Macam-macam Jurusan Komputer

Dapat apa sih dari universitas_bigMenanggapi beberapa pertanyaan yang menyinggung masalah ini, berikut ini saya tuliskan keterangan dari buku “Dapat Apa Sih dari Universitas” karangan Pak Romi Satrio Wahono.

Mengacu pada Computing Curricula, secara umum, ada 5 macam jurusan yang mempelajari teknologi informasi di perkuliahan, yakni:ย  Computer Engineering (Teknik Komputer), Computer Science (Ilmu Komputer), Information System (Sistem Informasi), Information Technology (Teknologi Informasi), dan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak).

Kok nggak ada Teknik Informatika?

Kalau menurut keterangan di buku tersebut, Teknik Informatika secara khusus merupakan bagian dari Computer Science.

 

Terus, ngomong-ngomong, yang ada di Indonesia apa aja sih?

Kalau di Indonesia sih adanya Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi/Manajemen Informatika, Sistem Komputer/Teknik Komputer. Untuk jurusan Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak tidak ada karena dianggap masih merupakan bagian dari Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

 

Terus, apa sih perbedaan antar jurusan tersebut?

Bisa dikatakan semua jurusan tersebut sebenarnya memiliki mata kuliah yang hampir sama, hanya pembobotannya saja yang berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya didesain sebagai berikut:

1. Jurusan Teknik Komputer/Sistem Komputer diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem terintegrasi baik software maupun hardware.

2. Jurusan Teknik Informatika/Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

3. Sistem Informasi/Manajemen Informatika diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (bussiness process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan organisasi.

4. Teknologi Informasi diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengonfigurasi, dan memantain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

5. Rekayasa Perangkat Lunak diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktivitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle)

Kalau kalian mau versi lengkapnya tentang computing curricula, silakan unduh file-nya di sini atau di sini. Atau bisa juga kalian baca keterangan tentang computing di Wikipedia yang berikut ini.

 

Kok rumit gitu kak kelihatannya yang dipelajari di Teknik Informatika?

Memang rumit kok. :p Tapi yang jelas, itu penjelasan yang ada di buku karya Pak Romi yang berjudul “Dapat Apa Sih di Universitas?”, bukan penjelasan dari saya sendiri. Jadi, maaf kalau bahasa yang digunakan oleh Pak Romi sedikit membingungkan buat kalian yang masih belum seberapa familiar dengan pengembangan perangkat lunak (software). Satu yang pasti, teknik informatika itu tentang membuat perangkat lunak.

 

Dari tadi saya perhatikan kok tidak ada yang menyinggung desain sama sekali, kak?

Kalau kamu mau belajar desain, belajarnya di jurusan desain, bukan di teknik informatika, jenderal. Jangan sampai kamu salah jurusan. Karena sebelumnya sudah ada banyak sekali yang mengira akan belajar desain di teknik informatika.

 

Di antara semua jurusan tersebut mana yang terbaik, kak?

Sulit sekali menjawab pertanyaan seperti ini. Karena masing-masing kampus berbeda. Belum lagi jika menggunakan dikotomi antara kampus negeri dengan kampus swasta, malah akan semakin rumit lagi. Tapi kalau kamu memang mau membandingkan kualitas, salah satu cara paling mudah dan bisa dipertanggungjawabkan adalah dengan melihat akreditasi jurusan tersebut di kampus yang bersangkutan. Karena akreditasi kampus berbeda dengan akreditasi jurusan. Bisa saja kampus yang akreditasinya A, jurusannya memperoleh akreditasi B atau sebaliknya.

 

Kalau yang peluang kerjanya paling besar yang mana?

Peluang kerja itu biasanya bukan hanya ditentukan oleh jurusannya, sob. Tapi juga oleh faktor usaha, doa, dan keberuntungan. Tapi biasanya jurusan IT, apapun program studinya banyak diminati oleh perusahaan. Karena hampir semua perusahaan (khususnya perusahaan-perusahaan skala menengah dan skala besar) pasti mempunyai divisi IT. Dan kalau misalnya kalian nggak berminat kerja di perusahaan orang lain, lulusan IT itu punya kesempatan yang sangat luas karena bisa menjadi website developer, software developer, maupun game developer. Jadi, kalau memang tolak ukurnya adalah kesempatan kerja, saya rasa jurusan teknik masih menjadi favorit, bersama jurusan kedokteran, pendidikan, dan pendidikan kedinasan.

 

Kalau jurusan yang terbaik buat saya, yang mana, kak?

Waduh, saya bukan ahli nujum, jenderal. Jadi saya nggak bisa memberikan saran yang 100% tepat. Tapi kalau boleh ngasih saran, ikuti kata hati kalian. Follow your heart. Follow your passion. Hidup ini cuma sekali. Akan sangat menyedihkan jika hidup yang cuma sekali ini kalian habiskan dengan melakukan aktivitas yang tidak kalian cintai. Mempelajari sesuatu yang kita cintai itu akan sangat berbeda rasanya dengan mempelajari sesuatu yang tidak kita cintai. Percaya deh, saya sudah membuktikannya berkali-kali.

 

Oke, pertanyaan terakhir, jadi kapan wisuda, kak?

Wallahu A’lam. Doakan saja bisa semester ini. Karena saya sudah capek dengan pertanyaan “Sudah lulus?” dan “Kapan Lulus?“. Mbok ya sekali-kali ditanyain, “Sudah punya calon belum? kalau belum, ini saya punya teman yang cantik dan hafal Quran. Siapa tahu cocok.” gitu. Hahaha. (abaikan)

 

Maaf kalau yang terakhir itu agak berbau curhat. ๐Ÿ˜›
Sekian, semoga bermanfaat.

