Kamu Cocok Masuk Teknik Informatika Jika…

Programmer(?)

Dari lebih dari 1600 komentar yang ada di blog ini, salah satu komentar yang paling sering saya baca adalah pertanyaan seperti ini: “Kalau saya tidak jago matematika, saya cocok gak masuk teknik informatika?” atau kalau nggak gitu pertanyaan seperti ini: “saya suka matematika, tapi saya lebih berminat untuk belajar animasi, sebaiknya masuk mana, kak?.

Untuk kalian yang punya pertanyaan yang sama, sebenarnya tidak ada alat ukur yang bisa menentukan secara pasti apakah kita cocok masuk teknik informatika atau tidak. Karena cocok atau tidaknya suatu jurusan, semuanya bergantung pada diri kita sendiri. Karena hanya kita yang tahu apa minat, potensi, cita-cita dan passion yang kita miliki. Maka dari itu, pesan saya kepada kalian yang menanyakan sebaiknya kalian masuk jurusan mana, silakan tanyakan jawabannya pada diri kalian sendiri. Karena saya hanya mampu memberi kisi-kisi tentang apa saja yang akan dipelajari sekaligus bagaimana gambaran perkuliahan di jurusan teknik informatika. Tidak lebih dari itu.

Namun demikian, meskipun hasilnya tidak selalu tepat, analisa terhadap minat, potensi, cita-cita, dan juga passion tetap bisa dijadikan ukuran apakah seseorang itu cocok untuk masuk teknik informatika ataukah tidak.

Berikut ini penjelasan saya tentang kecocokan minat, potensi, dan cita-cita yang kamu punya dengan jurusan teknik informatika.

Kamu kemungkinan besar akan cocok kuliah di jurusan teknik informatika jika:

  1. Pernah ikut olimpiade komputer waktu SMP/SMA.
  2. Pernah kenal pemrograman sebelumnya.
  3. Hobi mengutak-atik desain blog (edit HTML dan CSS).
  4. Punya rasa penasaran yang besar pada proses pembuatan aplikasi komputer.
  5. Pernah mencoba membuat aplikasi komputer / aplikasi mobile / website.
  6. Sering menghabiskan waktu untuk mencari tutorial pemrograman (website/buku/video).
  7. Punya cita-cita menjadi seorang programmer.
  8. Punya cita-cita menjadi seorang game-developer / web-developer.
  9. Punya cita-cita menjadi hacker(?).
  10. Sering mengutak-atik dan mengoprek Linux.
  11. Sering berlangganan majalah tentang IT.

Kamu mungkin akan cocok kuliah di jurusan teknik informatika jika:

  1. Suka matematika dan logika.
  2. Suka game problem solving.
  3. Belum kenal pemrograman tapi punya cita-cita untuk menjadi programmer.
  4. Belum kenal pemrograman tapi suka mempelajari hal baru.
  5. Belum kenal pemrograman tapi punya motivasi besar untuk punya gelar S.Kom.
  6. Suka oprek smartphone.
  7. Ingin menjadi animator (2D/3D).
  8. Suka belajar otodidak.

Kamu kemungkinan kecil akan cocok kuliah di jurusan teknik informatika jika:

  1. Belum kenal pemrograman dan tidak suka mempelajari hal baru.
  2. Suka browsing, tapi yang dibaca bukan tentang IT.
  3. Ingin menjadi desainer.
  4. Tidak suka matematika dan logika.
  5. Tidak suka belajar otodidak.
  6. Berharap punya banyak kenalan cewek selama kuliah.
  7. Tidak suka mengutak-atik komputer

Itu tadi beberapa hasil observasi yang telah saya lakukan pada teman-teman saya sejurusan selama beberapa tahun kuliah di jurusan teknik informatika. Harap dicatat bahwa tingkat kecocokan ini tidak ada sangkut pautnya dengan nilai IPK yang akan kalian dapatkan ketika memutuskan untuk kuliah di jurusan teknik informatika. Output yang dihasilkan dari tingkat kecocokan ini adalah adanya kemungkinan merasa salah jurusan. Jadi, semakin besar tingkat kecocokan yang kalian punya, maka semakin kecil kemungkinannya bagi kalian untuk merasa salah jurusan nantinya ketika memutuskan untuk kuliah di jurusan teknik informatika.

Kalau urusan IPK, itu semua tidak ada hubungannya dengan merasa salah jurusan atau tidak. IPK itu hubungannya dengan kerja keras, determinasi, dan menjaga motivasi agar tetap penuh selama menjalani perkuliahan. Karena faktanya, banyak juga yang merasa salah jurusan tapi IPK-nya jauh di atas rata-rata. Tapi masalahnya, seringkali mahasiswa yang merasa salah jurusan gagal mempertahankan semangat dan motivasinya sehingga mereka tidak mendapatkan hasil maksimal di perkuliahan.

Jadi, buat kalian yang berminat untuk kuliah di jurusan teknik informatika, sebaiknya kalian perhatikan baik-baik poin-poin yang saya tuliskan di atas. Karena sebaik-baik jurusan bukanlah kedokteran maupun teknik informatika. Tapi sebaik-baik jurusan adalah jurusan yang paling sesuai dengan minat, potensi, passion, dan cita-cita yang kita punya.

Kalau tulisan ini belum menjawab pertanyaan kamu, atau kalau kamu masih penasaran tentang Teknik Informatika, silakan baca tulisan-tulisan saya lainnya tentang Teknik Informatika yang ada di sini.

Sekian. Semoga bermanfaat. Salam olahraga.
Jebret!

——————————————–
*) NB:

  • poin-poin akan ditambahkan di lain waktu sesuai dengan ingatan penulis.
  • untuk postingan seputar teknik informatika yang lain bisa dibaca di link berikut

 

sumber gambar:

 

423 responses to “Kamu Cocok Masuk Teknik Informatika Jika…”

  1. Bang kalo fakultas informatika test masuknya apa aja bang?

  2. Mohon reply nya kak,
    saya lagi ada dalam masalah,

    saya sekarang S2 jurusan sistem informasi, di univ saya, mahasiswa SI bisa pilih mata kuliah IT,

    saya S1 nya itu dulu saya jauh dari jurusan komputer, jurusan S1 dulu saya nda terkait dengan komputer sama sekali,

    saya memilih S2 jurusan sistem informasi karena saya ingin bisa teknologi,
    tapi masalahnya, saya kesulitan banget untuk memahami materi IT, susah bgt,

    Apa saya termasuk salah jurusan ya?
    karena susahnya susah bgt.. Saya bingung, saya ini kalau belajar biologi, musik, hal2 yg berkaitan dgn manajemen, desain , saya langsung mudah tertarik dan bisa,

    tapi ini IT misalkan computer vision, machine learning, web service, database, semua susah banget, apa saya salah jurusan kak?

    1. Hai, Angelin. Kalau masalah salah jurusan atau tidak, sebenarnya yang paling tahu ya diri kamu sendiri.

      Kalau kamu merasa tidak sanggup kemudian kamu merasa hopeless, tidak ada motivasi, sama sekali tidak merasa penasaran dan ingin belajar sendiri, ya berarti kamu memang tidak seberapa minat dengan bidang tersebut.

      Tapi kalau ternyata kamu tetap bisa termotivasi untuk belajar sendiri meskipun sekarang kamu merasa belum bisa, berarti kamu tidak salah jurusan. Cuma butuh proses adaptasi aja.

      Karena semua orang yang baru pertama kali mempelajari sesuatu pasti akan dihadapkan pada momen-momen di mana kita merasa tidak bisa. Tinggal kitanya aja, mau bertahan atau tidak.

      Tapi berhubung kamu sekarang sudah S2, sebenarnya sayang banget kalau sampai salah jurusan. Mestinya kalau memang mau belajar IT, semuanya bisa dilakukan secara otodidak. Kecuali memang mau meniti karir di bidang IT setelah lulus kuliah.

  3. bang gw dari kecil suka banget sama dunia IT terutama komputer tapi kemampuan matematika saya jelek atau mungkin bisa dibilang dibawah rata2 , bagusnya saya melanjutkan kuliah teknik informatika/ilmu komputer atau mengambil jurusan lain ?

    1. Ambil jurusan lain terus belajar IT otodidak. 🙂

    2. Kak kalau misalnya mau masuk jurusan informatika tapi nggak bisa komputer gimana?

  4. min, jadi gini ….
    saya abis daftar SBMPTN dengan Optimisme tinggi saya milih Jurusan IT karena saya dari jurusan TKJ, nah abis itu, saya langsung kaget apa yg akan di pelajari dari jurusan tersebut adalah, hal2 sangat saya takuti seperti menghitung, memecahkan masalah di pemrograman software, yahh walaupun begitu hal sudah terjadi yahh mau gimana lagi,
    tapi di lain hal saya juga suka tentang ilmu software terutama oprek HP, dan juga sangat tertarik tentang ilmu Pemrograman walau gk sangat2 paham ilmu seperti itu saat ini, kira-kira ada kemungkinan nggk yahh saya bisa lulus dari tes SBMPtN tersebu yg akan di selenggarakan * MEI mendatang

    ,, Thank min mohon dibalas 🙂

  5. Kak, aku siswa sma yg sebentar lagi pendaftaran kuliah tapi ak masih bingung soalny orang tua teman teman dan guru mendukung aku di IT, tapi aku kek ada rasa takut gitu, cemas juga, soalny aku takut ga mampu dalam proses perkuliahanny, soalny aku dengar dari sebagian org kalo IT itu susahny minta ampun, malahan bnyak yg di DO. jadi gmn min? Ak sih sebenarnya juga minat cuman ragu aja karena ceman. Mintak saranny dong

    1. gak usah takut yang emang menuntut ilmu kayak dikandang buaya ya?. yang perlu kamu lakuin yah mengenal seperti apa informatika itu. itu yang pertama yang kedua kalo kamu anti matematika / gak suka mndng gk usah, krna programmer erat kaitannya dngn logika, tdk heran temanku yg jago mtk logika codingnya oke. jdi yg blng informatika mtk cuma kabataku itu sungguh menyesatkan, krna coding itu erat dengan pemecahan masalah (mtk). gue sdikit crta ni ya, dlu gue gk bsa mtk krna gue belum paham, bukan krna gue anti, orng yg anti mtk hnya mnutup pintu hati mereka dri pljrn mtk itu jdi jgn prnh beranggapn gue gk bsa mtk, yg bener hrusnya beranggpn gue blom bisa mtk. gue punya tjuan jdi game dev dan gue tw slah 1 langkahnya kuat mtk jadi gue bljr mtk secara KONSEP y dan trnyta mtk itu sprti game puzzle bongkar pasang angka gtu, jadi trgntung NIAT, JANGAN PERNAH BERANGGAPAN GAK BISA TAPI HANYA BELUM BISA. sran buat nurul tanya diri sndri apa tujuan yg ingin dicapai dgn belajar jurusan informatika?
      kbtuln gue dlu smk RPL jdi coding tpi gk ngeh, ngehnya waktu dah lulus smk dan ada tujuan utk jdi game dev, dan berimajinasi nama game production sndri (mlhn nama dan logonya udah ada dluan) jdi tujuan sangat sangat sngt penting utk membakar ghairah utk kuliah jurusan informatika.

  6. apakah anak ips bisa masuk jurusan teknik informatika ??

    1. Kayaknya nggak bisa. Mending belajar otodidak aja sih kalau memang minat sama komputer. Kuliahnya ambil jurusan sosial yang nggak banyak praktikum. Jadi waktunya bisa dimanfaatkan buat belajar ngoding otodidak.

  7. agan,mas,mimin,vroh
    Trutama jangan bahas Niat dulu deh soal nya ada niat cuma ragu takut gak mampu ni otak ane .
    Ane Tahun Ini minat Masuk IT di sebuah kampus swasta . pengalaman ane di internet Tau HTML apa , CSS Apa, PHP apa.
    pernah Pelajarin sih tpi berasa masih kurang mampu buat pelajarin itu semua minat sih ada.
    Pengalaman ane semua itu pun di dapat dari google Via Hp karna gak punya PC. mau apa2 searching google udah punya pengalaman Flashing Android, Oprek android, Gak punya pc sebelum ini tpi bisa menjalankan PC itu semua juga searching dari google kalau ada masalah apa2 .
    Mau Kuliah IT dengan modal Uang Semester dan beli PC kalau kuliah IT nanti.
    MTK ane Jelek , Fisika, Kimia DLL kalau soal Hitungan Jelek Nilai ane.
    Seberapa Persen kah cocok untuk masuk IT
    Apakah Bakal Gagal Total ?
    (Jangan Ngomongin Usaha min 😂 Soalnya bakal Usaha karna mikirin Masa depan juga Cuma Otak Gak tau Kalau udah Masuk takutnya bakal Nyesel)

    Mohon Min Ane Minta Solusinya Soalnya Waktu Pendaftaran Kepepet tinggal 1 Bulan lagi. langkah yg mana bakal ane ambil.
    Please di balas Komen ane Min mohon bantuan nya.

    1. Mending pilih jurusan sosial yang nggak banyak praktikumnya terus belajar otodidak sih kalau begitu. Soalnya mata kuliah di kampus banyak matematikanya. Kalau belajar otodidak mungkin lebih enak soalnya nggak harus belajar kalkulus, aljabar linear, matematika diskrit, dlsb.

  8. M.Wisnu.Aji.P Avatar

    saran saya ya sebaiknya kamu masuk jurusan elektronik karna elektro kebanyakan memecahkan masalah komponen dan hal yang bersangkutan dengan teknologi. untuk informatika ini biasanya hanya untuk pengembang dan untuk yg ingin bisa coding ( harus mengerti algoritma 70%) kalo g bisa besar kemungkinan kamu akan g bisa nerusin dengan tenang.

  9. Min saya tahun ini tamatan SMP saya niat kuliah ambil jurusan IT bagusnya masuk SMA /SMK jurusan TKJ biar kuliah nyambung pelajarannya

    1. Kalau memang niat kuliah, mending SMA sih. Soalnya SMK itu kurikulumnya dibuat agar lulusannya bisa langsung kerja setelah lulus, bukan kuliah.

  10. kak, aku suka bgt dengan hp, bahkan aku hampir tau semua detail2 spek dari hp, juga suka oprek2, main2 software dan game, apalagi kalo internet gratis . tapi kalo utak atik pc gak terlalu suka kak, minta saran dong cocoknya ambil jurusan apa ya? tolong dijawab, makasih .

    1. Ambil jurusan terserah, bebas. Boleh dicoba masuk ilmu komunikasi atau multimedia, terus bikin youtube channel. Bikin review gadget, review aplikasi, dlsb, pasangin iklan, terus bisa kerja mandiri deh.

  11. Kak, kalo seleksi mandiri teknik informatika dan tesnya keluar soal² seputar teknik informatika, itu biasanya soalnya kek gimana ya?

    1. aku sendiri kurang tahu kalau sudah menyangkut tes masuk. soalnya aku dulu ikut SBMPTN. jadi maaf, aku nggak bisa jawab. daripada ntar salah kasih info.

  12. Ka mau tanya dong.
    Tahun ini saya gak lolos sbmptn di UI. Jurusan yang diambil. teknik industri.
    Mau coba PKM nya ITS nih.
    Lihat di website nya smits, teknik informatika jalur mandiri, daya tampungnya besar.
    Karena saya minat di informatika, jadi pengen daftar.
    Kalau di informatika its jalur mandiri, ada nilai minimum nya gak ya untuk bisa diterima?
    Soalnya khan dia tanpa test. Hanya melihat nilai sbmptn nya saja

    1. Wah, kalau sudah menyangkut proses seleksi saya tidak tahu. Soalnya itu kebijakan kampus. Jadi mungkin ada, mungkin juga tidak. Tergantung jumlah pendaftar di tahun tersebut mungkin.

  13. dony setiawan Avatar

    Kak saya ingin masuk jurusan TI. Saya sudah mempelajari bahasa pemprograman HTML dan C#. Sekarang di sekolah saya harus memilih salah satu mapel un(kimia, biologi, fisika). Mapel manakah yang harus saya pilih??

    1. Fisika. Kalau bisa fisika biasanya yang lain gampang. Yang jago fisika biasanya jago matematika, tapi tidak sebaliknya. Jadi mending fisika.

      Tapi itu saranku sih. Kalau kamu sukanya Kimia ya pilih Kimia. Kan kamu yang menjalani, bukan aku. Lagian, pelajaran SMA yang agak nyambung sama perkuliahan di teknik informatika itu cuma matematika. Fisika ada cuma dikit. Kimia sama Biologi apalagi. Hampir nggak ada sama sekali.

  14. Saya gangerti program,koding dll saya ngertinya ituweh microsoft office. Jurusan saya juga ipa, gimana ya kak?:(

  15. Saya sebenarnya punya bakat dan minat di sastra inggris tapi orang tua menyuruh saya buat daftar di teknik informatika karena saya lulusan smk audio video dan kalau lulus kuliah gampang nyari kerja. Menurut kakak solusi saya harus gimana?

  16. Kak,saya jurusan administrasi perkantoran,tapi saya lebih suka menghitung dan matematika,kira”cocok masuk jurusan kuliah apa?

  17. Ka kalo di its di wajibkan bisa bahasa inggris?

    1. Nggak di ITS aja sih. Di semua kampus juga bakal diwajibin bisa bahasa Inggris kalau mau masuk teknik informatika. Soalnya hampir semua buku yang dipakai di Teknik Informatika, khususnya kampus negeri, itu terbitan luar negeri. Jadi, minimal harus bisa paham bahasa Inggris secara tertulis.

