak pencerahannya ya, saya kepengen masuk teknik informatika tp saya oon banget matematika, nanti kalo masuk Ti apa matematikanya diajari dari mulai dasarnya lagi kak?

    1. Kalau cuma utak-atik aja sih belum bisa dijadikan acuan. Tapi kalau kamu sudah sering nyoba bikin program atau aplikasi, besar kemungkinan kamu akan cocok kuliah di Teknik Informatika. Nggak usah mikir keren atau nggak, kuliah itu yang penting sesuai dengan minat kita. Soalnya belajar yang paling menyenangkan itu mempelajari apa yang kita sukai.

      Kalau jumlah mahasiswi sih mungkin sekitar 1/3 dari jumlah total mahasiswa. Jadi ya lumayan banyak.

  64. Mau nanya nih, klo proses pengerjaan tugas akhir/ nyusun skripsi versi jurusan TI, hampir sama kaya jurusan lain nyusun² terus dibikin kaya buku gitu, disuruh bikin software atau gimana? proses sidangnya gmana? hampir sama ato beda? Hoho :v Thanks 🙂

  65. memngnya apa aja sih dasar yang harus kta kuasai klk mau masuk TI,,?
    kebetulan sy anak SMA, yang kta pelajari kan pelajaran umum, blm trllu banyak mengenal tentang seluk beluk komputer,,

  66. hamba allah

    Mas saya mau nanya. Sekarang saya duduk di kelas XII di salah satu SMAN di Surabaya dan alhamdulillah tahun kakak kelas saya ada 3 org dr sekolah yang masuk di teknik informatika ITS (melalui snmptn dan sbmptn). Jadi gini, waktu psikotes kelas X saya disarankan untuk masuk ke teknik informatika. Tp mbak/mas saya belum ada basic di komputer. Untuk masalah matematika alhamdulillah oke-oke saja. Guru mapel komputer di sekolah saya (lulusan teknik informatika ITS) pernah bilang kalo yang terpenting di IT itu matematikanya harus kuat. Menurut mas gimana kalo semisal saya ambil teknik informatika tp blm ada basic di komputer? Itu waktu pertama kali masuk diajarin dari 0 kah? Apakah kita sebelum masuk teknik informatika minimal bisa njalanin aplikasi lah semacam flash, sketch uip,dll. Jujur saya blm nguasain yg kayak gituan..

    1. Kalau kamu rajin baca komentar yang ada di blog ini, kamu pasti tahu bahwa kamu bukan orang pertama yang tanya masalah ini.

      Tenang saja, di perkuliahan kita bakal diajarin mulai paling dasar kok. Saya dulu juga nggak ada basic pengetahuan tentang komputer sama sekali. Tapi justru karena itu makanya saya penasaran dan ingin belajar dan memilih Teknik Informatika.

      Kalau memang sudah ada minat, tinggal ditambah semangat aja.

  67. yuli

    kak mau nanya, biasanya lulusan SMA tuh, pengetahuan tentang komputer cuma dasarnya doang, kira-kira itu masalah gak, buat masuk TI? takut jadi yang terkebelakang.

  68. Pingback: KAMU COCOK MASUK TEKNIK INFORMATIKA, Jika .. | RockStar★

  69. Sya bru lulus SMA thun 2014 ini, dann alhamdulilah ketrima di PTS UTY ( Universitas Teknologi Y0gyakarta ), daan alhamdulilah dlm plihaan jrusaan 2.. Tlaah trpilih Teknik Informatika S1… Ygk sy tnykan : sy blUm tw persis tntng TI, apkh inti isi dlm database,pemograman,dsb

  70. Mas gue skr kelas XII dan insyaAllah mau masuk jurusan IT *amiin. Mo nanya nih, di dalem jurusan IT itu ada apa aja sih? Misalnya yg br gue tau cuma game, nah ada apa lagi ya?

  71. Pindy Leliany

    ka, peminat IT cewe kan jarang, nah kira2 banyak ga perusahaan yang bakal cari IT cewe? cewe kan logika nya kurang, nnti apa susah kali masuk IT? Thanks

  72. day

    Mau nanya nih..
    Saya mahasiswa baru teknik informatika. Apakah dalam pembelajaran saya harus bisa bahasa inggris?
    Karena bahasa dalam komputer semuanya memakai bahasa inggris..
    Mohon dijawab. Terimakasih

    1. Banyak banget. Kerja itu gak melulu soal kuliahnya di mana, tapi juga soal kualitas diri kita. Baik itu kualitas softskill juga hardskill. Kalau mau yang pasti dijamin dapat kerjaan, mending masuk pendidikan kedinasan.