 

*) gambar dipinjam dari sini

Advertisements

233 thoughts on “Macam-macam Jurusan Komputer

  1. anggun

    Pagi om…. sy mau tanya… sy ambil jurusan komputer apa ya… supaya bisa gambar 3 dimensi kreasi sendiri dan bisa di aplikasikan…. buat usaha sendiri… krna selama ini yg sy buat usaha itu dari orang lain terus…. sy punya ide tapi kl bayar orang terus mahallll

  2. cinthya dewi

    Kak pengen nanya hihi saya kan masih kelas XI SMK jurusan Administrasi Perkantoran, nah saya pengen memperdalam soal microsoft office. Jadi kirakira saya lebih cocok nanti kuliah di jurusan apa kak? Hehee

  3. asfi ahmad

    hahaha yang terakhir itu mah aku juga pengen kali mas bro ๐Ÿ˜€ terimakasih banyak ini bisa membantu menjernihkan fikiran saya hehe ๐Ÿ™‚

  4. anangheribertus

    Hai kak, selamat pagi.
    Saya mau numpang nanya nih. Kalau saya tuh sukanya bongkar2 komputer, saya bagusnya di teknik komputer apa teknik informasi. sekalian bedanya apa ๐Ÿ˜‰ makasih.

    1. Hai, selamat sore.

      Kalau suka bongkar komputer, berarti kamu lebih tertarik dengan hardware. Kalau hardware, lebih cocok ke teknik komputer daripada ke teknik informatika. Soalnya di teknik informatika materinya sebagian besar tentang software development.

  5. Pingback: syarat jurusan desain komunikasi visual | Kumpulan Contoh Skripsi

  6. Pingback: ekstensi ilmu komunikasi ugm | Kumpulan Contoh Skripsi

  7. Pingback: ambil jurusan bahasa inggris | Kumpulan Contoh Skripsi

  8. Pingback: fakultas ilmu komputer yang bagus | Kumpulan Contoh Skripsi

  9. Pingback: Prospek S1 Ilmu Keperawatan | Jurnal Perawat

  10. Pingback: Konsep Dasar Keperawatan Tia | | Tugas Kuliah Keperawatan

  11. Gan gw cocok di jurusan apa?
    – gw suka mendesain game
    – suka membuat aplikasi/software
    – suka memprograming (tpi gak terlalu paham)
    – suka mendesain web/blog (tpi ngk terlalu :v)
    – suka menjadi developer
    – cita-cita gw sih.. gw mau buat studio game dan aplikasi/software lainnya.. ๐Ÿ˜€ Tolong di jawab ya gan.. ๐Ÿ™‚

  12. Gan kalo jururusan TI mempelajari tentang coding javascript, C++ dll. Desain .html .php dll. Dan membuat software gak? Dan kalo udah lulus kuliah bisa dapet peluang gak? Tolong di jawab ๐Ÿ˜€

  13. Rizal Kadamong

    Gan saya ingin tanya.
    Kalo mau jurusan TI kalo udah kuliah, di sma masuk jurusan IPS atau IPA gan? Tolong di jawab ya.. ๐Ÿ˜€

  14. Onna

    Give me your opinion.
    Mending SNMPTN pilihan 1 unibra yg jurusan TI sama Sistem komputernya bisa dipilih belakangan, jadi kek penjurusan gitu yang masuk nggak langsung mlih. Apa undip yg dari awal langsung pilih antara informatika(MIPA) dan sistem komputer(teknik)?
    Paham kan ya?

    1. Hai, Adit. Kalau jurusan yang khusus untuk belajar membuat web sih secara khusus tidak ada. Di teknik informatika pun yang diajarkan sebenarnya hanya dasar-dasarnya saja. Selebihnya eksplorasi sendiri.

      Tapi secara umum, pemrograman web biasanya diajarkan di jurusan-jurusan yang terkait dengan pemrograman seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer.

  15. feby

    Kak, nanya dong.. aku kelas 12, dan rencana mau ngambil teknik informatika, tapi aku nya gak terlalu faham tentang komputer.
    Yg mau aku tanyain, nanti untuk program, coding, dan materi lainnya yg berhubungan dengan teknik informatika apakah benar2 di ajarkan dari awal atau bagaiman? Terus kalau masuk tenik informatika apa saja yg harus kita persiapkan sebagai modal awal?
    Di jawab yah kak.. please ๐Ÿ™‚

    1. Hai, Feby. Iya, semuanya bakal diajarin mulai dari yang paling dasar. Modal yang paling penting adalah rasa penasaran dan semangat untuk mempelajari hal baru. Karena tanpa itu, rasanya bakal susah untuk bisa survive di teknik informatika.

  16. bagas setiawan

    Selamat siang/pagi/malam/sore mas..
    saya masih smp kelas 9 dan bentar lagi saya lulus.
    saya mau tanya apasih bedanya jurusan TKJ,IT,dan MULTIMEDIA mas?
    tolong di jawab mas..
    terima kasih~

    1. Maaf ya, aku yang bantu jawab.

      Kalau TKJ itu kamu nanti akan mempelajari komputer dan jaringan, tetapi lebih condong ke jaringan. Di sini kamu nggak akan mempelajari cara membuat software dan website. Oke, sebenarnya diajarkan, tetapi hanya dasar-dasarnya saja. Karena TKJ fokusnya pada jaringan komputer. Jadi kalau mau jadi programmer jangan masuk TKJ, tapi masuk RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

      Kalau TI itu Program Keahilan/rumpunnya. Di dalam program keahilan/rumpun TI ada jurusan TKJ, RPL dan Multimedia

      Nah kalau Multimedia itu nanti kamu akan mempelajari cara membuat film sungguhan, membuat film kartun/animasi, mendesain brousur, kalender, sampul majalah dll, komplit. Fokusnya di mana? Ya fokus di semuanya. Jadi kalau kamu suka desain grafis masuk Multimedia aja. Tapi kalau cuma mau fokus di animasi ya kamu masuknya jurusan animasi. Tapi SMK yang menyediakan jurusan animasi masih sedikit, rata-rata SMK di Indonesia menyeidakan jurusan multimedia.

      Sekian, semoga membantu dan moga-moga nggak salah jurusan ๐Ÿ™‚

    2. TKJ itu fokus ke instalasi jaringan internet, Teknik Informatika itu lebih mengarah ke pengembangan perangkat lunak, sedangkan Multimedia itu fokusnya ke membuat video atau media interaktif (animasi flash, 3D, dan semacamnya). Gitu sih sederhananya.