  18. Gan, saya dari SMK jur TKJ, logika MTKny baik, logika Program terutama pada website, dan program ringan dari Python, Basic, VBS, pengen juga sih bikin eksploit dari tpi kebanyakan logika mereka sulit dipelajari, bakat juga ada di Jaringan (install, conf, troubleshooting server terutama Debian dan Linux), setting Mikrotik juga bisa (firewall, multi routing, dll), udah nyooba juga si Naga Hitamny Linux, sering update masalah keamanan jaringan maupun website (database ada juga bbrp), design web lumayan (newbie+).. Tapi saya masih bingung mau kuliah prodi apa tpi yg D4? Menurut agan gmana?

    1. D4 teknik informatika sepertinya ada di kampus-kampus politeknik. Coba aja. Lumayan tuh, sudah ada modal banyak. Jadi nggak belajar dari nol lagi di perkuliahan.

  19. min saya berminat pengen masuk kedunia komputer… tapi saya paling minat di dunia jaringan komputer seperti linux dan lain”. soal nya saya pernah ikut lomba LKS IT NETWORKING SUPPORT + pernah ikut pelatihan di MULTIMATIC di kuningan. kalau boleh tanya universitas mana min yang JURUSAN IT nya bagus di daerah jakarta??…. thank y min

  20. iza nazaretta Avatar

    Saya mungkin baru mengerti sedikit apa itu pemrogaman , pemrogaman python khususnya .. dan sya berniat meneruskan kukiah SI sya di tehnik informatika .. apa saran untuk sya ..terimakasih

  21. Saya Bisa Mengutak atik PC dari Hardware sama Software Tapi, Saya gak suka itung2 an….apakah saya cocok masuk jurusan ini… pertanyaan saya itung2 an itu ngaruh gak ya untuk membuat program/software komputer !

    thx

  22. bedanya teknik informatika sama sistem informasi itu apa ?

  23. saya lulusan smk jurusan teknik kendaraan ringan.
    saya cuma bisa instal OS komputer dan ganti costumRom dan systemUI pada android.. apakah saya cocok untuk masuk jurusan TI?

  24. “Berharap punya banyak kenalan cewek selama kuliah.” ternyata penderitaan gue punya temen cewe dikit itu akan berlanjut ke tingkat jadi mahasiswa:’) *hiks

  25. Saya tidak banyak tau tentang komputer apalagi cara cara nya
    tapi saya ingin mengambil informatika apakah itu bisa…?

    1. Bisa aja. Yang paling penting sih punya kemauan untuk belajar. Karena di teknik informatika, belajarnya banyak otodidak. Yang diajarkan di perkuliahan hanya dasar-dasarnya aja yang memang fundamental.

  26. Unbelieveble, postingannya sangat bermanfaat
    Hmm saya panggil kaka aja deh. Ka, saya berminat di IT tetapi saya lemah dibidang matematika, terus saya juga berbakatnya dalam hal komunikasi (itu saya menemukan dari pendapat guru,teman,dan keluarga), tetapi kepribadian saya ialah terlalu malas untuk menjelaskan kepada orang dalam waktu yang lama. Jadi menurut kaka saya harus milih prodi apa? Dari bakat, minat atau kepribadian?
    Terimakasih sebelumnya

  27. kaka /gan/vroh
    bedanya sistem komputer sama teknik informatika apa??

    1. Sistem komputer lebih kepada hardware dan belajar bagaimana cara kerja komputer. Sedangkan teknik informatika lebih fokus pada software dan bagaimana memanfaatkan komputer untuk menyelesaikan masalah (dengan cara membuat program, dlsb.).

  28. Ka bedanya teknik informatika sama ilmu komunikasi apa? Atau ada hubungannya?
    Kalo saya lebih suka ngedit ngedit gitu ada bakatnya ga buat masuk jurusan informatika? Hehe

    1. Ilmu komunikasi itu belajarnya tentang teknik komunikasi, bisa secara visual, bisa secara verbal, dst. Kalau teknik informatika itu belajarnya tentang pemecahan masalah melalui pendekatan teknologi informasi, atau sederhananya tentang pengembangan aplikasi perangkat lunak.

  29. Kalo saya suka bikin video kayak Camtasia, edit video. Suka penasaran sama software. Terus2an pelajarin aplikasi di komputer. Gimana tuh? Hahaha apa saya berbakat?

    1. Kamu cocoknya masuk jurusan multimedia.

  30. Adi Britanianto Avatar
    Adi Britanianto

    Kak klo mau masuk TI lewat SNMPTN itu nilai pelajaran apa aja sih kak yg diutamain bagusnya?

    1. SNMPTN itu sampai sekarang tidak pernah diumumkan secara terbuka apa saja yang dinilai. Tapi secara umum, yang dinilai adalah kemampuan siswa (berdasarkan rapor dan piagam penghargaan), kualitas sekolah, dan pemerataan daerah. Jadi, faktornya ada banyak dan yang bisa memberikan penjelasan lebih rinci adalah kampus yang bersangkutan. Karena masing-masing kampus mempunyai kebijakan yang berbeda-beda untuk SNMPTN.

  31. Khairun Naziha Avatar
    Khairun Naziha

    bermanfaat bgt buat saya,terima kasih kak.hmm tpi saya cuma beberapa yg mempunyai kemungkinan untuk masuk bidang IT yg besar maupun kecil 😦

  32. Lengkap sekali uraiannya gan. Mudah mudahan setelah baca tulisan ini saya jadi bisa lebih paham tentang anak saya nantinya.
    Terima kasih banyak penjelasannya.

    1. Sama-sama. Senang bisa membantu. 🙂

  33. Keren informasinya saya suka, saya berkeinginan menjadi Analis 😄 tapi ntah bisa apa nggak, masih belajar html, sql, ama php 😩

    1. Alhamdulillah kalau suka. Santai, Sob. Jangan terburu-buru belajar lari kalau jalan kaki saja masih tertatih-tatih.

  34. Keren nih artikelnya, tadinya saya bingung mau masuk TI atau Sistem Informasi. Sekarang saya jadi smakin mantap utk milih TI pas kuliah nanti 🙂

    1. Terima kasih. Semoga lancar dan sukses kuliah di jurusan yang kamu inginkan. 🙂

  35. bang saya mau tanya, saya SMK (TKJ) kelas 12 saya ingin masuk jurusan IT saya minat banget sama jurusan IT semisal nya saya lulus masuk IT, jika sudah sarjana saya bingung anak IT itu kerja nya jadi apa sih dan dimana kerja nya, bang saya mau tanya apa aja sih kerjaan jika sudah menjadi sarjana IT.
    dijawab ya bang.

    1. Kerjanya lulusan IT? kerjanya lulusan IT itu bisa di BUMN, bisa di perusahaan multinasional, bisa jadi PNS, bisa freelance (membuat aplikasi android, membuat web, dlsb). Intinya ada banyak sekali peluang untuk lulusan teknik informatika. Apalagi kalau lulusan kampus ternama (dengan akreditasi A) dan benar-benar punya skill.

  36. saya masih smp kelas 2. saya setiap hari(suka) main game dan saya ingin menjadi game-developer. jurusan yang cocok buat sma/k apa? dan kuliah jurusan apa?

  37. Bang aku mau tanya nih kalo semasa SMA nya dapet jurusan ips bisa masuk teknik informatika tidak?

  38. Jadi gini om. saya sekarang kelas XI MIPA Semester 2 dengan kurikulum 2013. saya ada passion di jurusan teknik informatika. Dan saya SANGAT bingung dalam beberapa hal ini (mungkin masih ada hal lain tapi karena kelupaan jadi nggak ikut ketulis).

    1. setelah lulus saya pengen jadi manajemen it di salah satu perusahaan ( blom kepikiran perusahaan apa ). tapi di sisi lain manajemen it biasanya yang ngisi anak sistem informasi. jadi pertanyaan nya, lulusan teknik informatika bisa gk masuk manajemen it di perusahaan gitu.

    2. berapa nilai matematika dan bahasa inggris minimal buat di terima melalui jalur SNMPTN di ITS.

    3. saya masih bingung di pemilihan jurusan di indonesia. dari salah satu web mengatakan “kalau semua jurusan nya sama, maka siswa berhak memilih PTN pilihannya sendiri ( tidak harus PTN di daerah asal siswa )”. nah muncul pertanyaan, jurusan sistem informasi sama teknik informatika itu kan gak beda jauh. jadi bisa di kategorikan satu jurusan gk.

    4. Kan maksimal siswa dapat memilih 3 jurusan. yang saya denger kalo gagal tiga tiga nya di SNMPTN bisa ngulang daftar lewat jalur SBMPTN di tahun yang sama. bener gk sih.

    5. pilihan jurusan pas daftar lewat SBMPTN apa mesti sama dengan yang SNMPTN

    btw kalo dari post agan di bawah, ane masuk ke golongan 4 yg lagi otw transform ke golongan 2 http://www.kamuitubeda.com/2015/06/04/4-macam-calon-mahasiswa/

  39. Gan saya lulusaan smk jurusan otomotidf dan saya gk ngerti komputer sama sekali. Apakah bisa saya masuk T.Informatika ???

  40. Mau nanya nih bang…ane pejuang snmptn&sbmptn 2016. intinya gua suka sama hal2 tentang pemograman, dan udah jelas tujuan gua kuliah di jurusan Teknik Informasi. Cuma binggung sama Kuliahnya dimana. kalo kata hati kepingin di ITS gan, tapi takut kalah saingan (soalnya rata2 rapot snmptn nilainya >85 & passing grade >50%) dan peminatnya ribuan sedangkan cuma ada 100 kursi. kata orangtua pilih Unbraw aja, emg sih ga sesusah its tapi akreditasi masih B. saya binggung nih skrg, mendingan pilih snmptnya ITS atau Unbraw. saya ada di sekolah fav jakarta tapi peringkat 100an doang. mendingan saya pilih mana ya? kejar terus ITS tp resiko ga keterima, atau Unbraw tp akreditasi B? mkasih bang

  41. Kak,cita cita saya jadi hacker saya juga suka pelajaran ipa dan mtk.kira kira bagusnya saya ambil jurusan apa ya kak?

  42. ka…
    saya suka olahraga sama teknik komputer !!
    menurut kk saya cocok nya jadi bagian olahraga atau teknik komputer soalnya dua”nya saya tau ka,dan pengen diperdalam lg

  43. aku suka laptop sama smartphone, tapi nggak tau tentang pemograman dll, nggak suka matematika, jurusan ips, cita cita pengusaha, karakter introvert, cocoknya jadi apa ya aku?

  44. Kak saya kelas 11 jurusan IPA, tahun depan saya pengen ambil IT, tapi ngerasa pesimis gitu, saya baru mengenal sedikit tentang pemrograman dan ikut olimpiade komputer tingkat SMA cuma menang di kabupaten, belum sampai provinsi ataupun nasional, btw saya suka logika matematika, tp ngga begitu ngerti utak-atik komputer. Kira-kira bisa ngga ya? Mohon rekomendasi PTNnya kak, makasih.

  45. Kak, tahun depan saya pengen ambil IT, tapi ngerasa pesimis gitu, saya baru mengenal sedikit tentang pemrograman dan ikut olimpiade komputer tingkat SMA cuma menang di kabupaten, belum sampai provinsi ataupun nasional, btw saya suka logika matematika, tp ngga begitu ngerti utak-atik komputer. Kira-kira bisa ngga ya? Mohon rekomendasi PTNnya kak, makasih.

  46. Kak saya taun ini bru kelulusan. Saya dari mipa, saya suka menghitung(mtk), suka komputer soalnya saya gamer, kalo bhsa pemrograman saya krg bisa soalnya jrg bgt ngotak atik kyk gitu. Saya malah suka bkin desain pake corel lah itulah dll. Saya kepengen teknik informatika ITS. Apa bisa ya? Kira” saya lbih cocok msuk apa kak?

    1. Hai, Nurin. Kalau kamu memang suka desain, nggak usah memaksakan untuk masuk teknik informatika. Karena di teknik informatika tidak ada materi soal desain sama sekali.

      Kalau memang suka desain, mending masuk jurusan desain./DKV (Desain Komunikasi Visual).

  47. kak, saya udh lulus tahun 2015 kemarin. jurusan kuliah smk saya multimedia di multimedia itu saya tidak bisa bongkar atau merakit pc saya tidak terlalu jago gambar dan mengambil foto saya lebih suka mengedit video dan nonton film, sebenarnya jurusan apa yg cocok untuk saya? ingin masuk perfilman tapi kuliah dgn jurusan tsb rata rata mahal dan kenapa ibu saya tidak mengizinkan, dia bilang kalo kamu pilih jurusan itu kamu bakal susah kerja, trs saya disuruh masuk perawat atau bidan tapi saya tidak menyukai bidang itu, saya harus gimana kak? maaf curhat:(

    1. Hai, Salma. Kalau kamu memang suka edit video, jurusan multimedia itu sudah pas. Kalau perfilman memang mahal soalnya memang butuh kamera yang memadai untuk bisa bikin video yang lumayan bagus.

      Kalau kamu memang tidak sepakat dengan keinginan orang tua kamu, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia multimedia. Jadi, waktu cerita ke Ibu kamu, kamu setidaknya sudah punya amunisi yang cukup untuk meyakinkan Ibu kamu bahwa pilihan kamu untuk masuk ke multimedia atau perfilman itu membuat kamu bahagia.

      Pada dasarnya, keinginan semua orang tua itu sama: melihat anaknya bahagia. Dan seringkali orang tua itu mengukur kebahagiaan dengan banyaknya materi yang dimiliki oleh anaknya. Makanya banyak orang tua yang ingin anaknya memilih jurusan yang “aman” seperti kedokteran dan pendidikan kedinasan. Tapi kalau kamu cerita kepada Ibu kamu tentang cita-cita kamu dengan penuh antusiasme dan semangat, Ibu kamu pasti akan menyetujui pilihan kamu. Yang penting, begitu kamu sudah masuk di jurusan yang kamu inginkan, kamu harus benar-benar fokus dan belajar dengan serius agar kamu hasilnya maksimal. Dan akhirnya orang tua kamu tidak akan mempermasalahkan pilihan kamu untuk kuliah di jurusan multimedia atau perfilman.

  48. Saya sudah kelas 12 dan saya pengen banget kuliah jurusan TI, dulu juga hobi banget mengutak-atik desain blog, tapi saya tdk terlalu bisa di matematika. Cocok gak kuliah jurusan TI? Makasih atas perhatiannya.

    1. Kalau cuma mengutak-atik desain blog sebenarnya masih belum cukup meyakinkan. Coba kamu cari informasi tentang pemrograman dulu. Baca-baca, cari tutorial, praktekkan. Kalau kamu bisa menikmatinya, besar kemungkinan kamu akan cocok kuliah di teknik informatika.

  49. kalau sma nya jurusan ips bisa gak masuk sistem informatika ?

    1. Bisa aja, tapi susah. Yakin beneran minat sama dunia IT? Mending pikir-pikir lagi daripada nyesel nanti.

  50. Saya ini jurusan RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) nah jika saya bisa melanjutkan kuliah saya harus mengambil Teknik Informatika / Sistem Informasi?

    1. Sama saja. Satu bidang. Cuma beda keahlian. Tergantung kamu ingin mempelajari apa.

  51. Bang aku pengen banget masuk TI , tapi aku dari jurusan IPS , Kira kira bisa ga ya?
    Tapi dari Kecocokan yang abang posting ini ” Kemungkinan Besar ” dari no 2 sampai 8 sudah pernah saya alami.
    Soalnya dari kelas 1 SMP saya sudah belajar otodidak mengenai pemrograman, dan sudah ngutak ngatik blog .
    Tolong dong bang kasih pencerahan agar bisa masuk ke TI , Mohon dibalas bang . Makasih 🙂

    1. Kalau memang ngerasa cocok ya pilihannya masuk PTS. Soalnya kalau memaksakan masuk PTN bakalan susah. Teknik informatika termasuk dalam jurusan Saintek soalnya. Jadi materi ujiannya ya MIPA. Tapi kalau kamu memang sudah ngerasa mantap buat masuk teknik informatika di PTN ya silakan dicoba.

  52. Bro.. Saya anak IPS mau masuk kuliah jurusan TI kira” bisa gak ya gan? Tapi yg PTN bisa gk broo?
    Kalau matematika nggak terlalu jago banget sih, tapi suka itung”an sama logikanya juga. Jujur bro, saya belajar matematika itu dari smp sampai sma sekitar 60% otodidak dan sisanya tanya” sama yg jago mat 😀
    Mohon sarannya ya bro. Terima kasih

    1. Kalau memaksakan buat masuk PTN kayaknya susah. Soalnya saingannya sama anak IPA dan SMK. Setahuku, belum pernah ada anak IPS yang sukses masuk teknik informatika di PTN (tolong dikoreksi jika salah). Mending pikir-pikir lagi kalau mau masuk teknik informatika di PTN. Kalau memang memaksakan ingin masuk teknik informatika, bisa coba masuk PTS.

