Mitos Seputar Teknik Informatika

Haloooo. Gimana UNASnya kabarnya? ๐Ÿ™‚

UNAS sudah selesai, SNMPTN juga tinggal menunggu hasil. Ngapain lagi kalau gak baca blog ini ya? ๐Ÿ˜€ *dikeplak*

Berhubung sudah lama sekali saya tidak menulis postingan tentang teknik informatika lagi, sejujurnya, saya kekurangan ide mau nulis apa lagi kali ini. Sebenarnya saya ingin melanjutkan postingan berseri saya tentang teknik informatika, tapi untuk kali ini saya akan menulis beberapa mitos tentang teknik informatika.

Berikutย  ini beberapa mitos tentang jurusan teknik informatika:

1. Lulusan Teknik Informatika itu Gajinya Tinggi

Sudah bukan rahasia lagi, kalau beberapa orang tua menginginkan anaknya agar masuk jurusan teknik informatika agar kehidupan finansial mereka terjamin. Meski teknik informatika itu pilihan saya sendiri, orang tua saya sendiri pun berpendapat demikian. Pernah suatu ketika waktu menunggu antrian di bank, Ibu saya sempat ngobrol dengan salah seorang pengantri. Dan setelah bercerita panjang lebar-yang saya tidak tahu pasti apa yang Ibu bicarakan sampai akhirnya pengantri tersebut bertanya saya kuliah di mana- Ibu saya pun bercerita kalau saya kuliah di Teknik Informatika ITS.

Dan keterangan Ibu saya tersebut pun direspon dengan sangat positif olehnya. Katanya dia punya sanak saudara lulusan informatika. Dan sekarang saudaranya tersebut kerja di Jepang (kalau saya gak salah ingat).

Faktanya:

Lulusan teknik informatika itu gajinya memang lumayan besar. Bahkan mungkin salah satu di antara yang terbesar. Hampir setingkat dengan lulusan pertambangan dan perminyakan. Tapi itu semua bergantung pada tempat kerja kita. Sebagai info saja, teman saya yang kerja di Jakarta, gajinya rata-rata sekitar 4-7 juta per bulan. Entah itu di BUMN maupun perusahaan swasta multi nasional. Tapi perlu kalian tahu, nggak semua lulusan teknik informatika gajinya segitu. Ada juga teman saya yang gajinya sekitar 3 juta per bulan. Kebanyakan teman saya yang gajinya sekitar 3 juta ini kerjanya di Surabaya dan sekitarnya. Menyedihkan bukan? ternyata gaji lulusan teknik informatika tidak berbeda jauh dari gaji buruh, sob. ๐Ÿ˜›

Dan berdasarkan cerita teman saya yang pernah ikut recruitment testย untuk perusahaan tambang batu bara di Kalimantan, gaji untuk lulusan informatika di perusahaan tambang tersebut sekitar 9 juta. Dan yang lebih ‘gila’nya lagi, di sana, dalam setahun, kita bisa mendapat 21 kali gaji. Bayangkan, setahun 21 kali gajian, bro!

Jadi, kembali lagi, gaji itu tergantung tempat kerja kalian di mana. Kalau kalian memang sangat berminat untuk masuk teknik informatika, mungkin saat ini adalah masa-masa keemasan bagi lulusan teknik informatika. Karena saat ini smartphone sedang laris-larisnya. Sehingga kalau kalian kurang berminat untuk bekerja di perusahaan orang lain, kalian bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendulang rupiah. Entah itu dengan membuat game maupun dengan membuat aplikasi-aplikasi lainnya.

2. Masuk Teknik Informatika Itu Susah

Banyak yang bilang kalau teknik informatika salah satu jurusan paling banyak diperebutkan oleh lulusan SMA. Selain jurusan kedokteran yang selalu jadi favorit tentunya. Maka dari itu, banyak yang mikir kalau hanya ‘orang-orang terpilih’lah yang bisa masuk teknik informatika.

Faktanya:

Masuk teknik informatika itu gak sesusah keluarnya, sob. *oke, maaf, ini agak berbau curcol*

Hehe. Kalau dibilang susah sih relatif ya, tapi kalau butuh banyak usaha dan doa, iya. Untuk masuk jurusan teknik informatika itu butuh banyak usaha dan doa. Lebih-lebih di kampus negeri. Saya sendiri pun gak membayangkan kalau masuknya saya ke teknik informatika itu berkat usaha dan doa saya sendiri. Malah saya membayangkan kalau itu semua tidak lepas dari usaha dan doa keluarga saya (terutama Ibu), para guru, dan juga teman-teman saya.

Jadi, buat kamu yang masih SMA, dan berminat untuk kuliah di kampus negeri, ada baiknya kamu belajar dengan tekun agar bisa masuk melalui jalur undangan sehingga tidak perlu “berdarah-darah” bergerilya melalui jalur ujian tertulis.

Satu yang pasti, mendaki ke puncak itu nggak bisa sesantai jalan di pantai.

3. Anak Teknik Informatika Jago Benerin Laptop

Ini salah satu mitos paling absurd sedunia. Dan sayangnya, banyak sekali orang yang mempercayainya. Sejak kuliah di jurusan informatika entah sudah berapa kali saya diminta membetulkan laptop teman saya yang sedang rusak gara-gara mitos yang satu ini.

Programmer

Faktanya:

Di teknik informatika itu kita tidak pernah mendapatkan materi troubleshooting. Gak ada materi tentang servis laptop rusak dan sejenisnya. Jadi, kalau beranggapan SEMUA anak informatika itu jago benerin laptop, selamat, kalian benar. Benar-benar salah maksudnya. Karena nyatanya, hanya sebagian kecil diantaranya saja yang paham tentang hardware dan semacamnya.

Dan kalau kalian menemukan teman kalian yang kuliah di teknik informatika jago benerin laptop, kemungkinannya cuma 2. Kemungkinan yang pertama, dia memang jago benerin laptop. Kemungkinan yang kedua, dia jago googling.

Karena seperti yang pernah saya tulis di Twitter, “anak informatika itu kalau gak bisa coding, minimal harus jago googling.” ๐Ÿ˜€

Berhubung postingan ini sudah hampir mencapai 700 kata, sebaiknya saya akhiri sampai di sini dulu postingan yang satu ini. Karena sudah kurang nyaman untuk dibaca. Untuk mitos-mitos yang lain, insyaAllah akan saya jelaskan di lain waktu.

Oh iya, satu lagi, sebenarnya yang kalian ingin tahu dari teknik informatika itu apanya sih? ๐Ÿ™‚

Tolong dijawab ya, biar saya lebih enak dan gak bingung mau bikin postingan apa. ๐Ÿ˜€

Kuliah itu bukan sekadar tentang mengejar gaji tinggi, tapi tentang memaksimalkan passion, bakat, dan potensi diri.

————————————————————————–
NB: Untuk postingan saya seputar teknik informatika yang lain bisa disimak di sini.

*) sumber gambar

Advertisements

481 thoughts on “Mitos Seputar Teknik Informatika

  1. jones

    jurusan ti itu sulit bos, masih mending jurusan yg lain , projeck kgak klar ancur hidup loh, tiap mlm bergadang itu pun klau progrm jlan, klau progrmnya error trs mkn pun kgak semangat , tambh kurus dan akhirnya mati , sebelum msk ti berpikir dlu 2x
    .

    1. Nah ini ada yang sudah paham gimana rasanya. ๐Ÿ˜€

      Buat kalian yang mau masuk teknik informatika, jangan cuma lihat enaknya doang. Kuliah di jurusan teknik itu mesti berdarah-darah. Soalnya banyak tugas dan praktikum.

  2. halo bang. jadi gw pengen masuk informatika nih, tapi yaa gitu gw dari jurusan ipa yg pelajaran komputer aja gada, jadi masih gak ngerti coding-coding gitu. tapi gw pengen bgt ke TI karna gw pengen bisa ngutak-ngatik program komputer gitu, pengen bisa bikin aplikasi sendiri, tapi masih belum punya ilmunya. nah kira2 gw bisa survive gak kalo misal (aamiin) keterima di TI? thx bang

    1. Bisa saja. Yang paling penting untuk bisa survive di perkuliahan, lebih-lebih di jurusan teknik itu adalah kemauan untuk belajar secara mandiri. Karena di perkuliahan, porsi belajarnya lebih banyak mandiri. Materi perkuliahan seringkali cuma dasar-dasarnya aja. Jadi harus sering coba sendiri.

  3. Ka saya kls X jurisan rpl, mnurut kaka stlah sya llus nnti apakah lgsg kerja atau kuliah? Adakah prusahaan yg mnerima lulusan rpl dgn gaji lmayan? Dan klo boleh tau prusahaan BUMN apa saja yang mnerima jurusan itu?
    Trims..

  4. Muhammad Hidayat

    Ka saya baru msuk smk jurusan rpl, mnurut kaka sya stlah llus akan lgsg kerja atau kuliah? Adakah perusahaan yg nerima jurusan rpl lulusan smk dgn gaji lumayan dan klo sya boleh tau prusahaan BUMN apa saja yg menerima pada jurusan itu?
    Trims.

  5. Assalamualaikum min,
    Jadi gini min saya mau nanya, saya ini baru lulus smk jurusan teknik elektronika, saya hobi banget yang namanya komputer, banyak hal yang saya sukai di komputer ini, mulai dari coding, desain, hacking, kalau ada trobel masalah program komputer dan smartphone insya allah saya bisa mengatasinya sendiri, seperti hang, bootloop , dan saya pernah buat aplikasi keylogger sendiri ya walaupun coding nya masih niru niru dikit hehehe. nah berhubungan saya ingin melanjutkan kuliah yg saya akan ambil nantinya teknik informatika tapi saya ada kendala dengan lemahnya matematika saya, apakah saya cocok nanti masuk ke TI , tapi saya sangat berniat masuk ke jurusan TI berkat hobi saya yang kuat, tolong beri pencerahan buat saya min agar saya termotivasi buat bisa melanjutkannya, terimakasih min

  6. anak teknik

    Menyita waktu, menguras otak Dan tenaga ๐Ÿ˜€ untuk masa depan yang cerah ๐Ÿ˜€ informatika the best choice…. Orang stengah” sebaiknya jangan masuk diinformatika

  7. anak teknik

    Yang mau masuk information harus siapkan mental. Untuk masuk jurusan ini tidak susah” amat, testnya juga sama dgn masuk jurusan lain. Tapi setelah masuk baru kerasa susahnya. Tiap minggu bakal dipenuhi tugas n laporan serta koding ๐Ÿ˜€ pikirkan memang dengan matang sebelum terlanjur masuk. Logika yg paling utama dijurusan ini

  8. nurul erza maharani

    Saya itu pengen tahu tentang peluang kerja tekhnik informatika trus apa banyak wanita yang lulusan tekhnik informatika?

  9. jujur .. saya mau kuliah jurusan informatika karena ingin membuat sebuah program seperti aplikasi game dan lain2 .. saya merasa senang .. dan saya ingin masuk jurusan ini
    dan saya maau tanya tolond di jawab min ^^ ..

    test masuk jurusan informatika apa aja supaya saya bisa mempelajarinya dan bisa masuk di jurusan itu .. saya sangat ingin T.T .. walaupun itu sulit .. tapi saya senang dan saya yakin saya bisa ^^ .. saya bukan mengejar jurusan itu karena pekerjaan gajih banyak atau cari kerja mudah .. tetapi ILMU nya yang saya SANGAT inginkan .. jadi saya mohon admin menjawab peertanyaan saya ..

  10. Riky Ramadan

    Kak aku kan mau lulus SMP nah aku mau ambil SMK jurusan MM nah , kalo udh lulu apakah bisa lanjut kuliah Ambil IT ?… makasih

  11. jefri

    Kak mau tanya ni aku anak ips pengen masuk IT . Kendalanya MTK akulemH .. tapi aku ada minat dan niat untuk jurusan itu
    Apa mungkin aku bisa masuk jurusan tsb

  12. ibnu

    mau tanya nih , aku lulusan smk rpl 3 tahun yang lalu dan dari 3 tahun lalu juga aku kerja di bidang yang berkaitan dengan komputer dan smartphon, seperti software/ hardwer udah lumayan bisa, trus skrg mau nglanjutin kuliah lagi, trus yang aku tanyain klo mau kuliah jurusan TI apakah yang di pelajari, cuman sql/php/algoritma/nessus/csc/kalkulus/javascript/dll

    1. Maksudnya cuma itu apa, ya?

      Setahuku lulusan S1 itu diharapkan mempunyai pemahaman konseptual yang bagus. Jadi memang kuatnya di konsep. Kalau mau belajar praktek, mending kuliahnya D3 atau D4.

  13. suci

    anu kak, kalo kuliah teknik informatika itu sulit ga ya? trus nyita waktu banyak ga ya? ๐Ÿ˜€ sekian terima kasih ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    1. Sulit nggaknya itu relatif. Tapi kalau mudah, rasanya nggak ada yang bilang teknik informatika itu mudah. Kalau nyita waktu itu sudah pasti. Karena setahuku, tidak ada jurusan teknik yang tugasnya sedikit. Rata-rata jurusan teknik itu tugasnya banyak dan banyak praktikum.

  14. tiara

    Aku msih smp kak trs pgn masuk smk, tpi aku bingung mau ambil jurusan RPL , MM atau TKJ yah? Minta sarannya dong๐Ÿ˜‰

  15. Reza saputra

    Oke pas pertama belajar koding kok ngerasa nyaman ya. Tapi pas ada makul kalkulus, statistika, aljabar dll pokoknya yg berhubungan matematika ekstrim kok ngerasa down gitu ya.beri solusi dong
    Wasalam gan

  16. Sastiansyah Rudi

    Kak saya mau tanya dong, mending mana Teknik Informatika atah Teknik Indusi soalnya masih bingung. Tentang informatika saya pengen bisa bikin game, kalo math ya lumayan la, tapi pemrograman kenal sedikit kebetulan pascal dikit dikit. Selain itu saya punya sertif osn tingkat kota/kab walaupun ga lolos hehe. Soal logika ya bisa diadu. Untuk Teknik Industri saya pengen kerja di perindustrian, katanya sih nyari kerjanya ga sesulit Informatic. Terus, kalo ttg basic teknik MAtFIkimA lumayan paling ya 60~65%, kalo fisikanya cenderung gak bisa, terus ttg gaji kata orang” lumayan dan pasti banyak perusahaan yg butuh, di teknik industri juga bljr materi ips kayak psikologi eko dll, saya juga suka pelajaran itu. Nah pertimbangan nya itu di tek industri bisa belajar pemrogaman juga. Selain itu prodi tek industri gak seramai tek informatika.
    Gimana nih kak untuk pendaftaran snmptn (tek Industri upn jakarta/informatika uin Jakarta)๐Ÿ˜ tolong di reply ya kak

  17. Wolff

    Nice post kak ๐Ÿ˜€
    kak, aku mau nanya nih, sekarang kels 3 SMA bntar lagi mlih jurusan buat undangan, aku tertarik bngt sama komputer, pernah punya mimpi bikin virus trus jual antivirus, hahaha otak kriminal bgt :p
    rencananya mau mlih juruan TI, tpi aku msih minim banget mslh komputer kak, matematika ya ga jago2 amat, kalau ngerti sih bisa, hehe.. ngetik juga masih 3 atau 4 jari (wadoh malunyaa) :v hahaha kira2 bisa gk kak jalani jruusan TI? apa gak jadi ketinggalan jauh dari orang2 yg sblumnya udh prnah blajar pemograman? apa bisa ngikutin pelajarannya kak? makasih kak ๐Ÿ˜€

  18. Mutiara Citra Kusuma

    Intinya TI itu gak sesulit yang kalian bayangkan. Yg terpenting bisa bermain dgn logika maka coding dkk masalah gampang. Oh iya sedikit comment ttg pelajaran TI, TI juga ada kok pelajaran troubleshooting nya. Mulai dari hardware dan software tpi emang gak terlalu detail.

    NB : saya mahasiswa di salah satu politeknik negeri jurusan TI.

  19. Nice share mas, Saya baru aja dateng di blog mas jadi betah bacanya. Memang Jurusan teknik itu, harus jago memanfaatkan waktu mas. Buat googling maksudnya. wkwkwk Salam Beda mas

    1. Hehehe. Begitulah jurusan teknik, deritanya tiada akhir. Btw, makasih sudah mau mampir dan sudah mau komen. Boleh banget lho kalau misalnya ngajakin temannya buat main ke sini juga. ๐Ÿ˜‰

  20. Yusril

    Kak, aku mau tnya nih, aku anak smk jurusan elektronika, trs pnya niatan bwt ambil s1 teknik informatika .. mslhnya saya gk mudeng2 bgt sama yg namanya komputer, di rumah aja komputer paling bwt ngetik tgs2 doang.. kira2 mnrt kakak cocok gak y ? .. dan mngkin kakak berpikir knp gak lnjt nerusin elektro knp ? Karena mnrt saya, eletro gak begitu seru dlm hal praktik nya … terimakasih .. tolong dijawab yah..

    1. Kalau nggak mudeng sama komputer nggak masalah selama kemampuan logikanya baik.

      Tapi cocok nggak itu nggak ada rumus pastinya. Harus dibuktikan sendiri. Soalnya yang bisa merasakan enak nggaknya, cocok tidaknya kan diri sendiri.

      Elektro asik loh. Apalagi robotika atau arus kuat. Bisa kerja bikin robot di Jepang atau kerja di PLN. Hehehe.

  21. adhitya

    Kalau mamahmu nyuruh kamu
    “nak, beli susu sebotol di alfamart. kalau disana ada telor, beli 6”

    Trus lu pulang bawa susu 6 botol

    Lu cocok di informatika. hahaha

    #Seriously

  22. Ahmad Wafiq Amrillah

    Saya masih SMA kelas 3 kak (ceritanya mau lulus), tapi saya punya keahlian dalam komputer…
    Untuk masuk Teknik Informatika, apa yang pertama kali yang harus saya kuasai?
    Mohon pencerahannya kak… ๐Ÿ˜€

    1. Kalau di teknik informatika, skill teknis yang fundamental adalah kemampuan logika (matematis) dan pemrograman.

      Jadi kalau bisa mulai sekarang kenalan dengan pemrograman. Biar nggak kaget.