  17. kevil habenero

    Saya mau nanya min kalo jurusan sistem komputer dan teknik komputer itu materi nya sama atau berbeda min
    Tolong jawab ya admin soalnya bingung mau masuk jurusan mana
    Kalp memang teori nya sama saya masuk teknik komputer min ๐Ÿ™‚

    1. Teknik komputer itu ditujukan buat orang yang ingin mempelajari komputer secara menyeluruh. Mulai dari hardware dan software. Kalau sistem komputer lebih khusus lagi karena fokusnya mempelajari bagaimana membuat sistem komputer (optimasi processor, hardisk, optimasi kinerja komputer, dst).

      Kalau ingin pengetahuan kamu luas, pilih teknik komputer. Tapi kalau ingin pengetahuan mendalam secara spesifik (sistem kerja komputer), pilih sistem komputer.

  18. Pingback: Unj JurusanDownload Materi Presentasi | Free PDF Files, eBook, and Document Sharing | Download Materi Presentasi | Free PDF Files, eBook, and Document Sharing

    1. Jurusan desain ada macem-macem. Ada desain produk, ada dkv (desain komunikasi visual), desain interior, dlsb. Secara umum yg dipelajari ya soal bagaimana membuat desain sesuai dengan fungsionalitas yg dibutuhkan. Intinya sama sih dengan jurusan yang lain, memecahkan masalah. Tapi untuk jurusan desain, masalahnya diselesaikan dengan menggunakan desain. Prospek kerjanya, selama ada komputer, selama ada produk yang butuh kemasan, selama ada iklan yang butuh desain, selama ada website yang membutuhkan tampilan bagus, selama ada smartphone yang membutuhkan aplikasi dan game dengan user interface yang bagus dan user friendly, selama itu pula lulusan jurusan desain akan selalu dibutuhkan.

  19. akbar

    klau sukanya oprek aplikasi. cocoknya apa ya? ane bingung gan. ane juga sekolah smk bukan sma. apalagi jurusanya jauh dengan komputer. tapi ane seneng banget dengan namanya oprek. saran dong.. bingung nih?

  20. Selamat malam kak, saya baru kelas 2 SMA, dan saya berminat besok untuk kuliah dibidang komputer. Saya sangat suka Jaringan Internet, apa lagi waktu SMP saya ingin jadi Dosen Hacker. Saya juga baru mengenal internet menggunakan INJECT baru” ini. Memang sangat dasar, tapi saya sangat menyukai Jaringan Internet apalagi sebagai Hacker. Pertanyaan saya, jurusan kuliah yang tepat bagi saya apa gan? Truss kalo untuk dosen apa? Dan masing” peluang kerjanya brpa??
    Mksih gan, mohon dijawab .. ๐Ÿ™‚

    1. waxx

      klo mau ambil hack” gituan ambil ilmu komputer/teknik informatika. Tp jangan kira komputer koding”… Kenyataannya matematika full…

    2. Kalau cuma ingin gitu sih gak usah kuliah juga bisa. Tinggal gabung forum sama sering-sering praktek aja. Kalau mau jadi dosen ya tergantung mau jadi dosen apa. Kalau mau jadi dosen hacker nggak ada jurusannya. Yang ada itu ilmu keamanan jaringan. Yang merupakan bagian dari ilmu pemrograman jaringan.

  21. Fakhri Lubis Maulana

    Mohon bantuannya gan .
    Tahun depan insyallah ,saya tamat dari SMA . Amiin

    Jadi saya mau ambil Informasi Teknologi . ada 2 Jurusan yg pingin saya ambil dan itu membuat saya kebingungan ..
    Saya ingin tahu lebih jauh tentang 2 Jurusan tersrbut .yaitu :
    โ€ข Jurusan Teknik Komputer
    โ€ข Design & Multimedia.
    Mohon bantuannya min agar sata dapat memlih jurusan yang cocok buat saya gan . Terima Kasih

    1. Kalau kamu suka matematika daripada menggambar atau desain, lebih baik masuk jurusan teknik informatika. Tapi kalau kamu lebih suka desain daripada matematika, lebih baik masuk jurusan desain. Intinya, fokuskan perhatikan pada minat, bakat, dan potensi yg kamu miliki.

      1. kevil habenero

        Bantu jawab ya . .. Kalo untuk jurusan MS word exel bagus ambil jurusan akutansi karna yang di pelajari dari akutansi MS word exel

  22. agung

    bang, saya udah smstr 3 jurusan sistem komputer. saya agak nggak pd sama mahasiswa dan tmn2 saya yang lain soalnya mereka jago semua codingnya. sementara saya yg cuma lulusan SMA masih kurang ngerti sama pelajaran di jurusan sistem komputer. Gimana ya caranya biar bisa ngerti, at least paham lah sama pelajarannya?

    1. Halo Anton, maaf ya saya yang bantu jawab. Kalau kamu ingin menjadi programmer ada baiknya kamu masuk Teknik Informatika. Tetapi kalau kamu ingin jadi game developer lebih baik kamu ambil jurusan animasi dan game.

    2. Jurus an teknik informatika atau desain grafis. Tergantung kamu sukanya apa. Kalau suka mikir logis masuk teknik informatika, kalau suka gambar dan desain masuk desain grafis. Bikin game itu kolaborasi antara programmer dengan desainer.

  23. Tegar

    bang saya mau tanya pendidikan teknik informatika sama teknik informatika itu sama atau beda? Terus kalo beda itu bedanya apa?
    terima kasih

  24. Tegar

    bang saya mau tanya pendidikan teknik informatika sama teknik informatika itu sama atau beda? Terus kalo beda itu bedanya apa?

    1. Dio

      kata teman saya sih..
      untuk materi mungkin sama saja karena masih menyangkut TI ..
      tp untuk cara mengajar.ya agak berbeda sob..
      Pendidikan **** > mereka setiap akhir pelajaran atau bebrapa materi .. kalian harus bisa mnyampaikan seperti memberi pelajaran.. dan dapat d mengerti ..
      klo untuk Teknik biasa.. > anda d tuntut untuk lebih maju..

      tp klo prospek kerja.. bisa sama aja .. dr teknik biasa bs mnjadi guru/dosen .. dan sebalik.ya..

      tp klo untuk jadi guru .. biasa.ya mereka mencari yg dari pendidikan karena dr lulusan pendidikan mendapat sertifikasi..