  53. Gan..
    Saya anak IPS mau masuk kuliah jurusan TI kira” bisa gak ya gan?
    Kalau matematika nggak terlalu jago banget sih, tapi suka itung”an sama logikanya juga. Jujur gan, saya belajar matematika itu dari smp sampai sma sekitar 60% otodidak dan sisanya tanya” sama yg jago mat 😀

    Mohon sarannya ya gan. Terima kasih

  54. Kak aku pengen bgt jdi programer. Aku dari jurusan IPA, tp gak terlalu suka ngitung2 tp aku punya rasa penasaran yg besar trhdp komputer, program, aplikasi dll . Apa aku cocok kuliah IT ? Mohon balasannya kak

    1. Kalau memang pengen jadi programmer, mestinya kamu sudah pernah coba bikin program. Kalau cuma ingin, semua orang juga ingin. Masalahnya, ada yang benar-benar berkeinginan kuat, ada yang cuma sebatas ingin. Dan seringkali yang sukses adalah yg keinginannya benar-benar kuat. Jadi, kalau memang kamu ingin jadi programmer, coba bikin program mulai sekarang. Kalau kamu merasa nyaman ketika membuat program, besar kemungkinan kamu akan cocok kuliah di teknik informatika.

  55. Aku SMA jurusan IPS dan gak terlalu minat dengan itung-itungan. Dan sekarang kuliah ambil jurusan TI tanpa modal apaapa min, gak ngerti sama sekali. Kirakira cocok gak yak? Takut salah ambil jurusan min

    1. Kayaknya nggak cocok. Mending pikir-pikir lagi. Jangan menyusahkan diri dengan kuliah di jurusan yang tidak benar-benar kita sukai.

  56. min saya kepingin kuliah it tapi saya belum tau pemrograman..
    dan saya lulusan smk otomotiff..apakah bisa.??

    1. Bisa saja. Yang penting punya niat yang kuat dan mau sungguh-sungguh berusaha.

  57. Mau tanya min,
    Cita-cita saya jadi seorang hacker min, tapi saya cuma bisa memahami bahasa programan sekitar 20% apa bisa saya menjadi seorang hacker? 😦 bagusnya kuliah dimana min kalo mau jadi hacker? 😦

    1. Kalau mau jadi hacker, nggak usah kuliah. Hacker terbaik (Jim Geovedi) di Indonesia sekarang bukan anak kuliahan lho. FYI aja sih.

  58. Cara belajar pemrograman/web secara otodidak gmn ya caranya? Please…
    Saya dulu SMK jurusan multimedia.
    Tapi masuk jurusan busana.
    Saya baru merasa salah jurusan ketika semester 3.
    Dan ortu tidak mengizinkan saya untuk pindah.
    Sampai sekarang, saya sudah semester 9, tp saya baru menyelesaikan 70-an SKS. Sesak banget rasanya…

    1. Mending fokus selesaikan studi dulu aja. Kalau sudah selesai kuliahnya bakal lebih enak buat mempelajari apapun yg kita suka. Kalau mau belajar pemrogaman, banyak sekali sumbernya. Ada banyak video di youtube. Ada banyak tutorial di internet. Yang penting benar-benar ada niat buat mempelajarinya.

  59. Abu Bakar Sidiq Avatar

    Kak saya cita cita nya , ingin menjadi pembuat aplikasi android / game android / aplikasi ios ,
    Saya kalo kuliah ngambil jurusan apa ?

    Mohon balasannya !

  60. Abu Bakar Sidiq Avatar

    Kak saya cita cita nya , ingin menjadi pembuat aplikasi android / game android / aplikasi ios ,
    Saya kalo kuliah ngambil jurusan apa ?

    1. Teknik informatika atau sistem informasi bisa.

  61. Mas mau nanya jurusan saya TKJ tapi di dalam TKJ saya lebh suka buat ngotak atik jaringan dan suka baca” tentang buat Aplikasi HTML kalau buat kuliah yg bagus ambil jurusan apa ? dan saya tinggal di bekasi kampus yg bagus di mana ya ?

    1. Kalau Bekasi sih jelas Ilkom UI atau Gunadarma sama Binus. Kalau suka jaringan bisa masuk informatika atau sistem informasi. Yang penting jaga terus semangatnya buat utak atik sama belajar secara otodidak. Kuliah di jurusan teknik harus sering coba-coba soalnya.

  62. apa ada jurusan tentang komputer yg ga ada materi mtk/materi mtk nya sedikit?mohon dibales

    1. Sistem informasi boleh tuh

  63. Saya lulusan SMK, dan skrg masuk univ jurusan IT. Pernah tidak, mas admin menangani sebuah projet menggunakan mtk?

  64. saya lemah banget di matematika , tapi saya masuk di TI karna tertarik sama Pemrogaman , atau cara membuat suatu aplikasi atau blog , animator , dll , gmna menurut agan , sebenarnya saya ga suka sama hitung hitungan , mohon pendapatnya agan” sekalian !!!

  65. Mas Kalo Cita” Saya Merakit Dan Mendesign Robot Besar , Itu Harus Masuk Jurusan Apa.??

    1. Jurusan elektro, instrumentasi, atau jurusan robotika. Yang jelas, dasar keilmuan robotika adalah elektronika. Meskipun di dalamnya nanti juga ada pemrograman.

  66. kak, mau nanya nih. Aku skrng masih kelas 10 SMA n ngambilnya jurusan IPS.
    Aku sejak Smp udah suka koding HTML , JSC,dan CSS . Sekarang aku msih belajar tentang bahasa C& C++ Java . Aku juga suka Matematika. Tapi masalahnya kelak aku bisa gak kuliah ngambil jurusan TI ???

    1. Bisa aja, tapi kalau memaksakan buat masuk kampus negeri, kayaknya susah. Soalnya bakal saingan sama anak IPA dan anak SMK.

      Jadi, kalau memang minat kuliah di teknik informatika, pilihan paling realistis adalah masuk kampus swasta.

      1. Ralat min, kalau anak SMK masih kalah sama anak IPS… lulusan SMA lebih di utamakan masuk Univ. Negri 😦

        sumber : pengalaman

  67. rilakuma dilut Avatar

    gimana kalo sma nya jurusan ips .. saya jurusan ips dan saya pernah mengikuti olimpiade komputer , namun saya berasal dari jurusan ips dan skrng saya ingin mengambil jurusan teknik informatika apakah bisa ?

    1. Bisa, tapi susah kalau memaksakan diri ingin masuk kampus negeri. Soalnya bakal saingan sama anak IPA dan anak SMK. Jadi, opsi yang paling mungkin kalau memang ingin kuliah di teknik informatika adalah masuk kampus swasta.

      1. Berarti Kalo kampus swasta sprti STTPLN/STTTELKOM berpeluang ya ?

      2. Ya nggak tentu juga. Soalnya kebijakan kampus kan beda-beda. Yang jelas kalau memaksakan masuk kampus negeri nggak saya rekomendasikan.

  68. ga pernah ikut olimpiade komputer belum kenal pemrograman dan gapernah otak atik blog tapi kepingin banget masuk TI kira kira bisa ga? :’v

    1. Bisa, yang menting mau serius berusaha.

  69. kaaa, saya mau nanya nih kaa…
    PTN mana yang cocok atau bagus untuk masuk TI di pulau Jawa?
    tolong dibales ya kak..terimakasih:)

    1. Kalau di Jawa sih banyak sekali pilihannya meskipun tidak semuanya bernama Teknik Informatika. Ada juga yang namanya Ilmu Komputer dan semacamnya.

      Beberapa yang paling umum sih ITB, UI, UGM, ITS, UB, IPB, UNDIP.

  70. Ane masih SMA kelas 2, tapi ane pengen nyiapin dari sekarang jurusannya. Sebelumnya, ane pernah iku Olimp. Komputer. Walaupun, cuma sampe tingkat Provinsinya. Nah, kalo soalnya itu (tingkat Provinsi) kan masi sebatas logika aja, kalo OSNnya baru praktek programming. Ane kurang demen sama kegiatan nulis script gitu. Kira2 solusinya gimana? Oiya…ane selain suka matematika(logic) juga ekonomi. Apa sih perbandingan antara jurusan Sistem Informasi sama Informatika? Dan gimana kedua jurusan itu kalo lagi bekerja sama di dunia kerja? (mis:kerjanya sekantor).
    NB: ane udah baca artikel agan yg ini http://www.kamuitubeda.com/2011/05/10/teknik-informatika-vs-sistem-informasi/

  71. Di lihat dari komentar2nya kebanyakan pada gak bisa/puyeng/muntah ama Matematka. Ane masih SMA kelas 2, tapi ane pengen nyiapin dari sekarang jurusannya. Sebelumnya, ane pernah iku Olimp. Komputer. Walaupun, cuma sampe tingkat Provinsinya. Nah, kalo soalnya itu (tingkat Provinsi) kan masi sebatas logika aja, kalo OSNnya baru praktek programming. Ane kurang demen sama kegiatan nulis script gitu. Kira2 solusinya gimana? Oiya…ane selain suka matematika(logic) juga ekonomi. Apa sih perbandingan antara jurusan Sistem Informasi sama Informatika? Dan gimana kedua jurusan itu kalo lagi bekerja sama di dunia kerja? (mis:kerjanya sekantor)

    1. Yg ini apus aja gan komennya, gak enak ane. Yg lebih baru aja.Cuma beda kalimat awal doank.

    2. Kalau memang nggak seberapa suka programming sih nggak masalah juga sebenarnya. Soalnya teknik informatika itu nggak melulu soal coding.

      Tapi kalau bisa, sebaiknya mulai membiasakan diri dengan coding. Karena meskipun tidak melulu soal pemrograman, sebagian besar materi di teknik informatika itu tentang pemrograman.

      Sistem informasi itu lebih fokus pada bagaimana tata kelola IT, bagaimana caranya memanfaatkan sistem informasi untuk membantu pelaksanaan manajemen dan proses bisnis perusahaan.

      Kalau di dunia kerja sih, anak SI biasanya yang banyak berurusan dengan klien, sedangkan anak teknik informatika kebanyakan berurusan dengan hal teknis. Tapi biasanya nggak melulu begitu. Soalnya dunia kerja dan dunia perkuliahan itu nggak selalu sejalan.

      Dunia kerja cenderung lebih dinamis. Jadi, apapun jurusannya, pada akhirnya akan diberikan pelatihan lagi ketika sudah masuk dunia kerja.

  72. kak saya mau nanya, ane seorang yang mengikuti pendidikan non formal (paket c), menurut kk apakah ane akan mengalami kesulitan dalam mengukuti jurusan ini ? lalu, apakah pelajaran kalkulus dan algoritma itu sangat berguna banget dalam hal coding ? krn kata temen saya yg anak TI dia blg hanya terpakai logika nya saja ? bisa tolong jelaskan apa dari arti “HANYA TERPAKAI LOGIKA NYA SAJA”, apa benar kalkulus hanya 3 semester saja ??

    1. Kalau sudah kuliah, nggak akan ada lagi dikotomi lulusan SMA, MA, SMK, kejar paket, atau yang lainnya. Karena ketika sudah kuliah semuanya bakal memperoleh materi yang sama. Yang membedakan mungkin tingkat pemahamannya saja.

      Ada orang yang memang sangat mudah paham dengan hal-hal yang berkaitan dengan logika, ada orang yang butuh waktu lebih untuk memahaminya. Jadi, nggak ada urusan dengan apakah kita lulusan SMA, SMK, atau apapun itu.

      Kalau di kampusku (http://its.ac.id/), teknik informatika malah cuma belajar kalkulus sampai semester 2 aja. Setelahnya nggak ada kalkulus lagi.

      Kalaupun ada materi matematika, biasanya materinya bertujuan untuk mengasah kemampuan berlogika seperti aljabar, matematika diskrit, dan semacamnya.

      Gitu sih. Semoga bisa memberikan gambaran.

  73. saya suka banget tentang pemrograman. pengen bisa coding, html. Setiap kali belajar otodidak dari internet saya sering mengalami masalah, dan gagal berulang kali. tapi saya tidak menyerah saya terus belajar, dan belajar. dimulai dari design blogspot (berhasil), mencoba buat web dan database (gagal). saya mendaftar SMA niatnya lanjut Teknik Informatika. Apakah saya bisa mengikuti materi yang diajarkan?
    Kalo di SMK paling tidak sudah mempunyai pengalaman sedikit lah. Karena saya orang SMA bukan SMK, takut kalo tidak bisa mengikuti ajaran..

    1. Kalau melihat keterangan kamu, sebenarnya kamu sudah ada minat dan semangat. Jadi, sudah bagus banget tuh. Soalnya nggak banyak anak SMA yang tahu minatnya dan punya semangat untuk menekuninya.

      Kalau masalah bisa mengikuti materi atau nggak itu tergantung kita juga. Kalau kamu lumayan bisa matematika dan kemampuan logika kamu lumayan, besar kemungkinan kamu bisa mengikuti materi perkuliahan yang diajarkan di teknik informatika.

  74. Kak mau nanya kalo smk jurusan animasi itu belajar apa aja?

    1. Assalammualaikum wr.wb , Pagi
      Mas Sblum Nya Saya Mau Nanya Tentang TI ( Karna Males Nyelem Komentar )
      Apakah Jurusan TI Mempelajari Sowfware Saja / Hardware & Software ?

      Dengar” Jurusan TI Di Universitas Swasta Ujian Nya Membuat Robotik, Contoh Ujian Jurusan TI Itu Kaya Gimana ya ?

      Saya Lulusan SMK Jurusan TKJ
      Masalah Koding, HTML, Membuat Web Design, Database Saya Sudah Di Cekokin Guru Selama Di SMK

    1. mau pukulin siapa bang

  75. Anugerah Wijaya Avatar
    Anugerah Wijaya

    Kak menurut saya TI itu tidak semua pelajarannya tentang Matematika jadi masih banyak pelajaran atau sks yg bisa menunjang nilai ipk untuk mendapatkan hasil ipk yg tinggi,apakah itu benar?
    Namanya juga TI bukan Mipa,fk nya aja teknologi bukan fkip…

    1. Emang nggak semuanya tentang matematika. Tapi yang jelas materi tentang matematika sangat dominan. Selain tentang pemrograman.

      Matematikanya jangan dibayangkan yang seperti di jurusan Matematika MIPA. Matematika yang dipakai di teknik informatika itu matematika terapan. Jadi nggak sampai kalkulus III dst.

  76. rahma rahandini Avatar
    rahma rahandini

    sebenarnya aku lebih suka bahasa indonesia , tapi klo buat TI itu memungkinka ga ?

    1. Mungkin aja. Tapi sebaiknya tingkatkan juga kemampuan bahasa Inggris. Soalnya materi belajarnya di perkuliahan kebanyakan dari buku luar negeri dan dari internet.

  77. Kak,saya mau ambil jurusan it tapi untuk masalah matematika saya kalah telak,namun saya tertarik banget untuk mempelajari teknologi,,saya juga pernah ngikut internet marketing/jasa perikanan,saya jurusan TKJ,nah itu gimana?

    1. Kalau internet marketing sih nggak ada kaitannya dengan IT. Itu lebih banyak kaitannya dengan jurusan marketing.

      Kalau cuma modal tertarik sih ada jutaan anak lain yang tertarik masuk IT. Masalahnya apa kamu benar-benar yakin kalau passion kamu di situ? sudah pernah ngoding (bikin program) sebelumnya? kalau belum, mending coba cari info soal pemrograman. Minimal cari tutorial pemrograman terstruktur, praktekkan. Kalau memang kamu merasa suka, mungkin kamu cocok kuliah di jurusan IT. Tapi kalau tidak, sebaiknya pikir-pikir lagi. Karena kuliah itu beda dengan SMA.

  78. gan, sy ga begitu masalah sama matematika. tapi sy masih buta di pemrograman / sejenisnya…kalo sy mask TI menurut agan gmn ?

    1. Bisa aja. Yang penting niat dan benar-benar mau berusaha.

  79. mas, sayakan suka bngt komputer, sehari2 isinya sm komputer terus, utak utik blogger, edit html, script, bikin software cheat, nah sedangkan saya ga suka matematika gimana mas? apa masih bisa di IT? masalahnya ga suka matematika mas, tlng dijawab, mkasih

  80. Mas, saya suka bnget tentang komputer, dari dulu saya pengin jadi yg namanya hacker, saya suka utak atik script2, blogger, buat aplikasi . nah sedangkan saya sangaaat ga suka matematika . jadi gmana mas? apa masih bisa masuk IT? sedangkan saya ga suka matematika. bls ya mas, makasih sblmnya.

    1. Kalau memang nggak suka matematika ya gimana caranya agar mulai sekarang kamu bisa suka.

      Soalnya di IT materinya kalau nggak pemrograman (logika) ya matematika. Nggak pernah jauh-jauh dari 2 itu.

  81. muhammad hermawan Avatar
    muhammad hermawan

    kak numpang tanya saya juga ada minat di teknik informatika tapi masih ada satu kendala yaitu mtk saya yang bisa dibilang pas-pasan tapi saya sangat tertarik dibidang teknologi,apakah kekurangan saya di mapel matematika bisa menjadi kendala saat perkuliahan ?

    1. bisa jadi. soalnya di teknik informatika materi matematikanya lumayan banyak.