  23. Lathifa

    Kak aku skrg kls 3 SMA lg bingung2 nya milih jurusan, minatnya sih jurusan IT. yg mau di tanyain prospek nya kalo sudah keluar emang bener bisa jadi guru TIK gitu? Jawab yah kaa, thx: )

  24. jely adam

    Kak mw nanya ini gini aku dri dulu minat banget am IT tapi yang buat aku bingung aku dulunya jurusan IPS tpi ilmu komputerku lumayanlah tpi matematikaku kurang ni kak n apakah aku bisa masuk di jurusan ini mohon petunjuknya

    1. Kalau kamu IPS dan memaksakan masuk kampus negeri bakalan susah. Jadi kalau kamu memang benar-benar minat masuk IT pilihannya ya masuk kampus swasta. Kalau matematika kurang sebaiknya pikir-pikir lagi. Soalnya IT itu bukan hanya otak atik komputer. Mayoritas materi kuliahnya itu kalau nggak tentang pemrograman, pasti tentang matematika.

    2. Mutiara Citra Kusuma

      Saya kurang setuju dgn comment admin. Temen saya ada anak TI dari jurusan IPS. Malah kami di kampus negeri. Temen saya yg dari jurusan IPS bisa tuuh nguasai IT, malah IP nya nembus 3,8 dan dia bisa jebol server kampus. Intinya asal ada niat belajar IT pasti bisa.

  25. Mau tanya” nich skalian curcol dikit . hehe
    Kn td kakak ak bilang klok mw ambil it hrus pinter komputer klok ngga pinter mnding jngn
    Mending ambil yg jaringan ajha gt .
    Nah pertanyaan ny
    LULUSAN I.T itu prospek kedepan ny cerah apa ngga dan apa iya hrus sllu update trs .
    Klok ngga update ntar ketinggalan di dunia yg serba cangih ini

    Dan soal pertanyaan kedua
    Di banding lulusan I.T sama lulusan yg pinter di bidang jaringan itu prospek ny cerah mana . kak

    Makasih ๐Ÿ™‚

    1. Aku nggak pernah bilang kalau ambil IT harus jago komputer. Aku cuma bilang kalau sudah punya modal seperti anak SMK bakalan lebih mudah buat adaptasi.

      Kalau masalah prospek, selama komputer, smartphone, dan internet masih tetap banyak digunakan, selama itu pula prospek lulusan IT akan cerah.

      IT itu salah satu bidangnya adalah jaringan. Jadi ya nggak pas kalau dibandingkan. Soalnya jaringan itu salah satu bagian IT.

  26. Herwin

    Gan, Ni saya anak Smk jurusan pemasaran.
    Pertanyaan
    1. Jurusan kuliah Mana yg bagus Marketing
    Atau teknik informatika. Soalnya ortu terus
    Maksa masuk marketing tapi minat saya Ti
    2. Belajar apa saja di Ti, terus yang gk ada
    Pengalaman bisa masuk mata kuliah Ti?
    3. Pekerjaan apa saja yg menanti di jurusan Ti
    Sekian dan menanti jawaban agan

  27. widya

    kak . besar kemungkinan gak lulusan IT rata rata kerja di perusahaan outsourshing atau vendor. benar gak klo skrg bnyk perusahan ga rekrut IT lgsg buat jd karyawan nya dia? thanks kak..

    1. Kalau masalah kerja tergantung tempat kerjanya. Kalau kamu daftarnya jadi PNS atau kerja di BUMN ya biasanya langsung resmi. Apalagi kalau PNS. Kalau BUMN biasanya ada masa training beberapa bulan, baru jadi pegawai tetap

  28. IviAlvaM

    Kak misalkan lulusan smk jurusan TKJ trs mau nerusin k Teknologi Informatika nyambung gk yhh? soalnya cita” aq mau jd programmer. Kira” bisa gk yh? Minta saran nya dng..

  29. Teguh Santoso

    Assalamualaikum wr wb..

    Saya lagi bimbang banget nih kak, butuh saran,
    tahun depan rencananya saya mau kuliah dijurusan TI,
    saya lulusan SMK jurusan TKJ, dan saya mempunyai minat yang sangat besar dibidang Ilmu Komputer,
    nah yang jadi pertanyaan saya akhir” ini, nnti kalo misalnya saya kuliah dijurusan TI itu yang dipelajarin itu apa saja ya?,
    dan untuk masalah matematikanya itu, hitung”an mendasar atau banyak menggunakan rumus” ya?
    jujur saya tertarik BANGET dengan programming gitu, dan saya selalu ingin tahu cara membuatnya itu gimana, cuman yang jadi kendalanya ya itu saya buruk dimatematikanya itu,
    saya suka banget tentang program” gitu kak, dan saya itu tipe org yang selalu ingin tahu tentang hal yang belum saya bisa hehe,
    menurut kakak saya sebetulnya cocok ga masuk kuliah dijurusan TI atau engga?,
    dan satu lagi saya rencananya mau ambil kuliah kelas karyawan, karena alhamdulillah saya sudah bekerja di salah satu perusahaan BUMN dibidang IT gitu,
    Apakah nnti materi kuliahnya yangkelas karyawan sama dengan yang dipelajari dikelas reguler ya?,
    makasih.

    Wassalamualaikum wr wb..

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb. Kalau menurut cerita kamu, kayaknya kamu memang bakalan betah kalau kuliah di teknik informatika. Soalnya kuliah di jurusan teknik itu memang butuh rasa ingin tahu yg tinggi. Harus suka belajar secara otodidak dan utak-atik sendiri. Soal matematika, secara umum, matematikanya nggak jauh berbeda dengan matematika di tingkat SMA. Kalaupun ada perbedaan, biasanya nggak signifikan. Soalnya memang pengembangan dari matematika di SMA.

      Kalau memang sudah kerja, lebih baik fokus belajar otodidak aja. Kuliah sambil kerjanya biasanya materinya nggak semendalam dg yg hanya kuliah saja soalnya.

  30. MarielaNadya

    Assalamu’alaikum.

    Aku pengen banget ngambil jurusan IT, kalo mikir ‘Logika’ aku suka banget. tapi kalo ke matematikanya, masih angin-angin trgantung gurunya yng jelasin enak apa nggak..

    Kak, aku sih udh ikut kegiatan ekskull di sekolah sintec. tapi ya gitu, cuma diajarin desain grafis aja. kenal pemrograman jg baru dikit banget, Masih nyari2 buku ttg pemrograman. kira2 buku apa ya yg cocok untuk programmer pemula?

    1. Nggak usah buku. Buka langsung situsnya android developer atau cari aja tutorial-tutorial di internet. Kalau mau belajar, sekalian aja niatin buat bikin sesuatu. Soalnya kalau diniatin buat bikin sesuatu nanti akan semangat buat belajar.

  31. OPI

    kalau menurut saya orang TI itu ngak bisa males mikir. harus bisa tahan mikir. dan ngak bosan mikir.
    kalo ngak cocok, saran saya lebih baik anda ngak ngambil. deh.

    tapi jikaemang cocok yaaa. lanjut in saja. kalau bisa itu ngak berat kok.
    ini baru namanya tantangan. dan lagi kalo kita udah bisa kaya seneng banget.

    hehe

  32. rifky

    Buat adik” yang punya rencana masuk di Jurusan Teknik Informatika saya saranin baiknya mengambil kampus yg berbau kental Teknik kaya Institute Teknik atau Politeknik Alasannya Ilmu Ke Informatikaan itu lebih baik yg dalam perkuliahaannya selalu Peraktek dalam hal ini 60% peraktek dan 40% teori jika kita masuk dikampus yg backgroundnya Pendidikan Baguslah lah yg Rencananya pengen jadi Guru tpi yg kmu berjiwa hiperaktif atau selalu ingin membuat sesuatu dan suka dgn kerja yg berbau outdoor gitu baiknya ambillah kampus yg backgroundnya teknik atau Terapan dalam bahasa kerennya buat adik” yg takut masuk di jurusan informatika dgn pemikiran kaya katak dalam tempurung “oh,,, aku gak bisa coding ,,,susah hafal coding,,gak jago matematika ,,, bahasa indonesia aja masih gak karuan gmna mau bahasa mesin asembly,C,C++,Java , Delphi, Visual Basic” sekali lagi jangan kawatir jgn takut “jangan menyerah sebelum berperang” Kalau nanti di terima di jurusan informatika banyak” lah mencoba membuat aplikasi dekstop(offline) jgn lupa banyak membaca beli buku” berbau ke informatikaan kaya buku bahasa programan, database, membuat web. Ka bukan mau menggurui tapi apa yg adik” pikirkan saat ini dalam rencana melanjutkan studi di jurusan informatika sama halnya yg ka pikirkan dulu dari gak bisa coding bingung pembuatan algoritma flowcharnya bahkan membuat aplikasi web. Alhamdulillah dari mecoba-coba jdi terbiasa dan bisa . Manfaatkanlah Internet semua yg pengen di pelajari ada disitu apalagi yg suka buka youtube banyak tutorial tinggal dari kitanya mau berusaha dan belajar . Rugi loh kulia kurang lebih 4 tahun udah dapeet gelar sarjana IT trus gak bisa coding bikin program atau web site apalagi gak bisa membuat cabel straight-cross. nih jurus ampuh yg saya terapkan semasa kulia permasalahan dlm membuat program adalah Jurus ATM (Amati Tiru Modifikasi) itu saja mungkin bisa memotivasi adik” jangan menyerah tetap semangat dan jgn lupa kerja keras usaha dan berdoa

  33. tian

    Bro kalu kita ngambil TI tapi bidang minatnya web itu tentang apa ya?
    Dan kalau ngambil bidang jaringan tentang apa juga ya?.
    dan peluang kerjanya untuk bidang web dan jaringan itu apa ya?
    terima kasih

  34. widia

    Assalammu’alaikum.wr.wb
    Malam kak,
    Aku sekarang kls 2 SMA jurusan IPA,msh bingung mau kuliah jurusan apa.dr dulu udh niat sih pengennya tentang ilmu komputer gitu,pas liat di unpad ada teknik informatika lgsg nih buletin tekat ntar abs lulus mau ambil itu.tp matematika aku ga bgus2 amat(standar) terus msh buta tntg pemrograman,tp suka utak atik laptop.aku msh dilema mau iya apa nggag.tkutnya slh pilih..terus tkut susah cari kerjanya..
    Kakak kuliahnya dmna?
    Mohon sarannya ya..
    Trimakasih..

  35. Christ

    Permisi mau minta saran nih, saya udah lulus D3 Teknik Informatika, saya bingung mau kerja sebagai apa. awalnya saya suka design pada saat SMA (IPA), terus dikasih belajar koding sama kepala sekolah (gak ngerti seriusan, tapi nekat masuk jurusan teknik informatika). Saya memang lemah dimatematika, tapi walaupun saya perempuan, saya suka mengotak atik isi laptop, hobby depan laptop 12 jam, saya bisa coding walaupun gak expert, nilainya 50 lah. walaupun cuma coding php. Menurut anda saya melamar sebagai apa ya? padahal saya inginnya hanya sebagai assisten programmer, karena saya cuma bisa bantu setengah (interface sepeerti css, jquery, dll) saya belum dapet-dapet pekerjaan sampai sekarang. sedangkan passion saya, setau saya saya suka dalam hal document. tolong bantu solusi ya ๐Ÿ™‚

  36. venna

    kak saya pengen banget belajar tentang web dan software, tapi saya lemah di matematika,
    kira kira saya lebih baik masuk teknik informatika atau sistem informasi?

  37. resthiana

    yang saya pengen tau dari teknik informatika itu tentang pembelajarannya ada apa saja dan kalau bekerja di BUMN atau sebuah perusahaan swasta kerjanya disuruh ngapain aja.
    terimakasih

    1. Apa saja yang dipelajari di teknik informatika bisa dilihat di sini: http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

      Kalau di dunia kerja sendiri, semuanya tergantung tempat kerjanya juga. Kebanyakan anak IT biasanya kalau kerja ditempatkan di divisi IT. Tapi nggak selalu seperti itu.

      Soalnya tidak jarang juga ada yang ditempatkan tidak sesuai dengan kompetensi yang dipelajari selama kuliah. Jadi waktu kerja nanti kita akan di-training lagi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Gitu.

  38. root@whoami

    Misi, ane dari smp udah minat sama pemograman, linux, server, database dan sejenisnya. Terminal dan shell makanan sehari-hari sampe rooting dan backroot
    Tapi ane dismk salah jurusan malah ke teknik elektro, karena ga keterima di TKJ/MM (Nasib pendidikan formal jelek)

    Nah udah masuk di Elektro ane malah bimbang mau lanjutin ke yg ada elektronya atau masih ngikutin passion di informatikan, maunya sih masuk SI, padahal mtk ane buruk pake banget apalagi fisika.
    Soalnya ane juga mikir itu ntar ilmu elektro sia2 kalo gak dipake hehe

    Denger2 dari kaskuser jadi anak TI itu harus kerja rodi hehe ๐Ÿ™‚ siap2 gak tidur

  39. Hokazuki

    Saat ini saya masih kelas X Jurusan Akutansi, apakah setelah lulus dari jurusan Akutansi saya bisa mengambil jurusan Teknik Informatika atau mungkin Teknik Elektro?

    1. Bisa aja. Yang penting benar-benar punya semangat dan tekad yang kuat. Soalnya kalau cuma modal ingin aja nggak cukup. Apalagi kalau kamu anak SMK, perlu effort lebih. Soalnya secara materi, biasanya anak SMA lebih menguasai. Soalnya sejak awal memang lebih difokuskan untuk menguasai materi daripada praktek.

  40. james

    Keren banget jawaban elu bro dari atas sampe bawah gue baca, gokillll (y) oiya mau tanya dikit nih….

    “””gaji lulusan IT itu menjanjikan gak???”””

    Itu aja saya nanya-nya. Selebihnya pertanya2nya yg saya mau tanyakan ada di komenan semua, keren jawabnya lu wkwkwk (y)

    1. Makasih sudah baca postingan dan komen yang ada. ๐Ÿ˜€

      Kalau gaji itu kembali lagi, tergantung tempat kerja kita. Kalau di BUMN atau di perusahaan multinasional tentu sangat jauh di atas rata-rata.

      Tapi kalau di perusahaan start-up sih biasanya cukup lah. Cukup untuk kredit rumah, cukup untuk modal nikah, cukup untuk hidup sehari-hari. Hehe.

      Yang jelas sih di atas UMR lah. ๐Ÿ˜€

  41. ferry

    gimana ya saya mtknya tengkurep,,,saya takut pas masuk IT saya yg paling buta mtknya . klo otak atik komputer saya si hobi

    1. Yang jelas di teknik informatika banyak materi tentang matematika. Jadi kalau memang berniat masuk teknik informatika, mau tidak mau juga harus mulai menyesuaikan diri biar tidak ketinggalan di perkuliahan.

  42. ferry

    permisi,,saya baru masuk SMK ngambil TKJ ,,saya rencana insa allah lulus pngen kuliah ngambil TI,,kira kira gampang apa sulit masuknya

    1. Gampang atau nggak itu tergantung kitanya sih. Kalau kitanya pernah menang olimpiade komputer, sertifikat juara lomba seabrek, rangking di sekolah selalu bagus, mau daftar di manapun pasti bakal mudah diterima. Tapi kalau kitanya biasa-biasa sih kemampuannya, perlu banyak perjuangan untuk bisa masuk teknik informatika di kampus negeri. Karena biasanya peminat jurusan teknik informatika itu paling banyak dibandingkan jurusan lainnya. Jadi ya kudu berusaha sekuat mungkin kalau memang sudah ada niat ke teknik informatika.

  43. ridzuan haryadi

    Permisi,saya mau nanya ? Untuk jurusan TKJ dan RPL peluang kerjanya besaran yang mana ? Dan apabila saya lulus kerja nya lebih mengarah kemana ?

    1. Kalau yang kamu maksud adalah SMK, maka peluang kerja SMK jurusan RPL dan TKJ itu sama aja. Karena biasanya di lowongan pekerjaan, lulusan SMK itu dianggap setara. Kecuali kalau membandingkan RPL dengan mesin atau RPL dengan las. Karena pangsa pasarnya memang berbeda. Kalau TKJ atau RPL itu pangsa pasarnya sama. Jadi, nggak jauh berbeda peluangnya.

  44. Anggraini

    anooo..

    Mapelnya TI itu dari awal udah ngajarin Coding ya?
    Nah kalo lulusan Mahasiswa udah dapet modal apa saja Kalo 2 hal ini buat aplikasi dan ngrancang komputer apa ada keahlian lain nantinya?

    dan katanya kalo TI itu Peluangnya luas ya? Misal kalo orangnya mau kerja di kantor gitu ambil bagian apa ya?

    trmksh.

    1. Yoi. Mulai semester awal sudah ada materi pemrograman (ngoding). Kalau masalah keahlian sih, yang jelas lulusan IT itu setidaknya bisa memecahkan masalah. Karena pada dasarnya, pemrograman itu hanyalah salah satu jalan untuk memecahkan masalah. Jadi, bukan satu-satunya jalan.

      Kalau skill yang umum sih jelas pemrograman. Karena ini yang membedakan jurusan teknik informatika dengan jurusan teknik lainnya.

      Kalau kerja di kantor biasanya kalau nggak bagian ngurusin jaringan, masuk divisi IT, atau bisa juga masuk bagian RD (research and development).

  45. Lia

    Aku mau nanya, tpi sblum itu aku mau curcol dkit. Kmrin aku udah daftar d slah satu univ. swasta ambil jurusan TI. Wktu SMA jg aku seneng belajar TIK, sbnernya dri awal daftar SNMPTN jg udah pede bgt mau ambil jurusan TI. tpi stlah browsing2 ttg TI, aku gak jdi ngambil krn ktanya jurusan TI itu hrus pinter matematika, pdhal aku paling buruk di matematika wlaupun aku jrusan IPA. tpi ujung2nya kluarga sruh aku daftar d jurusan TI d univ. swasta itu ambil jurusan TI krn wktu SMA aku jrusan IPA. Aku setuju aja. Ini jg buat jga2 jg siapa tau aku kgak lolos d SBMPTN nnt. Bkannya aku ga sneng ama pilihan ini, tapi aku msih rada khawatir ntar aku gak bsa jalanin kuliahnya. Ya soalnya aku buruk banget d Matematika, dan gak ngerti2 amat soal pemograman atau semacamnya.