  25. muhammad fajar

    kak,, saya minat mau masuk jurusan komputer, tapi saya ga bisa dengan yg namanya coding.. soalnya saya blm pernah nyoba coding2an,, paling banter saya cuman bisa html doang itu juga cuman blog palingan… kira2 jurusan komputer apa yg hrs saya ambil? apakah teknik komputer/ sistem informasi/ apa?…

    oh ya cita2 saya sebenarnya jadi ahli networking/ webmaster/ web admin

    1. Dio

      mnurut saya lebih baik ke teknik..
      klo d teknik anda d tuntuk untuk menguasai bidang TI…
      klo d sistem info .. anda tdak terlalu d tuntut.. karena SI sndiri nanti lbih luas.. sebab ada SI geografi , SI manajemen , SI bisnis .. dll

      klo anda suka itung itungan yg rumit.. ke TI .. ( tp siap siap pala pecah :v )
      klo suka akutansi ke SI

  26. Maya

    boleh tanya? kakak saya minta saya masuk jurusan SI atau HI, karna saya punya passion disana.. sedangkan saya punya minat di bidang IT, tapi knowledge nya masih kurang.. sekarang masih kelas 2 SMA.. saya bingung, itu enaknya gimana? bisa kasih saran

    sebelimnya makasih ๐Ÿ˜€

  27. Shafira

    Bang, aku tertarik sama desain, yg berhubungan dengan imajinasi. Tpi saya merasa kurang pas klo masuk jurusan seni rupa. Kira2 jurusan apa aja yg berhubungan dengan teknik dan desain selain arsitek?

    1. yang cocok buat kamu itu mencari jalan gimana caranya agar bisa terus menjaga semangat. soalnya kalau sudah umur segitu biasanya distraksinya makin banyak. mulai dari pengen cepet kerja, pengen nikah, dlsb.

  28. rinoยฎ

    saya pengen ambil S2 di informatika ITB (kampus+informatikanya samaยฒ akreditasi A . ini yg saya jd kesengsem) lewat jalur beasiswa LPDP .
    nah , masalahnya S1 saya ekonomi manajemen . padahal minat bakat saya di bidang TI gitu …

    bisa ga bang ?

    kalo ga bisa sy mesti gmn ya ? tolong bantuin bang …

    kaga ngarti ttg bahasa pemrograman (windows minded) blm skaliยฒ ngoprek linux . skrg sih tau dikitยฒ karena maenan android . tp PENASARAN pengen dalemin bang . kiraยฒ boleh ga ya masuk magister informatika bang ?

    klo bisa baiknya sy belajar apa biar lulus tesnya gitu .

    huhu , byk tanya .

    helep bang

    thx b4

    1. wah, kalau masalah bisa atau nggak itu jangan tanya saya. mending kamu baca dulu persyaratan LPDP, boleh nggak lintas jurusan antara S1 dengan S2.

      Kalau cuma minat sebenarnya nggak harus kuliah juga kok. Lagian kalau magister gitu malah nggak seberapa teknis. Teknisnya lebih banyak diajarkan di S1. Kalau memang minat, mending belajar otodidak aja. Yang penting komitmen.

      kalau masalah tes dan lain sebagainya saya sendiri kurang tahu. soalnya memang belum pernah daftar LPDP. mending coba tanya langsung kepada yang sudah pernah daftar dan lolos.

    2. Dio

      bener kata mimin ..
      untuk lintas jurusan sih bisa tergantung syarat syarat dr kampus.ya..
      untuk S2 sih jngan d paksain klo belum siap..

      saran saya .. klo lintas jurusan jangan asal
      tp klo keterima.. dr lintas jurusan itu .. akan ada matrikulasi
      alias d beri bekal biar kaga mumet pertama kali masuk ..
      ahahahaaa

  29. Yogi

    dari awal seputar teknik informatika, saya sudah baca semua info”nya
    makasih udah buat saya PeDe buat mantepin di jurusan TI ini. Toh saya bukan orang yg bisa pemrograman, tapi saya penasaran sama bahasa” mesin, atau robot atau apalah” itu. Sedikit si saya coba belajar, kyk java ,pascal, c++. Masih make si blm bisa bkin software wkwk. itu pun bljrnya otodidak . sndiri dari buku, web . tapi msh belum paham bner wkwk iya lah soalnya gada pembimbingnya wkwk. Mau bnget malah bkin software” gitu. Apalagi kalo bisa jadi hacker handal ๐Ÿ˜„ #duhngaco
    tapi yang jelas saya ingin makin deket sama bahasa” itu :$ asik kyknya wkwk enakan bljr pahamin bahasa itu, daripada bahasa cewe. males ah deketin cewe, kit ati ujung”nya #curcol wkwk
    thanks ya gan bermanfaat bgt infonya

  30. Agung

    Bang mau nanya nih , saya bingung mau ambil jurusan apa .
    Saya kan udah lulus di salah satu univ negri di padang jurusan mtk , tpi kurang srek rasanya bg , pngen di komputer
    Saya dari SMK dulu jurusan multimedia , tapi sya bercita-cita kuliah di UI , jurusan apa yg bgus sya ambil d UI yaa bg ?

    1. Hai, Agung. Kalau kamu bingung mau ambil jurusan apa, itu berarti kamu kurang tahu apa yang menjadi minat dan bakat kamu, kamu kurang tahu potensi yang kamu miliki. Jadi, saran saya sederhana saja. Kenali diri dulu. Kalau sudah tahu minat, bakat, dan potensi diri, menentukan jurusan tidak akan lagi menjadi masalah.

  31. indriany winddhakusuma

    saya bercita cita ingin jadi teknisi komputer (service computer) dan saya juga nguasain jaringan …
    saya tdak tau mau ambil jurusan apa…dan saya ingin kuliah dijawa, tapi saya tdak tau mau kuliah dimana di jawa.. kemudian saya dari sekolah smk ppm al ikhlash (sulawesi)…
    tolong responnya

    1. kalau mau servis komputer sih ambil D3 teknik komputer atau D4 aja. Soalnya servis itu lebih butuh banyak praktek daripada cuma teori.

      Kalau di Jawa banyak sekali pilihannya. Kalau mau yang dekat, coba ke Surabaya atau ke Malang aja. Tapi kalau dari pengalaman sih, di Malang lebih banyak orang Timur daripada di Surabaya.