  82. kalo saya kak ingin jadi hacker dan menyerang situs negara lain supaya hacker indonesia di akui oleh dunia

    1. Nggak usah kuliah juga bisa kalau ‘cuma’ mau jadi hacker.

  83. Kak dr smua point diatas smua nya cocok sama gue kak,emg sih ga pernah ikut olim tp kak nilai komputer gue slalu bagus trus dapat sertifikat dr binus kak,gue pernah buat cheat buat virus web gue juga ada kak gue udh ga asing lg mysql n php, coding juga gapala bingung lg kak bahasa programan jg udh lumayan tau kak,udh punya bnyk pengalaman gitulah kak smpe carding juga udh wkwk, gue mw nanyak gini kak tekad gue sih udh ada kak cuma mau nanya kalok tamat dr situ kita kerja sendiri atau diperusahaan org kak?plihan pertama gue kedokteran kak ,kedua baru it kak tp yg brawijaya its jauh x kak dr rumah hehe.minta solusi kak

    1. pencius km kelas brph ya sekarang?
      blog km lumayan jg ya

    2. Kalau masalah kerja sebenarnya tergantung kitanya sih. Mau kerja sendiri atau ikut orang masing-masing ada kurang dan lebihnya.

      Tapi yang jelas, jurusan informatika itu menawarkan peluang sangat besar untuk bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain.

  84. terima kasi gan informasinya..
    sangat bermamfaat gan..

    1. Terima kasih juga sudah mau mampir, Kak. 😀

  85. kalo aku sih kemaren ikut olimpiade tingkat provinsi jur.komputer, tapi nilai UN mtk sangat rendah, kurang dari 5,5, apa masih cocok masuk tek.informatika?

    1. Nilai UN itu nggak ada kaitannya dengan kecocokan sebenarnya. Soalnya aku sendiri lebih percaya pada nilai rapor. Soalnya nilai rapor itu mengukur konsistensi. Dan konsistensi itu tidak bisa dinilai secara instan. Harus ada proses.

      Jadi, kalau nilai matematika kamu di rapor rata-rata 8 lebih, mungkin kamu akan cocok kuliah di teknik informatika. Karena basic keilmuan teknik informatika sebenarnya adalah matematika.

      1. jadi dasarnya harus bisa atau mengerti matematik dulu

  86. Kaaa, bedanya teknik elektro sama teknik informatika apa? Sistem belajarnya sama ajakah?
    Trimakasih:)

    1. Hai, Dinda.

      Bedanya teknik elektro sama teknik informatika itu lumayan banyak.

      Informatika itu basicnya matematika, kalau elektro itu basicnya fisika (khususnya elektronika). Jadi, yang dipelajari di elektro itu nggak jauh-jauh dari listrik. Mulai dari elektronika, arus kuat, jaringan telekomunikasi, dan semacamnya.

      Sedangkan yang dipelajari di teknik informatika lebih menitikberatkan pada pemahaman bagaimana seharusnya membuat menyelesaikan masalah (dalam hal ini studi kasusnya adalah dengan cara membuat aplikasi) dengan baik dan benar.

  87. Firhan Wibianto Avatar
    Firhan Wibianto

    kak saya mau nanya, saya dari SMP kelas 2 sudah kenal dengan HTML tapi hanya sebatas ngotak ngatik template yang tersedia, tapi sudah masuk SMA saya sudah bisa membuat design web sendiri, menurut kakak, apakah saya cocok masuk Teknik Informatika ?

    1. Tergantung kamu. Kalau kamu ingin fokus ngurusin tampilan, mending masuk jurusan desain.

      Tapi kalau kamu ingin membuat sisi logicnya (yang di belakang layar), mending masuk teknik informatika atau ilmu komputer.

  88. Widih banyak banget ya yang minat masuk informatika, wkwk
    Sekedar sharing nih ya, kuliah di jurusan ini nggak segampang yang kalian pikirin loh *ciyus dah *ane korban *curcol.
    Disini kalian bener2 harus tahan banting *eeak* sama materinya yg klo aku bilang abstrak banget. Dan lagi bagi yng gak suka matematika, disini kalian bakalan ketemu lagi sama nih pelajaran. Sampe muntah2 bahkan, wkwk

    Bukannya nakut2in nih ye, cuman sharing aja. Di awal2 kuliah, berat banget nget loh, apalagi yang dasarannya nol *kayak ane gan*. Jadi saran nih ye, buat yang pengen masuk di jurusan ini motivasinya dikuatin lagi deh. Mulai buka2 materi yg berhubungan dgn informatika. Yang paling penting mulai bljar ngoding, iya ngoding. Biar ntar pas udah masuk nggak kaget2 amat *kayak ane*. Wkwk

    Sekian deh dri ane, maap kalo panjang dan isinye curcolan doang. Buat yg pengen kesini, Semangat kakak! ^^/

    1. Tuh dengerin, Sob. Pengalaman yang sudah masuk informatika.

      Btw, makasih banyak, ya, sudah mau sharing pengalamannya di sini. 🙂

  89. salam kenal kak
    aku anak SMA /IPA di sekolah ku ada mapel prakarya, dan smpe skrang aku udh prnh bikin website, database, gunain app photoshop, jg corel.
    waktu buatnya sih ngrasa seneng gitu bisa ngedisain tampiln web.
    skrang jg kalo ada tugas prakarya bikin gituan semangat bgt ngrjainnya.

    yg aku tanyain bisa nggk dg penglman ku yg dikit banget soal komputerisasi, buat ngmbil prodi TI ini kak.. makasih

    1. Hai, Safitri.

      Bisa aja. Rata-rata mahasiswa informatika nggak banyak yang punya kemampuan dasar pemrograman kok. Tenang aja. Yang penting ada niat, semangat, dan mau berusaha.

  90. hallo kak , saya mau tanya … saya kan smk nya jurusan adm perkantoran kalo masuk jurusan IT cocok ga ???

    1. Nggak. Mending ambil kuliah jurusan administrasi, manajemen, atau yang bisa meningkatkan kemampuanmu di bidang administrasi sesuai dengan apa yang kamu pelajari di SMK.

      Tapi dengan catatan, kamu memang merasa nyaman dan punya minat yang besar di dunia administrasi.

      Kalau nggak, sebaiknya pikir-pikir lagi.

  91. Haii kak saya mau nanya, saya anak smk dan saya hanya suka di pelajaran mtk, sebaiknya kuliah nya saya ngambil jurusan apa ya? Mksh

    1. Hai, Rahma.

      Kalau suka matematika, bisa ambil FMIPA atau FT. Masalah jurusannya apa, itu tergantung minat dan cita-cita kamu. Kamu sukanya apa? ingin belajar apa? ingin bikin apa? ingin jadi apa?

  92. permisi jadi gini
    apabila anak ips masuk di pts mapel apa yang harus dipeljari (mapel ips kah atau sama mapel ipa)?
    mohon di balas ya guys

    1. Mau di PTS atau di PTN, kalau memang kuliah di jurusan sosial sih mata kuliahnya kebanyakan tentang sosial.

      Kalaupun ada mata kuliah yang terkait IPA, biasanya cuma sedikit sekali porsinya.

  93. permisi jadi gini
    apabila anak ips masuk di pts mapel apa yang harus dipeljari (mapel ips kah atau sama ips)?
    mohon di balas ya guys

    1. Hai, Ifan.

      Mohon maaf, aku belum bisa menjawab pertanyaan kamu karena aku kurang paham apa yang kamu maksud.

      Mungkin bisa diperjelas lagi kalimatnya.

  94. mau tanya yang dipelajari di teknik informatika itu apa aja?saya berasal dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.saya ingin menambah wawasan saya

    1. Hai, Desti.

      Yang dipelajari di Teknik Informatika itu secara umum seperti ini: http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

      Semua kampus mungkin punya kurikulum sendiri. Tapi secara umum, materi yang diajarkan hampir sama.

  95. misi gan…
    saya bingung pilih jurusan antara teknik informatika sma sistem infirmasi.
    minta pendapatnya.
    mksih

    1. Bro, kalau minta pendapat ya kamu jelasin juga kondisi kamu. Minat dan bakat kamu, atau cita-cita kamu misalnya.

      Kalau kamu minta pendapat tanpa ngasih keterangan apa-apa, aku juga nggak bisa ngasih saran. 😀

  96. Salam kak, aku sklh di smk jurusan multimedia..bakat lebih menonjol di desain grafis.. mau lanjut kuliah.. tapi di Jember gak ada jurusan desain grafis.. kemarin daftar PMDK-PN di politeknik Jember.. jurusan Teknik Informatika.. tapi masi belum tau kayak gimana teknik informatika itu.. kira” bisa sejalan gak ya bakat ku sm jurusan kuliah ku ??
    trims..

    1. Hai, salam kenal.

      Kalau memang bakatnya di desain sih mestinya ngambil jurusan desain. Biar lebih terasah lagi bakatnya.

      Tapi kalau memang sudah mendaftar di jurusan teknik informatika dan sudah keterima, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi. Karena materi desain grafis sangat minim sekali di teknik informatika. Kebanyakan tentang logika (pemrograman) dan matematika.

  97. Kak. Mau tanya saya jujur aja nih. Saya lulusan Nonformal. Tapi saya ingin nerusin ke perguruan tinggi. Dan otomatis saya tidak berpendidikan seperti formal. Tapi saya megang administrasi di skolah Nonformal tersebut. Saya tadinya pengen ngambil TI. Tapi stelah di lihat2 TI itu kyak yang susah kalau di pelajara orang yg Nol pemahaman sperti saya. Pertnyaan nya apakah sesusah itu atau mmang orang dari nol pun bisa memahami materi nya.?

    1. Selama ada niat dan kemauan, nggak ada yang terlalu susah untuk dipelajari.

  98. Mici gan saran dan solusinya agan,, saya udh masuk jurusan teknik informatika. Sedangkan matematika saya minus trs saya ga tau apa” tentang progremer,, saya sukanya disgner- outocad- corel. saya lulusan smk,, mengambar mesin .. menurut agan gimana?..
    Apa d lanjut aja d jalanin aja jgn d bikin puyeng,, apa pindah jurusan

    1. Mending pindah jurusan. Ambil jurusan desain (DKV).

  99. kak aku pengen nanya nii…
    saya bingung mau pilih yg mana utk jurusan yg pas buat aku…
    tapi saya suka utak atik pc/lappy, matematika lemah… tapi saya suka belajar dengan hal2 yg berbau technology.. desain grafis dan animasi saya dlm lomba multimedia sering juara…
    jadi jurusan mana yaa yg pas buat aku.. pengenya sii mau dftar di ITN atau ITS..

    1. Kalau memang suka desain dan animasi, mending ambil jurusan desaian atau jurusan multimedia.

      Kalau jurusan teknik, kebanyakan materinya nggak jauh-jauh dari matematika dan fisika. Soalnya basic-nya teknik ada di 2 bidang tersebut: matematika dan fisika.

  100. saya liat tmn” komentar soal mtk nya yg kurang bisa, saya perwakilan dari tmn” yg kurang bhs inggris nih, menurut agan gimana ? 😀
    .
    terima kasih sebelumnya artikel”nya menarik sekali gan, menambah wawasan nih terutama untuk tmn” yang mau lanjut kuliah (y)

    1. Bahasa ingris saya juga minim

    2. Kalau kurang bisa bahasa Inggris sih bisa aja. Tapi menurutku, saat ini, mau apapun jurusannya, skill bahasa Inggris itu sudah menjadi skill mandatory (wajib) yang dikuasai oleh mahasiswa.

      Jadi, mau apapun jurusannya, skill bahasa Inggris itu wajib dikuasai. Minimal untuk reading. Karena di perkuliahan, banyak materi dari buku berbahasa Inggris dan materi dari internet.

  101. salam super kak,
    saya mau nanya nih kak.
    universitas(negeri/swasta) mana yang cocok untuk masuk TI, bagi anak jurusan ips?
    tolong dibales ya kak..

    1. Hai, Ifan.

      Kalau kamu jurusan IPS, mending kuliah di kampus swasta aja. Soalnya kalau maksain di kampus negeri, peluangnya sangat kecil soalnya saingan dengan anak IPA dan anak SMK.

      Kalau kampus swasta yang teknik informatikanya bagus sih setahuku ITT, Binus, dan Gunadarma.

  102. aku sekolah jurusan RPL, aku pernah buat desain web ,pas ujikom kemarin aku juga suka matematika nd logika . tapi kalo cita”ku ingin jadi animator bukan programer salah jurusn nggk ya ???

    1. Kalau ingin jadi animator, mending ambil DKV sekalian. Soalnya pembelajarannya lebih intens.

      Tapi sebenarnya teknik informatika pun bisa bikin animasi. Asalkan mau tekun belajar secara otodidak. Karena di jurusan teknik informatika, materi tentang animasi sangat minim sekali.

  103. kalau informatika dekat dengan pemrograman ya gan, terus software apa yang digunakan untuk pemograman? vb, delphi mungkin?

    1. Software yang digunakan untuk ngoding (bikin software) biasanya disebut compiler.

      Kalau vb, delphi, java, c, c++, dan semacamnya itu bahasa pemrograman.

  104. sedikit ngescroll2. saya mau nanya. kan gini, saya udah kuliah di bidang instrumentasi elektro. sebenernya saya merasa salah jurusan, entah itu jurusannya atau kuliahnya karena saya D3, jadi merasa berat dngn laporan seubrek tapi ga ngerti apa2. nah di smt 2 ada materi algoritma dan pemprograman, trus matkul pilihan saya ambil pemprograman terstruktur. nah dari situ gatau kenapa tertarik ke arah programming. ya walaupun kemaren baru masuk ke pascal sm bahasa c++. tapi ngerasa seru bngt. sebelumnya malah curi start dari matkulnya. ngoding smp lupa waktu saking penasaran gr2 programnya ga jalan. pernah baca turtorial linux. cuma baca doang tapi abis itu buku hahaha. dari situ mau nanya, kira2 dari pandangan kk ada kecocokan ga saya ke IT? takutnya cuma ketertarikan biasa. trus di IT itu yg dipelajari apa? (spesifik), trus keahlian khusus yg perlu dikuasain itu apa? lulusannya ke arah mana? dan kalo diperusahaan itu jobdesknya seperti apa? terlalu panjang ya? hehe makasih kak

    1. Kalau memang suka ngoding, bisa jadi kamu akan ngerasa suka kuliah di teknik informatika. Karena materi kuliahnya sebagian besar dibagi menjadi 2 macam: kalau bukan pemrograman, pasti matematika.

      Kalau mau secara spesifik apa saja yang dipelajari di teknik informatika, silakan baca di sini: http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

      Keahlian yang paling utama buat anak IT itu biasanya analisis. Karena membuat program itu pada dasarnya adalah menyelesaikan masalah. Dan sebelum bisa menyelesaikan masalahnya (membuat programnya), kita harus bisa mencari tahu secara tepat, apa kebutuhan klien, apa masalah yang ingin kita selesaikan.

      Kalau keahlian khusus yang paling umum sih sudah pasti pemrograman. Karena itu yang menjadi ciri khas lulusan teknik informatika. Kalau masalah kerja, tergantung tempat kerjanya juga sih. Ada yang tetap ngoding (bikin program), ada yang jadi analis, ada yang ngurusin jaringan, ada yang jadi manajer, ada yang jadi database admin, bahkan ada juga yang benar-benar tidak ada kaitannya dengan IT. Seperti jadi HRD, guru, PNS, dan semacamnya.

  105. Kak saya pengen bisa buat system operasi,pertanyaanya itu masuk teknik informatika atau sistem informasi kak? Thank

    1. Wiiih, ngeri. Kalau mau bikin OS sih kuliah di Teknik Informatika atau SI sama saja. Karena di Teknik Informatika atau di SI kamu nggak akan diajari cara bikin OS.

      Tapi kalau mempertimbangkan materi yang diajarkan, sepertinya peluangnya lebih besar di Teknik Informatika. Karena materi pemrogramannya lebih banyak.

  106. mas maaf saya mau tanya, saya lulusan smk teknik otomotif.. kira kira bisa tidak kalo saya kuliah ambil jurusan teknik informatika?? sedangkan saya belum terlalu mengerti tentang komputer apalagi tentang pemrograman.. kalo matematika alhamdulillah saya mengerti.. tapi saya niat ingin belajar tentang pemrograman.. terima kasih..

  107. Kalau Akreditasi suatu jurusan itu masih C dan bukan A apakah itu mempengaruhi kualitas pembelajaran di Universitas tersebut ?

    1. Tentu ada pengaruhnya. Karena akreditasi itu berkaitan dengan fasilitas, kualitas tenaga pengajar, dan kualitas lulusan.

  108. Saya mau nanya , hubungan yang paling jelas informatika sama matematika dimana nya ya ka ? Soalnya saya pernah sharing sama mahasiswa itb katanya yang penting logika sama kreativitasnya aja yang penting , #PlisBales
    Terima kasih ka

    1. Pemrograman itu dasarnya adalah logika. Dan logika yang dipakai di dunia komputer adalah logika matematika. Seperti halnya silogisme, invers, dan semacamnya.

      Selain itu materi perkuliahannya juga banyak menyangkut matematika. Sebut saja kalkulus, matematika diskrit, aljabar linear, komputasi numerik, dan lain sebagainya.

      Seperti itulah kira-kira.

  109. kak kalau saya suka nonton animasi contoh nya seperti anime apa saya cocok untuk masuk TI … atau saya harus masuk DKV dan KALU MASUK dkv apa peluang kerjanya besar..

    1. Kalau cuma suka nonton anime semua orang juga suka. Kalau hanya karena suka nonton anime terus berkesimpulan kalau cocok masuk IT ya gimana ya… kesannya kok memaksakan sekali kesimpulannya.