    Yg aku mau tnyain, ntar klo kuliah matematikanya susah/rumit gak? proses kuliahnya gimana? mata kuliahnya apa2 aja? mungkin bsa ksi sdikit penjelasan. Terima kasih sebelumnya:)

    1. Matematikanya 11-12 sama pelajaran SMA. Cuma ada pengembangan dikit-dikit aja. Proses kuliahnya sih hampir semua jurusan teknik sama. Lebih berat daripada jurusan non-teknik (lebih-lebih jurusan sosial). Karena di jurusan teknik ada tuntutan untuk menguasai kemampuan teknis, sehingga perlu banyak praktikum dan eksplorasi (coba-coba sendiri).

      Untuk mata kuliahnya, bisa kamu coba cek di sini:
      if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

  46. Bang ane mau nanya , saya sudah lulus smp nih, n kebetulan besok uda harus cari sekolah :v n ane bingung mau masuk sma atau smk , kalau smk sih ane minatnya di tkj , nah tkj itu memperdalam/ mempelajari tentang apa ya? Kalau buat metik sih ane gk terlalu jago:v kalo kompi ya agak bisa lah :v terus di smk nanti apa kita itu awalnya ga tau apa” jadi tau ? , terus kalo nanti uda lulus smk kuliah ambil jurusan apa? , n apa bisa kerja masuk polisi ? n saran tempat kerjanya dong bang :v makasih :v

    1. Kamu minat di TKJ tapi nggak tahu TKJ itu belajar apa? yaelah, bro. itu sih namanya nggak minat. Kalau beneran minat, mestinya sudah cari tahu sejak lama. Dan kamu pasti nggak bingung lagi sekarang. :p

      Sesuai dengan namanya teknik komputer dan jaringan, jadi ya belajarnya ngoprek komputer sama setting jaringan.

      Kalau memang pengen kuliah, mending nerusin ke SMA. Soalnya SMK itu lulusannya diproyeksikan untuk langsung bekerja setelah lulus.

      Kalau masalah ambil apa ya tergantung kamu dong. Passion kamu di mana? kesukaanmu apa? pilih jurusan yang benar-benar kamu minati dan sukai. Biar belajarnya tidak terlalu berat karena memang suka.

      Kalau mau masuk polisi, mending ambil akpol aja setelah SMA.

    2. Mir Atul Fikroh

      hay ๐Ÿ™‚
      aku alumni SMK TKJ.
      iya, dari yg gatau apa” jadi tau apa” ๐Ÿ™‚
      akupun dulu gatau itu gimana, dulunya aku malah mau ambil SMK Multimedia, tapi setelah tau MM trnyta gitu” aja dan minatku lebih ke hardware komputer dan laptop, aku ambil TKJ.

      dan… sedikit penyesalan kita masuk TKJ, apalagi kalo kita nantinya lulus juga kena jalur tes seperti SBMPTN. karna tes masuk PTN itu tesnya lebih ke arah anak SMA IPA kalo kita mau lanjut IT kita..
      lulus TKJ pun juga bisa kuliah ke beda jurusan, tapi ya gitu, kalo mau ambil PTN apalagi jalur tes itu sdikit peluang ketrimanya anak SMK

      kalo nantinya mau masuk polisi pun anak SMK juga bisa kok ๐Ÿ˜‰
      sering” konsultasi aja sama guru guru sekolahmu.. apalagi BK..

      1. Bisa aja, tapi susah kalau memaksakan diri untuk masuk kampus negeri. Soalnya bakal saingan sama anak IPA dan SMK.

        Jadi, opsi yang paling memungkinkan buat anak IPS untuk masuk teknik informatika adalah dengan masuk kampus swasta.

  47. Arif Adipratama

    kang maaf saya mau nanya nih, saya sekolah di jurusan RPL dan saya udah sangat terbiasa dengan yang namanya Coding :v, nah saya lulus tahun ini. saya agak bingung juga mau masuk jurusan apa, saya sih sempet mikir kalo mau lanjutin ngoding sampe sarjana Lol. tapi dipikir” lagi matematika saya aja kurang dan kadang logika saya juga kadang lemot gitu kang, saya mikir kedepan nya takutnya kalo saya malah kewahalahan sama pelajaran nya, apalagi pelajaran kuliah an sama anak SMK bener bener beda banget gitu kang. oh ya satu lagi kalo di kuliahan di ajarin nya dari Nol lagi kan? terimakasih kang di tunggu jawaban nya hehe ๐Ÿ˜€

    1. Tenang, bakal diajari dari nol kok.

      Kalau memang suka coding mestinya nggak usah takut. Kebanyakan mahasiswa baru di jurusan teknik informatika itu nggak ada modal programming sama sekali.

      Soalnya kebanyakan yang kuliah di teknik informatika adalah anak SMA. Jadi, kalau bukan anak ekskul atau bukan anak olimpiade komputer biasanya ya buta sama sekali dengan pemrograman.

      Jadi, kalau yang tidak ada pengetahuan sama sekali soal pemrograman aja berani mengambil teknik informatika, masa kamu yang sudah ada modal malah ragu,

  48. ikut komen dikit yaa. saya lulusan ilmu komputer. saya suka banget komputer (game, internet) dari SMA. waktu pilih jurusan ilkom sempet berdebat sama ayah, karena beliau maunya saya masuk ekonomi. tapi saya didukung ibu tetep pilih komputer. Matematika saya buruk, tapi alhamdulillah masuk juga.

    yg saya bayangkan ketika masuk di ilkom benar-benar gag ada. gag ada yang namanya pelajaran otak atik komputer, belajar bikin aplikasi, belajar rakit komputer. itu semua otodidak.

    yang ada : Logika, teori bahasa automata, kalkulus, fisika dasar, pengantar teori peluang. masih banyak lg matematika yg rata2 saya dapet C. makul pemrograman cuma dikasih dasar, tugasnya diminta yg advanced. afgan.

    berdasarkan pengalaman saya, kalo logika kita kurang kuat, jangan heran kalo pemrograman nilai kita jelek.maka siap2 kita harus belajar lebih rajin daripada temen kita yg dari lahir logikanya emang bagus. rata-rata perempuan yg kesulitan disini.

    dan bener. masuknya gag sesusah keluarnya bro.

    1. Nah!

      Aku dulu juga sama. Sudah ngotot pengen masuk teknik informatika dan didukung oleh Ibu, eh ternyata teknik informatika tidak seperti bayangan saya waktu SMA. Jadi, i know what you feel, bro.

      Anyway, makasih banyak sudah share pengalamannya. Semoga bermanfaat dan bisa jadi pelajaran buat yang lainnya.

  49. ivana

    kak mau nanya emang kalau ambil teknik inforimatika gak harus jago design kan?soalnya aku udah diterima di TI tapi kalau soal design aku gak tau bgt apalagi sama matematika,gimana dong tuh

  50. mas saya mau tanya saya kan kerja d bagian IT d salah satu kantor d jawa tengah tapi saya belum tahu betul soal komputer, yang mau tak tanya kan tu yang d pelajari apa saja dan praktiknya seperti apa?

  51. Rikza Priyudha

    assalamualaikum wr wb..
    mohon maaf kak sebelumnya ngrepotin.. ini saya ada masalah soal besok mau kerja dimana..
    jauh sih, saya masih lulusan SMA ini . dan saya sudah diterima di salah satu Univ Negeri di Malang.. alhamdulillah.. dan saya diterima di Informatika..
    memang benar saya menguasai dibidang komputer.. Matematika saya jg Lumayan kak .. saya juga sering ikut lomba designer poster, atau lomba membuat majalah atau model koran.. tp cita2 saya ingin ke Tehnik Sipil (mitosnya tehnik sipil kerjanya enggk jauh ama jurusannya) lah ternyata saya keterima Di T.I itu ..
    to the point aja deh .. kalau di TI saya masih bingung kak besok kerjanya dimana .. kasih pencerahannya Kak ..
    makasih sebelumnya,
    Wassalamualaikum wr wb.

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Lulusan teknik itu peluang kerjanya sangat luas. Bisa di bidang yang sesuai dengan jurusannya atau malah di bidang yang sama sekali tidak ada kaitannya langsung dengan jurusan perkuliahannya.

      Teman-temanku sendiri banyak yang jadi karyawan BUMN, jadi PNS, atau jadi dosen. Selain itu, ada beberapa yang bikin perusahaan sendiri (bikin game studio atau software house).

      Gitu. Semoga bisa memberi gambaran ya. ๐Ÿ™‚

  52. opi

    Saya dari jurusan IPA, saya sadar bakat TIK saya baik.
    saya jago internet dan pernah sangking senangnya pemograman hardisk laptop saya rusak.
    matematika saya juga baik. bagus kah saya masuk IT?

    Terus Lulusan IT bagusnya bekerja sebagai apa?

    trmksh sebelumnya.

    1. kalau memang sudah pernah nyoba ngoding dan suka, bisa jadi kamu akan ngerasa nyaman di teknik informatika.

      kalau masalah haruskah masuk IT? jawabannya nggak harus. tapi berdasarkan pengalaman banyak orang, kuliah di jurusan yang kita sukai ilmunya itu menyenangkan.

      kalau masalah kerja, lulusan teknik itu luas sekali peluangnya. bisa jadi PNS, pegawai BUMN / perusahaan multinasional. bisa jadi dosen, bisa jadi pengusaha. pada akhirnya, pekerjaan itu tergantung kita.

  53. erikmpey

    Bang,saya thn 2015 ini udah daftar kuliah dan mengambil jurusan I.T.
    padahal saya gk jago komputer ,matematikanya juga pas2an saya cuma suka aja internetan dan main game online,menurut abang gmn.?

    1. Mending kamu pikir-pikir lagi. Karena kuliah di teknik informatika itu tidak sesederhana yang banyak orang kira.

      Kalau mau kuliah yang agak santai, jangan ambil jurusan teknik. Soalnya jurusan teknik itu praktikumnya banyak.

  54. mega dinar amir

    ass….
    k klau teknik informatika itu kerjax di depan komputer terus ya k?
    n klw boleh tau,k sekrng udah kerja ?

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang kamu memutuskan untuk berkarya di bidang informatika ya mau nggak mau harus banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Aku sendiri lagi ikut numpang belajar di software house bikinan senior di kampus.

    1. Kalau di ITS, dulu sih pilihannya ada 3: Komputasi Cerdas dan Visualisasi, Komputasi Berbasis Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak.

      Kalau sekarang, dikembangkan lagi menjadi 8 bidang minat. Tapi aku tidak tahu pasti apa saja bidang minatnya.

  55. mas, aku baru lolos SNMPTN teknik informatika di salah satu universitas negeri di Malang, ya aku seneng banget mas, jujur saya gak seberapa pintar tentang komputer, saya ngerti tentang sedikit-sedikit tentang buat web html dll gitu, soalnya waktu saya sekolah sudah pernah belajar tentang itu, tapi gak jago, ngetik aja saya masih 6 jari -_- saya minder mas nanti pas sudah masuk kuliah tapi nanti aku yg paling bego -,,- pas baru masuk itu nanti apa aja yg akan dibahas buat materi kuliah ya mas? kira-kira saya bisa gak ya ngikutin? soalnya saya minder.

    1. Aku dulu juga sama. waktu pertama kuliah nggak kenal apapun tentang pemrograman kecuali html dan css.

      Tapi tenang saja, di perkuliahan nanti akan banyak mahasiswa seperti kamu. Akan banyak kamu temui teman yang sama-sama ‘buta’ tentang pemrograman.

      Kalau masalah bisa mengikuti atau nggak itu masalah niat dan semangat sih. Kebanyakan yang gagal mengikuti perkuliahan itu karena memang nggak semangat.

  56. kasiih

    Ka maaf aku boleh minta saran ga.?
    Ka waktu smk jurusan ku akuntansii ,,tapi tahun ini aku ada keinginan kuliah dan pengen masuk TI . Salah tidak ka…?

    1. Nggak salah. Tapi bisa jadi, waktu kuliah kamu akan ngerasa salah jurusan. Apalagi kalau kamu nggak benar-benar tahu apa yang ingin kamu pelajari.

      Kalau memang ingin masuk IT, coba cari info soal pemrograman dulu. Biar nggak nyesel ntar begitu sudah kuliah.

  57. Ass bang
    saya mau nanya kan saya masih smp nanti rencananya mau masuk smk jurusan TKJ nanti kalo udah masuk ngapain aja ? terus nanti pas pkl ngapain ?nanti kerjaannya gimana dibidang apaan ?
    satu lagi bisa rekomendasiin smkn dijakarta yang bagus mana yakk ?
    makasih maaf kalo pertanyaannya kebnyakan ๐Ÿ™‚

    1. Hai, Hisyam.

      Kalau TKJ aku sendiri kurang tahu. Soalnya aku dulu SMA, bukan SMK.

      Tapi kalau berdasarkan cerita dari orang-orang yang pernah sekolah di SMK jurusan TKJ, materinya ya nggak jauh-jauh dari jaringan. Mulai dari cara set jaringan, set IP, maintenance jaringan, dan semacamnya.

      Kalau masalah kerja sih tergantung tempat kerja juga. Tapi biasanya kalau anak TKJ sih kerjanya ya ngurusin jaringan komputer di perusahaan.

  58. Glenny

    Selamat Pagi Kak
    Permisi kak saya masih SMP yang bentar lg lulus dan cita cita saya programmer dan saya bingung mau ambil SMA atau SMK saya bisa MAT dan agak lemah di IPA,Menurut kakak saya masuk SMA atau SMK?dan lebih bagus mana SMA atau SMK untuk masuk IT?

    1. Hai, Glenny.

      Kalau mau pilih masuk SMA atau SMK itu sebenarnya mulainya dari belakang. Setelah lulus SMA/SMK kamu mau ngapain?

      Kalau setelah lulus SMA/SMK, kamu ingin kuliah, sebaiknya masuk SMA. Tapi kalau kamu ingin kerja setelah SMA/SMK, mending masuk SMK.

      Gitu. Semoga bisa membantu, ya.

  59. Cigra Cendikia

    Selamat jam 3 pagi kak. Hallo kak, saya hanya ingin meminta saran dari kakak.
    Jadi gini kak, saya bercita-cita menjadi programer di salah satu perusahaan asing (Google, youtube, yahoo, facebook. DLL) nah yang saya dengar-dengar, setiap perusahaan memang membutuhkan pekerja yang jago di bidang T. Informatika. Tapi, tidak sebanyak itu yang mereka butuhkan. Menurut informasi yang saya tau, 1 perusahaan paling banyak pekerja di bagian informatika hanya 5-10 orang (Paling Banyak) Nah, jadi apa itu benar kak informasi nya? Oh iya, menurut kaka saya cocok ngga untuk masuk informatika. Saya kurang jago/ pinter di bidang matematika, lebih suka ke B. Inggris, tapi untuk masalah praktek komputer, ya saya bisa lah (Lulusan SMK Multimedia) tapi entah kenapa, saya rada mati di seni design. Dan saya pun lulusan tahun 2014, nganggur setahun (Pusing, ingin menikmati liburan) Saya tunggu balasan kakak. Maaf kalo terlalu panjang. Karna saya ingin tahu persis. hahahahaha~

    1. Hai, Cendekia.

      Keren sekali namanya. Hehe.

      Kalau di perusahaan sekelas Google dan Facebook sih bisa jadi ribuan yang jago koding. Tapi kalau di perusahaan yang memang bukan fokus di bidang IT, seperti perbankan dan semacamnya, memang benar kalau jumlah pekerja IT-nya tidak terlalu banyak. Jadi, jumlah pekerja IT itu berbanding lurus dengan tempat kerjanya. Kalau kerjanya di software house atau semacamnya, tentu jumlah pekerja IT-nya sangat dominan. Begitupun sebaliknya.

      Terus, kalau memang berniat untuk kerja di perusahaan macem Google, Facebook, dan semacamnya, nggak harus kuliah juga sebenarnya. Karena perusahaan sekelas Google dan Facebook sama sekali nggak peduli dengan ijazah. Yang dilihat adalah skill dan portofolio (karya yang sudah pernah dibuat).

      Jadi, kalau kamu memang benar-benar niat, mulai sekarang belajar pemrograman dengan tekun dan mulai bikin aplikasi.

      Demikian, semoga bisa membantu.

      1. Cigra Cendikia

        Hahahaha, bisa aja kak ๐Ÿ˜€ haha
        Oke kak, makasih info nya. Tapi kira-kira menurut kakak saya cocok ngga masuk IT, kalo kurang main di bidang Matematika, tapi kalo masalah PC ya bisa di bilang “Bisa” lah. Haha.
        Jadi kalo perusahaan Google itu dia mencari pekerja yang emang bener-bener udah membuat karya ya kak?

      2. Kalau kurang minat matematika bisa aja, tapi ya siap-siap aja buat muntah darah. :p

        Soalnya materi matematika di teknik informatika lumayan banyak. Kalau memang memutuskan memilih teknik informatika, ya mau tidak mau, kamu harus belajar menyukai matematika mulai dari sekarang.

        Yoi. Perusahaan sekelas Google nggak pernah memedulikan apa ijazah terakhirmu. Karena pertanyaannya adalah, “kamu jago apa? mana bukti karyanya?” sesederhana itu.

  60. siang mas, mau curcol ni, saya kuliyah jurusan informatika di perguruan tinggi swasta, saya kuliyah sambil krj mas, jd g maksimal, ya ngerti sih coding dikit”, skrg semester 8 pertengahan, alhamdulillah skripsi udah slsai, tp pas mau nyari kerja saya lebih suka bagian akuntansi, soal nya sblm nya jg kerja di bagian akuntansi staff admin gitu, tp kan qsaya pengen nya kerja yang nyambung sm kuliyah gitu, biar ilmu nya bs manfaat, masak ga ada beda nya kuliyah sama enggak,, ๐Ÿ˜€ tp saya g sberapa mahir, he he he, jd klo kerja ngelamar bagian IT takut ga bisa jalanin nya, gmn nih mas saran nya..

    1. Kalau memang mau bekerja di bidang yang sesuai dengan kuliah sih nggak ada salahnya buat dicoba. Lagian, ntar waktu kerja biasanya juga ada pelatihan dan semacamnya.

      Seperti kata Coldplay dalam satu lirik lagunya, “If you never try, then you’ll never know”

  61. olivhia

    slmt sore
    sy ingin brtanya kak, lulusan teknik informatika klo kerja di perusahaan di bagian ap (bgian kmputer yg bgian ap).
    dan titel utk tknik informatika ap ?
    thx . mhon jwabannya ka.

    1. Hai, Oliv.

      Kalau masalah kerja itu sebenarnya tergantung tempat kerja kita juga sih. Kalau di perusahaan sekelas BUMN, biasanya lulusan teknik informatika akan ditempatkan di departemen IT.

