Hampir 3 minggu setelah saya menulis pengalaman pertama mendapat traktiran di Trakteer, kini saya sudah mendapatkan 500 ribu dari Trakteer. Alhamdulillah.

Sejujurnya saya tidak menyangka kalau akan sampai sejauh ini dalam bulan pertama menggunakan Trakteer. Karena sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan uang dari internet kecuali dari YouTube, Blog, dan kerja Freelance.

Tapi setelah saya mencoba Trakteer, ternyata peluang untuk bisa hidup dari karya itu sangat terbuka. Dan saya jadi semakin semangat untuk terus berkarya. Senang rasanya ternyata bisa mendapatkan apresiasi atas karya yang kita buat dengan sepenuh hati.

Selain itu, bikin produk sendiri kemudian memasarkannya membuat saya lebih berkembang. Baik sebagai pribadi maupun secara profesional. Karena ada banyak hal yang saya pelajari dari pengalaman membuat produk sekaligus mempromosikannya.

Saya akui, proses untuk bisa sampai pada titik ini memang tidak singkat. Kalau tidak punya blog yang punya pengunjung harian di atas 300 dan punya channel Youtube lebih dari 20 ribu subscriber, mungkin saya akan  bisa melakukan promosi semasif sekarang dan bisa dapat lebih dari 500 ribu dalam 3 minggu.

Selain promosi melalui blog dan Youtube, salah satu yang sering saya lakukan untuk bisa sampai di titik ini adalah dengan promosi di social media, khususnya Twitter. Di waktu yang sama, saya juga mulai mencoba email marketing. Sejauh ini, sudah ada 500 orang yang terdaftar dalam newsletter yang saya bikin. Dan terakhir, saya juga buat grup telegram.

Terlepas dari kekalahan Pak Anies yang sebenarnya sudah saya prediksi, 2024 ini benar-benar tahun luar biasa. Karena dalam dua bulan pertamanya saja, saya sudah belajar banyak hal. Dan saya semakin tidak sabar untuk menyambut apa saja yang akan saya temukan di 2024 ini.

Semoga saya bisa terus berkarya dan benar-benar bisa hidup dari karya.

Ada komentar?