      Kalau sudah ngomongin peluang kerja sebenarnya semua jurusan itu hampir sama. Jurusan IT dan jurusan desain itu sebenarnya nggak terpisahkan. Karena di dalam produk IT juga menggunakan desain. Jadi 11-12 lah kalau masalah peluang kerja.

  110. Kak saya pengen bangettttt masuk di jurusan TI. tapi saya sma dari jurusan IPS,, terus kemampuan MTK saya lemah…saya di sekolah setiap ada pelajaran matematika selalu bosan..Gak ada yang masuk ke otak. tapi pas pelajaran TIK..saya sukaaa..Saya tergolong cukup pintar di pelajaran TIK… tapi satu yang buat saya bingung. Saya gak suka pelajaran MTK.. jadi gimana kak??

    1. Jadi gimana?

      Gimana kalau kamu stop mikir jauh-jauh dan fokus buat masuk ke kampus impian kamu aja?

      Kalau memang sudah tahu minat + punya impian dan tujuan, kejar sampai dapat.

      1. Kak, saya udh bca nih sbagian dri komentarnya. Sya mau tnya sbnernya apa bedanya kuliah jurusan TI d’Negri sma Swasta ?? Sya skolah di SMK tpi sya msuk jurusan Perbankan tpi sya pngen bgt msuk TI krna dri dlu SMP sya tertarik buat lbih tau komputer kdang sya suka bljar otodidak klo ada hal yg baru wktu sya main komputer/laptop. Nahh, kalau jurusan TI itu sbnernya apa harus pinter matematika ?? Nahh trus gmna solusinya buat bisa bner” msuk jrusan TI .
        Tlong di bales ya kak 🙂

      2. Kalau di negeri yang paling jelas itu biasanya fasilitasnya lengkap dan biayanya lebih terjangkau. Kalau di swasta, yang fasilitasnya lengkap seringkali biaya kuliahnya mahal.

        Kalau soal materi, sebenarnya sama aja kok mau kampus negeri atau kampus swasta. Apalagi kalau akreditasi kampusnya setara.

    2. kuliah dijurusan teknik informatika gacukup cuma suka dengan komputer, didunia TI seringkali bertemu dengan koding pastinya yang mengasah logika dan algoritma kita. so pikir baik2 gan, kalo ente niats sama TI belajar dan terus belajar mudah-mudahan ente jago dalam masalah pemrograman, trims.

      1. Makasih sudah dibantu menjawab 🙂

  111. Kak, saya pengen masuk TI nih karena tau lulusanya luas lapangan pekerjaanya, tp sebelumnya saya lulusan Ips dan sangat gk paham tentang matematika, nilai hancur mulu, tp sya ttp niat dan pengen belajar lagi ka, kira2 sya msh berpeluang gk kak masuk jurusan tersebut ? trimakasih sebelumnya kak.

    1. Kalau memang berminat masuk teknik informatika, peluang terbaik kamu adalah masuk kampus swasta. Tapi kalau memang penasaran dan ingin masuk kampus negeri, silakan dicoba.

  112. Halo Kak, saya ingin minta pencerahan.. Kembali mengulas pertanyaan tentang Jurusan Teknik Informatika, menurut hasil survey “Beberapa dari kalangan Juusan IPS sering mengalami kegagalan dalam bersaing di jurusan tsb.” Syarat apa saja yg harus memenuhi untuk bisa lolos dalam Kejurusan Teknik Informatika? #MyThanks

    1. Dilihat dari manapun, anak IPS sulit bersaing dengan anak IPA atau anak SMK. Kenapa?

      1. Anak IPA sudah mempelajari materi yang diujikan di SBMPTN saintek (MIPA) sejak kelas XI dan kelas XII. Sedangkan anak IPS yang ingin masuk ke jurusan MIPA harus belajar secara mandiri.

      2. Anak IPS materi hitung-hitungannya cuma matematika dan ekonomi. Sedangkan anak IPA ada matematika, fisika, dan kimia. Jadi, anak IPA sudah terlatih untuk mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan angka-angka.

      3. Sebagian besar peminat jurusan saintek di SBMPTN itu anak IPA dan SMK. Jadi, secara tidak langsung, peluang anak IPS sangat kecil karena memang jumlahnya memang minoritas di kalangan peminat jurusan saintek.

      Jadi, kalau memang kamu anak IPS, tapi berminat kuliah di jurusan teknik, peluang terbaik buat kamu adalah kuliah di kampus swasta. Karena seperti yang saya katakan tadi, memaksakan diri untuk masuk jurusan saintek negeri itu bunuh diri.

  113. Wah, setelah saya baca blog ini ternyata ada beberapa poin yang sesuai dengan saya salah satunya saya belum kenal dengan pemprograman dan suka hal baru.

  114. Kak, sy Rpl skrng udah mau lulus. Saya kmaren ikut lomba LKS tentang web designer dan nanti mo tanding lg se indonesia. Nah sy minat bnget sama web. Kira2 di teknik informatika itu pelajaran web nya sbrapa besar? Ohiya ilmu komputer sama juga kan? Soal ny mau masuk ke UGM ambil ilmu komputer. Tp ragu kalo ntar ga ada web nya. Thanks kak

    1. Seberapa besar ini maksudnya gimana?

      Yang jelas sih, di perkuliahan itu kita hanya diajarin dasar-dasarnya saja. Jadi, kalau mau berkembang harus sering-sering nyoba sendiri. Harus sering-sering praktek. Makanya mahasiswa teknik informatika itu sangat disarankan untuk kerja part time (freelance) kalau memang ingin meningkatkan kemampuannya.

      Ilmu komputer itu sebelas dua belas dengan teknik informatika. Tenang aja.

  115. kak.. dari yg kemungkinan besar akan cocok kuliah di jurusan teknik
    informatika 3-9 saya sdah alami dan yg saya mau tanyakan.. kan saya sekolah di smk jrusan otomotif lulus dari skolah pengin kuliah dan masuk ke teknik informatika.. mata pelajaran apa yg hrus sya pelajari agar bsa msk ke jurusan ti selain mtk..?

    1. Semua mata pelajaran. Karena untuk masuk itu harus melalui seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Jadi, mau tidak mau nilai kita harus bagus atau kalau tidak, kita harus siap ikut ujian tulis yang materinya adalah Matematika dan IPA.

      Kecuali kalau kamu memang tidak terlalu berminat untuk masuk kampus negeri.

    1. Sama-sama. Thanks juga ya sudah mau mampir 😀

  116. Salam kenal kak. Aku dari surabaya mau masuk ITS hehe

    1. Salam kenal 🙂

      Semangat! 😀

  117. Kak, aku mau tanya, kalo misal di SMA ga kenal sama pemrograman, gatau apa2 trus tiba2 masuk jurusan teknik informatika kira2 bisa ngejar apa ga ya? Pelajarannya membosankan nggak kak?

    1. Bisa aja, yang penting rajin-rajin belajar otodidak dan nggak hanya mengandalkan materi di perkuliahan.

      Membosankan itu nggak ada hubungannya dengan jurusan. Karena membosankan itu urusannya dengan minat dan kesukaan. Kalau tidak ada minat, mau belajar apapun, rasanya pasti membosankan.

  118. frendi geral fernando Avatar
    frendi geral fernando

    Kak saya SMK jurusan RPL,,saya mau tanya yg pas banget buat jurusan saya apa ya kak,,,???

    1. Yang pas itu yang kamu minati dan menjadi cita-cita kamu. 🙂

  119. hai kak. saya udah kelas 3 sma. tapi saya masih bingung mau masuk jurusan apa. saya menyukai hal yang berhubungan sama teknologi ataupun komputer terutama dalam hal hardware karena saya terkadang suka bongkar2 laptop. pengennya sih saya masuk jurusan IT tapi saya kurang mengerti dalam hal programming dan di mata pelajaran matematika dan fisika saya tidak bisa di bilang pintar hanya bisa mengikuti. jadi sebaiknya saya mengambil jurusan IT atau pindah ke jurusan lain ya kak? terimakasih..

    1. Kalau memang tertarik hardware sih mending ambil Teknik Komputer aja. Soalnya kalau di Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, hampir nggak ada materi tentang hardware.

      1. kalo saya ngotot masuk jurusan itu gmna ka? saran kka sebaiknya apa dgn kemampuan saya yg sperti itu?

      2. Jurusan apa? IT?

        Kuliah itu sebenarnya sederhana saja. Yang penting punya niat, semangat, dan tujuan yang jelas. Kalau memang sudah yakin ingin mempelajari pemrograman ya sudah, daftar di teknik informatika. Sederhana saja.

  120. Hay kak. 🙂
    saya klas 3 SMK.. Jurusan TKJ…
    Aku suka matematika dan logika.. Dan aku punya rasa penasaran yg bsar pada proses pembuata aplikasi komputer.
    Dan aku pingin bangat kulia di TI….
    Dan aku pingin belajar jadi proses pembuatan aplikasi komputer….
    Ada saran kak?

  121. hai kak 🙂
    Aduhh , jadi galau soal matematika
    skill aku masih kurang , skrang kelas 2 jurusan TKJ di smk. tapi minat banget nyambung ke IT lagi .. gimnaa yah ka ?

    1. Kalau emang sudah yakin ya dikejar aja. Kalau sudah ada kemauan, pasti akan ada jalan.

  122. Priscillia Putri Avatar

    Halo, Kak! Maaf mungkin pertanyaan saya nggak beda-beda jauh sama yang lain. Jadi gini, saya uda lama banget ngincer teknik informatika. Dulu SMP sih sering main ‘hacking’ (kalo pas butuh aja), saya juga blogger, sering juga otak-atik HTML, otak-atik Photoshop juga, baru-baru ini nyoba bikin game sederhana, dan matematika saya juga kuat. Tapi disisi lain, kemampuan bahasa saya sama kuatnya. Saya mau banget informatika, tapi saya takut kalo ternyata malah kalah saingan nantinya karena sebagian otak saya didominasi bahasa juga. Jadi gimana kak, ada komentar?

    1. Intinya sih, jangan terlalu mikir yang nggak-nggak dan jangan terlalu khawatir terhadap apa yang belum pasti terjadi. Kalau kalah saingan ya berarti kita harus belajar lebih giat lagi. Kenapa harus bingung?

  123. Ka, bedanya ilkom sama ti apa ya? *perbedaan yg mendetailnya
    Makasih sebelumnya

    1. Wah, kalau perbedaan mendetail saya juga kurang paham. Soalnya cuma pernah kuliah di Teknik Informatika aja. Belum pernah kuliah di Ilkom.

  124. UNTUK masuk JURUSAN IT.. apa saja yang harus di pelajari lagi. Soalnya saya sudah fakum 2 tahun dan memilih bekrja dan baru sekrang sekrng ada ksempatan untuk kuliah.

    1. Kalau mau masuk kampus negeri, harus belajar materi SMA lagi karena harus ikut tes.

      Tapi kalau mau kuliah di kampus swasta, nggak usah persiapan pun bisa. Yang penting jangan sering bolos, sering praktek, dan ikuti saja semua silabus perkuliahannya.

  125. Ka aku sma kls 3 suka banget ama program komputer. Suka belajar otodidak , pintar fisika dan logika. Tapi sedikit pengetahuan tentang program komputer. Pengennya sih mausuk ti di ipb… minta sarannya ka…

    1. Suka apa dulu nih? suka bikin pogram apa suka memakai program? 😀

      Kalau memang sudah yakin mau menekuni pemrograman ya silakan aja. IPB bagus kok.

  126. hay kk aku suka banget dengan jurusan yang berkaitan dengan komputer 🙂 tapi masi bingung ni maw ambil jurusan apa saat kuliah

    1. Kalau cuma modal suka komputer dan gadget, susah juga sih. Soalnya anak muda zaman sekarang rata-rata suka komputer dan gadget.

      Tapi kalau kamu suka pemrograman, besar kemungkinan kamu akan betah di teknik informatika.

  127. kak apa sih perbedaan teknik informatika dan Sistem informasi ?

    1. Teknik Informatika lebih banyak pemrogramannnya.

  128. Kak, saya kelas XII SMK jurusan TKJ.. maaf mau nanya nih
    Saya lemah sama matematika, aku coba browsing” kaya kalkulus, algoritma tapi susah belajar otodidaknya, tapi aku pengin banget kuliah di TI…. Dari dulu pengin jadi programmer.. Ada saran kak…??

    1. Kalau memang pengen jadi programmmer ya sudah, kejar. Masalah susah belajar otodidak itu ntar bisa tanya temen. Yang penting sudah ada niat dan kemantapan hati.

  129. Kak. Saya minat its. Dan saya juga lumayan hobi ngeblog,bikin animasi (macromedia,MMD dll) atau membuat sesuatu yg baru. namun saya gak tergolong luar biasa dalam hal matematika
    Dulu pernah ikut lomba komputer kak dan nyampe final
    Kasih pencerahan buat ambil jurusan di its dong kak. Buat dijadiin acuan nih. Makasih 🙂

    1. Kasih pencerahan apa nih?

      Kalau memang suka mikir logika dan matematika sih silakan aja masuk jurusan teknik informatika. Kalau suka menggambar, mendesain grafis, mending masuk DKV. Kalau pengen bikin robot, masuk elektro. Kalau pengen mendalami mesin, masuk teknik mesin. Pengen mendalami soal kapal masuk perkapalan. Sederhana aja.

  130. Kak…
    Aku udah kelas XII ipa nih… Masih pusing mikirin jurusan.. Tadinya aku pengen masuk IT.. tapi stlh baca komen yg lain, kok jadi ngeri gini… Tapi saya punya minat yg besar di bidang animasi 2d/3d.. menurut kka, mending masuk IT atau DKV ? kalo gasalah di ada jurusan animasi di DKV.. :3

    1. Kalau memang lebih suka menggambar daripada mikir logika matematika, mending masuk DKV. Tapi kalau lebih suka berhitung dan mikir logika sih mending masuk teknik informatika.

  131. Saya ingin masuk di jurusan T.informatika di its surabaya,tpi saya jurusan Ips..apakah saya bsa msuk di jurusan itu,dgn lewat tes saintek ?
    Mhon jwaban,a gan..

    1. Bisa, tapi harus kerja keras. Soalnya kamu harus belajar materi IPA dan harus saingan dengan anak-anak IPA.

  132. kak saya seneng matematika tapi saya gak pernah suka ngutak-ngatik komputer maupun laptop … tapi saya ingin ke TI
    menurut kaka gimana ? saya masih kelas 2 sma sekarang …

    1. Sori ya aku yang jawab.

      Tergantung kamu mau ke TI yang mana. Software atau Hardware. Tapi kalau nggak pernah ngutak-atik komputer nggak apa-apa kok, nanti juga diajari. Semisal dari IPA saya rasa nggak masalah. Kalau dari IPS juga nggak papa sih, asal senang matematika dan fisika supaya gampang mempelajari kalau sebelumnya sama sekali nggak pernah ngutak-atik komputer.

      1. Makasih sudah dibantu menjawab 😀

    2. Lah, gimana terus? masalahnya di teknik informatika tugasnya kebanyakan dikerjakan di depan laptop atau komputer.

      Kalau memang berminat masuk IT, tapi tidak suka utak-atik laptop atau komputer, mungkin mulai sekarang coba utak-atik laptop. 🙂

  133. Kak ,,, saya sekarang kelas 2 sma saya seneng banget matematika dan p

  134. kak, saya masih ragu untuk milih Jurusan apa yang cocok , tapi dengan mempertimbangkan kebiasaan di depan komputer jadi saya pikir saya lebih cocok dengan jurusan yang berkaitan dengan komputer 😀 . biasanya saya main Game Online dan blogger … tapi saya belum kenal programer, utak atik linux ,html dan japa crip dan juga templates blog sya masih copas -_-
    klo hanya berdasarkan hobi mnurut kakak saya cocok atau tidak??
    adakah ilmu dasar yng harus dimiliki ??

    trims

    1. Mungkin cocok. Coba buka http://code.org, biar paham konsep dasar pemrograman.

  135. Assalamualaikum kak, aku kelas 3 SMA jurusan IPA, aku sih pengennya ambil jurusan IT karena prospek kerjanya, tapi dari postings diatas aku cuma suka belajar hal yang baru, belajar otodidak, suka browsing tapi bukan masalah IT, & kalau pelajaran matematika biasa aja (bisa mengikuti).
    minta sarannya dong kak, 🙂 makasih sebelumnya

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Saran? ikuti kata hati. Pilih jurusan yang benar-benar kamu sukai dan minati.

  136. saya udah komen dua kali nihh…
    kak saya sangat suka ngutak atik komputer, seperti html, javascript dan css blog, saya juga lumayan di matematika dan perhitungan lainnya, saya juga pernah ikut OSK Informtika waktu kelas 10 tapi nda dapet juara, tahun ini insya allah saya ikut lagi, mudah-mudahahn dapte juara 🙂 (minta doanya), karena saya tau itu merupakan bekal untuk saya nantinya. Pokoknya sesuai postingan kakan tingkat kecocokan saya 95%.