      Untuk titel lulusan teknik informatika, kebanyakan sih S.Kom (Sarjana Komputer)

  62. maulid

    assalamu’alaikum wr. wb.
    hai,bos salam kenal ๐Ÿ™‚

    saya anak kelas 3 smk, saya suka sama ngedit atau ngotak ngatik game,software,blog/website dan semua yang berhubungan komputer,rasa penasaran saya sama komputer sangat tinggi,apakah saya cocok dengan jurusan teknik informatika?
    dan tolong kasih tahu saya sedikit pembelajaran tentang teknik informatika?
    mohon saran dan infonya y…….! ๐Ÿ™‚

    thanks.

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang suka pemrograman, besar kemungkinan bakalan cocok di teknik informatika. Tapi kalau cuma penasaran aja, rasanya masih belum bisa dipastikan.

      Yang jelas, kuliah di jurusan teknik itu harus banyak belajar secara otodidak. Karena tidak semuanya diajarkan secara penuh di perkuliahan. Harus banyak eksplorasi dan mencoba sendiri.

    1. Fadhel

      Kalau setahu saya istilah coding itu artinya code,, karena berkaitan dengan programer yang kerjaannya ngotak-ngatik script/code untuk buat aplikasi. ๐Ÿ˜‰
      #maaf kalau ada salah dalam
      penulisan kata maupin kalimat.

  63. nasyiya ulfa

    Saya berminat masuk Teknik Informatika, tetapi setau saya yang ngambil jurusan ini kebanyakan cowok. Apakah karena saya cewek prospek/peluang kerjanya nanti ketika saya telah lulus lebih sedikit?

    1. Kalau kerja itu tergantung kita sih. Bisa jadi programmer, bisa jadi analis, bisa jadi desainer, bisa jadi project manager, bisa jadi macem-macem.

      Nggak ada batasan khusus. Karena semuanya tergantung kita dan tempat kerja kita. Tapi yang paling enak sih menurutku tetap kerja (baca: bikin perusahaan) sendiri. Meski susah waktu merintisnya tapi lebih aman dalam jangka panjang.

  64. Rina

    Assalamualaikum bang , saya anak smk kelas 2 jurusan RPL. Saya emang suka sama coding dan semacamnya. tapi saya lemah sama mtk. terus yg saya bingung pas mau kuliahnya itu ambil jurusan apa. Dan kira-kira boleh minta gambaran pelajaran dikuliah itu gimana bg?.

    Dan saya juga mau nanya nih , pernah denger dari teman saya kalau anak smk itu kalo nyari kuliah di univ negri itu susah. Itu bener apa nggak bg ? Thanks

    1. Kalau masih bingung mau ambil jurusan apa, bisa mulai dari cita-cita. Kamu ingin jadi apa? ingin jago apa? ingin bikin apa? ingin dikenal sebagai apa?

      Kuliah di mana-mana sama aja. Hanya saja, di jurusan teknik, praktikumnya lebih banyak. Jadi mungkin akan terasa lebih berat jika dibandingkan dengan teman yang kuliah di jurusan sosial semacam FE, FISIP, atau semacamnya.

      Nggak juga sih. Tapi emang sejak awal SMK diproyeksikan untuk langsung kerja setelah lulus sih. Makanya kalau harus saingan dengan anak SMA biasanya akan sedikit kesulitan. Karena anak SMA biasanya lebih menguasai materi. Sedangkan anak SMK lebih mahir praktek.

      1. Hai, Senna.

        Kalau di teknik komputer, aku kurang tahu. Kalau di teknik informatika, mata kuliah tentang matematika itu mungkin sekitar 30% dari total sks yang kita ambil selama kuliah.

  65. ka,minta sarannya dong
    sekarang aku kan sekolah SMK jurusan TKJ,kan ada pelajaran coding,dan aku gak ngertii sama sekalii??yang aku mau tanyain “bagaimana caranya biar kita suka sama tuh codingan??”,terus aku bingung mau kuliah jurusan apa??cita2 ku awalnya akuntan,tapi pas masuk SMK,cita2ku pengen jadi DBA,klw itu ngambil jurusan apa ya kak??

  66. Nurul Fitri

    Assalamu’alaikum wr.wb

    mas perlu saran nih,
    saya mahasiswi TI sekarang semester 2. saya suka matematika dan logikanya namun saya lemah di bahasa inggris dan pemograman. flashback dikit ya mas kenapa saya bisa masuk ke TI hehehe ๐Ÿ˜€

    Begini mas, pas SMA itu saya fokusnya mau ngelanjutin kesekolah kedinasan, namun syang ga ada yang lolos#naseb1. ga kepikiran mau ngelanjutin ke Teknik informatika wong saya jarang main laptop/komputer, ga ngerti deh dengan dunia IT. saya masuk ke TI bisa dibilang karena ikut kakak kelas saya . eh dianya ternyata bukan TI di univ yang saya pilih #naseb2.

    kembali lagi ke persoal saya. sudah 1 semestar saya jalani sebagai mahasiswi TI namun saya belum nemuin passion saya mas disini. bisakah saya menekuni bidang yang saya sendiri tidak menguasainya? atau ada petuah-petuah lain untuk saya hehehe ๐Ÿ˜€

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang bukan passion, bisa aja sih. Sebagian besar orang yang kita kenal rata-rata kerja bukan di bidang yang mereka sukai.

      Hanya saja, kalau kita bekerja dengan penuh passion, hasilnya pasti beda. Karena mengerjakan sesuatu yang kita sukai tentu beda dengan mengerjakan sesuatu karena tuntutan pekerjaan dan semacamnya.

      Kalau memang belum menguasai, ya santai saja. Yang penting kita nikmati saja prosesnya. Nggak usah terlalu terburu-buru. Kita dulu waktu lahir juga nggak tiba-tiba langsung berjalan kok. Perlu digendong dulu, baru bisa tengkurap, merangkak, dan seterusnya.

      Kalau memang passionnya belum ketemu, fokus menyelesaikan kuliah dulu aja. Sekalian sambil mencari-cari lagi, di mana sebenarnya passion kamu. Siapa tahu ternyata passion kamu bisa dimaksimalkan menggunakan skill yang kamu pelajari di perkuliahan? lumayan kan ๐Ÿ™‚

      1. suhay

        kk saya ingin masuk TI tapi sayang nya saya gak bisa MTK,,tapi masalh komputer saya lumayan tau..
        gimana kk saran nya ?

      2. Kalau memang keinginannya cukup besar, kejar. Tapi kalau cuma ingin aja sih, mending pikir-pikir lagi. Seberapa besar keinginan kamu untuk berkarya di bidang IT?

  67. syamsu93

    gan boleh juga kan keluarin unek unek, nih gan ane kuliah dah smster 8, informatika di salah satu univ, swasta d surabaya, ane dlunya ips, bener banget tuh karna omongan orang dll, gg nyangka bangt, eiiitss tggu dlu,,, Semua materi kuliah saya lalui smua, banyak temen ane nyerah keluar, tapi banyak juga yg bertahan, saya ini cuma tinggal 1, TUGAS AKHIR bro, naaah lho ane gg bisa coding bro, sedangkan judul sudah di buat, seminar tugas akhir sudah, tinggal proggramnya nih ngadat, apa saya harus menyerah nih bro, mengingat stiap smester saya bisa ambil maksimal sks, GALAU tingkat dewa yg akhirnya mencari cari kawan yg bisa bantu TUGAS AKHIR SAYA, ya sapa tau dr sini ada, email ane Syamsu.461103582@yahoo.com …. cari kerjaan apa aja deh yg penting jujur n halal, tarwaktunya mati ya mati kan bro. mohon pencerahan

    1. Bukan kali pertama aku membaca cerita seperti ini. Saya sendiri juga nggak begitu jago koding, tapi sedikit-sedikit bisalah. ๐Ÿ˜€

      Sebenarnya kesulitan di akhir ini biasanya emang akumulasi dari semester-semester sebelumnya. Karena kita hanya mengejar “yang penting lulus”, akhirnya kita merasa nyaman dan jarang mencoba bikin sesuatu di luar tugas kuliah.

      Kalau memang sudah semester 8, saran saya sih ada 2. Yang pertama kamu cuti terus fokus belajar coding selama 1 semester khusus buat menyelesikan TA. Atau pilihan yang kedua, minta bantuan teman yang lebih mahir. Teman-temanku dulu kalau ngerjakan TA seringnya bareng-bareng sih. Jadi kalau ada yang nggak bisa langsung ditanyakan.

      Jangan cari kerja dulu. Fokus TA aja. Kalau sudah lulus TA, pasti lebih enak. Soalnya nggak ada tanggungan lagi.

  68. Faris

    Assalamualaikum mas

    Mas saya Mahasiswa jurusan teknik informatika di salah satu univ negeri di jogja, sekarang sudah semester 6, yang mau saya tanyakan, saya sudah lama di jurusan ini tapi sampe semester 6 sekarang saya belum jago coding bahkan bisa dibilang ngga bisa coding :D, tapi saya suka di jaringan komputer bahakan konsentrasi jurusan, saya ambil jaringan komputer, bagaimana menurut mas tentang keadaan saya ini :v, dan apa pekerjaan yang cocok buat orang yang ngga jago coding kaya saya ini???
    Thanks

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang sudah semester 6, mending kamu fokus belajar 1 hal aja. Fokus kepada tugas akhir aja. Pilih topik yang kamu minati. Terus nanti fokus belajar itu aja selama 2 semester terakhir ini.

      Kalau masalah kerja, ntar di dunia kerja, kita nggak mesti kerja sesuai dengan apa yang kita pelajari di dunia perkuliahan. Jadi, akan ada training lagi.

      Nggak usah mikir terlalu jauh, fokus lulus aja dulu. Mikirnya selangkah demi selangkah aja. ๐Ÿ™‚

  69. mrs.

    Assalammu’alaikum kak, mau tanya saya lulusan dari smk jurusan akutansi, yang sekarang kuliah di jurusan teknik informatika semester 1 baru mau ke semester 2. Di TI kan ada kalkulus ya kak, nah saya akan belajar kalkulus pada semester 3 dan 4. Sebelum belajar kallkulus saya udah parno duluan kak takut gabisa ngikutin, karna basic saya kan gaada, beda sama anak SMA IPA-_- yang udah ada dasar buat kalkulus. Terus kak saya juga masih ragu mau pindah SI apa engga, karna dalam belajar algo saya ngerasa kurang kak(tapi kadang suka penasaran kalo ga berhasil codingannya), tapi disisi lain saya belum begitu paham logika pemvis(tapi gabikin saya penasaran). Terus juga saya akan belajar pemrograman berorientasi objek itu seperti apa ya kak? Menurut kaka kalo kasusnya seperti saya itu mending lanjut TI aja apa pindah ke SI?

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Intinya sederhana, jangan terlalu berpikir tentang apa yang belum pasti dan belum kamu alami. Nanti malah stres sendiri.

      Kalau memang ngerasa kurang bisa ngikutin pemrograman, mending pindah SI aja sih. Apalagi kalau kebijakan kampusnya memungkinkan untuk pindah jurusan tanpa harus mengulang dari semester awal.

      Tapi kalau kebijakan kampusnya tidak memperbolehkan mahasiswanya untuk pindah jurusan tanpa mengulang lagi dari semester awal, mending kamu pikir-pikir lagi. Kuliah di jurusan apapun, lebih-lebih di jurusan teknik, itu sebenarnya tidak harus punya bakat, tapi harus punya ketahanan mental dan semangat.

      1. mrs.

        Udah stres sendiri nih kak haha-_- memang di SI pemrograman selain pemvis dan web apalagi kak yang kaka tau? Apa cuma itu saja?

      2. Wah kalau di SI sih kurang tahu. Kalau di Teknik Informatika sih banyak. Ada jaringan, ada mobile, ada .Net, dan lain sebagainya.

        Kalau memang sudah terlanjur tercebur dan nggak berniat buat pindah ya mending mulai sekarang belajar berenang aja biar nggak tenggelam. ๐Ÿ™‚

    2. Frika Da Cintia

      Bantu jawab, saya slh satu mahasiswi TI semester 1 tp udh jalan 4 taun d IT pas SMK, saya suka coding, klo pemrograman berbasis object ato yg biasa tren dgn singkatan OOP d kampus saya pakenya aplikasi python, coding nya gak sulit kok, bsa bantu skalian blajar”, klo butuh coding nya saya punya, soalnya untuk matkul OOP kbetulan nilai saya 100 semua *pamerdikit hehehe bcanda

  70. aryapucangan

    kak, saya mau tanya nih, saya kelas xii sma ipa, pengen lanjut ke teknik informatika, saya ikut tes beasiswa di pre*ident university dan dapat beasiswa yang awalnya 250jt sampai tamat dipotong menjadi 90jt sampai tamat, trus untuk snmptn nanti saya mau cari teknik informatika di its, yang saya mau tanya, seandainya saya di terima mana yang sebaiknya saya pilih? pre*ident university memang lumayan mahal, tapi menurut saya itu sebanding dengan internasionalnya, bahasa pengantar inggris, program magang, dan 2 sertifikat kesarjanaannya (bachelor & sarjana) dan its juga bagus walaupun tidaak dengan bahasa inggris dan hanya dapat sarjana, mohon pencerahannya

    1. Kalau aku sih mending kampus negeri sih. Soalnya selain fasilitasnya lebih lengkap, beasiswa sangat berlimpah, jaringan alumninya juga sangat luas dan kuat.

      Ya, meskipun aku sendiri kurang setuju dengan adanya nepotisme atas dasar almamater, tidak bisa kita pungkiri kalau di beberapa perusahaan, almamater itu sangat diperhitungkan.

      Tapi kalau memang mau bikin usaha sendiri, membangun jaringan sendiri, kayaknya bagus tuh President University. Apalagi bahasa pengantarnya pakai bahasa Inggris. Bisa jadi poin plus tuh kalau sudah kerja.

  71. irvan

    Permisi..saya mau tanya,saya brasal dari jurusan IPS,dan saya mau masuk di ITS surabaya jurusan teknik informatika..apakah dari jurusan IPS tsb bisa masuk jurusan teknik informatika di ITS ?
    Mohon jwabannya pak..biar nanti ga sia” saya pas daftar SBMPTN.
    Terima kasih.

  72. Pingback: Contoh Skripsi Teknik Informatika Yang Jarang | Judul Skripsi

  73. Pingback: Contoh Skripsi Teknik Informatika Berbasis Android 2015 | Judul Skripsi

  74. Pingback: Skripsi Teknik Informatika ร‰rettsรฉgi 2015 | Contoh Skripsi

  75. irfan

    mas mau tanya dong. jurusan s1 teknik informatika bisa kerja di mana aja? kerja yang prospek nya bagus dan penghasilan nya besar di bidang apa? soalnya sy butuh kerjaan di bidang informatika dalam waktu 7 tahun mengumpulkan dana 500 juta ( ya minimal 300 jutaan) untuk masuk sekolah pilot. makasih

    1. kerja di mana aja bisa. lagian, nggak ada aturan yang mengharuskan kita harus bekerja sesuai dengan jurusan perkuliahan kita kok. ๐Ÿ˜€

      kalau mau cari duit, jangan kuliah. bisnis aja. kalau kerja ikut orang 5 tahun susah ngumpulin duit segitu. kecuali kamu cukup beruntung bisa membuat aplikasi atau game yang laris di pasaran. mengikuti jejak angry bird dan flappy bird.

    1. Wa’alaikumsalam.

      Bisa atau nggak itu tergantung diri sendiri sih. Mau benar-benar berusaha atau nggak. Kalau memang benar-benar mau berusaha, mau pengen masuk teknik informatika atau masuk kedokteran, pasti selalu ada jalan.

  76. Sakaki makio

    gan kan saya anak informatika semester 1
    saya mau tanya menurut agan bagaimana caranya menikmati jurusan teknik informatika ini ?
    soalnya saya merasa semakin kesini semakin males untuk kuliah jurusan ini.gak tau kenapa banyak hal yang bikin saya males untuk nerusin . maaf jadi curcol hehehe

    1. Santai, bro. Bukan kamu aja kok yang mikir kayak gitu. Soalnya emang banyak anak informatika nekat masuk informatika cuma modal kata orang, tanpa pernah mencari tahu apa yang dipelajari di teknik informatika.

      Kalau memang sudah kuliah sih mending kamu cari target pribadi. Misalkan bikin aplikasi atau game berbasis android. Jadi mulai sekarang kamu fokus aja di situ. Jadi, ntar tugas akhir (skripsi)-nya juga nggak usah jauh-jauh dari situ.

      Yang penting fokus sama tujuan akhir aja. Biasanya yang bikin malas itu karena memang nggak ada target dan nggak punya tujuan.

  77. saya mau nanya dong kk ? ๐Ÿ™‚

    apa saja sih yang di tesin, kalo mau masuk IT kk, kalo bisa sih skalian bocoran soalnya ๐Ÿ˜€

    saya emang jago dalam kumputer, dan saya pernah jadi juara di skolahan saya yang lama tepatnya di SMAN 1 Citeureup bogor, saya pernah juara mendesain blogger di skolahan saya ๐Ÿ™‚

    kalo bisa luangin waktu buat liat” blog saya iyah kk (y) storysmv.blogspot.com

    1. Sama aja kayak jurusan lain. Yang tesnya beda itu biasanya jurusan desain. Soalnya ada tes menggambar. Kalau teknik informatika sih sama aja kayak jurusan-jurusan lain, IPA dan Matematika.

  78. Wiji Lestari

    kak saya anak Multimedia, saya bingung mau ambil fakultas apa. soalnya saya gak terlalu suka dengan pelajaran di Multimedia ini. saya lebih suka matematika dan Fisika. Haruskah aku ambil Informatika. Mohon sarannya.

    1. Lie

      jurusan mm untuk membuat game knp ngga,??
      emang justru di pelajaran mm di ajarkan bikin game bukan ? salah satunya memakai Flash ?
      itu cm buat dapetin algoritmanya, so klo mau bikin game gampang la bwt anak mm asal ad niat.

      klo mau jd hacker jurusan mm…
      Ga ada hubungannya Antara MM dengan hacker,
      MM itu Multimedia, yang ajaran Standartnya Membuat Media atau lebih jelasnya Hanya Belajar Tampilan atau yang bisa kita liat,
      yang buat program aj blum tentu bsa ngehack,
      kecuali anda mahir dalam bahasa linux,
      dan biasanya orang – orang menyimpan database memakai linux agar aman dari virus.

      semoga membantu.