  73. putri mentari

    kaka saya mau nanya, saya kan udah ditrima di poltekpos bandung jurusan teknik informatika. tapi saya masih bingung, saya mampu apa tidak. setelah baca postingan kaka, saya jadi mikir kalo ti bukan passion saya, tapi saya penasaran sama cara cara bikin program program gtu. menurut kaka, saya tetep ngambil apa jangan?

    1. Bella

      Ka putri,berhubung ka Hasan belum jawab, blh tlg jawab pertanyaan saya, tehnik informasi belajar fisika dasar ga kak? terus ada adegan membedah bedah komputer ga?,terimaksih sebelumya 😀

      1. Teknik informatika ITS sih nggak ada fisdas. Terus juga nggak ada belajar hardware. Yang belajar hardware itu jurusan Teknik Komputer kalau nggak salah.

    2. Kalau memang ngerasa bukan passion ya mending pilih jurusan yang sesuai dengan passion. Kalau cuma penasaran bikin program, tanpa kuliah pun bisa kok sebenarnya. Asal sering nyoba aja.

  74. Bella

    Ka mau tanya tehnik informasi belajar fisika dasar ga kak? terus ada adegan membedah bedah komputer ga?,terimaksih sebelumya

    1. Kalau di ITS sih Teknik Informatika sudah nggak ada Fisika Dasar lagi.

      Adegan membedah komputer ini apalagi coba? 😀
      Kalau yang dimaksud bedah komputer adalah mempelajari hardware komputer secara menyeluruh, sayang sekali tidak ada. Yang ada kayak gitu sepertinya jurusan Teknik Komputer.

  75. ghifari

    btw udah lulus di informatika , nah laptopnya kudu gimana ? saya punyanya ultrabook apakah tidak terkesan mencolok nanti kalo di bawa untuk kuliah? gimana menurut ente?

  76. Kirana

    kan aku masih kelas X SMA jurusan IPA, menurut kakak apa persiapan yang harus dilakuin sekarang biar nanti bener bener siap masuk teknik informatika? Ikut Olimpiade komputer? Sering googling tentang TI? Insyaallah pengen masuk teknik informatika ITS hehe 🙂 thanks before

    1. persiapan? sebenarnya gak ada persiapan khusus sih. tapi kalau memang minat masuk teknik informatika, coba main-main di sini. itu salah satu situs yang bagus buat belajar pemrograman mulai dasar.

    1. Untuk menjadi teknik informatika?

      Materi paling dasar di jurusan teknik informatika itu pemrograman terstruktur. Itu pemrograman paling dasar. Biasanya bahasanya pakai C.

    1. Ada yang ditawari, ada yang mendaftar. Tapi kebanyakan sih mendaftar dulu.

      Kalau kerja di luar negeri kayaknya agak sulit kalau gak ada channel (kenalan) yang bisa merekomendasikan kita. Meski sebenarnya kemungkinan untuk ke sana sangat terbuka.

      Di Google malah gak ada syarat khusus harus lulus kuliah. Karena di luar, yang dinilai adalah skill, bukan ijazah.

  77. Hendra

    Kak saya mau tanya, saya kan sekarang SMA kelas 11 dan saya pengen masuk jurusan tehnik informatika ITS, namun saya gak begitu jago matematika, dan saya punya minat di bidang komputer, hal yang harus saya persiapkan dari sekarang apa ya untuk bisa masuk jurusan itu melalui SNMPTN? Trims

    1. Wah, kalau masalah nilai saya kurang paham. Saya cuma paham tentang perkuliahannya saja. Kalau masalah tes masuk, snmptn, kriteria yang diterima snmptn, dan semacamnya jangan tanya saya. Karena saya bukan panitia penyelenggara jadi kurang tahu pasti bagaimana sistem seleksi yang ada. 😀

  78. Bary pasolangi

    Sya lulusan TKJ di SMK bone , makassar.. Kebetulan sya lulusan tahun 2013 lalu… Nah saya nganggur satu tahun nungguin jalur SBMPTN thun 2014 krna gak mungkin jga sya ikut jalur SNMPTN 2014..yng mau sya tanyakan… Apakah nanti pada saat proses penyaringan maba dngn jalur SBMPTN lulusan yng 2013 kemungkinan lulus nya tidak sebesar lulusan tahun 2014…mohon d’share dikit mas.. Kebetulan sya ingin skali jadi seorang programmer handal dan pastinya lulus di universitas favorite sya ( unhas makassar )…

    1. Kalau SBMPTN, semuanya murni berdasarkan hasil tes. Tahun kelulusan bukanlah bahan pertimbangan. Yang perlu kamu pahami, bahwa SBMPTN hanya bisa kita ikuti sampai masa maksimal 3 tahun setelah lulus SMA.

  79. Pingback: Tentang Teknik Informatika ITS (5) | Kamu Itu Beda

  80. Pingback: Tentang Teknik Informatika ITS (4) « Kamu Itu Beda

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s