    1. Ikuti kata hati. Pilih yang menurut kamu paling bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

      Jadi, mulainya dari mengenali diri dulu. Kalau sudah tahu potensi yang kita miliki, bakal lebih mudah menentukan bakal melanjutkan pendidikan ke mana.

  32. Genda Ananta Rahmat

    Kk blog nya membimbing sekali, overall saya suka banget karena banyak informasi yang bermanfaat.

    salam kenal saya genda mahasiswa baru 2015 dari jurusan teknik informatika universitas sriwijaya . saya ingin bertanya satu hal kk, maksudnya tentang web developer itu bagaimana ya? apa yang kita pelajari di web developer itu nanti ?apakah fungsinya seperti mengelola suatu web untuk menjadi lebih menarik lagi kk. mohon bimbingannya . trima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Hai, Genda. Makasih, ya, sudah mau mampir ke blog saya.

      Web developer itu kerjanya membuat aplikasi berbasis web untuk menyelesaikan masalah dari klien. Secara umum seperti itu. Membuat tampilan lebih menarik lagi itu salah satunya. Tapi kalau masalah tampilan, biasanya anak teknik informatika kerja sama dengan anak desain. Soalnya tidak banyak anak informatika yang benar-benar jago desain.

  33. anggi

    saya lulusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak,
    Cita” Kerja di kantor besar Sebagai IT / Admin Ataw Jd Pembisnis yg Nguasain TI.

    SAya mau masuk kuliah, Jurusan (?_?)
    Teknik Informatika / Sistem Informasi.

    Tolong Saran nya Yg jelas tujuan hrus kmna jangan ngegantung ,,

    Makasih gan Sebelumnya ^_^

    1. Sebenarnya agak susah juga kalau ngasih saran tanpa tahu bagaimana background kamu, apa skill yang kamu punyai, apa passion kamu, dst.

      Tapi kalau memang mau bisnis, jangan kuliah di IT. Belajar aja manajemen bisnis. Yang punya Go-Jek itu bukan orang IT tapi orang bisnis. Karyawannya aja yang orang IT.

  34. makasih bang.. info nya bermutu.. saya kebetulan masuk teknik elektro..
    mw nanya ini.. jurusan yg bikin robot itu jurusan apa yaahh..?
    maap kalo prtanyaannya aneh.. ๐Ÿ˜€

  35. Uddin

    Bang ane mau nanya nih
    Kan ane sekolah di SMK ambil jurusan RPL nah di samping itu ane juga suka desain/digital painting di PS karena cita2 ane mo jadi animator :’v,kira2 kalo entar ane lulus terus kuliah ambil jurusan DKV bisa ngga walaupun ane SMKnya ambil RPL? :’v *fast respon tambah tamvan

    1. Kalau emang suka desain sih mending ambil DKV. Nggak peduli apakah kamu dulunya SMK maupun SMA. Soalnya milih jurusan perkuliahan itu nggak harus sejalan dengan apa yang kita pelajari waktu SMA dan sederajat.

      Buktinya, banyak anak IPA waktu kuliah malah ngambil jurusan-jurusan sosial semacam akuntansi, manajemen, hukum, HI, dan lain sebagainya.

  36. ilhana

    Website ini sangat membantu saya dan semakin membuat saya untuk tetap percaya diri pada kemampuan saya. saya yakin dan percaya bahwa ini merupakan cita”saya.terimakasih yang sebesar”nya semoga yang punya website ini hidupnya selalu diberkahi yang maha pencipta ๐Ÿ™‚

  37. muhammad ridho

    Saya lagi bingung nih,
    Saya suka desain tapi saya baru tau dasar photoshop, corel draw.
    Saya pengen ngelajutin TKJ tapi terhalang dgn mtk.
    Dan gara2 mtk jadi milih SI -_- , saya sudah mencoba belajar script tapi pusing, saya mesti gmn?

  38. Ojhan

    Kak mau tanya nih, saya kan msh kelas 2 SMA jd msh bingung pilih jurusan Komputer ntr kuliah. Bagusan teknik informatika atau sistem informasi?kedua jurusan itu lebih belajar ttg apa?
    Makasih kalau di respon:)

  39. nordahl

    knp ya jarang banget teknik komputer yg S1?
    kebanyakan pada D3
    kalo teknik informatika malah S1 semua
    tp saya lebih tertarik ke hardware, makanya pengen ke teknik komputer, tp kalo cuma D3 gimana gitu, rasanya ada yg kurang ^^

    1. Bisa jadi, karena teknik komputer memang lebih menekankan pada praktek. Soalnya yang diurusin kan hardware. Dan hardawre itu materinya emang nggak seberapa banyak. Lebih banyak prakteknya. Makanya diploma.

      Kalau S1 kan persentase teori dan prakteknya 60:40. Sedangkan pendidikan diploma (termasuk di dalamnya D3) persentase teori dan prakteknya adalah 40:60.

      Gitu, Sob. Semoga bisa memberikan gambaran ya ๐Ÿ™‚

  40. kak mau tanya nih>>
    saya mash binggun mau masuk kuliah jurus komputer nih tapi saya cuman punya ketrampilan dibidang hardware itu pun masih sedikit yang saya paham, soal progamer itu pun masih kurang juga, matimatika gak terlalu minat.. cita” saya juga mau membuat game.. disitu saya bingung apa” yang mesti saya lakukan…

    saya masih kelas 2 sma, saya juga masih kurang paham soal tempat kuliah yang jurusannya komputer gitu,, mohon pencerahaannya kk

    1. IFAN PRATAMA PUTRA

      Perkenalkan saya ifan dr Universitas Trunojoyo Madura,
      maaf sebelumnya, bukan mau ikut campur tapi cuma mau ngasih saran aja
      kalau kamu minat di Teknik, disini di UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
      – ada jurusan Teknik Informatika (S1),
      – suka di bidang manajemen ada Manajemen Informatika (D3),
      – suka di bidang desain ada Multimedia & Jaringan (D3),
      dan masih banyak jurusan teknik lainnya, kalau km suka game, sebenarnya bikin game itu juga pakai bahasa pemrograman.
      kalau emang mau tanya2 lagi bisa di FB saya : https://www.facebook.com/ifantaretanmania

    2. Mending coba ngoding (bikin program) aja dulu. Cari tutorial. Praktekkan.

      Kalau sudah mencoba dan ternyata kamu menyukainya, besar kemungkinan kamu akan cocok kuliah di teknik informatika atau sejenisnya.