    2. Sebelumnya, MM itu apa ya?

      Kalau pengen bikin game, bisa di IT, bisa di desain. Tergantung mau fokus ke mana. Kalau mau fokus ke gameplay-nya, ambil teknik informatika. Tapi kalau mau fokus membuat asetnya (karakter, desain UI, icon, dan semacamnya), ambil jurusan desain komunikasi visual (DKV).

      Kalau belajar hacking, nggak usah kuliah juga bisa. Jim Geovedi, salah satu hacker terhebat di Indonesia yang bisa nge-hack satelit itu nggak kuliah lho. FYI aja.

  79. Kak , saya kelas XII jurusan RPL di salah satu SMK Negeri di Jawa Timur.
    Mau nanya nih kak , saya suka pemrograman php , android (meskipun materi baru), n Java โ€ฆ saya juga suka m yg namanya photoshop, sering lah ikut lomba di kota saya, juga sering juga d ganggu tmen mlem2 buat bantu ngerjain program -_-, kira kira ada peluang ga kak buat masuuk jurusan TI dapet gelar S.Kom di ITS ? Sma guru sya disaranin msuk perguruan tinggi itu , tp jujur keluarga ekonominya kurang โ€ฆ tp sya pgen bgd , ktax si d suru ikut jalur PMDK ato Bidikmisi gitu โ€ฆ mhon pencerahanx kakak .

    1. Hai, Rahmat. Makasih ya sudah mau mampir.

      Kalau memang sudah kenal pemrograman dan bisa menikmatinya, sebenarnya akan lebih mudah lagi. Tinggal ditambahi semangat dan ketekunan aja.

      Kalau memang kesulitan soal biaya, mending kamu coba daftar bidik misi. Beasiswa bidik misi itu gratis biaya perkuliahan + dapat uang saku per bulan. Jadi, sangat membantu sekali buat keluarga yang kurang mampu secara ekonomi untuk bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri.

  80. Assalamu’alaikum kak saya mau tanya,
    saya kls XII dari SMK Kimia, tapi saya minatnya di TI ITS, tapi banyak yg bilang masuk TI ITS itu sulit,passing gradenya juga paling tinggi, biaya juga mahal,
    tapi dari SD saya pernah bercita2 untuk jadi ahli komputer, saya suka bikin animasi juga, pernah otak-atik blog juga tapi kagak jago, pernah otak-atik software smartphone jadinya nge-Hang, suka cari2 tutorial, suka mempelajari hal2 baru, pokoknya suka yg berhubungan dgn komputer, apakah saya ada bakat2 menjadi mahasiswi di TI ITS?
    Saya bingung kak mau pilih TI/ teknik kimia, sedangkan saya tidak pintar di fisika, mate, biologi, kimia paham sedikit lah..

    Gimana kak di TI kok kelihatannya susah ngejalani nya? Kata kakakku dapetin IPK di TI ITS itu sudah ya, mohon pencerahannya kak,
    terimakasih
    wassalamu’alikum

  81. Assalamu’alaikum kak saya mau tanya,
    saya kls XII dari SMK Kimia, tapi saya minatnya di TI ITS, tapi banyak yg bilang masuk TI ITS itu sulit,passing gradenya juga paling tinggi, biaya juga mahal,
    tapi dari SD saya pernah bercita2 untuk jadi ahli komputer, saya suka bikin animasi juga, pernah otak-atik blog juga tapi kagak jago, pernah otak-atik software smartphone jadinya nge-Hang, suka cari2 tutorial, suka mempelajari hal2 baru, pokoknya suka yg berhubungan dgn komputer, apakah saya ada bakat2 menjadi mahasiswi di TI ITS?
    Saya bingung kak mau pilih TI/ teknik kimia, sedangkan saya tidak pintar di fisika, mate, biologi, kimia paham sedikit lah..

    Gimana kak di TI kok kelihatannya sudah ngejalani nya? Kata kakakku dapetin IPK di TI ITS itu sudah ya, mohon pencerahannya kak,
    terimakasih
    wassalamu’alikum

    1. Hai, Aul. Makasih ya sudah mau mampir dan berkomentar di sini.

      Kalau tanya soal bakat, mestinya ya psikolog. Bukan ke saya. Tapi kalau dari cerita kamu sih, sepertinya kamu memang ada minat yang lumayan terhadap IT. Tinggal ditambah semangat dan ketekunan aja.

      Tenang, di teknik informatika ITS nggak ada fisika, kimia, dan biologi kok. ๐Ÿ™‚

      Walah, kalau itu jangan percaya. Teknik Informatika itu salah satu jurusan dengan jumlah lulusan berpredikat cum laude paling banyak di ITS. Setahuku, jurusan yang paling susah dapat cum laude itu jurusan desain sama perkapalan.

  82. nadia

    Assalamu’alaikum Om..
    Saya mau tanya . Saya sekarang kelas XII jurusan RPL . Saya tertarik dengan TI , tetapi entah kenapa saya bimbang untuk memilih jurusan itu karna sebelum nya saya pernah mempelajari di sekolah mengenai TI, terus saya kadang kalo lagi suka banget pasti materi masuk dan lancar tapi kalo udah pusing rasa nya suka benci sama TI. Menurut om saya ini cocok gak kalo saya nanti ambil jurusan TI ?? Tolong minta pendapat nya ya om .. trimakasih sebelum nya ..

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb, Nona Nadia. ๐Ÿ™‚

      Kalau kamu sekarang jurusan RPL, sebenarnya akan lebih mudah lagi. Masalahnya, selama ini kamu menikmatinya nggak?

      Kalau memang bisa menikmatinya ya silakan saja.

  83. della

    hai kak aku minta saran dong, aku pengen masuk Teknik Informatika tapi logika matematika-ku kurang bagus hehe, tapi aku punya semangat yg tinggi buat masuk jurusan itu… trus kalo soal programming pernah belajar dikit buat website di sekolah. tetep perjuangin aja masuk IT atau ganti jurusan hehe

    1. tuyullie

      Saran saya sik tetap kejar cita cita km.
      klo ada niat knp ngga, apa lagi kalo seneng dengan pelajarannya.
      emang sik klo masuk IT banyak pelajaran kaya matematikanya,
      dan lumayan susah seperti kalkulus. tapi tenang di kuliah klo ga lulus 1 matpel bisa ngulang cm pelajaran yang ga lulus doang, so jangan khawatir.
      kejarlah cita – citamu. ๐Ÿ™‚

    2. Kalau boleh jujur, untuk menentukan pilihan jurusan itu ada banyak sekali parameter yang harus dijadikan pertimbangan. Tapi menurut pengalamanku, yang paling mendasar adalah soal minat, bakat, dan passion yang kita miliki.

      Jadi, jawabanku sih sederhana. Kalau memang suka programming ya silakan dicoba. Tapi kalau memang sudah pernah kenal programming dan ngerasa kurang bisa menikmati prosesnya ya lebih baik pikir-pikir lagi. Daripada ntar menyesal begitu sudah menjadi mahasiswa.

  84. dear kak kamuitubeda,

    pertama2 salam kenal.

    saya suka banget tulisan kakak yang ringan walau pembahasannya berat. #oke sampe situ aja muji nya :p

    kak, mau nanya nih, kalo kita masuk ke jurusan teknik informatika dari kampus swasta yang blm berpengalaman (satu2nya yg punya jurusan ini di kota), gimana ya kak? maksudnya “berbahaya” nggak? kalo soal lab komputer, kurang tau lengkap banget atau standar. kalo dari faktor dosen pengajar, kurang tau juga sosok begimana yg di butuhkan di jurusan ini. mohon pencerahannya, kak.

    thanks and regards,
    Mynamemeyuni

    1. Hai, halo Meyuni. Salam kenal ya ๐Ÿ™‚

      Saya juga seneng banget kamu mau komentar di sini. ๐Ÿ™‚

      Santai aja. Kuliah di mana saja yang paling penting itu semangat buat belajarnya. Kalau sudah semangat, fasilitas itu cuma faktor penunjang aja. Apalagi di era internet semacam ini. Semuanya bisa dipelajari secara mandiri.

      Yang agak membedakan mungkin kalau sudah masuk dunia kerja. Karena lulusan kampus negeri dengan akreditasi kampus A biasanya memang lebih diutamakan daripada lulusan kampus swasta.

      Tapi ya itu tergantung perusahaannya juga sih. Lagian, lulusan teknik informatika sebenarnya sangat bisa survive di era informatika seperti sekarang ini. Karena banyak sekali peluang untuk bekerja sebagai freelancer tanpa harus bergantung pada instansi tertentu.

      Semoga bisa membantu ya.

  85. Gab

    kak, aku bingung nih komputer ambil jurusan apa? Aku suka mat, logika dsb tapi gak tau kalau pemrograman. Belum kenal. Sepanjang yang aku kenal kayak Photshop sih suka, buat Fun, tapi kalau kuliah? Gak yakin kak

    1. Kalau cuma suka photoshop sih masih belum jelas ya. Semua orang perasaan suka soalnya sama edit foto.

      Mending coba kamu ingat-ingat lagi, aktivitas apa yang paling kamu sukai. Apa yang kita bisa, tidak selalu berarti kita suka. Tapi untuk sesuatu yang kita suka, biasanya kita akan berusaha agar bisa.

  86. irwin

    kak, ak anak kls XII TEKNIK OTOMOTIF,, stelah lulus nnti ak ingin lanjut di TI. Tpi jujur ak gk ngerti apa2 yg trkait ttng komputer. tlng sarannya kak.
    mkasih

  87. Aldi Rizaldi

    Mas Saya Mau Kuliah Di Teknik Informatika tapi saya bingung milih universitas nya. saya punya bakat di oprek software smartphone.
    jadi gimana mas mikih di unversitas mana ?

    1. Kalau milih kampus sih sesuai keinginan dan kemampuan keluarga aja.

      Kalau mau yang berkualitas ya kampus negeri yang ada di Jawa. Agak miris sih, tapi memang faktanya jurusan teknik informatika yang baik sebagian besar ada di Jawa.

      1. Kalau sudah menyangkut tes-tes sih, maaf, saya kurang tahu. Soalnya waktu saya dulu tesnya nggak ada tes potensi akademik. Tes potensi akademiknya baru diberikan waktu semester pertama.

  88. lisapurple1234

    Kak, tanya donk ~ saya sekarang lagi sekolah di sekolah agama gitu tapi kuliahnya tertarik ma design & multimedia, kira2 di design & multimedia itu matematikanya gimana? Jujur kalo buat matematika, saya rada susah nangkep pelajarannya ~ terima kasih ๐Ÿ˜€

  89. andika

    kak aku pingin masuk teknik informatika tapi aku gak bener – bener yakin klo aku bakat di komputer, aku salah gak ya klo ngejar ke teknik informatika?

    1. Bukan masalah salah atau nggak sih. Tapi sebaiknya sebelum kuliah itu kita sudah tahu apa minat dan bakat kita. Jadi, waktu kuliah, kita tinggal memaksimalkan minat dan bakat yang kita miliki. Gitu sih.

  90. Anzar Afriliansyah

    nice post sob,, dri dulu sy senang bnget yg namanya komputer dan networking, tpi syangnya sy gk lulus di jurusan Teknik informatika, lulusnya cuman di Bahasa dan sastra inggris,, tpi skrng Alhamdulillah sy bsa ngerjain bhasa pemprograman .php dan bsa bwat wap site mski ane ga prnah diajari oleh dosen jurusan Teknik informatika..

  91. anonim

    maaf kak numpang tanya, saya lulusan TKJ lagi kuliah di pertanian *salah jurusan* , saya minat baget sama networking, software n hardware tapi sya gk suka matematik.
    pertanyaannya apa sya cocok pindah jurusan ke TI ? atau ada jurusan lain yg lebih pas ?

    trims……

    1. kalau minat sama jaringan, bisa aja sih masuk TI terus ambil bidang minat jaringan. tapi ya, semuanya kembali kepada kamu. mau pindah jurusan atau tidak, semuanya punya konsekuensi masing-masing. coba kamu pikir-pikir lagi aja. sampai bener-bener yakin kalau jaringan adalah passion kamu.

  92. kasih iriyono

    Mas..IT yang Jago…anak saya di UBAYA teknik IT- baru smester 1..
    mereka agak kesulitan mata kuliah Kalkulus..mereka dengan rekan nya saya arahkan untuk mencari bimbingan Kakak yang dari ITS-IT, dan sepertinya ada skitar 5 anak yang sangat berminat..mohon bantuan ya nich..HP 0817327331. ( pak Iriyono)

  93. Ditto

    Broo, saya kuliah di prodi Ilmu Komputer nih dan gw kuliah di universitas penghasil guru terbaik yg banyak jurusan pendidikannya. Tp gw ambil yg non-dik jadi gelarnya bukan S.Pd tp S.Kom.. Bedanya teknik Informatika & Ilmu Komputer apa ya? trus apakah prospekya sama? btw disini jg belajar ngoding…

  94. Kak, mau tanya nih.. aku udah kelas XII di salah satu MAN di jawa timur, aku dikelas akselerasi, nah, matematika ku agak kebirit” kalo dibandingin di MTs dulu, ya karena pasti beda antara lulusan 3 tahun dan 2 tahun, aku pengennnn banget masuk TI, aku suka otak atik komputer khususnya softwarenya.. kalo boleh minta saran, pantes nggak kira” kalo aku ngambil TI??? kalo enggak, apa kira” yang pantes gitu…???
    Thanks…

  95. Xaveroid Schiffer

    Bro, gw kan udah kelas 12. Sbentar lg saya akan lulus SMA. Jurusan yg pengen gw ambil itu, ya Teknik Informatika. Katanya bokap teman gw, ”profesi di bidang itu, gak bisa jadi bos atau sejenisnya, profesinya itu hanya disuruh ngetik-ngetik doang” bokap gw juga bilang gitu, anak buahnya dikantor kerjanya itu, tapi gw gak yakin kalo dia ambil Teknik Informatika, soalnya Teknik Komputer dan Teknik Informatika itu beda, bisa jelasin ke gw gak? Satu lagi.
    Gelar S.Inf (Sarjana Informatika) itu ada gak sih, atau seluruh jurusan bidang komputer itu hanya S. Kom aja. Karena gw pengen ambil S.Inf

    1. IT memang relatif lebih sulit untuk jadi bos untuk bukan perusahaan non-IT. Tapi kalau di perusahaan macem Google, Microsoft, Facebook, Kaskus, dan semacamnya, tentu beda lagi ceritanya.

      Jangan lupa, saat ini adalah era teknologi informasi. Kita bisa menghasilkan uang dari aplikasi, dari game, dari web, dari apapun, asal mau tekun dan memang punya passion di sana.

      Kalau masalah gelar sih, konon katanya S.Kom akan diubah jadi S.Inf tapi kurang tahu lagi kapan kepastiannya.

  96. Mas, kalo kita sekarang sekolah di SMK trus ngambil jurusan TKJ , saya suka mengoprek oprek hardware dan software dan saya juga pernah mempelajari tentang code2 html dan css, tapi saya tidak terlalu suka dengan pelajaran rpl saya lebih suka jaringan, hardware, dan software tapi saya juga suka matematika, cocoknya masuk jurusan apa ya? saya bingung nanti kuliah masuk jurusan apa, balas ya mas , thanks

    1. Andriyan

      Kak, klo mau masuk teknik informatika tp gk tau apa2 ttg komputer gmn? Trus, teknik informatika belajar mat sama fisika ya? Matnya kyk gmn sih? Kalkulus,integral, dan lain-lainnya (?) Susah gk?

      1. Santai aja. Ntar bakal diajarin mulai dasar kok. Yang penting punya semangat untuk belajar. Matematikanya hampir sama kayak matematika SMA. Kalkulus, Aljabar, dan semacamnya.

  97. Halo mas bro, saya mahasiswa baru nih jurusan Manajemen Informatika. Saya kuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya. Saya dulunya berasal dari SMA jurusan IPS, tapi saya bisa masuk kesitu karena lulus ujian jalur UMPN. Saya sebelumnya ngga ngerti apa-apa soal bahasa pemrograman, tapi saya senang dengan komputer. Saya tahu kalo kuliah di jurusan M.Informatika ini kita bakal banyak berhubungan dengan Bahasa Pemrograman. Tapi saya bakal banyak belajar ttg Pemrograman secara otodidak. Doain saya ya mas, agak bisa sukses di dunia Informatika dan jadi Programmer sukses. Aamiin

  98. Akmal

    kak, alhamdulilah kebetulan saya lulus snmptn jurusan Pendidikan Teknik Informatika & Komputer.

    dan katanya yang saya denger2, jurusan pendidikan itu, mentok nya di guru saja, tidak boleh kerja di perusahaan. apa itu bener kak ?

    1. Kalau masalah kerja itu sebenarnya nggak ada standar khusus. Kita semua bebas menjadi apa yang kita inginkan. Toh, faktanya, banyak juga orang yang kerjanya tidak sesuai dengan apa yang mereka pelajari di perkuliahan.

      1. Kaka , mau minta saran saya masih anak SMK jurusan RPL saya masih bingung mau ambil fakultas apa nantinya , sejujurnya sih saya gak mau masuk smk tapi orang tua yang daftarin , nah dapet search di google yang masuk RPL ya Tehnik Informatika .
        Apa iyah ???

      1. Susah atau tidak itu tergantung niat dan kemauan sih. Nah biasanya yang lama itu pernah tertinggal 1-2 mata kuliah, terus lama-lama akhirnya jadi merasa kurang semangat gitu karena merasa kurang bisa mengikuti perkuliahan dan tidak bisa seperti teman-temannya seangkatan. Biasanya sih gitu. Selain karena memang ada beberapa yang telat karena sibuk kerja dan semacamnya.

  99. wah, keren nih postingannya gan, oia saya ini adalah maba prodi teknik informatika, bisa minta tipsnya gak gan biar di dunia perkuliahan nanti saya sudah bisa sedikit melakukan penyesuaian ๐Ÿ˜€

  100. cindy febriana

    kak, kalau kita mau masuk jurusan TI tapi gk terlalu menguasai tentang komputer dan hardware kira” bisa gk yah ? *mohon jawabannya ^^

  101. Bagus Zuldan

    Kak, saya udah kelas XII nih jurusannya IPA di slah satu SMA Negeri di purwokerto. tp sya msh bngung universitas mna yg ada TI nya. nilai saya juga ngga terlalu tinggi, “jeblok”nya wktu klas x kak. Kira” universitas mana ya kak yg ada jurusan TI nya, tips dan sarannya apa aja nih? dri dlu saya pgn bgt masuk TI. Kalo berkenan bisa minta dijelasin kak biar bisa nerusin jejak kaka di TI. baguszuldan31@gmail.com

  102. Dhiky

    Mas bro, ku mau tanya ni. Universitas mana aja yang ada jurusan TI nya? Dan jurusan TI yang terbaik dari Universitas mana?