    Yang saya ingin tanyakan kak, mengenai prospek kerja kedepannya. Apakah dengan kuliah di tehnik informatiak ini prospek kerjanya luas, sedangkan sekarang hampir seluruh apa yang dibutuhkan di dunia IT itu sudah ditemukan semua oleh perusahaan besar seperti gugel, yahoo dll. Apakah kami misalnya lulusan tehnik informatika masih berpeluang ?….
    kunjungi juga blogsaya gan dan minta sarannya, blog saya baru 2 bulan (versinyasaya.blogspot.com)

    1. Komen sekali lagi bisa dapat gelas cantik nih 😀

      Kalau kamu berpikiran sampai bisa mengalahkan Google ya terlalu berlebihan kayaknya. Meskipun sebenarnya sangat mungkin. Karena kita semua sudah tahu bahwa Baidu, Xiaomi, dan Alibaba sekarang sudah menjadi salah satu pesaing utama Google, Apple, dan Amazon.

      Kalau yang kamu maksud prospek kerja itu bisa menyamai Google ya gimana ya… Tapi kalau yang kamu maksud prospek kerja itu kesempatan untuk berkreasi, teknik informatika sangat memungkinkan hal itu. Karena saat ini zaman keemasan smartphone. Jadi, sebenarnya peluang untuk bisa membuat sebuah aplikasi yang unik sangat mungkin.

      Kalau bisa menyamai Google mungkin terlalu berlebihan. Tapi kalau bisa menyamai Whatsapp, Rovio, dan semacamnya yang mulai terkenal sejak munculnya smartphone, peluangnya sangat terbuka.

      1. kak, saya juga pernah baca bahwa di tahun 2018 itu lulusan it tdk dibutuhkan lagi (backgroun penulisnya lulusan it kak ) bagaimana pendapat kakak ?

      2. Hidup terlalu mulia dan terlalu luas untuk dibatasi oleh jurusan perkuliahan atau ijazah.

        Yang nggak kuliah aja banyak yang sukses. Kenapa kita yang kuliah harus minder?

      3. ok kak, kalau boleh minta pendapatnya juga, universitas yang bagus tehnik iformatikanya yang mana yahh… saya tinggal di sulawesi selatan kak

  137. kak, saya udah kelas 3 sma, saya suka hal-hal mengenai komputer, saya juga pintar matematika tapi saya tidak pernah belajar programmer ( hanya waktu kelas 1 sma itupun sebentar ). jadi menurut kakak saya sebaiknya memilih IT jurusan apa ya?

    1. Kalau memang sudah ada minat di IT, dan yakin kalau mau mengembangkan kemampuan di IT, ya sudah, tinggal ditambahi semangat dan ketekunan aja.

  138. om aku demen penasaran kalo lagi ngutak ngatik sesuatu(software) di laptop sehingga aku cari sampe dapet,tapi kalo matematika aku ga terlalu jago sih cuman yaa standarlah,suka seni juga kyk tentang desain grafis gitu,kira2 cocok ga ya di IT?dan jika cocok pilih progammer atau lebih ke hardwarenya yaa?thanks bgt om

    1. Sebelum melangkah lebih jauh, mending kamu renungkan lagi. Mana yang lebih kamu suka? desain atau programming?

      Soalnya desain dan programming itu dipelajari di jurusan yang berbeda. Kalau memang mau belajar desain, jurusannya adalah DKV (desain komunikasi visual). Kalau memang mau belajar pemrograman, jurusannya adalah teknik informatika, ilmu komputer, atau sistem informasi.

      Jadi, ada baiknya kamu renungkan lagi, mana yang lebih kamu sukai.

  139. kak, ane ini minat jurusan ini juga, saya minta tipsnya dong ?

    1. Belajar yang rajin, jaga kesehatan, banyak berdoa. Klise sih, tapi memang seperti itulah. Nggak ada tips khusus kok buat masuk teknik informatika. Kalau memang sudah yakin minat kamu ada di sini, ya sudah, mulai sekarang seriusin. Pikirin gimana cara masuknya. Sudah itu aja.

      Tapi kalau kamu belum yakin ya mending dipikir-pikir lagi. Kamu cari tahu lagi, apa benar minat kamu di IT?

      Dan oh iya, satu lagi, jangan lupa makan sosis. *plak*

      1. Kalau sesuai postingan kakak tingkat kecocokan saya 95%.

        Yang saya ingin tanyakan kak, mengenai prospek kerja kedepannya. Apakah dengan kuliah di tehnik informatiak ini prospek kerjanya luas, sedangkan sekarang hampir seluruh apa yang dibutuhkan di dunia IT itu sudah ditemukan semua oleh perusahaan besar seperti gugel, yahoo dll. Apakah kami misalnya lulusan tehnik informatika masih berpeluang ?….
        kunjungi juga blogsaya gan dan minta sarannya, blog saya baru 2 bulan (versinyasaya.blogspot.com)

  140. kak mau minta pendapatnya dong, skarangkan aku kelas 3 sma nih aku binggung mau pilioh jurusan, maunya sih IT tapi aku ngak tau mengenai programer, ngak Hobi mengutak-atik desain blog (edit HTML dan CSS), ngak Pernah mencoba membuat aplikasi komputer / aplikasi mobile / website, ngak Punya cita-cita menjadi seorang game-developer / web-developer, ngak Sering mengutak-atik dan mengoprek Linux. Aku cuma sukanya ini Suka browsing, tapi yang dibaca bukan tentang IT dan Ingin menjadi desainer. gimana tu kak aku tetap pilih IT atau lebih baik cari jurusan yang lain? 🙂

    1. Walah, kalau cuma suka browsing dan ingin jadi desainer ya mending ambil jurusan desain, yang biasanya dikenal dengan DKV (Desain Komunikasi Visual).

  141. mau tanya dong kak, aku sekarang udah kelas 12. nah aku pengen jadi programmer. beberapa kualifikasi yang di kemungkinan itu aku udah banyak lakuin. nah, aku mau tanya. kalo mau jadi programmer itu pilihan jurusannya apa aja ya kak? selain teknik informatika? apakah ilmu komputer juga sama? terimakasih banyak 🙂

    1. Hai, Umar. Makasih banyak ya sudah mampir.

      Kalau mau jadi programmer, di Indonesia sih jurusan yang paling umum ada 3: Teknik Informatika, Ilmu Komputer, atau Sistem Informasi.

      Kalau mau lebih mendalami hardware juga, bisa mengambil jurusan teknik komputer.

  142. Hai kak,
    Dari kecil jaman kelas 3an aku udah suka sama komputer, apalagi habis kenal tebtang Julian Assange. Awal SMP juga mulai belajar html. Nilai komputer juga selalu di atas 95 sampe sekarang. Tapi SMA ini pemintan aku lebih pilih IBB. Tapi kuliah tetep tujuan utama pengen IT. Kira-kira bisa nggak ya? Terus kalau bisa apa yang harus dipersiapkan?

    1. Hai, Cindy.

      Kalau memang mau kuliah di IT, bisa aja. Tapi ya gitu, kalau memang mau masuk univeritas negeri ya effort-nya harus lebih. Soalnya harus melalui ujian tulis yang materinya adalah matematika dan IPA + harus saingan dengan anak-anak IPA.

      Kalau masalah apa yang harus dipersiapkan, yang paling penting di perkuliahan, apalagi di jurusan teknik sebenarnya adalah mental. Karena jurusan teknik itu berat. Nggak disarankan buat orang-orang yang pengen santai selama menjadi mahasiswa.

  143. aku mau tanya kak.. skarang aku klas XII SMK dn bntar kagi kuliah.. rencana nya mw kuliah di Unniv. Sepuluh November Surabaya kak ambil jrusan IT,, nahh aku baca2 comment diatas,, aiiihh ada plajaran logaritma,, jjur kak aku oon bgt soal mtk,, tpi klo happy sihhh aku bisa yahhh trgntung mood gtu lah kak..
    nahh apa aku ttap pd pendirian ambil jurusan IT atauu gk ??

    1. Kalau tergantung mood gitu sih bakal susah. Soalnya kuliah itu nggak kayak sekolah.

      Di perkuliahan, ketinggalan 1 materi efeknya bisa berantai. Karena materinya biasanya berkelanjutan gitu. Jadi, kalau memang sudah niat masuk teknik informatika ya kalau bisa mulai sekarang harus siap belajar secara mandiri dan bekerja di bawah tekanan. Karena jurusan teknik itu tugasnya seringkali lebih berat dibandingkan jurusan non-teknik. Soalnya ada banyak praktikumnya juga.

  144. Hai Bang, terima kasih buat postingan’y sangat menginspirasi sekali 😀
    saya juga anak TI dah semseter 7 bentar lg mau nyusun hihihii #pusing
    klo dilihat dri postingan d atas saya termasuk “kemungkinan kecil ” cocok kuliah di jurusan teknik informatika.
    awal saya lulus SMK ga tw apa itu Teknik Informatika, aku kira TI itu juga mendalamai ilmu multimedia dan animasi, tapi setelah 2 semester saya baru bentul-bentul sadar klo salah jurusan.
    selama kuliah saya terus-terusan merasa uring-uringan karena pengen pindah jurusan, pengen berhenti kuliah, tapi mikir dua kali karena Orang Tua.
    buat nebus kesalahan dari awal yang saya lakukan cuma bisa pasrah, berdoa, dan terus berusaha buat lulus kuliah dan ngebanggain orang tua.
    tapi Insya Allah kesalahan yang saya lakukan bisa menjadi pelajaran berharga buat hidup saya d masa depan dan semoga menjadi jalan rizki saya (Amin).
    maaf curhat, buat para Newbie saya cuma mau berbagai dari d sisi negatifnya klo salah ngambil jurusan hahaa 😀

    1. Terima kasih, ya, sudah mau sharing pengalamannya di sini. 🙂

  145. gw cwe anak Informatika..dan kelihatannya gw peluang nya kecil bgt ya di ti hahaha..emg kagak ada minat dan kagak ada logika sih..bagusnya jd ank it cuman ga ush bawa barang bawaan berat” cukup laptop udh cukup haha

    1. Hahaha. Udah, masuk IT aja. *evil smirk*

  146. kak, aku mau nanya dong, aku kan mau masuk jurusan game di kampus swasta. nah, ternyata pas aku liat apa aja yang bakal dipelajari sampe sem 2 itu, sekitar calculus, alogaritma dan pemograman gitu, tapi aku suka oon gitu sama mtk.

    nah rencananya itu aku mau tuh mau ngambil game art artnya pas penjurusan.. nah menurut kakak, aku mending mundur apa pindah ke dkv?

    1. Agak susah juga sih soalnya kamu tidak menjelaskan secara spesifik apakah kamu suka desain atau nggak. Kalau memang suka gambar dan desain sih mending masuk DKV aja daripada ntar kamu merasa berat ngikutin perkuliahan di informatika yang banyak hitung-hitungannya.

  147. Bang, saya punya masalah nih..
    Tentang jalur snmptn.
    Ada 2 org dri sekolah saya yg milih TI di universitas yg sama, gue pengen bgt… Jadi programmer bg.
    Katanya gk boleh terpaku pada 1 jurusan yg sama, padahal kami bedua ni, emg udh minat ke univnya.-
    Die ranking 4, gue ranking 9. Gue udh kompromi ama dia, dia emg gk mau ganti dan ttep pada Pendiriannya. Malah cewe pulak lagi, segan gue maksain, apa gue bakar aja rumah tu anak?? Biar dia tau rasa 😀 hahahahaa…..

    Nah gue skrng gimana bg? Kasih saran donk..

    1. Kalau memang sudah minat ya kejar dong. Nggak bisa SNMPTN, SBMPTN pun jadi. :p

  148. Saya pengen curhat nih kak saya sekarang sudah kuliah di jurusan teknik informatika semester 3. Saya merasa kesulitan kak untuk mengikuti perkuliahan dan SMA nya saya jurusan IPS…
    Yg bikin saya pusing saat matakuliah algoritma kak, orang tua saya sihh menyarankan untuk pindah kalau tidak sanggup di jurusan teknik informatika…
    Yg mau saya tanyakan kira2 lulussan teknik informatika lulus berapa tahun???
    Dan kesulitan apa saja untuk kedepannya jika kita tidak memahami tentang dasar pemrograman???

    1. Kalau lulus berapa tahun sih tergantung kitanya sendiri. Yang jelas, rentang waktunya kalau S1 sih biasanya 3.5-7 tahun.

      Algoritma memang susah kok. 😀

      Tapi kalau kamu merasa berat bukan hanya algoritma tapi juga sulit memahami pemrograman, ada baiknya kamu mulai pikir-pikir lagi.

      Yang jelas, pemahaman dasar itu sangat penting kalau buat programmer. Ibarat bangunan, pemahaman dasar pemrograman itu layaknya sebuah pondasi.

  149. Kak, mau minta sarannya doong !? hmm gini nih saya sekarang kuliah d teknik informatika nih sudah sampai semester 5, tp baru sekarang ya terasa gak enak (makin susah) d IT apalagi saat saya baca posting kakk diatas, trnyata saya termasuk ‘kemungkinan kecil’ cocok kuliah di TI, dulu sih pertama-tama semangatny bukan main sampai gak tidur2, tapi makin lama makin susah apalagi ternyata syarat lulus analisa yg lebih penting dari ngoding, saya gak suka analisa (istilahnya gak bakalan nyambung sama yang kayak gituan kalo setiap d terangin dosen atau temen2 saya) seperti buat erd, dfd, uml, dkk itu tuh… tapi saya suka mendesain template web, otak atik koding orang (html/php, java, python, c) 😀 … nah jadi gimana ya menurut kakak apa saya harus bertahan disini atau apa saya hrus sesegara mungkin pindah jurusan ? 😦

    1. Kalau sudah semester 5 ya ibarat kamu belajar renang, sudah terlanjur nyemplung cukup dalam. Jadi, mending kamu sekarang fokus menyelesaikan kuliah dulu aja. Sekalian coba kamu coba gali minat dan bakat kamu yang lain. 🙂

  150. Latifah Cahyani Avatar

    Kak mau tanyaaaa, sebenarnya sih saya masih kelas 9 SMP. Rencananya besoknya mau kuliah jurusan teknik informatika. Cocoknya, saya masuk SMA apa SMK? bingung banget kak.

    1. Kalau mau melanjutkan kuliah, saya lebih menyarankan untuk masuk SMA. Soalnya SMK kan orientasinya memang buat kerja. Jadi, lulusan SMK sejak awal memang dipersiapkan agar bisa langsung kerja setelah lulus.

      Tapi sebenarnya SMA atau SMK peluangnya sama jika jalur masuknya adalah SNMPTN. Tapi kalau SBMPTN, sepertinya peluang lulusan SMA lebih besar daripada lulusan SMK. Soalnya SMA fokus pada pendalaman materi. Sedangkan SMK terpecah, antara materi dan praktek, sehingga pendalaman materinya tidak seperti lulusan SMA.

  151. kalo lulusan SMK jurusan komputer, apakah bisa masuk kuliah ?

    1. sejak kapan anak SMK nggak bisa kuliah?

  152. Apakah yg masuk fakultas teknik informatika harus cowok kak?

    1. Sejak kapan hanya cowok yang diperbolehkan belajar pemrograman?

  153. INI kak bidang ke ahlian ku mnurut kk gmana ? apa bisa kliah di jrusan komputer
    pling gk suka mha pljran mtk saya lebih fokus di bidang nya kak bukan di mata pelajaran nya
    klo di bidang saya mampu tpi klo lain nya ndk deh

    1 Pernah kenal pemrograman sebelumnya.
    2 Hobi mengutak-atik desain blog edit HTML cuma dasar aja tpi ya punya blog
    3 Punya rasa penasaran yang besar pada proses pembuatan aplikasi komputer.
    ering menghabiskan waktu untuk mencari tutorial pemrograman (website/buku/video).
    4 Punya cita-cita menjadi seorang programmer.
    5 Punya cita-cita menjadi seorang game-developer / web-developer.
    6 Punya cita-cita menjadi hacker(?).
    7 Suka game problem solving.terutama game hp dan komputer sukak buat mod jga
    8 Belum kenal pemrograman tapi punya cita-cita untuk menjadi programmer.
    9 Belum kenal pemrograman tapi suka mempelajari hal baru.
    10 Belum kenal pemrograman tapi punya motivasi besar untuk punya gelar S.Kom.
    11 phreaker tpi hanya pengguna aja tpi menguasai bsa tpi hrus bnyk bljr delpi dn lain”
    12 Suka oprek smartphone yah dikit”

    1. Bisa. Yang penting terus dijaga aja niat dan semangatnya. 😀

      Agak klise sih. Tapi emang yang paling berpengaruh di dunia perkuliahan itu niat dan semangat sih.

    1. Sama-sama. Makasih banyak ya sudah mampir. 😀

  154. sebelumnya Post nya membantu banget nih ka..
    Cma aku masih bingung, ada beberapa memenuhi syarat yg ada di kemungkinan besar bisa mask informatika. kecuali ikut olimpiade atau apapun( singkatnya g pernah Test diri sendiri )
    cuma pas denger ti informatika banyak bgt tentang MATEMATIKA <- pelajaran yg paling aku ga suka krna menurut aku Ga jelas, kita harus ngitung ini itu trus hasilnya aneh. menurut kk sebaiknya gmana yah ? Soalnya aku udah mumet banget, di sisi lain aku suka bgt sama namanya program di sisi lain jg aku g suka bgt sama namanya MATE-MATI-KA .. Trimakasih ( maaf klo ada Curhat dikit ) 😀

    1. Masalahnya, di teknik informatika ada banyak mata kuliah wajib yang berkaitan dengan matematika. Jadi, kalau memang nggak suka ya nggak ada pilihan untuk tidak mengambil mata kuliahnya. Soalnya mata kuliahnya wajib diambil.