  41. maaf oot kak, mau minta saran. saya sudah kuliah jurusan ekonomi di sbuah pts. padahal asal saya smk jurusan TKJ. setelah menjalani kuliah selama 2 semester ini saya merasa kurang cocok dengan jurusan saya, saya pengen pindah teknik informatika tapi saya sering kesulitan mengerjakan soal ujiannya karena seebagian besar soal ujian ptn itu yang saintek soal-soal SMA IPA, padahal di smk walaupun kita dapat matematika, fisika, dan kimia. itu kan cuma terapannya. jadi kita kesulitn dalam tes mandiri.
    minta saran kak gimana ya trik supaya lolos ujian jika kondisinya seperti saya tadi?. terimaksih ๐Ÿ™‚

    1. Sebenarnya rumus lulus tes itu selalu sama: perbanyak latihan soal. Semakin sering kamu latihan soal, maka kamu akan merasa semakin familiar dengan soal yang muncul di ujian.

      Karena pada dasarnya, materi ujian apapun (apalagi yang tahunan seperti SBMPTN) secara garis besar sama. Kalaupun ada perbedaaan, mungkin hanya perbedaan koefisien dan penempatan aja.

  42. alv26

    Kak, aku bisa fisika tp aku ga bisa mtk. Terus aku suka komputer, suka sm hardware jg software. Aku bingung mau masuk apa, menurut kakak apa yg cocok buat aku soalnya aku ga suka mtk? Makasih kak ๐Ÿ˜‰

    1. Kalau nggak suka matematika susah sih. Soalnya hampir semua jurusan teknik itu ada matematikanya.

      Kalau memang suka hardware, bisa lebih diperinci lagi, kamu sukanya apa? kalau suka robotika, masuk ke jurusan instrumentasi. Bisa teknik fisika atau teknik elektro.

      Kalau suka pemrograman, bisa masuk teknik informatika atau sistem informasi.

  43. Dini A.L

    Kak aku mau nanya nih .. kalo kuliah dijurusan SI tapi gak punya dasar komputer gimana kak ??
    aku udah lulus SNMPTN jurusan SI tapi gak punya dasar nya ..
    apakah nanti waktu belajarnya bakal kesusahan atau bisa ngikutin ya kak ??
    makasih kak

    1. tria

      Kak, saya mau nanya
      saya lulusan tkj, dan saya minat di hardwarenya, kira ada gk jurusan yang cocok sama minat saya dengan gelar strata ?

      1. Kalau memang minatnya hardware, mending ambil jurusan teknik komputer. Soalnya di teknik komputer ada materi hardware.

        Kalau masalah kuliah atau nggak itu tergantung kebutuhan juga sih. Tapi kalau memang memungkinkan untuk kuliah, lebih baik kuliah. Soalnya semakin lama, kualifikasi tenaga kerja semakin meningkat. Lagian, di perkuliahan juga banyak ilmu dan pengalaman yang lebih bisa membuat kita menjadi semakin dewasa.

  44. Mas, mau tanya jurusan nih.
    kan saya suka bikin topologi jaringan sama jarinagn wireless, terus saya juga suka bongkar-pasang komputer/ cari troubleshooting-nya.
    dari keterangan diatas yang cocok sama saya itu jurusannya apa mas? Tolong di jawab ya ๐Ÿ™‚ Terimakasih.

    1. Kalau teknik komputer, jelas ada matematika. Tapi kalau fisika, aku kurang tahu pasti. Tapi mestinya sih ada meskipun minor (sangat sedikit). Soalnya teknik komputer ada materi soal hardware juga.

  45. @Rezihardi

    kak maaf mau nanya tapi out of topic, saya berniat mengambil progam studi TI di salah satu Univ swasta, tapi ngga ada salahnya saya mencoba ikut sbm buat ke univ negri dengan progam studi TI juga, yang mau saya tanyakan adalah apakah peluang mendapat kerjanya berbeda antara univ swasta dengan univ negeri dengan proga studi yang sama2 TI ?
    terima kasih untuk replynya kk ๐Ÿ˜€

    1. Kalau untuk peluang kerja, setahu saya di Indonesia memang masih ada semacam perlakuan khusus untuk lulusan kampus-kampus dengan akreditasi A.

      Kecuali kalau kamu mau kerja di Google, Facebook, atau semacamnya. Karena di perusahaan semacam itu, mereka tidak lagi melihat ijazah. Yang mereka lihat adalah portofolio (karya), tak peduli apakah dia sarjana atau lulusan SMA.

  46. kak, saran dong buat aku masuk jurusan apa..
    aku suka ngotak-ngatik komputer gitu.. aku sempet mikir masuk TI aja (pas belum tau TI belajar apa aja yg pntng komputer aja ๐Ÿ˜€ ) Itu pemikiranku dulu. tpi aku gk suka MTK! Aku pengen banget bisa bikin Kartun(Animator) tapi masih bingung apa yg cck jrsnnya.

    terimakasih

    1. Greenmoo

      Coba bantu ya. Coba tulis di kertas apa minat, Bakat, dan hobby (BMH) kamu lalu tulis sisi positif dan negatif dari BMH itu. Jadi bisa tau kamu condong kemana saat kuliah dan kerja. Coba juga googling pekerjaan dari BMH kamu biar kamu dapat gambaran gimana dunia kerja jurusan yang kamu mau ambil. Semangat ya

    2. Komputer itu luas sekali. Semuanya tergantung kamu.

      Kamu pengennya bikin apa dong? kalau memang kamu sukanya desain dan pengen bikin animasi ya mending masuk jurusan desain (DKV).

      Kalau ingin bikin website, game, dan aplikasi, ya mending masuk teknik informatika.

      Kalau ingin belajar hardware komputer ya masuk teknik komputer. Intinya sih kita harus tahu dulu apa yang menjadi minat dan cita-cita kita sebelum menentukan jurusan yang akan kita pilih setelah lulus SMA.