    Itu aja pertanyaanya, sekian dan trimakasih ๐Ÿ™‚

  103. wulan feriana

    ada minatan buat masuk IT tapi masih bingung pnantinya kerja apa berhubung biasanya IT itu kebanyakan cowo , daaaaaannnn IT itu banyak mtk nya bener ngga sih ? dan apakah itu bener2 seribet dan semenyeramkan yang saya bayangkan *matematikamenyeramkan ๐Ÿ˜€

  104. Teknik Informatika berbeda dengan Teknik Komputer, makanya kurang paham soal hardware. Mahasiswa TK biasanya itu bisa coding, tapi anak TI belum tentu bisa betulin komputer, makanya kalau mau ambil keduanya masuk TK.

    Maju terus pendidikan Indonesia…^_^

  105. Wahyususantini

    Hehe iya k’ makasih. Saya sudah ambil Teknik Informatika, Do’akan saya semoga bisa menjalani jurusan itu. ๐Ÿ™‚

    1. Gak apa, lanjut aja di pendidikan. Kalau memang pengen mendalami pemrograman bisa belajar sendiri otodidak.

      Tapi kalau memang gak pengen jadi guru ya mending pikir-pikir lagi. Apakah mau terus lanjut di pendidikan informatika, pindah jurusan, atau vakum dulu setahun buat cari pengalaman yang lain sebelum kuliah.

    1. kerja kantoran mah banyak sekali jurusannya. sekarang tinggal kamu sukanya apa. pilih berdasarkan kesukaan (minat dan passion) aja, ntar pekerjaan bisa menyesuaikan ๐Ÿ™‚

  106. wahyu susantini

    Kak butuh saran dari kakak. Kak saya seorang wanita sudah lulus SNMPTN di Universitas Mulawarman Samarinda jurusan TI. Awalnya saya nda percaya soalnya teman-teman satu angkatan saya di sekolah SMK jurusan TKJ nda ada satu pun yang keterima SNMPTN. Itupun daftar SNMPTNnya dadakan saya milih jurusan juga nda yakin soalnya saya pengen kaya guru saya, guru computer tapi latar belakangnya memang dari pendidikan computer. Aku tanya teman-teman saya apa jurusan nya ibu yang saya ingin ngikutin jejaknya itu kemudian kata teman-teman saya bilang Teknik informatika (TI) ternyata setelah saya tanya langsung sama guru saya jurusannya pendidikan computer bukan TI jadi saya cukup menyesal. Kemudian ada pendaftaran SBMPTN saya daftar jurusan PGSD beberapa hari kemudian ada pengumuman SNMPTN ternyata saya lulus di jurusan TI saya pun bingung apakah mengambil SNMPTN yang sudah jelas keterima jurusan TI atau melanjutkan SBMPTN saya jurusan PGSD yang belum tentu keterima, saya pun minta pendapat keluarga dan teman-teman saya kemudian banyak yang menyarankan untuk mengambil SNMPTN jurusan TI karena prospek kerjanya bagus bisa dimana aja contohnya bank, instansi pemerintah, perusahaan atau bahkan bisa jadi guru tapi kata bibi saya kenapa nda ambil jurusan guru metik, bahasa inggris atau apa gitu supaya bisa privat anak-anak juga buat sampingan tapi sudah terlanjur antara TI dan PGSD. Saya nda terlalu bisa coding, logika juga lemah, saya bilang kepada teman-teman dan salah satu keluarga saya kalau saya nda bisa di jurusan TI tapi katanya โ€œbisa nanti di ajarin, dulu juga mb nda bisa bahasa inggris SMP ajha bisanya cuma one, two, three, four tapi lulus juga kan akhirnya jga bisa jadi guru bahasa inggris juga, rezeki itu ambil ajha deโ€. Jadi saya memutuskan untuk mngambil SNMPTN dan tanggal 17 Juni kmarin saya sudah daftar ulang. Menurut kakak apa jurusan TI yang saya ambil salah? Soalnya saya nda boleh juga jauh-jauh kerja sama orang tua bolehnya di kampung aja. Makasih sebelumnya kak.:)

  107. Wahyu Susantini

    Kak butuh saran dari kakak. Kak saya seorang wanita sudah lulus SNMPTN di Universitas Mulawarman Samarinda jurusan TI. Awalnya saya nda prcaya soalnya tman2 saya satu angkatan di skolah SMK jurusan TKJ nda ada yg keterima SNMPTN. Itupun daftar SNMPTNnya dadakan saya milih jurusan juga nda yakin soalnya saya pngen kaya guru saya, guru komputer tapi latar belakangnya mmang dari pndidikan komputer. Saya tanya teman2 saya apa jurusan nya ibu yang saya ingin ikuti jejaknya itu kmudian kata teman2 saya Teknik Informatika (TI) ternyata stelah saya tanya lngsung sama guru saya jurusannya pndidikan komputer bkan TI jadi saya ckup mnyesal. Kmudian ada pndaftaran SBMPTN saya daftar jurusan PGSD beberapa hari kmudian ada pngumuman SNMPTN ternyata saya lulus di jurusan TI saya pun bngung apakah mngambil SNMPTN yg sdah jlas keterima jurusan TI atau mlanjutkan SBMPTN saya jrusan PGSD yg blum tntu kterima. Saya pun minta pndapat kluarga dan teman2 saya kmudian bnyak yg mnyarankan untuk mngambil SNMPTN jurusan TI karena prospek kerjanya bagus bisa dimana saja contohnya bank, instansi pmerintah, prusahaan atau bahkan bisa mnjadi guru tapi kata bibi saya knapa nda ngambil jurusan guru metik, bhasa inggris atau apa gitu supaya bisa privat anak2 jga buat smpingan tapi sudah trlanjur antara TI dan PGSD. Saya nda trlalu bisa coding, logika saya juga lemah, saya blang kpada tman2 dan salah satu anggota kluarga saya kalau saya nda bisa di jurusan TI tapi katanya “bisa nanti di ajarin, dlu mb juga nda bisa bhasa inggris, SMP aja bisanya cma one, two, three, four tapi lulus juga kan akhirnya bisa jadi guru bhasa inggris juga, rezeki itu ambil ajha de”. Jadi saya mmutuskan untuk mngambil SNMPTN jrusan TI dan tanggal 17 juni kmarin saya sudah dftar ulang. Mnurut kaka apakah jurusan TI yg saya ambil salah? Soalnya saya nda boleh juga jauh2 kerja sama orang tua bolehnya dikampung aja. Makasih sebelumnya kak ๐Ÿ™‚

    1. Soal jurusan itu gak ada salah benar sih. Yang ada cocok atau nggak. Kalau memang ngerasa cocok ya fine-fine aja. Masalahnya itu kalau nggak cocok terus akhirnya kuliahnya males-malesan (kayak gw dulu) ๐Ÿ˜€

      1. Yosep agus Nugraha

        Ma’af kak ikut koment.
        Lah kk dulu kuliahnya males”an ??.
        Berarti dulu kak pernah salah jurusan ??
        Makasih, Mohon balas Kak

  108. anon

    njir gue ngakak nih baca artikelnya x))
    apalagi pas disini
    โ€œanak informatika itu kalau gak bisa
    coding, minimal harus jago googling.โ€

    itu lucu banget..

    gua bukan anak informatika atau yg berhubungan dengan ini gitu wkwkwk

    gua bru bocah smp yg baru mau masuk sma..
    tp pupus hrpan gue gara2 nem gua ga meyakinkan gue masuk sma.. tp akhirnya gua tertarik masuk smk jurusan tkj gr2 omongan orang2 yg ngebangunin gue banget..
    pd bilang ”ko kamu jago sih benerin kek ginian belajar darimana?” “kamu masuk smk tkj aja lumayan tuh”

    padahal mah modal gue cuma googling :v

  109. Ayu

    Keren2 artikel nya bang, makasih atas semua masukan dan saran tentang teknik informatika nya, semua sangat bermanfaat bagi kami hehe, sukses terus bang!

    1. Perbedaan tentu ada. Karena masing-masing perusahaan punya pertimbangan sendiri atas karyawan yang akan direkrut. Tapi secara umum, sama aja kok. Cuma di Indonesia memang belum banyak developer perempuan. Jadi kesannya IT cuma buat cowok aja. Padahal nggak begitu aslinya.

  110. BOOO

    Kata siapa lulusan IPS tidak bisa masuk IT di PTN, saya saksi hidup dan pelaku yang dulu di awal lulusan SMA tahun 2006 di IPS, dan masuk di ITB IT , itu membuktikan ga usah takut kalo yang IPS mau masuk PTN IT,
    dan untuk kerjanya, orang IT ga perlu harus coding coding dan coding, saya skg sudah bekerja di salah satu perusahaan BUMN di bagian IT, tapi lebih menjurus ke System Development Life Cycle (SDLC) ilmu coding saya bisa dibilang 0, tapi kemampuan analisa dalam melihat keseluruhan sistem di perusahaan yang saya asah, jadi intinya seorang IT ga perlu takut coding/ pemrograman, dibuat enjoy saja lah

  111. Wahyu Herdianto

    kak boleh tanya email atau CP lainnya nggak? aku beneran mau tanya banyaaak banget, mumpung aku msh kls 11 SMA dan emang dr SMP udah minat banget sama pemrograman… ๐Ÿ™‚

  112. Ardianto

    assalamualaikum wr wb.
    mau tanya gan, saya sama sekali gak jago MTK dan gak suka karena guru yang kurang cocok waktu SMA(sekarang) padahal dulu pernah jadi jawara MTK di MTs/SMP (waktu itu suka banget MTK karena guru yang Pas), apa nanti MTK akan dipelajari dari awal lagi lagi? atau harus sudah dikuasai?
    berhubung kemampuan MTK yg sekarang jongkok jadi gimana gan? padahal mau masuk TI.

    terimakasih

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Haha. Santai aja. Matematikanya nggak terlalu rumit kok. Kebanyakan tentang logika aja. Kalau memang punya kemampuan logika yang baik, pasti nggak terlalu susah untuk mengikuti kok. Kalau memang punya minat besar untuk menjadi programmer (pembuat aplikasi / web / game), gak usah ragu untuk memilih jurusan yang satu ini.

  113. teguh

    saya mau tanya nhh
    saya mash penasaran bgt ttg apa saja yg dipelajari di jurusan t.infomatka ini dan skill apa yg nantinya akan dimiliki setelah lulus,,,

    saya kurang tau dan saaya takut nggk bisaaa,, ๐Ÿ˜ฆ

    tolong saran dan motivasinya

    1. Kan sudah sering saya jelaskan kalau teknik informatika itu tentang pemrograman.

      Kalau memang takut, mending urungkan niat untuk kuliah di jurusan ini. Kecuali kalau minat terbesar kamu ada pada pemrograman.

      1. teguh

        tapi aku emang seneng dan semangat ngejalaninya…
        aku takut nggk bisa aja ,.. agak kurang pd gitulah,,,

  114. wahh nemu juga blognya, makasih artikelnya bang. gue jadi tau artinya PASSION yang sebenarnya di teknik informatika nantinya (baru lulus SMA mau lanjut Kuliah). dulu gue di paksa ikut Lomba Komputer disuruh hafal dan hrus ngerti bahasa pascal walaupun guru gue kasi yang paling sederhana, gue malah tambah malas belajarnya sangat sulit walaupun kata guru gue bahasa ini akan kamu dapat di tmpt kuliah tp gue tidak ada semangat , apa itu pascal dan bahasa program2 yang lain. tapi yah gue penasaran juga akhirnya aku belajar bareng teman2 dan akhirnya ngerti juga. walaupun juara 2 tapi gue punya ilmu baru yang gue dapat dari PASSIONku terhadapat program, buat kalian2 yang nggak ngerti Matematika jangan takut akan jurusan teknik informatika sebenarnya gue juga lemah di MM. perkalian aja biasanya salah hehe. gue orangnya punya rasa penasaran yang besar pada proses pembuatan aplikasi komputer. pengen buat aplikasi/web juga, dan tentunya mau ngalahin FACEBOOK hahaha. pokoknya org teknik informatika harus punya Semangat, Gairah, dan rasa ingin tau akan Program. salam dan tetap semangat

  115. kkak. mau nanya nih, kalo tepatnya prospek dan peluang kerja teknik informatika atau sistim informasi itu apa ya kak ? plis, kasi contohnya satu satu ya kak. pusing banget ini ngejelasin ke ortu gimana bagusnya jurusan ini kalo gatau prospek dan peluang kerjanya dimanaโ€ฆ mohon infonya ya kak, makasi ๐Ÿ™‚

    1. Hz

      Yo…
      Peluang kerja ya? Kalo gw kerja jadi konsultan IT (ini masih banyak role lagi di dalamnya).
      Contoh:
      ETL developer, bank rata-rata pasti ada (terakhir di OCBC Malay)
      Business Intelligent dev, buat executive report (sample:http://www.sdn.sap.com/irj/boc/xcelsius-samples)
      Kadang kasih training juga
      Presales, membantu sales demo bagian teknikal
      Programmer, ini yg klasik
      Database Administrator
      Data Modeller
      dst…

  116. begini kak, kalau kita ambil jurusan teknik informatika atau sistim informasi. esoknya setelah tamat, kita bisa kerja dimana aja kak ?
    plis, posting satu satu contohnya ya kak. pusing banget ini, jelasnya tentang teknik informatika juga sistim informasi ๐Ÿ˜‰ . sbelumya, mkasi kkak! moon dibales ya kkak ๐Ÿ™‚

  117. Mas,mau tanya, disana dosennya gmn (kebetulan saya juga ingin masuk tek. Informatika its)? Maksudnya dia itu bisa diajak diskusi terus ramah sama mahasiswanya, dll. Soalnya pengalaman pas smp-sma itu gurunya agak gak ramah (bahasa gaulnya guru killer). Bahkan saya yang awalnya minat/suka mapel mat-fisika sempat saya benci gara-gara gurunya agak sulit buat diajak diskusi+gak ramah lingkungan(buat siswanya). Maaf kalo aneh pertanyaan saya, makasih

    1. kalau masalah dosen sih menurutku sama aja. di mana-mana pasti ada dosen yang baik dan ada yang killer. tapi kalau disuruh nyebutin, dosennya sebagian besar ramah dan asik buat diajak diskusi. yang killer cuma beberapa aja.

    1. kalau pendidikan teknik informatika, gelarnya sarjana pendidikan. kalau teknik informatika, gelarnya kalau bukan sarjana komputer, sarjana teknik, atau sarjana informatika.

    1. Wah, kalau sudah bahas prospek kerja apalagi selain jurusan teknik informatika saya kurang tahu.

      Tapi biasanya jurusan pendidikan peluang kerjanya nggak sebanyak jurusan teknik.

  118. assalammualaiku wr.wb

    Bang gue mau minta sarannya aku baru lulus SMP mau lanjuttin ke smk .

    dan sejak SD saya tettarik dg internet & komputer .

    saya ingin sarannya yg tepat untuk saya apa bang klo saya inginmasuk tkj ..

    klo tkj lulusnya gampang apa sulit?
    klo dah lulus kerjanya biasanya di trima bagian apa? brp rata2gajinya? mohon di jawab bang….

    ok

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Waduh, kalau SMK sih saya kurang tahu. Saya dulu SMA soalnya. Jadi gak tahu bagaimana kondisi dan suasana belajar yg ada di TKJ.

      Mending tanya anak TKJ langsung aja.
      Kalau tanya tentang teknik informatika, mungkin saya bisa sedikit kasih gambaran.

      Maaf ya. ๐Ÿ™‚

    2. Waโ€™alaikumsalam wr.wb.
      Bantu Jawab Admin yah ..

      Kebetulan saya siswa kelas 3 TKJ di smkn2bogor..

      Kelas 1 kalian akan di perkenalkan dengan bilangan biner, perangkat2 elektronik seperti (transistor, kapasitor, dioda dll), serta belajar OS ( Waktu itu belajar OS XP) gimana caranya install win xp dan belajar OS Open source waktu itu belajar Linux Ubuntu 11.04, serta bagaimana caranya merawat dan menggunakan komputer yang baik dan benar

      Kelas 2 kalian akan diperkenalkan troubleshooting yang ada di komputer, belajar dasar html, javascript, dan php (waktu itu pake software dreamweaver CS5), belajar install debian + konfigurasi jaringan nya, belajar mikrotik RB750, shared data menggunakan kabel utp

      Kelas 3 …… (belum sampe) Semoga membantu ๐Ÿ™‚

      Download software “Gratis” dan “Full” hanya di : CV – Teknologi

    1. Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, IPA Terpadu, sama tes potensi akademik. InsyaAllah seperti itu kalau nggak ada perubahan.

  119. biie

    sebenernya jurusan awal tata boga,tpi karna skarang yg bnyak dbthn cwo buat krja . . Jdi pgen beralih jurusan ke IT ,spya gmpg nyri krj’a . . .tlg respon’a ?

    1. Kalau mau gampang nyari kerja, sebenarnya jurusan apapun sama. Apalagi teknik. Di banyak perusahaan, jurusan teknik itu dianggap setara. Jadi, kalau ngomong jurusan IT itu gampang nyari kerja juga gak sesederhana itu juga sih. Karena akhir-akhir ini trennya mulai berubah. Yang dilihat bukan lagi ijazahnya, melainkan kemampuannya.

      1. alanfadli

        agan , kalau habis kuliah jurusan TI pas mau kerja di bank emng bisa jadi apa ? gajinya besar gak ?

      2. Secara umum, kompetensi dasar yg dibutuhkan di teknik informatika adalah logika dan matematika. Tapi bukan berarti semua materinya tentang matematika gitu. Kalau memang minat jaringan juga bisa di teknik informatika. Yang perlu kamu tahu, jaringan itu pada dasarnya butuh pemrograman. Hanya saja pemrogramannya khusus buat jaringan. Makanya di teknik informatika biasanya dikenal istilah komputasi berbasis jaringan. Gitu. Semoga bisa membantu.