      Jadi, kalau nggak suka matematika tapi pengen kuliah di teknik informatika ya gimana caranya kamu bisa bertahan dan bisa lulus mata kuliah wajib yang berkaitan dengan matematika.

      Baru setelah masuk tingkat 3 (semester 5 ke atas), kamu bisa lebih bebas menentukan mata kuliah yang kamu sukai.

      Atau bisa juga kamu kuliah di jurusan lain yang tidak banyak matematikanya (misal: jurusan sosial), dan kamu belajar bikin program secara otodidak. 🙂

  155. Gusmal Nurman Syah Avatar
    Gusmal Nurman Syah

    Kak aku mau nanya nih

    Aku punya minat di bidang informatika
    Aku sering ngejajal semua yang berhubungan dengan Tekonlogi
    pengen jadi developer Game

    Tapi aku nya kurang suka MTK
    Dan Sekarang aku udah kelas 12 dan Jurusan aku IPS kak
    Gimana pendapat Kakak ?

    1. Kalau jurusan kamu sekarang IPS, pilihannya adalah kuliah di kampus swasta. Soalnya kalau maksain masuk kampus negeri, kecil kemungkinannya buat masuk.

      Atau bisa juga kamu kuliah di jurusan sosial yang tugasnya nggak sebanyak jurusan teknik, sehingga kamu bisa punya banyak waktu buat ngutak-atik program secara otodidak. 🙂

  156. bos pengen curhat saya lumayan jago di matimatika, dulu pernah ikut olimpiade komputer 2 kali di sma cma sampe kota tok, karna kurang serius turus gak ada guru pembimbing jadi otodidak, dulu kelas 1sma pernah coding pascal pernah juga bikin love mater make tu program. trus kelas 2nya pernah bikin game tebak angka make c++ . tp kelas 3 dah jarang coding jd lupa kira ” ada peluang gak masuk teknik informatika. trus kira” tes SBMPTN di ITS susah gak klo dibandingin dengan ujian nasional/soal olimpiade tingkat sma komputer. maksih banyak klo dibalas 😀

    1. Keren tuh. Kalau menurutku sih, tingkat kesulitan tes SBMPTN setingkat di atas UN. Sering-sering latihan soal aja. Soalnya kualitas soal SBMPTN tiap tahun hampir tidak pernah berubah tingkat kesulitannya. Nggak kayak UN.

  157. Nah saya binggung membedakan TEKNIK INFORMATIKA sama TEKNOLOGI INFORMASI dan juga SISTEM INFORMASI lebih ke apanya ya ?

    1. Teknik Informatika lebih ke pemrograman (bikin sistem), Bro. Sistem Informasi lebih ke manajemen hasil karya anak Teknik Informatika. Sederhananya seperti itu. Tapi kalau sudah masuk dunia kerja, pada akhirnya nggak jauh berbeda. Soalnya bakal ada training lagi nantinya. Kecuali kalau kamu memang ingin mengembangkan skill agar bisa membuka lapangan kerja sendiri.

  158. Aku sekarang kelas XII SMK kak,
    Pernah ikut lomba web design & programming waktu SMK
    Pernah kenal pemrograman sebelumnya.
    Hobi mengutak-atik desain blog, template (edit HTML dan CSS).
    Punya rasa penasaran yang besar pada proses pembuatan aplikasi komputer.
    Pernah mencoba membuat aplikasi komputer / aplikasi mobile / website.
    Sering menghabiskan waktu untuk mencari tutorial pemrograman (website/buku/video).
    Punya cita-cita menjadi seorang programmer.
    Punya cita-cita menjadi seorang game-developer / web-developer.

    pengen masuk Ti tapi kurang dukungan dari beberapa orang terdekat, tanggapan kakak aku nekad aja atau nyari jurusan lain ya kak?

    1. Hai, Dwia. Terima kasih ya sudah mau mampir ke blog ini.

      Kalau membaca ceritamu, sepertinya kamu memang punya minat yang tinggi terhadap dunia informatika.

      Kalau memang sudah yakin bahwa minat terbesar kamu ada di bidang informatika, nggak usah ragu lagi buat milih jurusan informatika.

      Masalah orang terdekat yang tidak mendukung itu biasanya karena khawatir terhadap masa depan kamu. Biasanya sih masalah peluang kerja dan semacamnya.

      Tapi kalau melihat kamu yang memang sangat berminat, aku yakin kamu tidak akan kesulitan untuk bisa berkembang di bidang ini. Jadi, pesanku sih, kalau kamu akhirnya memutuskan memilih jurusan ini, pastikan kamu menjalaninya dengan sungguh-sungguh, agar kamu bisa meyakinkan pada orang-orang terdekat kamu bahwa pilihanmu sudah benar.

      Begitu. Semoga membantu ya.

  159. Agus Michael Sianipar Avatar
    Agus Michael Sianipar

    bang, mau nanya kalau biasanya aku suka sama komputer terus mau jadi programmer, suka mengutak atik komputer dan semua hal yang berhubungan dengan komputer.
    aku cocok gak jadi programmer ?
    fakultas apa yang menyajikan teknik komputer ?
    pekerjaan apa aja yang menjadi lulusan teknik informatika ?

    Mohon Bantuan bang 😀

    1. Kalau kamu ngomong mau jadi programmer tapi selama ini belum pernah coba bikin program, ada baiknya kalau mulai sekarang kamu coba iseng-iseng bikin program.

      karena percuma saja kita bilang ingin ini ingin itu kalau tidak segera memulainya dari sekarang. kalau memang ingin jadi programmer, belajar aja mulai sekarang. ntar waktu kuliah biar lebih mudah dan tinggal mengembangkan pengetahuan yang sudah kamu miliki aja.

      kalau masalah pekerjaan, jurusan teknik itu peluang kerjanya sangat luas. nggak usah mikir terlalu jauh.

  160. Post Anda Sangat Membantu.. ^^
    Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://aikawafaith.blogspot.com/

  161. Bang.. Saya ke pengen ngambil jurusan TI tapi bacground pendidikan ikutan paket C.. Sedangkan saya berminat dan sudah sedikit tahu tentang progam.. Tapi untuk masalah Matematika dan fisika karna gak SMA jadi udah hampir lupa.. Kira kira bisa gak ya ketrima .. Soalnya saya minat banget ke jurusan TI .

    1. kalau masalah bisa keterima atau nggak, itu sebenarnya kembali ke diri kita masing-masing sih. ggak peduli lulusan SMA, SMK, MA, atau paket C, kalau memang beneran belajar dengan tekun, aku yakin bisa keterima.

  162. kak..
    saya udah kelas 11. saya sih udah tertarik sama yg namanya IT sejak kelas 9. waktu smp kepingin banget belajar hacker terus belajar bikin programT.T suka seputar tentang dunia teknologi. tapi saya paling parah sama masalah hitungan paling bisa cuma kimia doang T.T tapi kata kakak kalo semangat pasti bisa kan? nah saya coba semangat tp tbtb ada temen satu kelas yg master mtk cowok bilang ke saya “emang di jurusan IT ada cewenya yah? rata2 anak IT itu cowo” nah itu bikin saya mesti mikir2 lagi mau masuk kmn T.T tp pikiran saya maunya masuk IT tp sy takut ga bisa jalaninnya. ini gimana kak tolong T.T

    1. di jurusan teknik informatika lumayan banyak kok ceweknya. meskipun nggak sebanyak di jurusan teknik kimia atau teknik industri, jumlah mahasiswi teknik informatika lebih banyak dibandingkan jurusan teknik mesin atau teknik perkapalan.

      kalau memang sudah tahu apa yang kamu sukai ya mending perjuangkan apa yang kamu sukai itu. daripada nanti kamu menyesal gara-gara memilih jurusan yang tidak kamu sukai. kecuali kalau kamu memang orangnya mudah beradaptasi (bisa dengan mudah mempelajari sesuatu yang baru), meskipun hal itu tidak kamu sukai.

  163. Ka, mau minta pendapatnya, saya kepengen masuk TI , cuma aga ragu soalnya dasar matematika saya standar SMK dan ga trllu suka sama matematika, saya kan Smk jurusannya multimedia cuma kebanyakan yg saya pelajari di multimedia itu sprti desain grafis, animasi, fotografi,perfilman pokonya menjurus lebih ke broadcast soalnya hobby saya dibidang itu, kira kira salah ga ya kalau saya pilih jurusan TI ?

    1. salah banget. soalnya di jurusan teknik informatika hampir tidak ada materi soal desain dan multimedia sama sekali. kalau memang minat desain grafis dan animasi, mending ambil jurusan DKV.

  164. Kak kalo misalnya sering Memprogram robotic and stuff (LEGO Mindstorm Education search aj di gugel ) itu cocok ga ya masuk Teknik Informatika ???

    1. kalau minat robotika, mending masuk teknik elektro. terus ambil bidang minat elektronika.

  165. Kak, gua mau nanya nih kan gua anak SMK jurusan TKJ. Urusan matematika sih biasa aja gak pinter bgt, gak bego bgt juga. Nah, interest gua emang ke IT kak, sering bgt browsing berita IT ataupun artikel yg berbau IT mulai dari ngoprek smartphone, hardware, jaringan, sedikit2 program juga.
    nah, gua lebih suka ke jaringan kak (emang cita2 kesitu, malah udh niat utk belajar utk dapetin sertifikat ccna suatu hari nanti). Kalo utk program dan coding bisa cuma agak kurang minat jadi ya gitu-_-. Apa gua bisa utk masuk TI dan bertahan di TI sampai bisa lulus kak? Apa pilih Sistem Informasi aja kak? Tapi kalo SI lebih ke arah management sistem dan bisnis kan ya kak? Aduh gua bingung kak

    1. Kalau sudah punya minat kayak kamu sebenarnya lebih mudah. Minimal kamu sudah tahu apa yang menjadi keahlianmu, dan mau jadi apa kamu nantinya. kalau masalah bisa masuk atau tidak? itu tergantung niat dan kesungguhan. kalau bisa bertahan atau tidak itu semua tergantung semangat, tekad, dan kemauan. jadi, semua kembali ke diri kamu sendiri. mau berusaha atau tidak.

  166. Kalo dari jurusan agama gimana tuh? Soalnya dari man bukan sma ?

  167. Aaaaaaa greget kak >_< ayah aku nyuruhnya di TI -,- katanya gara2 aku suka ngotak atik komputer. Tapi?

    Aku lemahnya di matem sama fisika -.-
    Itu kelemahan aku dari dulu kak. Kemaren jugak kebukti da a pikir praktis bilangan aku cuman tingkat sedang -.- bukan tingkat tinggi kayak daya pikir induktif verbal. Kemarin aku disuruh masuk SMK, tapi aku gak mau karena menimbang masalah lain. Seperti kualitas sekolah yg ayah aku suruh -.- tapi aku milih SMA aja. Weehh -.-

    Aku cuman takut kenak di matem sama fisika aja kak, sebenarnya ada kemauan, tapi yaa -.-

    Menurut kakak gimana? Apa ngga masalah buat anak SMA yang pengen masuk TI? Secara kan anak SMK komputer itu kan udah punya ilmu duluan. Mohon sarannya kakak

    1. Faktanya, sebagian besar mahasiswa Teknik Informatika adalah lulusan SMA. Bukan SMK.

      Kalau memang sudah ada kemauan, percayalah, pasti akan ada jalan. 🙂

  168. Kaka, jadi kalau SMA jurusan IPS gak bisa dong?

  169. Mas, kalo kita sekarang sekolah di SMK trus ngambil jurusan TKJ , saya suka mengoprek oprek hardware dan software dan saya juga pernah mempelajari tentang code2 html dan css, tapi saya tidak terlalu suka dengan pelajaran rpl saya lebih suka jaringan, hardware, dan software tapi saya juga suka matematika, cocoknya masuk jurusan apa ya? saya bingung nanti kuliah masuk jurusan apa, balas ya mas , thanks

  170. ka, saya suka bgt sama dunia programming dan berniat lanjut ke jurusan informatika. Tp yg saya khawatirkan saya ga bisa lolos tes. Jadi, apa yg perlu dipelajari agar kemungkinan besar lolos?
    terima kasih

    1. Apa yang perlu dipelajari? yang perlu dipelajari ya pelajaran yang ada di sekolah. Karena materi tes SPBMTN adalah materi-materi yang diajarkan di sekolah. Atau kalau memang nilai rapor kamu cukup bagus, coba daftar melalui SNMPTN aja.

  171. Mantap mas, buat motivasi. hehe

  172. wah,, saya baru nyadar jurusannya sampeyan sama dengan kakak kandung saya,, angkatannya ’06 sih…

    1. Namanya siapa, kak? barangkali kenal. 😀

  173. kak,minta saran y dong,aku gk bisa komputer,bhkan hampir gk tau,tpi pngen msuk IT kak,apakah msih ada peluang kak,

    1. Peluang itu selalu ada bagi orang yang punya kemauan. Karena di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

  174. di jurusan teknik informatika ini ga beda jauh kan ama tkj? soalnya gw takut ni salah ngambil jurusan yg pas ama karakter gw

    1. Basic-nya sih sama. Kalau di perkuliahan, jaringan itu merupakan bidang minat. Jadi, ntar kalau sudah tingkat 3 (semester 5), biasanya akan ada peminatan. Nah, di teknik informatika (studi kasusnya ITS lho ya.) itu ada beberapa bidang minat. Salah satunya adalah pemrograman berbasis jaringan.

  175. Kak kira2 kalo di tekhnik informatika matematikanya yg dipelajarin tentang apa aja ya kak? Apa masih kaya SMA? Apa cm khusus di materi2 tertentu aja?

    1. Sebagian besar materi pengayaan waktu SMA aja kok. Kalau mau tahu selengkapnya apa yang dipelajari di teknik informatika, cek aja di mari: http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

  176. Pernah ikut olimpiade komputer waktu SMP/SMA.
    Pernah kenal pemrograman sebelumnya.
    Hobi mengutak-atik desain blog (edit HTML dan CSS).
    Punya rasa penasaran yang besar pada proses pembuatan aplikasi komputer.
    Pernah mencoba membuat aplikasi komputer / aplikasi mobile / website.
    Sering menghabiskan waktu untuk mencari tutorial pemrograman (website/buku/video).
    Punya cita-cita menjadi seorang programmer.
    Punya cita-cita menjadi seorang game-developer / web-developer.
    Punya cita-cita menjadi hacker(?).
    Sering mengutak-atik dan mengoprek Linux.
    Sering berlangganan majalah tentang IT

    Nomer 1, 10, dan 11 bukan saya.

    Oh ya Kak, biasanya kalau mau masuk jurusan Teknik Informatika dites apa saja? Tesnya tes umum atau ada tes khusus untuk jurusan tersebut?

    1. Tesnya sama saja kok dengan jurusan lainnya.

  177. kak, saya kan suka matematika, suka ngutak-atik smartphone, suka ngegame, kalau dari tulisan diatas ya ada kemungkinan, ada kecocokan juga, tpi yang jadi masalah di kerjaannya, kalau di daerah kabupaten kecil apa ada kerjaan yang berhubungan dg jurusan tsb?
    dan kalau di jurusan TI apa saja yang harus diperkuat?
    tolong beri jawaban dan sarannya, terima kasih 🙂

    1. Kerja di bidang informatika itu nggak ada urusannya sama kabupaten kecil atau nggak. Karena persaingan di bidang IT sudah global. Banyak orang Indonesia bikin aplikasi dan game yang bisa sampai mendunia dan digunakan oleh banyak orang.

      Diperkuat niat, semangat, dan daya juangnya. Karena apapun jurusannya, resep suksesnya selalu sama: mau bersungguh-sungguh.

  178. iya nieh saya juga mau masuk Teknik Informatika (klo udah kuliah nanti) , tapi saya masih di kriteria “mungkin” tapi saya masih berusahan , :v trus saya lebih suka otak atik software dari pada hardware

      1. sama-sama, sob. makasih juga sudah mampir.

  179. Kak, saya SMA jurusan IPS, dan tidak suka matematika Ada kesempatan ngga?

    1. Kesempatan sih ada. Tapi yakin mau masuk informatika? Informatika banyak matematika lho.

  180. kak, dari tulisan diatas saya punya semua kriteria “kemungkinan besar akan cocok kuliah di jurusan teknik informatika”,
    tapi saya masih ragu menentukan,soalnya saya bingung klo lulus TI nanti kerjanya apaan..karna perusahaan IT kan sedikit di medan..
    bisa kasih referensi tempat kerja setelah lulus..

    1. Kerjanya lulusan IT itu umumnya jadi programmer dan analis. Secara umum, peluang kerjanya sama dengan lulusan jurusan teknik pada umumnya. Tapi kalau lulusan teknik informatika itu lebih berpeluang untuk bikin usaha sendiri dengan menjadi game developer, software developer, dlsb.