  47. DerisJM

    Gan saya masi bingung perbedaan teknik komputer dengan teknik informatika itu apa ? Bisa dijelaskan dengan detail kah ? Terus apa materi2nya sama atau beda ?
    Terimaksi gan.

    1. Teknik komputer itu ada materi hardware. Sedangkan teknik informatika hampir tidak ada materi tentang hardware. Sederhananya seperti itu.

      Kalau mau lebih detil, mending coba baca penjelasan di website-website resmi kampus yang mempunyai jurusan teknik informatika atau teknik komputer. Karena tidak mungkin dong, saya menjelaskan panjang lebar melalui kolom komentar?

  48. Ghulam

    Mas, saya kan masih SMA kelas 1, saya kedepannya berharap bisa kuliah di luar negeri yg berbasis pemrograman (Amiinnn…), kira-kira kuliah di mana ya mas yang cocok dan yang harus ditekuni selama masa emas ini ?

    1. Kalau bisa sih mending masuk kampus negeri. Soalnya fasilitasnya lengkap, terus juga banyak beasiswa. Jadi, tidak terlalu memberatkan keluarga secara finansial.

      Kalau memang sudah yakin mau belajar pemrograman, mending coba ikut olimpiade komputer. Karena di sana nanti kamu akan ketemu dengan dasar-dasar pemrograman.

  49. Firdaus

    Mau tanya min, apa bedanya jurusan Teknologi Informasi dengan Teknik Informatika/Ilkom? Semacam yang dipelajari apa saja trus gelarnya juga beda gak?
    Terimakasih..

    1. Teknologi informasi kalau di Indonesia setahuku belum ada. Di ITS sendiri, Teknologi Informasi itu nama fakultas, bukan nama jurusan.

      Kalau Teknik Informatika dan Ilmu Komputer, sebelas dua belas lah. Mungkin ada perbedaannya, tapi sepertinya nggak terlalu banyak. Soal gelar pun sama. Sama-sama S.Kom.

  50. Jodis

    kak mau tanya, berarti ilmu komputer UI itu sama kaya teknik informatika gitu kak? ilkom itu masuknya teknik apa engga? terus kalo ambil S-1 gelarnya apa ya kak kalo udah lulus? bimbang nih bentar lagi lulus bingung lanjut mana:( pengennya teknik informatika tp gatau dimana :V wkwk makasih ya kak udah mau lirik komen aku :”)

    1. Yoi. Teknik Informatika dan Ilmu Komputer itu masih satu rumpun. Gelarnya pun sama: S.Kom (Sarjana Komputer).

      Kalau masuk teknik atau nggak sih kurang tahu, di beberapa kampus, ilkom itu masuk FMIPA. Tapi di UI punya fakultas sendiri, Fasilkom.

      Kalau masih bingung, bisa mulai dari cita-cita. Kamu inginnya dikenal sebagai apa? kamu ingin jadi apa? atau yang lebih mendasar lagi, kamu ingin membuat apa?

      Fokus di situ aja. Kalau sudah ketemu jawabannya, akan lebih mudah buat menentukan jurusan. ๐Ÿ™‚

    1. Kalau di ITS sih, biasanya jurusan dengan peminat paling tinggi itu teknik informatika.

      Beberapa yang terkenal di antaranya: ITB, UI, ITS, UGM, UB, IPB, Unpad, Undip. Hampir semua kampus negeri sepertinya ada. Kecuali kampus pendidikan seperti UPI, UNJ, dan semacamnya.

  51. edah machfudzoh

    kak emang kalau mau ambil jurusan komputer gitu harus mahir bahasa inggris ya, ?
    tapi aku belum bisa bahasa inggris kak, aku sukanya sama matematika. yang pas buat aku apa ya?

    1. Kuliah di jurusan apapun, wajib hukumnya bisa bahasa Inggris. Soalnya emang zamannya sudah berubah sih. Sekarang persaingannya bukan lagi tingkat lokal, dan regional, tapi global. Jadi, mau apapun jurusannya, kita harus bisa bahasa Inggris.

      Kalau memang suka matematika, bisa ambil jurusan matematika atau statistika.

  52. sanni pebriansyah

    Mau tanya..
    Kira kira yg cocok kuliah dibidang komputer buat sy apa..?

    Karna sy mau kerja diperkantoran seperti di kantor : puskesmas..

    Soalnya sekarang banyak puskesmas yg menggunakan komputer. Seperti BPJS dan lain – lain..
    Kebanyakan tenaga medis pada tidak tai cara menjalankan komputer..

    Tolong dijelaskan untuk jurusan yg sy jelaskan diatas..

    Terima kasih sebelumnya..

    1. Kalau yang dimaksud adalah seperti itu, nggak usah kuliah di jurusan IT pun bisa. Soalnya kalau yang seperti itu, tinggal di-training aja pasti bisa.

      Soal kuliahnya di mana, sepertinya kuliah di jurusan apapun yang terkait dengan kesehatan (keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, dlsb) bisa kerja di puskesmas.

      1. Kalau nggak suka script ya mending jangan masuk teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer, dan semacamnya. Soalnya yang dipelajari di jurusan komputer seperti yang saya sebutkan tadi nggak jauh-jauh dari yang namanya pemrograman.

  53. Toto Setiawan

    maaf numpang nanya kak, sekarang saya kelas 3 animasi sebenernya saya salah jurusan saya dulu mau ngambil tkj karna saya suka oprek hadware dan jaringan , yang saya mau tanyakan apakah jurusan yang cocok buat saya kak, saya juga gak begitu suka sama matematika, terimakasih sebelumnya

    1. Kalau memang suka hardware dan jaringan, mending ambil jurusan teknik komputer. Sebenarnya bisa juga di teknik informatika, tapi di teknik informatika hampir tidak ada materi tentang hardware kecuali hanya dasar-dasar saja.