  120. tika

    Ehemmm,,,,,
    Teknik Informatika itu sudah Pelajaran Favorit sayaa sejak SMP,, sama dengan jurusan SMK saya saat nee, tahun nee juga mau nglanjutin Kuliah di jurusan yang sma,, tapi saya juga pengen bekerja,, kalo ngambil jurusan TI kira” enak kuliah setiap hari apa kuliah sabtu mggu ?? Soal’a pengen sambil kerja,,shh,, truss apa beda’a ambil jalur snmptn sama sbmptn???

    1. Kalau di kampus negeri, kuliahnya hari aktif (Senin-Jumat). Kalau memang berniat untuk kuliah sambil kerja, pilihannya berarti kuliah di kampus swasta. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan.

      Tapi kalau saya boleh menyarankan, mending kuliah di kampus negeri. Karena fasilitasnya lebih lengkap. Selain itu, di kampus negeri biasanya juga banyak sekali alokasi beasiswa untuk mahasiswanya. Jadi bisa sedikit meringankan beban orang tua. Biasanya mahasiswa kampus negeri itu kerja sampingannya menjadi tentor atau pengajar les privat.

  121. lebih baik jangan masuk IT deh gajinya gak sepadan lagian kerjanya berat sering lembur apalagi programmer di software house, dan kalo ada tugas selalu dosen suruh jawabannya di google cuman ngabisin biaya buat internet aja, mending usaha warnet aja daripada nyesel ato kerja di enterprise bagian IT aja

  122. Lisa

    Ass,
    kloo jurusan ipa bsa msuk ti gk? Msala’x gk ada pngalaman sdkit pun soal komputer;( mklum skola di kmpung, itu gimna? Bsa di trima gk di kmpus’x?

    1. Pemrogramannya macem-macem. Mulai C, C++, C#, Java, PHP, ASP, dlsb. Terlalu banyak kalau disebutkan.

      Kalau VB sih, setahuku gak ada. Kalau DW kan semacam Photoshop, cuma tools. Bukan bahasa pemrograman.

      1. Kalo Phyton gimana? Apa itu juga dipelajari di jurusan TI?
        Um, gini kak. Aku nemu suatu website untuk belajar programming dari basic nya. Yang saya pengin tau apa di TI juga seperti itu belajarnya? (Mungkin lebih rumit lah ya)
        Nih : codeacademy.com

      2. Phyton biasanya digunakan untuk membuat website. Hampir setipe dengan php.

        codeacademy bagus, tapi sayang kebanyakan yg diajarkan di sana adalah bahasa-bahasa pemrograman untuk website.
        kalau mau yang lebih sederhana dan lebih mendasar lagi, bisa coba belajar di sini: http://code.org/

  123. Reski

    assalamualaykum, postingannya keren kak! gileee, hehe
    ohya kak, haruskah sy punya pengalaman dlm bidang pemrograman spya sy tdk kesulitan nanti saat kuliah? pdhal sy minat banget kak sm yg nama nya IT, sy punya rasa keingintahuan yg besar terhadapnya. tpi sy masih kurang orientasi trhadap dunia pemrograman. sy takut kak. walopun skrg sy dibilang pandai main2 IT sm teman dari hasil sy belajar otodidak, tapi dlu sy gaptek bener kak *sekarangpun masih gitu sih*, disuruh tekan ctrl+S saja sy kebingungan, hehe. *maaf cer-pan terselubung. soalnya sy masih takut kak bakal muncul kalimat “salah jurusan” dlm benak sy, sperti halnya sekarang sy berpikir seperti itu krna pilih jurusan “ipa”, hahah. tapi kak, jujur yah jujur, jawab jujur, sesulit apakah TI itu? haruskah sy saat kuliah dsana membanting tulang belajar sampe larut malam, tidur sejam, makan terabaikanan dan tugas jd sahabat?? maaf panjang soalnya minatku kadang hampir terkalahkan oleh ketakutanku. cuma butuh peng-yakin-an sedikit lagi.

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.
      Makasih. Makasih banyak sudah mau mampir dan komen.

      Kalau susah atau nggak itu sebenarnya relatif. Karena kecepatan dan proses pemahaman masing-masing orang itu berbeda.

      Hanya saja, kuliah di bidang IT itu identik dengan logika. Jadi, akan lebih asik kalau kita juga suka dengan perhitungan logis matematis. Kalau belajarnya sih sebenarnya nggak gitu-gitu amat. Yang penting mau mencoba.

      Kalau memang sudah ada minat ya silakan saja.

      Soalnya yang membedakan mahasiswa yg merasa salah jurusan dan yg tidak adalah yg merasa salah jurusan biasanya tidak ada semangat dan tidak ada minat untuk belajar secara mandiri. Dan ini yg kemudian menjadi masalah. Karena kuliah di jurusan teknik tidak cukup hanya mengandalkan perkuliahan. Gitu. ๐Ÿ˜€

    1. Kalau teknik informatika gelarnya ST atau S.Kom (tergantung kampusnya), kalau pendidikan teknik informatika gelarnya S.Pd kalau salah.

      Yang jelas, namanya pendidikan ya materinya pasti gak jauh-jauh dari bagaimana caranya menjadi tenaga pendidik. Entah itu menjadi guru TIK di sekolah atau yg lain. Gitu.

      Kalau Teknik Informatika lebih pada penguasaan skill pengembangan perangkat lunak.

  124. kaka , aku pingin masuk smk informatika . aku mau tanya kalau tkj sama informatika itu beda atau sama? ๐Ÿ˜€
    dan kalau kerja setelah lulus dari smk informatika / tkj paling kerja nya ke mana dan jadi apa? biar wawasan saya jadi luas. makasih ya ka ๐Ÿ˜‰

    1. TKJ sama Teknik Informatika? ya jelas beda. Namanya aja beda. ๐Ÿ˜€
      Tapi secara keilmuan, ada beberapa kesamaan. Saya pikir TKJ adalah salah satu jurusan di SMK yang paling mendekati Teknik Informatika.

      Kalau kerja sebenarnya tergantung tempat kerja juga sih. Kecuali kalau memang berminat jadi developer aplikasi, baik itu berbasis desktop, mobile, maupun berbasis web.

      Kalau kerja di kantor, biasanya sih ngurusi jaringan komputer yang ada di kantor.
      Selain membuat aplikasi untuk kebutuhan kantor dan perusahaan. Gitu sih sederhananya.

  125. helmi

    bagus mas artikelnya, sekalian mau tanya saya beberapa bulan lagi lulus kuliah jurusan informatika, nah masalahnya selama ini saya selalu mengandalkan google saat mengerjakan tugas, karna menurut saya menghapal coding sangat sulit kecuali ada contohnya dan alhamdulillah nilai2 saya gak ada yg buruk, apa nanti saya bisa bekerja menjadi programer, atau mencari pekerjaan dibidang lain, minta sarannya mas untuk saya sblmnya trima kasih ๐Ÿ˜€

    1. Kalau bisa, tentu bisa saja. Tapi masalahnya yakin mau kerja jadi programmer? ๐Ÿ™‚
      Kalau memang suka ngoding, ya silakan saja kerja jadi programmer. Tapi kalau nggak terlalu suka ya mending coba pikir-pikir lagi. Daripada malah setres ntar ๐Ÿ˜€

  126. Heri Sutopo

    Kak saya dari smk jurusan RPL,
    saya masih bimbang untuk lanjut ke TI di Perguran tinggi nanti,
    padhal UPK kmaren saya membuat database rekam medis R.S menjadi yg terbaik.
    tapi smangat saya kadang loyo kalo liat temen” yg suka IT peganganya gedget canggih, laptop” bermerk dll.
    sedang saya dari keluarga dg ekonomi menengah kebawah, itu yg membuat saya agak minder, apa anak” IT itu harus punya Alat” canggih ?
    trimakasih, sebelumnya

  127. hilda

    Assalamu’alaikum mas, saya mau nanya.. materi-materi kuliah yang dipelajari jurusan informatika tuh apa aja sih? Banyakan praktek atau teorinya? Terus, apa ada perbedaan gender atau perbedaan antara yang udah paham masalah coding segala macem sama yg belum?

    Makasih atas jawabannya, sukses terus mas ๐Ÿ˜€

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.
      Untuk materi kuliah (silabus), silakan cek langsung di sini >> http://if.its.ac.id/kurikulum/kurikulum-s1/

      Kuliahnya memang banyak teori, tapi praktikum dan tugasnya kebanyakan praktek. Jadi bisa dikatakan teori dan prakteknya cukup berimbang. Gender tidak menjadi masalah kok di jurusan teknik informatika.

      Kalau perbedaan antara yang sudah pernah belajar pemrograman dan yang belum mungkin yang paling terlihat di masa-masa awal perkuliahan. Yang sudah pernah kenal pemrograman biasanya tidak menemukan masalah berarti di masa awal kuliah. Bisa dibilang, yang sudah pernah kenal pemrograman sudah tidak perlu adaptasi lagi. Beda dengan yang belum pernah kenal pemrograman sama sekali. Itu aja sih.

      Amin. Sukses juga buat kamu ya! ๐Ÿ˜€

      1. Lutfi afandi

        trimakasih infonya kk, sangat mmbantu. ๐Ÿ™‚
        maklum cuma jam istirahat jd gg sempet baca smuanya
        skali lg terima kasih

  128. Saya lihat jawaban komentar di posting ini semuanya tentang pemrograman. Tanya ini tanya itu, jawabnya selalu “pemrograman”. Jadi informatika itu kental sekali dengan pemrograman y ?

    Saya suka sekali dengan pemrograman, web dan desktop, blog saya yang sederhana juga saya coding sendiri. Sekarang kelas 3 SMK jurusan TKJ. Pengen masuk Informatika ITS. Sayangnya saya kurang semangat belajar materi untuk UN dan SNMPTN.

    Besar kemungkinan untuk masuk Informatika ITS sekarang gmn y dibanding tahun sebelumnya?
    Kalau masuk Informatika ITS mungkin saya bisa bertemu dengan anda ๐Ÿ˜€

    Terimakasih

    1. Coba ikut SNMPTN aja. Sekarang kan lintar bidang tuh. Gak pandang IPA / IPS lagi. Semua bisa daftar. ๐Ÿ™‚

      Soalnya kalau masuk lewat SBMPTN pasti bakal susah soalnya kamu harus belajar materi IPA. Belum lagi waktu tes kamu bakal saingan sama anak IPA.

      Jadi, menurut saya, peluang terbesarnya lewat SNMPTN.

  129. Asslamualaikum, mas.
    Saya mau nanya nih. Saya juga jurusan TI yang baru aja ngambil dan tengah nyusun TA (tapi ga kesusun susun, lol)
    temen temen pada galau, saya juga sih. Galaunya kalo kita lulus kuliah ntar, trus kan pengen ngelamar di BUMN,
    itu anak2 jurusan TI masih pada disuruh ngoding kah?
    atau ada gitu divisi di BUMN yang nerima lulusan TI tapi nggak ngoding?
    Menurut mas kira kira gimana itu ya? Makasih sebelumnya

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau masalah ngoding atau nggak, tergantung penempatannya juga sih, di bagian mana.

      Kalau memang penempatannya di divisi IT, kemungkinan besar masih ketemu pemrograman. ๐Ÿ˜€

      Memang agak susah sih ya kalau passion bukan di bidang pemrograman kalau sudah terlanjur masuk jurusan IT. ๐Ÿ˜€

  130. al.

    Kk, apa bedanya manajmen informatika dengan teknik informatika?
    Dan dimana peluang kerjanya, manajemen informatika dan teknik informatika?

  131. hai kak ๐Ÿ˜€
    katanya anak teknik informatika itu harus jago matematika sama logika yah kak ? aku pengen banget ambil jurusan teknik informatika tapi aku lemah kalo soal matematika dan logika kak. jadi sebaiknya aku tetep daftar ke teknik informatika atau pilih jurusan lain yah kak ?

  132. Adhi

    kiraโ€ bagusnya kalau mau masuk ITB jurusan TI/IT itu bagusnya lulusan SMA atau SMK, mas? soalnya mau masuk SMK jurusan TKJ tapi malah disuruh ortu masuk SMA
    mohon pencerahannya :3

    1. Sama aja kok aslinya. Apalagi kalau masuknya lewat SNMPTN.

      Tapi kalau lewat SBMPTN sih peluang masuknya biasanya lebih besar lulusan SMA, soalnya penguasaan materi lebih kuat daripada lulusan SMK.

      Dan kelebihan lulusan SMK kalau masuk teknik itu menang start daripada yang lulusan SMA. Selebihnya sama saja.

  133. al.

    kk, saya mau tanya, sebenarnya apa-apa saja yang kita pelajari di teknik informatika?, dan saya juga pernah dengar, katanya seorang ahli informatika bisa jadi seorang hecker y?

  134. egy

    Bro sya kn baru mau masuk kuliah nah sya ingin ambil jurusan informatika tp jujur sya blm tau apa2 tentang informatika. Sya kn orngnya gaptek dkit gmna broo & universitasnnya pun ga yg terlalu bagus? Gmna tuch ya?..

    1. Gak masalah, bro. Yang penting sesuai dengan panggilan hati. Kuliah itu apapun jurusannya, yang penting kita suka. Karena kalau kita suka, kita akan tertarik untuk mempelajari ilmunya.

  135. bang tanya bang,
    ane IT smstr 3 di PTN… klo masalah coding insyaallah gk ketinggalan jauh sama yg laen karena project akhir juga ttep bisa meski dibantu,, cuma kena males aja jadi jarang ngecoba coba sendiri,,

    ane bngungnya nanti ane ambil keminatan dimananya, mohon dijelasin antara jarkom, programmer,it support dll hehehe
    dari paman sihh JARKOM.. di jarkom harusnya kuasain apa ?? thx

    1. Hehe. Saran saya sih, mana yang paling membuat kamu semangat untuk mengeksplorasinya.

      Kalau memang mau fokus di develop program, mending masuk rekayasa perangkat lunak. Tapi kalau mau fokus di jaringan, mending masuk jarkom.

      Kalau untuk jarkom sih secara umum harus paham IP, router, repeater, server, dan semacamnya. Jarkom itu lebih fokus pada komunikasi datanya. Biasanya orang yang jago di bidang ini sangat jago mengoperasikan linux. Karena sebagian besar server itu pakai linux.

      Semoga membantu.

  136. imamfzn

    kak aku punya passion di matematika, tapi aku kuliah gamau jurusan matematika, aku juga selalau punya ide ide byuat bikin game, software ini itu tapi itu semua baru ide ide saja, aku juga udah pernah baca doang tentang bahasa pemograman dan algoritma dkk , tapi aku gapernah punya waktu buat memperdalamii pemograman dan algoritma karena dituntut mengejar nilai di sekolah oleh orang tua. Terus aku pengen masuk teknik informatika karena aku ngerasa nyaman kak solving problem pake logika sperti itu , dan aku pun punya tujuan pengen msk informatika. aku sadar ka msk informatika itu banyak saingannya , aku pengennya masuk informatika itb atau gak its. kan rata rata saingan nya tuh dari anak anak yang bekas osn informatika nih ka atau yang udah kenal dan jago pemograman sedangkan aku belum ka, nah kalo misalnya di semester awal awal gitu kira kira dengan usaha yang keras mengulang dari awal lagi bisa gak yah ka aku menyaingin orang orang jebolan osn informatika, yang jago pemograman atau semacamnya dengan modal aku ngerasa aku ngerti bgt konsep matematika dan aku ngerasa ngerti logika, terus ka gimana ya caranya biar ningkatin kecepatan berfikir problem solving gitu ka apalagi dalam menyelesaikan persoalan di teknik informatika…mohon bantuannya ka saya butuh motivasi sekali

    1. Waduh, ini komen apa postingan nih. Kok panjang banget. ๐Ÿ˜€

      Kalau masalah bisa ngejar atau nggak, bisa saja. Teman saya ada yang waktu SMA nggak pernah kenal pemrograman tapi waktu kuliah sering banget ikut lomba pemrograman sampai tingkat nasional bahkan internasional.

      Yang jelas, pilih jurusan yang kamu sukai. Itu saja sih saran saya. Sudah yakin kalau bakalan suka pemrograman?

      1. imamfzn

        sebenernya yakin suka ka, aku gak pernah belajar itu dari sekarang soalnya gak ada waktu banget…kan buat lulus sbmptn aja gabutuh pemograman, jadi aku lebih menitngin pelajaran yang mendonminasi lainnya

      2. Kalaupun belum pernah ngoding (bikin program), minimal kamu sudah tahu apa yang akan dipelajari nanti di Teknik Informatika.

        Selain itu kamu juga sudah tahu apa minat kamu. Jadi, keputusan kamu untuk fokus pada target lulus SBMPTN itu sudah tepat.

        Semangat! semoga bisa kesampaian masuk di kampus impian kamu. ๐Ÿ˜€

  137. salam kenal kak..
    q sekrang kls 3 sma kak q mau nnya klu jalur sbmptn itu
    tesnya.jrusan teknik infrmatika sama.gak dg jrusan yg lain
    dan apa benar kak teknik informatika jg ada pljran fsikanya

    1. Kalau sbmptn setahuku sama kok materi tesnya. Asalkan satu bidang (IPA / IPS).

      Kalau di Teknik Informatika ITS sudah nggak ada mata kuliah Fisika. Kalau di kampus lain kurang tahu. Soalnya mata kuliah antar satu kampus dengan kampus lain tidak mesti sama meskipun jurusannya sama.

  138. salam kenal kak…

    q skarang kls 3 sms kak..q pgen bnget msuk jrusan tknik infrmtika di ub
    tp q pesimis sma jlur undangan krna nlai mtematikaku kurang
    yg ingin q tnykan klu jlur sbmptn itu tesnya gimana sma gak dg tes jrusan yg lain
    dan slain mtk apa tknik infrmtika jg ada pljran fsikanya
    makasih kak dan mohon di bls ya ๐Ÿ™‚

    1. Lah, di elektro ngambil apa emang?

      Kalau di elektro ada pemrograman atau jaringan mestinya sih nyambung. Tapi kalau nggak sih mending jangan. Daripada ntar kebingungan dan merasa salah jurusan.

      Tapi kalau memang kamu benar-benar suka pemrograman, ya silakan.

  139. widi zakaria

    assalamualaikum.

    mau nanya nih bang. saya kan tadinya di SMK masuk jurusan otomotif, trs udh punya rencana pngn kuliah ambil jurusan Teknik Informatika. gmna bang pendapatnya?