  181. Gan,anekan suka maen komputer seperti maen game , sempet bikin inject internet gretongan pake VB dirumah tapi ssh nya nggak mau konek (source codenya dapet copas alias googling :v) dan browsing liat” hardware komputer .. tapi nggak suka/males belajar yg berhubungan matematika .. kira” cocok banget/cocok/kurang cocok untuk teknik informatika ??
    tadinya saya mau ngambil teknik komputer karena berhubungan hardware (ane suka liat hardware komputer soalnya) tapi teknik komputer cuma D3 .. kalo teknik informatika kan S1 tuh… terima kasih sebelumnya 😀

    1. Kalau cuma gitu sih kurang kayaknya. Tapi selama ada minat dan keinginan, yakinlah, bahwa pasti ada jalan.

  182. Mas maaf, bedanya Ilmu Komputer sama Teknologi Informasi kayak di UGM itu apa ya?

  183. kak ..mau nanya nih ..
    kalau sya lulusan SMK jurusan mesin,, trus mau kuliah jurusan TI, tp sya g ngrti tntang komputer sma skali ,, ngrtinya y cuma MS.Office gt ,, trs MTK,fisika,dll yg brhbungan dg hitung”an sya gk bisa bget ,,, tp sya kpengen bs blajar tntang komputer” / TI gt,, apakah sya ini cocok d jurusan TI gak kak??? mohon saranx kak

    1. kalau mau belajar, sebenarnya nggak harus kuliah di jurusan TI kok. belajar otodidak pun bisa. kuliah itu kalau bisa yang ilmunya kita sukai. biar kita nggak merasa terbebani dan bisa menikmati proses pembelajarannya.

  184. Aku Udah Masuk Jurusan TI kak Akan Tetapi Aku ?
    sama sekali tidak suka Matematika aljabar dan kalkulus itu gmana kak ?
    Apakah harus pindah jurusan atau gimana thanks sebelum.a kak ….

    1. Kalau sudah masuk tapi nggak suka matematika, ya mulai sekarang usahkan untuk bisa suka. 😀

      1. thanks kak saran.a Tapi aku.a udh pindah ke Jurusan Sistem Informasi
        Salam Dari Mahasiswa STMIK Widya Pratama Pekalongan kak 🙂

      2. Semangat ya kuliahnya 😀

  185. Permisi, salam kenal ka..
    Gue mau minta pendapat/saran nih, gue mau cerita dulu deh ya ka jadi gini gue udah keterima di jurusan TI nah tapi itu gue iseng2 karena bokap nyaranin supaya ngambil jurusan TI aja dan ga nyangkanya gue keterima lebih parahnya gue dapet kelas internasional-_- sedangkan di planning gue sebelumnya tuh ga ada niatan ngambil TI ga ada sama sekali, jujur minat gue ke Arsitektur/desain interior/pwk gitu2 deh, gue ikut tes2 juga jurusannya juga ga jauh darisitu. setelah keterima baru deh gue sercing2 TI tuh ngapain, belajarnya apa aja bla bla.. gue shock pas tau mtk nya mesti kuat?! what?! *oke gue lebay* sedangkan belakangan ini gue lemah banget mate nya ka-_- pas kelas 1 sma mtk gue bagus tapi pas kelas 2,3 itu tuh suram, ga ada semagat juga lagi buat nekunin mtk-__- gue lebih interest ke fisika gatau kenapa.. dan yeah cita2 gue angan2 gue dari dulu tuh pengen jadi arsitek ka. Final nya pas pengumuman sbmptn sama simak nanti gue bakal diterima apa engga 😐 kalo engga gue bakal ngambil TI dan mengubur dalam2 cita2 gue sebagai arsitek. Menurut lo gimana ka?

    1. Kalau memang sukanya desain ya mending masuk desain sih. Coba jelasin aja baik-baik sama bokap kamu kalau kamu sukanya desain, bukan matematika dan logika. Coba tonton film 3 Idiots deh. Biar tahu apa yang gw maksud. Semua orang tua itu aslinya pengen anaknya bahagia. Kalau kamu memang lebih bahagia masuk arsitektur atau desain interior, gw rasa bokap kamu pasti bisa menerima kok. 🙂

  186. wah, klo begitu gua cocok masuk jurusan IT

  187. TIYANI NURDIN Avatar

    apakah prospek kerjanya luas kalo kuliah jurusan TI? Oia kuliah jurusan TI di daerah jakarta ada ngga ya? karna aku ngga boleh jauh jauh

    1. Luas banget. Bisa jadi web developer, app developer, mobile app developer, game developer, + hampir semua perusahaan besar mempunyai divisi IT. Jadi, demand (kebutuhan) tenaga kerja di bidang IT sangat besar akhir-akhir ini. Kalau di Jakarta, bisa coba UI, Binus, atau Gunadharma.

  188. Assalamu’alaikum wr. wb
    Kak, maaf mau nanya nih
    Aku bener” ngga tau matematika, aku coba liat” kaya kalkulus, algoritma di google tapi susah belajar otodidaknya, tapi aku pengin banget kuliah di TI
    apa aku bisa kuliah di TI?
    apa matematika bener” harus bisa kak?

    Tolong jawabannya ya kak 🙂
    Makasih

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang minat kuliah di TI ya mau nggak mau harus ketemu aljabar, kalkulus, matematika diskrit, dan lain sebagainya. Soal harus jago matematika atau nggak, itu bahasan lain lagi. Yang jelas mata kuliah di teknik informatika itu didominasi oleh matematika dan pemrograman.

      1. Kak Kalo Udah Terklanjur Masuk Jurusan TiI tp ndak suka Sama Matematika Aljabar Dan Kalkulus Itu Gimana kak ? tolong saran.a Terimakasih sebelum.a

  189. Ayu Aneke Pangestika Avatar
    Ayu Aneke Pangestika

    wah, cocok nih sama saya. Semua kemungkinan nya ada pada saya. Cuman saya masih bingung soalnya saya dari jurusan IPS boleh kah masuk jurusan IT?

    Dan saya berniat mau masuk PTS klo bisa dari jurusan IPS

    1. Kalau di PTN, kayaknya gak bisa. Tapi kalau di PTS, mungkin bisa. Karena setiap kampus punya kebijakan yang berbeda.

  190. Bang numpang tanya, kalo Teknik Informatika itu sama ngga dengan Ilmu Komputer, Sistem informatika, sistem informasi, Teknik Informasi
    Ini beda nama doang ato emang beda pelajarannya
    Buat referensi SBMPTN nih bang 🙂

    1. kalau disuruh nyebutin secara pasti apa perbedaannya, saya kurang tahu. Tapi kalau nggak salah ingat, hal ini pernah saya bahas di sini: https://kamuitubeda.wordpress.com/2013/12/13/macam-macam-jurusan-komputer/

  191. yah berarti ngga cocok ya kak ? tapi aku juga pengen bisa dan paham masalah IT.. gimana dong kak ?

    oh ya kak, kalau masuk IT ada kriteria khusus ngga sih ka ? ya misalnya harus bisa bikin aplikasi atau apa gitu ?

  192. kak, kalo suka matematika, Belum kenal pemrograman tapi suka mempelajari hal baru, suka belajar otodidak, Punya cita-cita menjadi hacker(?), Suka browsing tapi yang dibaca bukan
    tentang IT, danIngin menjadi desainer.

    itu cocok ngga kak kalo masuk IT ?

    1. kalau mau jadi desainer, masuknya jurusan desain. di IT gak diajarin tentang desain sama sekali. 🙂

      1. yah berarti ngga cocok ya kak ? tapi aku juga pengen bisa dan paham masalah IT.. gimana dong kak ?

        oh ya kak, kalau masuk IT ada kriteria khusus ngga sih ka ? ya misalnya harus bisa bikin aplikasi atau apa gitu ?

      2. Seberapa besar motivasi kamu untuk mempelajari IT? kalau memang sangat besar, silakan masuk. ntar bakal dijari bikin aplikasi mulai dari yang paling dasar.

  193. Kalok seperti ini Kak ?
    – aku sedikit suka mendesign
    – aku sama sekali tidak suka MateMatika
    – tapi aku suka bongkar* com/printer/laptop/smarthphone
    Aku lebih suka menjadi teknisi komputer, skrg aku berkerja di bagian teknisi komputer dengan gaji sedikit, karna aku gak punya hijazah SMK/SMA
    Bisa gak aku masuk informatika ? Mohon jawabannya kak…

    1. Di teknik informatika, kita hampir tidak diajarkan tentang hardware printer/laptop/smartphone dan semacamnya. Sebagian besar materinya adalah tentang software. Lebih spesifik lagi. materi teknik informatika itu sebagian besar tentang pembuatan software.

      Kalau gak punya ijazah SMA/SMK gak bisa. Jadi, sebaiknya ikut ujian paket C terus coba ikut SBMPTN.

  194. Bang , Ane ,,, Suka dengan => Masalah Web,, Keamanan nya seperti bug SQL dll ,,dan ane suka Buat/masihh belajar Bikin Game di Flash pake Actionscript ,,, dan gw juga suka nge-desain lewat CorelDraw tapi gw ga jago gambar manual pake tangan ,,, dan gw sekarang masih SMK Jurusann TKJ dan gw juga suka Linux … > DAN TAPI gw Ga Suka Namanya MateMatika..yang Materi2 itu Apakah gw cocok masuk Informatika….?

    1. Kalau gak suka matematika, mungkin akan sedikit kesulitan. Karena banyak mata kuliah yang berhubungan dengan matematika. Tapi kalau memang sudah ada niat ya coba saja. Semangat! 😀

      1. kk q gx bisa pelajaran matematika tpi yg lain ya q suka

      2. kamu minat bikin program (belajar pemrograman) gak? kalau memang minat ya lanjut aja. ada banyak jalan menuju Roma.

  195. Supriyanto Manurung Avatar
    Supriyanto Manurung

    kak..
    saya mau nanya..
    saya SMK jurusan TKJ…

    tapi saya kepengen ngelanjut di jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer yang lebih condong kepada jurusan RPL…

    saya pernah mempelajari pemograman walapun hanya sekilas…

    pada tahun 2013 saya pernah ikut LKS tingkat Provinsi tapi bidang Design Grafis…
    saya sebenarnya bercita-cita sebagai photographer ataupun bidang desain grafis atau bangunan…

    tetapi melihat permintaan pekerjaan, saya lebih suka menjadi seorang programmer, Hacker ataupun Game Developer/Web Developer, arsitek atau bidang desain lainnya…
    apakah saya cocok mengambil jurusan Teknik Informatika/Ilmu Komputer ?

    karena program studi yang cocok dengan jurusan TKJ itu menurut saya program studi Teknik komputer atau sistem Komputer….?

    1. Kalau jurusan TKJ sih insyaAllah cocok. Soalnya sudah ada basic dan sudah tahu apa yang akan dipelajari di Teknik Informatika.

  196. Kak, kalau saya punya cita2 mau jadi game-developer / hacker dan punya rasa penasaran untuk membuat aplikasi komputer, tetapi saya belum pernah belajar ttg pemrograman, menurut kakak udah cocok belum jadi anak TI??

    1. Cocok sih cocok. Yang penting dijaga terus aja semangatnya.

      1. Kalau sudah menjadi anak TI akan diajarin cara pemrograman dari 0 kak ? Atau harus udah tau dasarnya ?

      2. Tenang, akan diajari mulai yang paling dasar kok. 🙂

  197. Wah…saya lebih dominan ke Kemungkinan besar. Tapi, cuma enam kategori yang lebih dominan. Sisanya ??

    Apakah masih berpeluang mas ?
    Terima Kasih. Minta sarannya dong kak

    http://sepotret-informasi.blogspot.com

    1. Di postingan ini saya menjelaskan tentang kecocokan, bukan tentang peluang.

      Jadi, kalau bicara masalah peluang masuk, itu kembali lagi bergantung pada kemampuan kita, kampus dan jalur masuk yang kita pilih.

  198. kak,tolong di ceritain sedikit tentang pengalaman kakak, sejak kuliah…
    belajar TI. buat motivasi saya..

    1. Terlalu panjang untuk diceritakan. 😀

  199. kak kalo minat sama animasi..cocok gak pilih jurusan ini..?
    tapi gak jago matematika

  200. kak..kalo suka sama animasi cocok gak masuk teknik informatika?
    tapi gak jago dalam matematika..

    1. Kalau suka animasi murni, mending masuk desain komunikasi visual. Tapi dengan catatan, kamu juga musti suka gambar kalau memang minat masuk DKV.

      Kalau teknik informatika, hampir tidak ada materi tentang animasi. Kalaupun ada, mungkin sangat minim sekali.

  201. Bg kalau teknik yang ada sangkut pautnya dengan robot termasuk gak kedalam teknik informatika

    1. Teknik informatika ada sih tentang robotika, tapi sangat sedikit. Kalau mau fokus menekuni robotika, jurusan yang paling pas adalah teknik elektro.

      Semoga bisa membantu.

  202. kak, klo dilihat dari postingan diatas sih, sya termasuk org yang “kemungkinan besar” cocok kuliah di tek.informatika. Cuman yg saya mau tanya, apakah ada kemampuan akademis penunjang yg harus kita punya utk bisa masuk ke fakultas tek.informatika. Contohnya: kita harus bener2 ngerti dengan materi matematika sprti: limit, integral, atau bahkan fisika (?) Trus satu lagi, kira2 klo nilai raport kita nilai matematika kita yaa rata2 83-an tp rata2 nilai TIK 89-an itu cocok gak utk bisa lulus snmptn/kuliah di tek.informatika?

    1. selamat kalau gitu. nggak ada syarat khusus kok. tapi kalau memang ngerasa sudah ada minat sih, sebaiknya mulai cari tahu sedikit-sedikit tentang pemrograman. biar punya gambaran apa yg dipelajari di teknik informatika.

      kalau soal SNMPTN, maaf saya tidak bisa membantu. soalnya saya tidak punya kapasitas di bidang seleksi masuk perguruan tinggi. saya cuma tahu bagaimana perkuliahan di teknik informatika. kalau masalah seleksi masuk, sebaiknya tanyakan pada guru BK.

      demikian. semoga membantu.

      1. oke. Makasih buat pencerahannya mas 🙂

  203. bg,
    aku dah kelas 12 neh,,
    aku mau masuk IT tapi bukan di ITS, tapi UIN,,
    kira2 abang cocok gk,,

    dan,
    jalur masuk yang menurut abang bagus apa ya??
    mau pake jalur SBMPTN nilai say kurang bang,,
    jadi tolong solusinya ya bang !!

    satu lagi,,
    tlong nilai blog ane ya bang,
    chelebet.blogspot.com

    meskipun blognya sarat akan javascript tolong komennya ya bang,,,

    tlong di bales bang,,,

    TRIMAKASIH !!!!!

    1. kok malah tanya aku sih? 😀
      kan yang mau kuliah kamu.
      kuliah di manapun itu nggak ada bedanya selama kita suka ilmunya.
      kalau kamu memang sudah yakin kalau memang suka pemrograman dan tertarik untuk mempelajarinya, ya silakan masuk teknik informatika.

      jalur masuk yang bagus itu yang bisa membuat kita masuk di jurusan yang sesuai dengan passion, minat, dan bakat kita. 😀
      jalur masuk manapun ada plus minusnya. kalau mau enak sih mending SNMPTN, gak usah tes. coba SNMPTN dulu aja. ntar kalau gak lolos baru coba SBMPTN.

      blognya asik. animasinya juga bagus.
      tapi saran saya sih, sebaiknya kontennya diperbanyak lagi.
      karena ngeblog itu yg penting kontennya.
      tampilan itu cuma sarana pendukung aja.

      semoga sukses! 🙂

      1. 😉 😎

        Makash bang saran nya

  204. kak,,,
    aq boleh minta bimbingannya gk untuk membuat blog tentang keknik informatika???
    sekarang sedang dalam proses pembuatan, tapi aq merasa blog saya itu masih kurang bagus,, ( bisa dikatakan tidak bagus ),,

    1. O ya kak,,, ini blog saya yang masih dalam proses pembuatan,,
      http://juniasbiah.blogspot.com

      1. coba download tema yang sudah jadi aja, daripada utak-atik html secara manual. utak-atik html itu buat mempercantik tampilannya aja.

    2. blog tentang teknik informatika? blog tutorial gitu bukan?
      atau cuma blog opini seperti blog saya ini?

      emang pakai apa? wordpress? blogspot? tumblr?

  205. Saya maba teknik informatika nih bang. Alhamdulillah, sejauh ini saya masih bisa mengikuti kuliah informatika dengan baik walaupun banyak tugas tetapi kalo memang masuk karena passion pasti tugas-tugas tersebut bisa dilalui. Thanks bang, kalo masuk jurusan sesuai passion itu emang enak ya 😀

    oh iya, mampir juga dong ke blog saya bang http://www.logimagination.blogspot.com. Maaf nih kalo blognya jelek, maklum masih newbie XD

    1. Wah, selamat ya. 😀

      Mantap. Dijaga terus ya semangat ngeblog-nya 🙂

      1. Sipp bang, mohon bimbingannya ya 😀

  206. kak, tolong bagi cerita perjuangannya dong pas mau masuk TI ITS, sekalian tips gitu buat pejuang SBMPTN 2014 biar bisa lolos di ITS 🙂 makasih sebelumnya

    1. Sebenarnya ini sudah pernah saya post di blog pertama saya di blogspot. Ini link-nya:

      Ini untuk ceritanya:
      http://lembaranbarukehidupan.blogspot.com/2009/03/sukses-snmptn.html

      Ini untuk tips-nya:
      http://lembaranbarukehidupan.blogspot.com/2009/04/sukses-snmptn.html

      Maaf, kalau tulisannya agak berantakan. Sudah lama sekali tidak saya buka. Soalnya mulai tahun 2010 saya pindah blog ke WordPress. Dan tulisan-tulisan yg ada di Blogspot sengaja tidak saya impor ke sini.

Ada komentar?