  54. devye

    thanks infonya…
    mau tanya donk kak, kalo dari d3 menejemen informatika lalu lanjut ke s1 teknik informatika, nyambung ngk sih? atau lebih recomended ekstensi ke s1 sistem informasi?

    paragraf terakhir koplak, tapi ada yang bilang kalo nikah itu mempermudah skripsi, nggak ada salahnya dicoba tipsnya kak hahaa

      1. Maaf, saya yang jawab.

        Kamu bisa masuk DKV atau animasi. Tapi DKV itu berkaitan dengan banyak hal tapi intinya adalah desain grafis. Kalau jursan anmimasi ya fokus sama bidang animasi. Biasanya bikin film kartun atau game.

        Kalaus software developer bisa masuk Ilmu Komputer atau Teknik Informatika.

      2. Setahuku, kalau jurusan yang khusus mempelajari game belum ada.

        Selama ini, yang aku tahu, kalau mau bikin game yang lumayan bagus, dibutuhkan setidaknya 2 kompetensi: programming + desain. Jadi, biasanya game-game yang gameplay dan UI-nya bagus itu nggak hanya dibikin oleh anak IT aja, tapi juga melibatkan anak desain.

        Sekarang tinggal kitanya aja. Mau fokus di desain atau di programming.

  55. Cheonsa

    Bermanfaat sekali ๐Ÿ™‚
    Mau nanya ni..
    Aku kan mau kuliah jurusan komputer..
    Kalo untuk jurusan desain grafis itu bagian mana ya SI ato SK sih kak?
    Masih bingung sama jurusan .. aku takut kalo salah ambil jurusan..
    Makasih

  56. amri

    Mau nanya nih : dr ke lima jurusan tsb memang harus anak IPA ya. Klo anak IPS berarti harus ikut IPC dong. Atau bagaimana.
    #mohon bimbingannya, karna saya suka dgn hal2 yg berhubungan dgn komputer ๐Ÿ™‚

      1. Bisa. Tapi susah kalau memaksakan diri ingin masuk kampus negeri. Soalnya harus lewat jalur ujian tulis dan harus saingan dengan anak IPA. Kalau kampus swasta sih bebas.

  57. Mas, kalo kita sekarang sekolah di SMK trus ngambil jurusan TKJ , saya suka mengoprek oprek hardware dan software dan saya juga pernah mempelajari tentang code2 html dan css, tapi saya tidak terlalu suka dengan pelajaran rpl saya lebih suka jaringan, hardware, dan software tapi saya juga suka matematika, cocoknya masuk jurusan apa ya? saya bingung nanti kuliah masuk jurusan apa, minta sarannya ya mas , thanks

  58. ZY

    Saya mau nanya kalo ilmu komputer itu kira-kira apa materinya ya soalnya saya mau msk jurusan IT tapi belom punya modal kemampuan apa apa

  59. Alvian

    kak, aku semakin suka sama yang namanya IT, kalau kita milihnya fakultas teknik informatika, apa ada peminatan lainnya di ITS, kebetulan aku betujuan kuliah di surabaya.

    *ini semua karena Mark Zuckerberg, dia mengispirasi saya. dia hebat. udah nonton filmnya kan kk????

  60. Kak saya mau nanya, tolong di respon ya

    Apa perbedaan jurusan Sistem Komputer dan Sistem Informasi ? walaupun di atas sudah dijelaskan namun masih sedikit bingung. Oh ia saya sudah mendaftar di Stikom bali dan yang saya bingung kenapa tidak ada jurusan Teknik Informatika yg lebih menjurus ke pemograman (web & software | CMIIW ) hanya ada 2 jurusan yaitu Sistem Komputer dan Sistem Informasi.

    Dan yang sudah saya pilih ialah SK, karena saya berpikir bahwa Sistem Komputer akan diajarkan coding website / software dan tidak akan berurusan dengan HARDWARE. < Apakah perkiraan saya benar atau bagaimana ?
    sementara dipikiran saya jika SI ialah hanya tentang bekal mengelola Informasi walaupun dapat juga coding tentang Web.

    Lalu ini bagaimana?

    Makasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

    1. Maaf, saya kurang tahu tentang sistem komputer. Tapi kalau memang ada komputer-komputer mestinya sih gak jauh-jauh sama informatika. Sama kayak Ilmu Komputer gitu. ๐Ÿ˜€

    2. Vio

      saya jurusan SK. Dulu saya juga mikir gitu, karena passion saya adalah programming. Tapi setelah kuliah, justru sebaliknya ๐Ÿ˜ฆ SK itu DEKAT SEKALI DENGAN HARDWARE. belajar mikroprosessor dan mikrokontroler. kalo menurut saya pribadi sih semacam paket komplit lah, selain merancang hardware, nanti kita juga belajar coding (kalo ga di-coding ya ga jalan dong hardwarenya) tapi kodingnya seputar assembler, C, dan C++ -___-. di SK juga belajar Jaringan dan sistem digital.

    3. Cheonsa

      Wahh kak senior.. ketemu ..
      Aku jg (mau) kuliah di STIKOM BALI.. nah yg saya bingung jg ya kak beda SK dan SI nya.. saya mau nyari bagian desain grafis dan program sperti ptoshop dll pokoknya program lah heheh..
      Itu termasuk apa ya SI apa SK kak?
      Makasi ๐Ÿ™‚

    1. Di Indonesia emang ada ya jurusan Teknologi Informasi? di ITS setahu saya Teknologi Informasi itu nama fakultas, bukan nama jurusan.

      Di fakultas Teknologi Informasi ada 2 jurusan: Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

      1. Fajar

        Asiiik, ga bingung deh akhirnya. Soalnya pas daftar snmptn tuh sempet liat begituan…
        Nah terus bedanya antara TI sama SI naon?

  61. bang mo nanya nih, saya kan menyukai reparasi komputer , coding , desain grafis, dan jaringan. menurut abang kalo saya ambil jurusan computer enginering apakah akan mendapati materi tersebut? akan tetapi dari beberapa universitan maupun politeknik yang sudah saya telusuri kenapa pada jurusan tersebut mentok di D3?

    1. Kalau reparasi komputer sih memang paling pas D3. Soalnya menekankan pada praktek. Kalau desain grafis, jurusan desain yang paling pas.
      Kalau teknik informatika lebih banyak tentang pemrograman.

      1. Dzaky

        Gitu ya , berarti mau gak mau kita harus bisa manfaatin internet dan buku sebaik mungkin buat belajar sendiri..

        Makasih infonya sob..

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s