    1. Kalau memang ada minat di bidang programming sih silakan aja. Tapi kalau tidak ada minat di bidang programming sih sebaiknya pikir-pikir lagi.

      Soalnya kuliah itu akan lebih menarik jika sesuai minat dan passion.

  140. kalau aku,,sukanya dibidang website bang. .
    Membangun web.. .
    Cocok gak emangnya kalau saya mengabil jurusan Teknik informatika,kalau tidak cocok di teknik informatika,,bagusnya ambil dijurusan mana bang. .mohon dibalas pertanyaannya.

  141. muhammad hatta

    mas di perguruan tinggi saya ada 2 minat dalam Teknik Informatika pertama ROBOTIKA dan kedua JARINGAN mana yang lebih dicari dalam dunia kerja ya mas tolong jawabanya ya,,

    1. Untuk saat ini, peluang kerja di bidang jaringan lebih luas. Terutama di Indonesia. Kalau di Jepang mungkin akan beda lagi ceritanya. Karena di sana, riset di bidang robotika sangat intens dilakukan sehingga perkembangan robotika sangat pesat.

  142. wahyudi

    Saya tertarik di bidang Teknik Informatika karena saya suka game ofline atau online ,aplikasi dan sistem web dan bloging. . Apa saya cocok masuk bidang Teknik Informatika?
    Thank

  143. rahmad hidayat

    Mas. Saya jebol TI di Univ negeri. Tapi univ negerinya itu masih sangat baru. Universitas Maritim Raja Ali Haji di tg.pinang. apa lulusan dari univ negeri yang masih terlalu baru ini berpengaruh dalam mencari pekerjaan.?

    1. Sebelumnya saya ucapkan selamat.

      Kalau masalah pekerjaan, kalau kamu minat untuk kerja di perusahaan BUMN atau multinasional, sepertinya persaingannya akan ketat. Soalnya kalau nggak salah, masing-masing kampus itu punya ‘rating’ tersendiri di perusahaan-perusahaan tersebut.

      Tapi sebenarnya pekerjaan itu terkadang ada faktor keberuntungan juga. Kalau teknik informatika sih sebenarnya sangat banyak sekali kesempatan kerjanya. Dengan skill yang mereka miliki, lulusan teknik informatika sangat mungkin untuk bisa mandiri dan membuka lapangan pekerjaan sendiri.

      1. Membuat lapangan pekerjaan sendiri itu seperti membuat software house (perusahaan pembuat software) atau perusahaan game. Atau kalau untuk skala yang lebih kecil, bekerja sebagai software developer freelancer.

        Yang jelas, ada banyak sekali kesempatan bagi lulusan informatika untuk mengembangkan minat dan bakatnya di era teknologi informasi seperti sekarang ini.

  144. saya ingin bertanya mas, perbedaan antara teknik informatika, teknik komputer, managemen informatika, sistem komputer, sistem informasi, dan ilmu komputer, itu apa ya mas ???
    Tolong Jelaskan Dengan Detail Ya Mas, Saya Mohon Dngan Sangat,
    Soal Nya Saya Bingung Milih Yang Mana !

    1. Maaf, baru balas. Kalau mau tahu dengan cukup detail, mending baca bukunya Om Romi Satrio Wahono yang judulnya, “Dapat Apa Sih di Universitas?”. Soalnya butuh 2-3 halaman sendiri untuk menjelaskan itu.

      Saya sendiri bukan pakar jurusan. Saya tidak begitu banyak tahu apa perbedaan jurusan-jurusan tersebut. Nanti saya coba carikan. Soalnya buku saya juga sudah tidak karuan ke mana. Kalau ketemu insyaAllah saya kabari lagi. Ada kontak yg bisa dihubungi?

  145. bg … gmna ya tes masuk jurusa teknik informatika … sesusah apa ??????
    soal nya saya pengen banget tuh ambil jurusan itu…. sampai sampai saya rela ngangur setaun buat cari cari informasi tntang tuh jurusan … hmmmm

    1. Sebenarnya sama aja sih tesnya dengan jurusan yang lain untuk kategori saintek. Hanya saja, teknik informatika seringkali menjadi jurusan paling banyak diminati. Maka dari itu, persaingan untuk masuk teknik informatika menjadi semakin sulit. Karena jumlah kursi yang tersedia sangat tidak sebanding dengan jumlah peminat yang ada.

    1. jaringan kan ada pemrogramannya juga? ๐Ÿ˜€

      yang jelas teknik informatika itu sebagian besar tentang pemrograman. entah itu pemrograman untuk aplikasi desktop, mobile, ataupun pemrograman berbasis jaringan.

  146. hei

    assalamualaikum
    setahu kakak, adakah di bidang militer yang membutuhkan lulusan teknik informatika? saya tertarik sekali dalam bidang tekhnologi pertahanan negara, i wonder..
    merawat dan mengoptimalkan sistem radar, komunikasi, maupun kendali misil jarak jauh seperti itu.. kiranya apakah sebagian dari mereka itu juga diambil dari lulusan teknik informatika atau apakah mereka yang diambil itu harus menempuh pendidikan lagi untuk bisa bekerja di bidang tekhnologi pertahanan semacam ini???
    #clueless

    1. Nah ini! Saya juga belum tahu sampai sekarang bagaimana sistem rekrutmen yg ada di militer.

      Mungkin kamu bisa coba tanya ke guru BK atau ke tentara langsung mungkin kalau memang punya saudara yg kerja di militer.

  147. YENZ7

    Alhamdulillah bang, akhirnya saya sudah diterima masuk jurusan Teknik Infomatika. Doain ya bang biar saya bisa menjalani kuliah di jurusan ini ๐Ÿ˜€
    oh ya bang, nitip dulu saya mau promosi blog saya nih. Maaf masih pemula jadi masih banyak kekurangannya. Jangan lupa mampir ya bang. Terima kasih ๐Ÿ˜€
    http://www.logimagination.blogspot.com/

  148. ardi

    bang mau nanya nih, pengaruh banget ya kalau masuk teknik informatika di univ.swasta untuk masa depan? univ saya kebetulan di umm.. menurut abang gimana pendapatnya?

    1. Kuliah di mana pun gak masalah, yang penting sesuai passion.

      Mungkin lulusan negeri di-rate lebih dari lulusan swasta. Tapi bukan masalah juga kalau di bidang IT. Google sendiri gak pernah mensyaratkan sarjana sebagai syarat pegawainya. Karena Google menilai portofolio, skill pemrograman, dan semacamnya.

      Yang bikin Tumblr aja gak pernah kuliah malah.

      IT is about programming skill. Dan kemampuan pemrograman itu gak ditentukan oleh kampusnya, tapi oleh kemauan belajar orangnya.

      Semoga membantu.

    1. Haha. Tenang aja. Kerja itu terkadang gak sesuai dengan jurusan di perkuliahan kok (meskipun sebaiknya memang begitu). Tapi kalau memang sudah cinta sama ngoding (pemrograman), kamu nggak akan merasa terbebani dengan itu. Jadi kuncinya bukan pada informatikanya, tapi pada kitanya. Kalau kita suka, kita nggak akan merasa sedang kerja rodi kok. Tapi membuat program itu memang gak pernah mudah.

  149. PurpleIsMyWife

    Bang, saya mau nanya nih.. Apa aja yg dibutuhin untuk masuk jurusan ini? ada persyaratan persyaratan tertentu ngga?

    1. Waalaikumsalam wr.wb.

      Kalau kesempatan kerja sih bergantung pada kemampuan, akreditasi kampus, dan keberuntungan. ๐Ÿ˜€

      Tapi sebenarnya yang paling penting untuk kerja adalah kombinasi dari hardskill dan softskill. Kalau kamu punya keduanya, aku yakin kamu akan jauh lebih mudah untuk diterima kerja atau bahkan membuka lapangan pekerjaan sendiri. Semangat! ๐Ÿ˜€

  150. Annaz

    Kalo Jurusan Informatika itu contoh kerja dengan pendapatan tertinggi dmana ?? makasih sebelumnya jadi semangat nih masuk Informatika

  151. shinta

    Wah tulisannya keren banget bang. Setuju sama closingnya. Jadi makin iri sama yang berhasil masuk teknik informatikanya its. Sayang pas snmptn kmaren ga ‘nyangkut’. Malah nyangkutnya di teknik fisika. Padahal dari sma udah suka banget sm materi algoritma dan logikanya. Tapi yaudahlah, mungkin emang udah takdirnyaa. ๐Ÿ™‚

  152. syatiraa

    Assalamualaikum,,saya lulusan TI STMIK WiCiDa Samarinda tahun 2009,,setelah lulus selama 2 tahun saya wara wiri cari kerja tp ga dapet2,,mungkin krn gender atw saya krg sertifikat atw jg krn saya blm pny pengalaman kerja apa2…So,,pada akhirx saya memutuskan untuk menikah…Tapi skrg saya mulai berfikir kira2 pekerjaan seperti apa yaaa yg cocok untuk ibu rumah tgg seperti saya??Mohon sumbang idex…;p

    1. Waalaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang punya skill coding, mending coba bikin aplikasi android aja. Ntar pendapatannya diambil dari iklan. Tapi kalau nggak, mending coba jualan apa gitu via online.

      Ibu rumah tangga juga bisa mempunyai pendapatan kok. Asalkan tahu caranya. ๐Ÿ˜€

  153. Ann

    Alhamdulillah saya keterima di teknik informatika di jalur undangan. Saya mau nanya, ntar kalau udah mulai kuliah, belajarnya dari awal kan? Soalnya saya nggak terlalu ngeh tentang coding. Takutnya itu kalo temen2 sejurusan saya udah pada ngerti semua tentang apa yg bakal dipelajari, sedangkan saya nggak tau apa2..
    Bales ya kak.. thanks… ๐Ÿ˜€

    1. Tenang, meskipun sudah ada yang menang start sebelum perkuliahan, pada waktu perkuliahan, semuanya bakal diperlakukan sama kok. Bakal dijelaskan dari awal semuanya.

  154. kamila

    assalammu’alaikum
    mau nanya kalau kuliah teknik informatika di swasta am yang di negri apakah kulitas’a jauh berbeda apa sama ?, makasih ๐Ÿ™‚

    1. Kalau swastanya sekelas Binus sih semestinya gak ada bedanya.

      Sebenarnya kualitas pengajaran mungkin sama. Soalnya kuliah memang tergantung pada mahasiswanya. Mahasiswa kampus negeri biasanya lebih rajin aja sih. Soalnya ada suasana kompetisi.

      Kalau memang kampus swasta bisa membuat atmosfer pembelajaran lebih menantang, mungkin kampus swasta tidak akan berbeda lagi daripada kampus negeri.

  155. Yoga

    Tnya ni bang. .
    alhmdlh saya msuk jrusan teknik informatika, bang apa bener kuliah di jurusan ini sulit ?
    Terus matematika saya lemah bang, berhubung sya dr SMA belum trllu mahir tntang seluk beluk pemograman atau software,cm sekedar suka pLJaran TIK,maen laptop,dn brwsing, beda dr SMK (TKJ/multimed) yg udh mahir. .
    Apakah nnti bAkalan susah bgt bang?
    Trs kuliah d.jurusan ini btuh brapa laptop?
    Spesifikasinya yg cocok buat mahasiswa jurusan ini yg gmana bang? Hehe

    1. Sulit atau nggak itu relatif. Kalau kamu suka, sesulit apapun pasti akan kamu pelajari. Karena pada dasarnya memang suka.

      Begitupun sebaliknya, kalau sudah nggak suka, mau dipaksa seperti apapun pasti akan malas untuk mempelajarinya.

      Makanya, dari dulu saya selalu menekankan, “Jangan terlalu fokus pada jurusannya!”. Ketahui apa passionmu, apa yang paling kamu sukai, baru setelah itu pilih jurusan berdasarkan apa yang kamu sukai tersebut.

      Matematika hanya salah satu faktor aja. Lemah matematika sah-sah saja masuk teknik informatika. Karena yang mempengaruhi pada akhirnya bukan hanya kemampuan teknis seperti matematika dan logika (meskipun sebaiknya begitu).

      Pokoknya jangan buru-buru menentukan pilihan jurusan sebelum kamu tahu betul apa yang menjadi passionmu.

      Kalau soal laptop atau komputer, itu sudah pernah saya jelaskan di blog ini. Silakan dicari.

  156. riski puti

    bang alhamdulillah saya lulus snmptn jurusan informatika di unsrat , saya suka jurusan informatika tapi saya gak terlalu pintar dalam pljarn perhitungan . mohon solusinya bang ๐Ÿ˜€

    1. Alhamdulillah. Selamat ya ๐Ÿ™‚

      Solusinya? belajar yang rajin! ๐Ÿ˜›
      Kalau memang gak seberapa suka perhitungan, mendingan kamu fokus mempelajari pemrograman.

      Soalnya Teknik Informatika itu isinya kalau bukan pemrograman, pasti hitung-hitungan.

  157. clara

    ka membantu banget tulisannya ka.. makasih ya ka :). ka mau nanya dong, ya boleh dibilang aku gaptek gak tau seluk beluk komputer ataupun softwarenya, tapi aku suka matematika hehe dan 2 kali aku psikotes aku selalu disaranin masuk teknik informatika padahal aku gak pernah kepikiran masuk teknik informatika, menurut kaka gimana? gapapa gak aku yang gaptek ini masuk teknik informatika? oya ka berarti aku harus suka coding jg ya ka kalo mau masuk? mohon dijawab ya ka makasih banyak ka ๐Ÿ˜€

    1. Makasih ๐Ÿ™‚

      Seperti yang telah saya jelaskan dalam beberapa postingan di blog ini, paham teknologi itu tidak menjadi syarat utama masuk informatika.

      Kalau saran saya sih, coba kamu tes kepribadian kamu di mypersonalty.info, biasanya di sana kamu akan diberi beberapa saran pekerjaan yang sesuai dengan karakter kamu. Kalau masih kurang yakin, coba kamu cari tahu lagi, apa yang paling kamu sukai. Pilihlah jurusan yang membuat kamu selalu merasa antusias untuk mempelajarinya.

      Antusiasme itu ibarat bahan bakar. Kalau kamu tidak punya antusiasme, maka kamu akan butuh dorongan dari orang lain agar kamu bisa bergerak. Dan saya rasa itu tidak akan memberikan hasil maksimal.

      Sebenarnya akan lebih mudah lagi kalau kamu tahu apa passion kamu. Karena jurusan terbaik sebenarnya bukanlah kedokteran, bukan juga teknik informatika, tapi jurusan yang paling sesuai dengan passion kita. ๐Ÿ™‚

  158. Massya Maulita

    bang doain snmptn saya masuk ya bang, biar kita bisa ketemu di kampus ITS – Teknik Informatika ๐Ÿ˜€ amin yaALLAH….

  159. Angga

    Yang saya ingin tahu,,,
    hmmm, bahasa pemrogramannya kak…

    Apa bahasa pemrograman bisa dipilih sendiri atau ditentukan oleh si dosen, apakah ada bahasa yg dominan dipakai, terus apa bisa kita pakai compiler yg sifatnya open source…?

    Arigatou gozaimasu niichan

    1. Kalau bahasa pemrograman, tergantung dosen sama mata kuliahnya sih. Beberapa dosen ada yang mewajibkan penggunaan bahasa pemrograman tertentu. Tapi ada juga yang membebaskan, terserah mau pakai bahasa pemrograman apa.

      Biasanya, di awal-awal semester, bahasa pemrogramannya diseragamkan. Tapi kalau sudah semester 6 ke atas, dosen lebih fleksibel soal bahasa pemrograman. Tugasnya sama. Ada yang ngerjain pakai bahasa C++, ada yang pakai C#, ada yang pakai Java, dll.

      Gitu. Semoga membantu. ๐Ÿ™‚

  160. “sebenarnya yang kalian ingin tahu dari teknik informatika itu apanya sih?”
    gue mau tau bang, potensi apa aja sih yang harus ada dalam diri seorang calon mahasiswa teknik informatika? soalnya, gue gak jago coding, dan kalo ngebahas soal pengkodean, gue sering ngantuk -_-
    dijawab yo bang yo.. thanks

    1. Potensi apa nih yang dimaksud?

      Kalau di Teknik Informatika ya jelas, harus bisa coding. Meskipun tidak terlalu jago. Tapi harus tetap bisa.

      Maka dari itu, kalau memang sudah masuk Teknik Informatika, sebaiknya kamu punya satu bidang yang kamu tekuni. Jadi, misalkan kamu pengennya bikin aplikasi Android, sejak awal cari tutorial-tutorial untuk bikin aplikasi Android. Jadi, setidaknya kamu punya satu bidang yang kamu kuasai.

      Dengan begitu, waktu skripsi atau waktu lulus, kamu sudah nggak bingung lagi mau bikin apa atau mau ngapain.

      Kalau jawaban saya ini kurang sesuai dengan apa yang kamu harapkan, tolong dikoreksi ya. ๐Ÿ™‚

  161. suka closingnya…

    โ€œKuliah itu bukan sekadar tentang mengejar gaji tinggi, tapi tentang memaksimalkan passion, bakat, dan potensi diri.”

    Tapi…tetep demen ma yang sekolah tinggi dan kerja punya gaji tinggi, wkwkwk…

      1. idraL zuanda.AR

        ass bang..

        bang saya galau karena jurusan teknik informatika sudah jln 3 mnggu ini saya kuliah tetapi saya tidak bisa mengikutinya, karena saya gak terlalu suka bljr mtk gtu, apa lagi tentang coding2 gitu..
        tetapi saya ingn mnjadi developer samsung,microsoft dll..
        mohon solusinya bg utk ke depannya..??

      2. Wa’alaikumsalam wr.wb.

        Kalau gak terlalu suka susah, sob. Karena kesenangan dalam belajar (passion) adalah kuncinya.

        Tapi kalau kamu memang ingin jadi developer, seharusnya impian kamu itu kamu jadikan sebagai pelecut semangat kamu untuk belajar.

        Kabar baiknya, kamu sudah punya tujuan (menjadi developer). Jadi, yang perlu cari sekarang adalah jalan menuju tujuan tersebut.

        Terus aja dijalanin, siapa tahu nanti ketemu sendiri nikmatnya ngoding. Tapi kalaupun sampai lulus tetep gak nemu ya gak masalah juga. Meskipun sebenarnya akan lebih baik jika bidang yang kita pelajari adalah bidang yang memang kita minati dan kita sukai.

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s